Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Strategi Pemasaran Kreatif

 

7 Strategi Pemasaran Kreatif

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi tahu pelanggan tentang produk Anda. Mengapa Anda tidak mencoba untuk  menggunakan hal-hal yang sudah ada untuk melakukan komunikasi dengan klien atau pelanggan Anda?

Berikut Adalah 7 Strategi Pemasaran Kreatif, Antara Lain:

1. Faktur Penjualan

Isi laporan faktur penjualan Anda dengan penawaran khusus atau informasi tentang produk dan layanan baru. Tambahkan brosur atau selebaran kecil ke surat faktur atau cetak pesan pemasaran Anda pada faktur itu sendiri. Ingat, Anda sudah membayar untuk hal itu. Jadi, mengapa tidak sepenuhnya memanfaatkan bagian dari bisnis tersebut?

2. Tanda Terima Kasir

Jika Anda membuat sebuah tanda terima untuk pelanggan Anda, mereka harus menyertakan lebih dari sekadar catatan transaksi. Anda bisa mencetak pesan pemasaran kecil di bagian bawah setiap tanda terima tersebut.

Sebagai contoh Anda bisa mencetak dua tanda terima untuk klien. Yang pertama adalah tanda terima biasa, dan yang kedua adalah untuk kasus pelanggan telah membeli hadiah dan tidak ingin menyerahkan tanda terima yang sebenarnya kepada orang yang menerima hadiah tersebut, tetapi masih memungkinkan untuk mengembalikan barang. Ini benar-benar mengingatkan pelanggan tentang penawaran hadiah tersebut. Anda dapat menggunakan opsi yang sama untuk membuat pelanggan mengetahui penawaran spesial saat ini.

3. Kartu Ucapan

Kirim kartu ulang tahun,  kartu ucapan selamat kepada mereka adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan bahwa Anda peduli dengan mereka. Ini membangun tingkat loyalitas pelanggan yang jauh lebih tinggi dari yang pernah Anda pikirkan.

4. Bermitra (Bekerjasama)

Dengan bermitra bersama dengan bisnis lain dalam upaya pemasaran bisnis Anda, maka Anda dapat secara dramatis memperluas hasil dari penjualan produk Anda. Sebagai contoh misalnya sebuah bisnis hosting web dapat bekerja sama dengan ISP lokal (Penyedia Layanan Internet) atau dengan desainer web lokal. Desainer web menggunakan layanan Anda untuk hosting web, sementara Anda merujuk klien apa pun kepadanya yang membutuhkan design untuk situs web mereka.

5. Jalankan Kontes

Orang-orang menyukai kontes. Saksikan saja kesuksesan besar acara game di televisi. Orang-orang bahkan senang melihat orang lain menang! Kenapa Anda tidak menjalankan kontes Anda sendiri? Jika Anda memilih untuk mengembangkan kontes promosi, pastikan itu bukan kontes yang membosankan dan terkesan biasa - biasa saja. 

Buatlah sebuah kontes yang menyenangkan, membuatnya konyol, dan jangan lupa untuk benar-benar bersenang - senang dengan hal itu. Jika kontes Anda aneh dan cukup gila, Anda bahkan akan bisa mendapatkan beberapa liputan media (terutama stasiun radio lokal atau mungkin surat kabar lokal). Itu adalah iklan gratis untuk bisnis Anda.

6. Hadiah

Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menghasilkan uang jika Anda memberikan produk Anda secara gratis?! Yah, itu jauh lebih mudah dan lebih murah daripada membayar untuk kampanye iklan secara nyata. Bahkan, hadiah memiliki tempat mereka di hampir semua jenis bisnis yang ada.

Untuk bisnis ritel konsumen, Anda mungkin ingin menawarkan produk Anda untuk periode uji coba gratis, atau menawarkan perkiraan gratis jika Anda berada dalam bisnis yang berorientasi pada layanan atau servis. 

Mari kita asumsikan Anda menjual hardware komputer. Berikan printer yang bagus dan tampak keren secara gratis dan hasilkan uang dengan menjual kertas dan tinta cartride tambahan. Setelah pelanggan berada di toko Anda, maka ia mungkin akan membeli sesuatu yang lain.

Batasi hadiah untuk 10 pelanggan pertama per jam atau untuk periode waktu di siang hari. Banyak orang akan datang, tidak semua orang mendapatkan sesuatu secara gratis, tetapi mungkin beberapa akan membeli sesuatu yang Anda tawarkan dan Anda jual.

Hadiah juga bekerja sangat baik di Internet. Jika Anda memiliki toko online yang bagus, maka sebarkan berita melalui situs web Anda tentang penawaran hadiah tersebut kepada pelanggan Anda. 

7. Kemasan Produk

Sebuah kata bijak mengatakan "Jangan menilai buku berdasarkan sampulnya". Akan tetapi sebagai penerbit buku saya dapat memberi tahu Anda bahwa sampulnya harus persis seperti apa yang kebanyakan orang menilai tentang buku itu. Jika Anda berjalan-jalan di toko ritel, itu adalah paket yang tampak aneh menonjol dan mendapatkan perhatian pembeli. Gunakan prinsip yang sama untuk produk Anda, tidak peduli apakah itu ritel online atau offline.

Itulah  7 Strategi Pemasaran Kreatif yang layak untuk Anda coba praktekkan. Silahkan mengunjungi blog saya www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik tentang bisnis marketing dan investasi.

Referensi artikel: http://www.webhostingresourcekit.com

Post a Comment for " 7 Strategi Pemasaran Kreatif"