Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Keuntungan Memberikan Layanan Pelanggan Yang Baik

 

7 Keuntungan Memberikan Layanan Pelanggan Yang Baik

7 Keuntungan Memberikan Layanan Pelanggan Yang Baik - Salah satu alasan yang menjadikan sebuah bisnis yang baik menjadi hebat adalah karena loyalitas yang mereka peroleh dari para pelanggan mereka. 

Kesetiaan ini memastikan bahwa pelanggan mereka akan tetap kembali bersama perusahaan selama beberapa tahun kedepan. Untuk mendapatkan loyalitas seperti itu dari para pelanggan, makaAnda perlu memberikan layanan pelanggan yang baik.

Kesalahan umum dalam memulai sebuah bisnis baru adalah ketika Anda tidak memiliki cukup tenaga kerja untuk berkonsentrasi pada masalah layanan pelanggan Anda. Anda tampak sibuk menghasilkan pendapatan atau mengelola modal kerja dan Anda lebih sibuk berjuang untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Apa yang terjadi adalah, ketika Anda telah memiliki pelanggan lama, dan tidak ada yang memberikan layanan pelanggan kepada mereka, maka itu bisa menjadi ancaman untuk bisnis Anda.

Ini tentu saja menimbulkan masalah karena pelanggan kemudian meninggalkan etalase Anda dengan kecewa. Jadi, tentu saja, layanan pelanggan Anda akan berdampak besar pada retensi pelanggan Anda. Dan inilah alasannya mengapa Anda perlu memberikan layanan pelanggan yang baik.

Berikut adalah t keuntungan memberikan layanan Pelanggan yang baik, antara lain: 

1. Mempertahankan Pelanggan Anda

Secara alami, ketika pelanggan akan merasa senang dan puas dengan layanan Anda, maka dia pasti akan tetap menggunakan merek produk Anda dan tidak akan beralih ke produk pesaing Anda. 

Ini dengan sendirinya merupakan nilai tambah yang besar bagi perusahaan karena retensi pelanggan jauh lebih murah daripada akuisisi pelanggan baru.

2. Memberi Anda Lebih Banyak Referensi

Ketika Anda memberikan layanan pelanggan yang baik, maka pelanggan Anda akan membicarakan Anda kepada orang lain. Mereka cenderung melakukannya lebih banyak lagi ketika mereka telah menerima layanan berkualitas baik selama beberapa waktu. 

Referensi ini berarti uang bagi bisnis Anda. Semakin banyak referensi di berikan, maka akan semakin banyak pelanggan yang didapat tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

3. Menciptakan Berita Dari Mulut Ke Mulut

Sebagai contoh, saya pernah bepergian ke Singapura melalui sebuah operator perjalanan. Saya sangat terkesan dengan layanan dari seorang pria saat itu, sehingga sampai saat ini saya akan memberinya referensi setidaknya 10 kali perjalanan. 

Sepuluh pelanggan ini pasti akan mereferensikannya ke teman-teman mereka, sehingga informasi dari mulut ke mulut telah menyebar jauh dari satu pelanggan. 

Promosi dari mulut ke mulut mungkin menyebar ke banyak orang, tetapi semua orang tidak akan menjadi pelanggan Anda semuanya. Meskipun demikian, layanan pelanggan yang baik dapat menghasilkan promosi dari mulut ke mulut yang sangat baik.

4. Meningkatkan Profitabilitas (Keuntungan)

Jika layanan pelanggan Anda bagus, dan promosi dari mulut ke mulut serta referensinya juga bagus, maka Anda akan mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang lebih rendah dari yang seharusnya Anda keluarkan. 

Bisnis normal menghabiskan banyak uang untuk iklan, promosi, dan lainnya dalam upaya membuat pelanggan baru masuk ke bisnis mereka. Tetapi dengan layanan pelanggan yang baik, semua itu dilakukan oleh pelanggan Anda yang sudah ada. Ini memastikan profitabilitas yang fantastis karena Anda mendapatkan pengembalian maksimum atas investasi yang sudah Anda lakukan.

5. Memberi Anda Dan Karyawan Kepercayaan Diri

Ketika pelanggan memuji layanan pelanggan Anda yang baik, hal itu juga akan dapat meningkatkan moral karyawan Anda. Secara alami, selama periode waktu tertentu, kepercayaan diri Anda akan meningkat pada bisnis Anda dan Anda sekarang tahu bahwa memberikan layanan pelanggan yang baik adalah kunci untuk membangun kepercayaan pada karyawan Anda.

Sebaliknya, karyawan yang diberdayakan untuk membuat pelanggan mereka merasa puas juga akan meningkat kepercayaan dirinya. 

6. Menciptakan Skenario Pemasaran Holistik

Dengan karyawan Anda yang sudah termotivasi, serta wawasan Anda tentang pola pikir pelanggan dan apa yang membuat pelanggan Anda merasa senang dan puas, didukung dengan pelanggan yang positif dan bahagia, keseluruhan bisnis menjadi skenario pemasaran holistik.

Artinya di mana setiap orang melakukan bagian mereka untuk kepuasan pelanggan akhir. Ini adalah hal terbaik yang ingin Anda capai sebagai sebuah perusahaan, karena bahkan karyawan terkecil pun memahami peran yang dia mainkan dalam rangka mendapatkan kepuasan pelanggan. Jadi dengan lingkungan kerja seperti itu, Anda pasti akan berhasil.

7. Keunggulan Kompetitif

Terakhir, layanan pelanggan dan tenaga kerja yang Anda pekerjakan untuk layanan pelanggan dapat menjadi keunggulan kompetitif Anda. Jika karyawan Anda sendiri sedang membangun hubungan dengan pelanggan, mereka tidak akan mengizinkan pesaing untuk masuk kedalam bisnis Anda. Karenanya, bisnis Anda menjadi berkelanjutan dan kompetitif serta sulit untuk dikalahkan oleh pesaing Anda.

Jadi, seperti yang Anda lihat, ada manfaat luar biasa bagi bisnis apapun setelah mereka mulai memberikan layanan pelanggan yang baik. Dalam semua manfaat di atas, dua poin yang paling menonjol yaitu retensi pelanggan dan keunggulan kompetitif.

Alasan kedua poin ini adalah hal paling penting, karena jumlah merek di luar sana begitu banyak dan meningkatnya persaingan yang mempengaruhi banyak bisnis. Jadi, semakin cepat Anda membangun keunggulan kompetitif, maka akan semakin baik bagi Anda dan bisnis Anda.

Demikianlah uraian tentang  7 Keuntungan Memberikan Layanan Pelanggan Yang Baik. Semoga bermanfaat untuk Anda. Dapatkan artikel menarik lainnya dengan berselancar di blog saya ini.

Post a Comment for " 7 Keuntungan Memberikan Layanan Pelanggan Yang Baik"