Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Citra Merek - Identitas Merek - Strategi Merek

Citra Merek - Identitas Merek - Strategi Merek

Konsumen memandang dan menerima banyak merek dalam kelompok perdagangan tertentu dengan cara yang berbeda. Dengan mempersonifikasikan suatu merek (Bagaimana Anda menggambarkan merek X jika itu adalah seseorang?) kita dapat mengetahui bahwa misalnya konsumen menganggap merek A sebagai wanita muda, impulsif, lincah, menarik, energik, penuh ide. 

Dengan cara yang sama, merek B bisa menjadi pria tua, konservatif, dan santai. Merek juga dapat memiliki citra yang sama sekali tidak ekspresif dan buruk. Begitulah cara merek C mungkin tidak memiliki karakteristik pribadi yang nyata, langsing, tinggi, tidak mencolok dan tenang.

Citra pada dasarnya mengungkapkan cara konsumen berpikir tentang merek dan perasaan yang ditimbulkan merek ketika konsumen memikirkannya. Atas dasar karakteristik ini, yang diasosiasikan konsumen dengan merek, perusahaan dapat membangun keunggulan kompetitif untuk mereknya.

Citra seperti apa yang harus dimiliki merek kita?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor dan keadaan pasar: tujuan perusahaan, keinginan dan harapan konsumen, kelompok perdagangan dan beberapa kelompok lainnya. 

Sebuah perusahaan membangun citra mereknya melalui komunikasi perdagangan dengan konsumennya. Begitulah cara perusahaan memberi tahu konsumen tentang apa yang diwakili merek, apa nilainya, apa yang ditawarkan atau dijamin perusahaan kepada konsumen, apa keunggulannya, kualitasnya, dan lainnya.

Konsumen menafsirkan semua informasi yang diperoleh dan membentuk persepsi subjektif tentang merek atau citranya.

Mengapa meneliti citra merek?

Memahami citra merek adalah kunci penting untuk manajemen merek jangka panjang. Penting juga bagaimana konsumen membentuk merek dan jenis hubungan apa yang terbentuk dengan merek - apa arti merek bagi mereka dan bagaimana mereka menerimanya. 

Memahami hubungan antara konsumen dan merek dapat membantu perusahaan mengontrol penentuan posisi merek yang sukses dan efisiensi periklanan.

Bagaimana kita meneliti gambar?

Citra merek terbentuk dalam jangka panjang dan mewakili area non-sadar dan "tak tersentuh", yang perlu diteliti dengan menggunakan metode penelitian proyektif yang membantu konsumen untuk mengatasi hambatan dan keterbatasan tertentu serta membantunya untuk terinspirasi dalam dunia nama merek. 

Oleh karena itu, konsumen tidak hanya fokus pada merek, tetapi terutama pada pengalamannya dengan merek itu dan pada penggunanya yang biasa. Dia berfokus pada peluang, yang paling cocok untuk merek tertentu dan citra seperti apa yang disajikan merek, dan lainnya. 

Kami dapat meneliti dan mendeskripsikan merek dari berbagai perspektif. Kami memperoleh banyak asosiasi, ide, manfaat, dan orang yang berbeda yang konsumen dalam beberapa cara terhubung ke merek, yang perlu diinterpretasikan dengan tepat dan benar. 

Penting untuk menentukan karakteristik dan nilai utama, yang dihubungkan ke merek tertentu oleh konsumen. Temuan yang relevan menunjukkan hasil manajemen jangka panjang dari suatu merek dan mewakili dimensi kunci yang menjadi dasar keunggulan kompetitif suatu merek.

Posting Komentar untuk " Citra Merek - Identitas Merek - Strategi Merek"