Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi , Faktor dan Arti Kekuatan Pasar

Definisi , Faktor dan Arti Kekuatan Pasar

Kekuatan pasar didefinisikan sebagai kemampuan organisasi untuk memanipulasi harga produk atau jasa di pasar dengan mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran secara langsung atau tidak langsung. 

Biasanya digunakan dalam konteks menjaga tingkat harga sedikit lebih tinggi dari biasanya. Kekuatan pasar sering mengakibatkan hilangnya kesejahteraan ekonomi dan output yang diminimalkan.

Arti Kekuatan Pasar 

Kekuatan pasar sering disebut sebagai kekuatan harga atau kekuatan ekonomi karena, dalam kondisi ini, organisasi menghasilkan keuntungan ekonomi dengan melebihi biaya rata-rata jangka panjang dan biaya marjinal.

Organisasi yang memiliki kekuatan pasar dapat menentukan harga produk atau jasa dengan mempertahankan pangsa pasar mereka. Mereka dengan mudah meningkatkan harga pasar dan itu juga menguntungkan karena organisasi-organisasi ini tidak kehilangan pelanggan karena pesaing karena biaya yang dinaikkan. 

Skenario di mana perusahaan tidak kehilangan pelanggan ke merek saingan disebut sebagai pembuat harga atau penentu harga, sedangkan perusahaan yang tidak memiliki kekuatan atas harga pasar dikenal sebagai pengambil harga.

Perusahaan dengan kekuatan pasar total dapat mengontrol jumlah total yang sedang diproduksi atau harga yang berlaku saat ini di pasar. Ini adalah fakta bahwa ketika satu perusahaan atau pemasok mulai mengendalikan pasar dan mempengaruhi biaya, maka pada umumnya mengakibatkan hilangnya pertumbuhan ekonomi.

Ketika terjadi persaingan di pasar, maka pemasok harus menjaga keseimbangan dan harga yang kompetitif karena mereka takut kehilangan pelanggan dari perusahaan saingan. Dalam skenario seperti itu, tidak mudah untuk memanipulasi harga sampai dan kecuali setiap pemasok memutuskan untuk melakukannya.

Jika bahan mentah atau sumber daya tidak dalam jumlah yang sesuai, maka kelangkaan dapat memainkan peran penting dalam kekuatan harga. Kita telah melihat bahwa bencana alam berdampak langsung pada hasil panen dan pada saat-saat seperti itu harga melonjak hingga jumlah yang tak terbayangkan.

Misalnya, dalam beberapa bulan terakhir produksi bawang merah terpengaruh karena cuaca buruk, dan ini mengakibatkan harganya naik dari Rp. 20.000 menjadi hampir Rp. 120.000. 

Kisah yang sama terlihat tahun sebelumnya untuk kacang-kacangan yang harganya naik dari hampir Rp. 100.000 untuk menggandakan jumlahnya hingga mencapai Rp. 200.000.  Ini karena kelangkaan dan ketersediaan yang sempit memungkinkan beberapa pedagang untuk mengontrol harga dan menetapkannya pada kisaran yang tinggi.

Minyak bumi merupakan salah satu produk penting yang dipengaruhi secara signifikan oleh faktor eksternal seperti kelangkaan serta penggunaan yang berlebihan membuat harganya berfluktuasi. Inilah sebabnya mengapa pemerintah telah membentuk badan-badan untuk mengawasinya.

Sebagian besar negara memiliki badan antimonopoli yang mengawasi harga pasar secara teratur dan telah menciptakan beberapa metode untuk membatasi aktivitas pemasok yang mencoba mempengaruhi harga pasar. 

Ada undang-undang yang dibuat untuk mengekang kekuatan satu perusahaan di pasar. Pentingnya badan semacam itu sangat besar karena membantu menurunkan harga sekali lagi. Badan-badan pemerintahan ini mengendalikan harga kacang-kacangan dan bawang bombay yang dirujuk dalam contoh di atas.

Memahami Kekuatan Pasar

Sejauh mana organisasi komersial dapat mempengaruhi harga pasar adalah kekuatan pasar. Ini memiliki dampak langsung pada garis bawah laporan keuangan karena menghasilkan margin keuntungan yang tinggi.

Ingat, kekuatan pasar sama dengan margin keuntungan yang tinggi, tetapi margin keuntungan yang tinggi tidak sama dengan kekuatan pasar karena keuntungan bisa menjadi hasil dari faktor lain juga.

Dalam beberapa kasus kekuatan pasar, persetujuan pemerintah menjadi pertimbangan penting, terutama pada saat merger. Sebab, pemerintah tidak akan memberikan persetujuan kepada perusahaan jika meyakini perubahan kepemilikan atau merger akan mengakibatkan monopoli. Ini secara otomatis akan memberikan kekuatan yang layak untuk perusahaan baru.

Sumber Kekuatan Pasar

Keberadaan kekuatan pasar dapat dikaitkan dengan siapa saja atau kombinasi lebih dari satu sumber berikut:

  • Skala ekonomi 
  • Cakupan ekonomi
  • Peraturan pemerintah
  • Paten kekayaan
  • Diferensiasi produk
  • Hak cipta kekayaan intelektual

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kekuatan Pasar

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan pasar adalah sebagai berikut:

1. Beberapa perusahaan dalam suatu pasar 

Kekuatan pasar berbanding terbalik dengan jumlah organisasi yang hadir di pasar. Semakin banyak jumlah perusahaan semakin sedikit kekuatan pasar, dan inilah mengapa industri tidak boleh memiliki terlalu banyak peserta jika ingin memiliki kekuatan yang luas

2. Kemampuan untuk menghasilkan keuntungan di atas rata-rata 

Dalam persaingan sempurna tidak mungkin menghasilkan keuntungan di atas normal karena penjual dan pembeli adalah penerima harga. 

Jika sebuah perusahaan dapat memperoleh keuntungan di atas kisaran normal, maka lebih banyak pemain akan bergabung di lapangan, dan ini akan menurunkan keuntungan menjadi normal. Hanya mungkin bagi perusahaan dengan kekuatan pasar yang signifikan untuk menghasilkan keuntungan di atas rata-rata

3. Diferensiasi produk 

Produk atau layanan yang berbeda yang dapat memenuhi kebutuhan penting di pasar akan membantu perusahaan untuk mempengaruhi kekuatan pasar. Jika produk atau layanan pengganti tersedia untuk produk penting, maka kekuatan pasar akan berkurang.

4. Kekuatan penetapan harga 

Kekuatan penetapan harga yang tinggi membantu organisasi dalam mencapai kekuatan pasar. Hal ini dimungkinkan dengan menawarkan layanan atau produk yang luar biasa atau istimewa yang dapat membantunya mempertahankan pangsa pasar yang besar dan memenuhi permintaan yang tidak elastis dari pelanggan.

5. Elastisitas permintaan 

Elastisitas permintaan mengacu pada situasi ketika permintaan untuk suatu produk tetap konsisten meskipun ada perubahan harga produk. Ketika ada permintaan yang tidak elastis dari pelanggan, maka perusahaan dapat mengerahkan kekuatan pasar yang cukup besar. Hal ini dimungkinkan dengan menawarkan layanan dan produk unik yang menciptakan nilai bagi pelanggan

6. Informasi yang sempurna 

Dalam industri di mana arus informasi sempurna dan mudah tersedia untuk semua peserta maka tidak mungkin untuk mencapai kekuatan pasar

7. Faktor mobilitas 

Kekuatan pasar individu perusahaan akan lebih sedikit jika akses ke inputnya sama untuk semua pihak yang berkepentingan

8. Hambatan untuk masuk atau keluar 

Ketika industri tipikal memiliki hambatan masuk yang tinggi, para peserta memegang lebih banyak kekuatan pasar. Pendatang baru tidak dapat masuk dan bertahan karena beberapa faktor seperti harga rendah atau informasi yang kurang

Kekuatan Pasar dan Struktur Pasar

Definisi , Faktor dan Arti Kekuatan Pasar

Organisasi dapat melakukan kontrol atas harga pasar dalam berbagai jenis sistem ekonomi. Misalnya, apakah perekonomian bekerja di bawah persaingan sempurna, persaingan monopolistik, oligopoli, atau monopoli? Efeknya bervariasi dalam struktur pasar yang berbeda, jadi mari kita lihat semuanya untuk memahami konsep dengan lebih baik.

1. Persaingan sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna, para peserta tidak memiliki kekuatan pasar. Semua pemain memiliki bidang level dengan kekuatan nol, dan mereka harus tetap puas dengan harga pasar yang ada karena tidak mungkin untuk memanipulasi harga dalam kondisi tersebut.

Pasar persaingan sempurna umumnya sering dianggap sebagai pasar terbuka di mana Anda akan menemukan persaingan pada tingkat setinggi mungkin.

Organisasi menjual produk atau layanan untuk mendapatkan keuntungan normal. Perusahaan umumnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang luar biasa untuk iklan karena ada pengetahuan yang sempurna tentang hal itu kepada pihak yang berkepentingan. 

Beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang baik adalah industri yang berhubungan dengan internet, pasar pertanian, dan pasar valuta asing.

Beberapa karakteristik kunci dari struktur pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

  • Ada aliran bebas dan ketersediaan pengetahuan untuk semua peserta di pasar. Hal ini membatasi peran dan kemampuan mengambil risiko dari pengusaha/pemasok
  • Tidak ada hambatan untuk keluar atau masuk di pasar tersebut
  • Organisasi sering kali memproduksi dan menghasilkan unit output homogen yang identik
  • Bahkan unit input misalnya tenaga kerja juga homogen
  • Kebutuhan akan Peraturan pemerintah sangat kurang
  • Satu perusahaan tidak dapat mempengaruhi harga pasar

Manfaat persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

  • Informasi dibagikan secara bebas
  • Tidak ada hambatan untuk masuk
  • Laba normal
  • Terbatas atau tidak ada biaya iklan
  • Efisiensi produktif dan alokasi maksimum

2. Monopoli

Bila ada pemasok tunggal di pasar, itu didefinisikan sebagai struktur pasar monopoli murni. Beberapa contoh monopoli adalah jasa air, telepon dan listrik. Hanya ada beberapa contoh di mana Anda akan menemukan monopoli murni, dan dalam beberapa kasus, kekuasaan juga bisa ada ketika ada lebih dari satu perusahaan. 

Monopoli bisa karena kondisi tertentu misalnya:

Jika sebuah organisasi memiliki penggunaan atau kepemilikan penuh atau eksklusif atas sumber daya yang langka dan tidak tersedia dengan mudah maka pasar dikatakan beroperasi di bawah struktur monopoli

  • Ketika dua atau lebih organisasi bergabung sehingga mereka dapat menempati posisi dominan di pasar
  • Jika itu adalah pemerintah yang memberikan status monopoli kepada perusahaan, misalnya, kantor pos
  • Jika sebuah organisasi memiliki hak cipta atau paten untuk produk yang memberi mereka hak eksklusif untuk itu

Kekuatan monopoli dapat dipertahankan dengan menetapkan hambatan bagi pendatang baru yang mencoba untuk menantang klaim mereka.

Hal ini dimungkinkan melalui langkah-langkah berikut:

  • Cara terbaik untuk mencegah pendatang baru adalah dengan ekonomi produksi skala besar yang akan memberikan keuntungan biaya atas pendatang potensial
  • Cara lain perusahaan dapat mempertahankan status monopoli adalah dengan menjatuhkan harga dangkal dan menekan pesaing potensial yang tidak akan mampu menanganinya dalam waktu lama
  • Organisasi dapat menetapkan harga produknya tepat di bawah biaya rata-rata. Pendatang baru tidak dapat memenuhinya di awal karena mereka secara otomatis akan menjadi merah
  • Biaya set-up yang tinggi dan biaya hangus yang lebih besar keduanya merupakan hambatan bagi pendatang baru

Cara terbaik untuk mempertahankan kekuatan monopoli adalah dengan memiliki kepemilikan terus-menerus atas produk yang jarang monopoli adalah sebagai berikut:

  • Monopoli adalah salah satu alasan tingginya harga beberapa produk
  • Konsumen memiliki pilihan tidak ada atau sangat sedikit
  • Output dibatasi
  • Ada kerugian surplus konsumen
  • Monopoli memiliki lebih banyak informasi dan menggunakannya untuk mengeksploitasi konsumen
  • Ada inefisiensi alokatif dan produktif di pasar

3. Oligopoli

Jenis struktur pasar ini ada ketika beberapa perusahaan mendominasi kondisi dengan hambatan masuk. Mereka telah berbagi kekuatan di pasar, dan beberapa contohnya termasuk industri telepon seluler, gas, aluminium dan baja. 

Karakteristik utama pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

  • Organisasi dalam pasar oligopoli saling bergantung satu sama lain. Masing-masing dari mereka harus memperhitungkan reaksi para pesaingnya untuk membuat keputusan sendiri.
  • Dalam pasar oligopoli, para peserta harus membuat keputusan penting seperti apakah mereka harus bekerja sama atau bersaing dengan pesaing, apakah mereka harus menerapkan strategi baru dan apakah mereka harus menurunkan atau menaikkan harga produk mereka.

Hambatan alami untuk masuk di pasar oligopoli adalah:

  • Ekonomi produksi skala besar
  • Biaya set up
  • tinggi Biaya R&D tinggi
  • Kepemilikan sumber daya yang langka

Hambatan buatan untuk masuk di pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

  • Harga jual ditetapkan di bawah nilai rata-rata , dan untuk pendatang baru, tidak mungkin untuk membuat keuntungan
  • Perusahaan yang ada menetapkan harga pada titik yang begitu rendah sehingga pendatang baru tidak dapat melakukannya
  • Pengetahuan yang unggul tentang pasar dan pelanggan digunakan untuk keuntungan pribadi oleh suatu organisasi, dan hal itu menghalangi masuk dari melangkah di pasar
  • Nama merek yang dapat diandalkan telah mendapatkan loyalitas pelanggan dan mencegah masuk
  • Hak cipta eksklusif, lisensi, dan paten mempersulit pintu masuk lain untuk memasuki pasar

Keuntungan dari pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

  • Pasar oligopoli dapat mengadopsi strategi bersaing untuk menghasilkan keuntungan yang sama seperti harga yang rendah untuk struktur pasar lainnya
  • Efisiensi dinamis dari pasar oligopoli dapat dilihat dalam proses s pengembangan dan produk baru
  • Pasar oligopoli menampilkan stabilitas harga yang bermanfaat bagi konsumen

Kerugian pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

  • Pilihan konsumen berkurang karena konsentrasi tinggi
  • Penyelesaian kurang, dan ini mengurangi output dan menghasilkan harga tinggi
  • Disengaja hambatan masuk membatasi masuknya pendatang baru
  • Pasar oligopoli produktif dan tidak efisien alokatif

4. Persaingan Monopolistik

Dalam persaingan monopolistik, beberapa organisasi menjual produk mereka yang berbeda dalam industri yang sama. Kekuasaan dibagi, dan perusahaan dapat menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan. 

Karakteristik kritis persaingan monopolistik adalah sebagai berikut-

  • Semua peserta membuat keputusan independen tentang output dan pembayaran berdasarkan biaya produksi, pasar, dan produk mereka
  • Pengetahuan tersebar luas tetapi tidak sempurna
  • Ada peningkatan risiko yang terlibat dalam pengambilan keputusan
  • Tidak ada hambatan untuk keluar atau masuk ke pasar
  • Perusahaan terlibat dalam taktik periklanan yang sengit untuk menarik pelanggan

Contoh persaingan monopolistik adalah sebagai berikut:

  • Hotel
  • Restoran
  • Pub
  • Layanan konsumen

Keuntungan dari persaingan monopolistik adalah sebagai berikut:

  • Pasar persaingan monopolistik dapat diperebutkan karena tidak ada hambatan to entry
  • Diferensiasi produk di pasar monopoli menciptakan utilitas, pilihan, dan keragaman

Kerugian dari persaingan monopolistik adalah sebagai berikut:

  • Perbedaan produk sering menghasilkan pemborosan yang tidak perlu
  • Inefisiensi alokasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang
  • Penyalahgunaan kekuatan pasar

Hal ini peserta dominan di pasar ini di dapat menyalahgunakannya, dan inilah mengapa menjadi penting untuk memiliki peraturan yang dapat mengontrol harga dan kualitas produk atau layanan.

Kekuatan pasar dapat mengakibatkan penyalahgunaan kondisi pasar, dan hal ini dapat menyebabkan naiknya harga produk atau jasa bahkan di atas tingkat persaingan.

Ini menahan permintaan konsumen karena masing-masing dari mereka tidak mampu membayar harga tinggi.

Berbahaya dan tidak untuk kepentingan umum.

Penawaran umum lebih sedikit atau tidak ada pilihan bagi konsumen tergantung pada struktur pasar.

Menghasilkan kerugian efisiensi.

Alokasi sumber daya yang tidak efisien.

Beberapa organisasi menerapkan strategi untuk mengurangi dan membatasi persaingan karena mereka ingin meningkatkan posisi mereka di pasar.

Inilah sebabnya mengapa pendekatan yang baik diperlukan untuk menilai dominasi peserta dan mengukur persaingan secara efektif. Ada regulator sektor yang memiliki banyak alat dan indikator untuk mengidentifikasi dominasi pasar. 

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengamatan pangsa pasar

Sebuah organisasi dengan pangsa pasar yang signifikan menempati posisi dominan di pasar dan memiliki kemampuan untuk memanipulasi dan mempengaruhi harga. Pangsa pasar dan kekuatan pasar saling terkait sampai tingkat tertentu, tetapi persentase yang tinggi bukanlah satu-satunya kriteria untuk menetapkan dominasi kekuatan pasar.

Regulator telah menetapkan beberapa ambang batas untuk memahami dan mengidentifikasi kapan pangsa pasar harus menjadi perhatian, dan kapan hal itu dapat mengakibatkan masalah listrik yang serius. 

Kapasitas produksi seperti modal dan tenaga kerja, nilai penjualan, dan volume penjualan memberikan hubungan yang berguna dalam metode pengukuran pangsa pasar dan kriteria yang akan digunakan tergantung pada karakteristik pasar yang relevan.

Komisi Eropa telah menetapkan beberapa standar untuk menilai dominasi. Sesuai aturannya, sebuah organisasi dengan pangsa pasar 25% tidak memegang posisi dominan, organisasi dengan 40% meningkatkan kekhawatiran dan organisasi yang lebih dari 50% pasti berada dalam posisi memerintah jika pangsa pasarnya tetap stabil untuk waktu yang lama. 

2. Pengamatan tingkat harga

Ketika ada kenaikan tingkat harga yang terus menerus, itu bisa menjadi tanda kekuatan pasar. Regulator harus waspada tentang pertumbuhan yang berkelanjutan tetapi juga ingat bahwa biaya tinggi dapat dikaitkan dengan peningkatan tarif pemulihan biaya.

3. Kegiatan kolusi

Para regulator harus sangat rajin dan mengawasi perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan pihak lain untuk membatasi persaingan. Ini adalah organisasi yang mampu membagi pasar dengan menetapkan harga.

4. Analisis kekuatan organisasi

Komisi Eropa memiliki beberapa faktor untuk menilai dominasi pasar oleh organisasi seperti kontrol infrastruktur, ukuran keseluruhan perusahaan, tidak adanya daya beli, keunggulan teknologi, akses ke sumber daya keuangan, skala ekonomi , integrasi vertikal, ruang lingkup ekonomi dan diversifikasi produk untuk beberapa nama.

5. Analisis hambatan masuk

Hambatan masuk terjadi karena biaya hangus yang tinggi atau karena akses terbatas ke fasilitas penting. Analisis hambatan masuk akan menunjukkan dominasi pasar kepada regulator.

6. Tindakan kuantitatif 

Beberapa tindakan kuantitatif dapat membantu menentukan dominasi pasar oleh suatu organisasi. Herfindahl-Hirschman Index (HHI)2 adalah indeks yang menceritakan tentang jumlah organisasi di suatu pasar dan juga tentang pangsa mereka di pasar itu.

Ini adalah indikator penyelesaian dalam sektor tertentu dan diterapkan secara luas dalam hukum persaingan, antimonopoli, dan manajemen teknologi. Indeks lainnya, Indeks Lerner juga mengukur dominasi pasar. Ini menceritakan tentang sejauh mana harga telah melampaui marjinal.

Adalah fakta bahwa tidak boleh ada ketergantungan yang berlebihan pada satu faktor karena dapat condong ke arah keputusan kebijakan yang bias. Lebih baik menggunakan kombinasi faktor untuk menilai dominasi pasar untuk menghindari kemungkinan jebakan.

Sumber : marketing91.com

Posting Komentar untuk " Definisi , Faktor dan Arti Kekuatan Pasar"