Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Brand Image yang Kuat

brand-development
credit:[email protected]_official

Membangun merek adalah tugas yang sulit karena memerlukan koordinasi dan kinerja di banyak tingkatan. Seorang pelanggan hanya mengacu pada produk reguler sebagai merek ketika perusahaan sering beriklan, memiliki produk yang baik, dan secara konsisten berkinerja baik dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, jika komunikasi periklanan dan pemasaran berhasil membangun hubungan dengan pelanggan, branding memiliki arti yang sama sekali baru, dengan pelanggan membeli barang hanya karena merek.

Bukankah itu sweet spot untuk bisnis apa pun? Jika Anda ingin membuat produk baru, Anda ingin hal itu dikenal sebagai merek seiring waktu. Jadi, bagaimana Anda mengembangkan merek untuk perusahaan atau produk Anda? 

Berikut ini adalah Tips dan Cara Membangun Brand Image yang Kuat, antara lain:

1. Jangan mulai membangun merek sampai Anda siap

Itu adalah saran membangun merek paling penting yang bisa saya berikan kepada Anda. Setiap bisnis memiliki tahap kedewasaan di mana ia mungkin memiliki pendapatan dan barang dagangan yang cukup untuk menjadi merek. 

Jika Anda memulai operasi pembangunan merek tetapi tidak memiliki uang atau persediaan untuk mempertahankannya, merek Anda mungkin gagal. (Misalnya, Hari Miliar Besar Flipkart)

Misalnya, jika festival sudah dekat dan Anda memiliki pendapatan dan produk, Anda dapat segera mulai mempromosikan produk Anda sehingga orang-orang menjadi lebih sadar akan hal itu dan mulai mengenalinya. 

Akibatnya, jika Anda berpromosi tetapi tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya iklan, atau jika iklan berjalan tetapi Anda belum menyiapkan produk, upaya Anda dalam membangun merek akan sia-sia.

2. Bersemangatlah dalam membangun merek 

Anda tidak dapat membangun merek setengah-setengah. Jika Anda membangun merek karena "orang lain melakukannya" maka Anda salah dalam pendekatan merek Anda. Anda perlu memahami kekuatan inti perusahaan Anda dan Anda harus berkomitmen pada branding. 

Ini berarti tidak ada alasan dan fokus penuh pada aktivitas membangun merek. Tip membangun merek terbaik yang bisa saya berikan kepada Anda adalah bahwa merek harus datang dari hati Anda.

3. Percaya pada merek Anda sendiri

Saya mungkin mengulanginya sendiri, tetapi jika upaya merek Anda dimotivasi oleh hati Anda dan Anda tidak percaya pada merek Anda sendiri, Anda sedang berjuang untuk kalah. 

Jika menurut Anda merek Anda tidak dapat berhasil, ada kualitas pembeda tertentu atau masalah lain dengan perusahaan yang belum diperbaiki. 

Anda telah kehilangan kepercayaan pada merek Anda sebagai akibat dari masalah ini. Dalam hal ini, lebih baik untuk fokus pada poin pertama. Mulailah membangun merek hanya saat Anda siap.

4. Bangun kekuatan Anda 

Setiap produk atau merek memiliki kekuatan yang menjadi akarnya. Merek - merek papan atas sepertivGoodyear punya daya tahan, Duracell punya baterai tahan lama, Philips punya peralatan rumah tangga, dan Samsung punya ponsel pintarnya. 

Lini produk yang kuat ini, ketika terlibat dalam pembangunan merek, dapat memberikan dorongan untuk semua produk yang berbeda dalam portofolio produk Anda.

Tip membangun Merek di sini adalah Anda harus mempermainkan kekuatan Anda dan menjadikannya wajah merek Anda. Ketika pelanggan, melalui penggunaannya, menegaskan bahwa produknya kuat, dia akan mulai mempercayai semua produk lain dari merek yang sama, meskipun mereka belum dipromosikan kepadanya. 

Namun, jika pengalaman pertama buruk, pelanggan tidak mungkin mencoba hal lain dari rumah merek yang sama.

5. Perkuat merek Anda dengan mengatasi kekurangan Anda

Jika pembeli menjadi tertarik pada merek Anda setelah mendengar tentang keunggulan Anda, masuk akal bahwa semakin banyak keunggulan yang Anda miliki, semakin banyak pelanggan yang akan Anda tarik. Dengan kata lain, semakin banyak lubang yang Anda pasang, semakin kuat merek Anda nantinya. 

Jika Anda memiliki barang dalam portofolio Anda yang memiliki masalah teknis, Anda harus fokus untuk menyelesaikan masalah tersebut. Banyak merek menderita karena memiliki sapi perah dalam portofolio mereka sementara yang lain adalah anjing. Akibatnya, untuk memiliki merek yang lebih baik, Anda harus meningkatkan kekuatan Anda.

6. Jadikan barang dan jasa Anda lebih berharga

Anda harus bertanya pada diri sendiri (serta karyawan dan pelanggan Anda) apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai merek. Apa pendapat pelanggan Anda tentang merek Anda? 

Apakah dia mendapatkan seluruh nilai, atau dapatkah Anda menambahkan nilai lebih dengan sedikit biaya tambahan? Peningkatan produk kecil, penawaran produk terbatas, dan penyesuaian pada proses dukungan pelanggan semuanya dapat membantu meningkatkan kebahagiaan pelanggan. 

Menambahkan nilai tersebut ke layanan Anda adalah salah satu aspek terpenting dalam mengembangkan merek yang sukses. Bank manapun akan memberitahu Anda bahwa mereka terus-menerus meninjau proses internal mereka untuk meningkatkan pemberian layanan kepada klien akhir.

7. Merespon dan dapat dijangkau 

Pelanggan saat ini sangat vokal dalam ketidakpuasan mereka. Jangan heran jika kritik terhadap merek Anda datang secara online melalui portal e-commerce atau melalui berbagai jejaring sosial. Penting bagi Anda untuk melacak penyebutan merek Anda sehingga Anda dapat menanggapi pelanggan Anda. 

Pada saat yang sama, sewalah agen media sosial sehingga Anda dapat dijangkau oleh pelanggan Anda secara online melalui Twitter, facebook, atau Email. Menjadi terjangkau hanyalah satu bagian. Bagian lainnya adalah menanggapi pelanggan Anda dan menerima umpan balik sehingga Anda tahu bahwa pelanggan Anda senang dengan Anda. 

Satu postingan yang tidak puas untuk merek awal dapat memengaruhi setidaknya 10-15 pelanggan merek Anda. Sebuah film baru yang telah datang di pasar mungkin kehilangan 100 penonton melalui satu posting facebook. Jadi, Anda harus dapat dijangkau dan merespons pelanggan Anda untuk membangun merek yang kuat.

8. Masukkan pesan yang sesuai ke dalam materi pemasaran Anda

slogan-iklan
credit:[email protected]_nusantara

Lihatlah beberapa iklan bank, asuransi, atau jaringan telekomunikasi. Karena ini adalah industri jasa, satu-satunya cara mereka dapat menambah nilai pada merek mereka adalah melalui komunikasi pemasaran yang efektif. 

Dan ketika saya mengatakan marcomm yang tepat, maksud saya memberikan nilai pada pernyataan yang Anda buat kepada orang-orang yang menonton iklan Anda. Iklan ini harus sesuai dengan cita-cita merek Anda.

Apple adalah contoh terbaik dari jenis iklan ini. Apple dikenal karena berfokus pada inovasi dan karena mengetahui bahwa ia dapat mengandalkan komunitas geek untuk mendukungnya. Akibatnya, iklan Apple akan selalu mengkomunikasikan inovasi. 

Akibatnya, pelanggan mereka memiliki ikatan emosional dengan mereka. Akibatnya, menggunakan pesan yang tepat dalam komunikasi pemasaran Anda dapat membantu Anda membangun ekuitas merek.

9. Terlibat aktif ketika terjadi bencana

Banyak merek baru-baru ini memulai iklan sosial. Mereka mulai peduli dengan bencana alam dan selama masa bencana alam tersebut terlibat aktif membantu masyarakat. 

Jelas, hanya pembangunan merek yang tidak berada di belakang alasan ini. Upaya seperti itu dikenang oleh masyarakat sejak lama. Jadi, miliki langkah-langkah sosial yang tepat agar pelanggan internal Anda diperhatikan.

10. Memiliki kehadiran online yang kuat 

Anda tidak dapat membuat merek di dunia digital saat ini tanpa kehadiran online yang solid. Banyak perusahaan paling terkenal di dunia dapat ditemukan di semua platform media sosial. Mereka memiliki situs web luar biasa yang memberi pengunjung informasi sebanyak mungkin tentang produk mereka. 

Situs web ini juga merupakan penjual 24 X 7, perusahaan dalam barang-barang tahan lama dan elektronik konsumen. Akibatnya, pelanggan digital saat ini mengharapkan kehadiran online yang kuat dari organisasi. 

Jika dia melihat perusahaan tidak hadir secara online, dia akan melihat bahwa tidak banyak orang yang membicarakannya, menyiratkan bahwa itu bukan perusahaan yang dapat diandalkan. Akibatnya, jika Anda membangun merek, Anda juga harus membangun kehadiran online yang kuat.

11. Bentuk ikatan dengan orang lain

Apa yang Anda harapkan dari sebuah hubungan? Pasangan Anda menelepon Anda, menjaga Anda, dan memastikan Anda merasa nyaman. Ketika sebuah merek menciptakan hubungan dengan pelanggan, hal yang sama harus dilakukan. 

Perusahaan dapat memanfaatkan CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan mekanisme umpan balik, dan membuat pelanggan merasa nyaman. Lihatlah salah satu perusahaan Fortune 500 dan Anda akan melihat bahwa masing-masing memiliki departemen layanan pelanggan yang sangat besar.

Faktanya, ketika Anda adalah merek yang sukses, departemen layanan pelanggan Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada departemen penjualan Anda. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa investasi Anda pada klien tetap cukup kecil, sementara investasi Anda pada pelanggan baru sangat besar. Merek yang hebat secara otomatis menghasilkan banyak bisnis yang berulang bagi perusahaan.

12. Gunakan strategi branding yang cerdas

Secara alami, sebuah merek tidak berwujud. Itu dibuat konkret melalui penggunaan berbagai elemen merek yang harus diterapkan oleh manajer pemasaran pada kemasan, iklan, dan di mana pun di mana merek dapat membuat perbedaan. 

Warna merek, logo, media komunikasi, dukungan selebriti, dan aspek lainnya adalah elemen merek yang umum. Anda bisa mendapatkan keunggulan kompetitif yang signifikan dengan menggunakan taktik branding ini dan menentukan cara terbaik untuk mengintegrasikan branding ke dalam semua proses Anda.

13. Sabar

Branding tidak sama dengan menjual. Tidak ada yang namanya tujuan jangka pendek. Faktanya, karena membangun merek adalah proses yang direncanakan, dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Banyak perusahaan barang konsumsi tahan lama dan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) menginvestasikan sejumlah besar uang dalam pengembangan merek. Namun, banyak dari upaya ini gagal berkali-kali. Sebuah merek hanya bisa menjadi terkenal dengan bertahan dan bereksperimen dengan ide-ide yang berbeda. 

Akibatnya, seorang manajer merek harus bersabar untuk menangani semua pasang surut perjalanan roller coaster membangun merek. Memiliki strategi akan membantu Anda dalam membangun hubungan merek yang benar dengan klien Anda, menghasilkan pengembangan merek yang kuat untuk perusahaan Anda.

Keunggulan kompetitif terbaik yang harus dimiliki adalah ekuitas merek yang substansial, yang sulit untuk digantikan. Akibatnya, di pasar laptop, sistem operasi selain Microsoft atau Apple sulit didapat. 

Android dan Apple adalah sistem operasi seluler paling populer. Perhatikan bagaimana Apple mendominasi kedua kategori. Ini karena nilai tambah yang diberikan merek kepada kliennya.

Pelanggan sangat berkomitmen pada merek Apple sehingga mereka akan membeli produk baru apa pun yang dirilis bisnis tersebut. Sekarang kewajiban merek untuk meluncurkan produk yang memberikan nilai signifikan kepada pelanggannya.

Intinya, setiap bisnis baru harus menyiapkan waktu sejak awal untuk mencurahkan inisiatif brandingnya. Setelah merek didirikan, mencapai garis bawah yang diinginkan akan jauh lebih mudah.

Posting Komentar untuk " Cara Membangun Brand Image yang Kuat"