Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Karakteristik Permintaan Pasar

 

5 Karakteristik Permintaan Pasar
image via pixabay

5 Karakteristik Permintaan PasarPenawaran dan permintaan merupakan dua istilah penting yang sering digunakan dalam dunia bisnis saat ini. Permintaan adalah salah satu faktor paling penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Orang-orang muncul dengan ide bisnis ketika mereka melihat permintaan tentang hal tertentu di pasar. 

Contohnya, pasta gigi diperkenalkan untuk melindungi gigi tentara yang bertempur di Perang Dunia Pertama. Contoh yang lain, misalnya seorang suami melihat kebutuhan untuk membersihkan gigi keluarganya dan menemukan solusi untuk memenuhinya. 

Dan sekarang, pasta gigi telah menjadi bagian integral dari setiap rumah tangga di seluruh dunia. Hal yang sama juga terjadi dalam kasus kebutuhan sabun mandi, krim pelembab, shampo dan sebagainya. Ada riwayat untuk setiap produk yang sekarang kita gunakan setiap hari. 

Jadi, untuk mwndapatkan pemahaman lebih lanjut akan hal ini, pertama mari kita pelajari dulu apa itu permintaan?

Permintaan adalah merupakan keinginan konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa dan kesediaan untuk membayar dengan harga tertentu untuk mendapatkannya. Permintaan terhadap suatu produk atau jasa akan menurun ketika konsumen mulai berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan produk itu lagi. 

Karena alasan inilah, maka perusahaan kemudian menginvestasikan uang jutaan rupiah untuk mengiklankan produk dan layanan mereka dengan tujuan untuk membuat audiens mereka percaya bahwa mereka membutuhkan produk tersebut.

Permintaan terhadap suatu produk memainkan peran sangat penting dalam menentukan masa depan suatu perusahaan. Perusahaan bisa melakukan penjualan ketika ada permintaan tinggi untuk produk dan jasanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang yang terjun dalam dunia bisnis untuk mempelajari tentang permintaan dan apa sifat - sifatnya.

Pada dasarnya karakteristik permintaan pasar dapat di bagi menjadi 5 macam, yaitu:

  • Bersifat Dinamis
  • Tergantung Pada Harga
  • Tergantung Pada Penawaran
  • Tergantung Pada Permintaan Produk
  • Peka Terhadap Persaingan

Pada artikel kali ini. kita akan membahas lima karakteristik pasar di atas dalam uraian di bawah ini.

1. Bersifat Dinamis

Karakteristik permintaan yang pertama dan terpenting adalah sifatnya yang dinamis. Sifat dinamis dari permintaan membuat semua orang yang terlibat dalam pasar selalu waspada. 

Adapun yang dimaksud dengan sifat dinamis adalah permintaan akan suatu produk tidak akan pernah sama di setiap pasar. Contohnya, permintaan krim pelembab dan sweater akan meningkat di musim dingin dan akan menurun di musim panas.

Selain itu, permintaan suatu produk juga sangat tergantung pada kualitas produk atau atau jasa. Contohnya, sebuah restoran tetap akan diminati oleh konsumen walaupun mereka menyajikan makanan enak dengan harga yang relatif mahal. 

Namun permintaan tersebut akan mengalami penurunan ketika pelanggan melihat adanya penurunan kualitas pada makanan yang mereka sajikan.

2. Tergantung Pada Harga

Karakteristik permintaan juga sangat sensitif terhadap harga suatu produk atau jasa. Karena alasan ini, maka perusahaan sangat memperhatikan secara detail ketika akan menentukan harga produknya. Nilai harga produk Anda tidak boleh melebihi harga produk pesaing Anda.

Namun, beberapa perusahaan terkadang memutuskan harga produknya berdasarkan metode psikologi terbalik. Mereka percaya bahwa pelanggan akan tetap membeli produknya jika mereka menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi. 

Keyakinan ini cukup masuk akal, karena sifat dasar manusia yang selalu berpikir bahwa mereka akan mendapatkan produk yang berkualitas dengan membayar lebih mahal. Prinsip "Ada kualitas, ada harga" sudah tertanam di benak mereka.

Karena ketergantungan permintaan pada harga, perusahaan terkadang tidak menggunakan konsep penjualan ini untuk meningkatkan penjualan produk mereka. 

Karena sebagian besar populasi pelanggan lebih suka membeli produk dengan harga diskon. Mereka percaya bahwa dengan membeli produk dengan potongan harga, mereka akan menghemat uang mereka.

3. Tergantung Pada Penawaran 

Penawaran dan permintaan terhadap suatu produk atau jasa berbanding terbalik satu sama lain. Karena permintaan terhadap suatu produk akan meningkat ketika pasokan barang di pasar rendah. Orang-orang bersiap untuk membayar berapapun harganya untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Banyak penjual kemudian memanfaatkan hal ini untuk menciptakan situasi pasar "Palsu" di pasar di mana pembeli dibuat percaya bahwa pasokan produk sedang mengalami penurunan. Dengan melakukan hal ini, mereka dengan mudah dapat meningkatkan penjualan produknya.

4. Tergantung Pada Permintaan 

Masa depan sebuah perusahaan sangat bergantung pada permintaan produk mereka di pasar. Ada teori sains murni di balik hal ini. Bagaimana Anda bisa menjual sesuatu ketika orang tidak menginginkannya? 

Karena takut kehilangan permintaan pasar, perusahaan kemudian terpaksa harus menghabiskan banyak uang untuk periklanan dan pemasaran. Mereka menggunakan teknik yang berbeda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Ada beberapa contoh perusahaan dalam sejarah yang muncul karena permintaan tiba-tiba akan suatu produk dan kemudian gulung tikar (bangkrut) ketika permintaan produk tersebut tiba - tiba berhenti.

5. Peka Terhadap Persaingan

Persaingan akan mempengaruhi permintaan produk di pasar. Permintaan terhadap produk Anda akan mencapai puncaknya ketika Anda memiliki monopoli di pasar. Anda dapat menjual produk Anda dengan harga yang diinginkan, dan orang-orang masih terus menginginkannya, karena Anda telah melakukan praktik monopoli dagang.

Tetapi Anda harus ingat, bahwa persaingan di pasar juga dapat menurunkan nilai produk. Pelanggan Anda akan terbagi bahkan ketika masih ada permintaan produk Anda di pasar.

Itulah uraian artikel tentang 5 Karakteristik Permintaan Pasar. Semoga artikel ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Post a Comment for " 5 Karakteristik Permintaan Pasar"