Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Strategi Pemimpin Pasar (Market Leaders)

market-leaders

Jumlah produk dan jumlah pesaing di pasar meningkat di dunia saat ini. Semua orang ingin selangkah lebih maju dari kompetisi. Namun, apakah semua orang sukses? Tentu tidak. Hanya akan ada satu pemimpin pasar di pasar mana pun, bukan banyak pemimpin pasar!

Jadi, apa yang dilakukan pemimpin pasar dengan baik untuk menjaga pesaing mereka? Kita akan melihat metode tertentu yang digunakan oleh setiap pemimpin pasar.

1. Mencakup pasar global dan lokal

Pertimbangkan pemimpin pasar dalam kategori masing-masing, seperti Coca-Cola, Microsoft, LG, dan lainnya. Anda akan melihat bahwa masing-masing perusahaan ini memiliki barang-barang yang terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia. Masing-masing strategi pemasaran item ini, di sisi lain, disesuaikan dengan pasar yang dilayaninya.

Jika Anda memiliki bisnis dengan banyak pesaing, Anda harus memikirkan perluasan pasar serta lokalisasi. Jangan abaikan pasar dunia, tetapi yang lebih penting, jangan lupakan wilayah Anda sendiri saat melayani pasar global. 

Data pendukung sederhana untuk pernyataan ini adalah bahwa, setelah menyelidiki pasar global, setiap negara berkembang sekarang berfokus pada pasar pedesaannya sendiri, yang akan membawa potensi pertumbuhan paling besar.

2. Menjaga agar biaya tetap terkendali

Jika Anda melihat dengan seksama laporan keuangan dari setiap perusahaan yang baik, Anda akan melihat bahwa langkah-langkah pemotongan biaya sedang diambil. Keuntungan dapat dihitung hanya dengan menggunakan satu rumus. Laba sama dengan pendapatan dikurangi pengeluaran. 

Akibatnya, jika Anda mengurangi pengeluaran Anda, pengeluaran Anda secara alami akan berkurang, menghasilkan keuntungan keseluruhan yang lebih tinggi. Yang paling penting adalah memahami apa komponen utama penetapan biaya Anda. 

Misalnya, transportasi, persewaan, tenaga kerja, margin distribusi, dan biaya lain dalam perusahaan berbasis produk semuanya lebih mahal daripada bahan mentah yang dibutuhkan untuk membuat produk. Akibatnya, memahami setiap komponen biaya sangat penting.

Selama penurunan, contoh yang bagus tentang perlunya pengendalian biaya dapat ditunjukkan. Ketika sebuah perusahaan dihadapkan dengan lingkungan ekonomi yang sulit, ia harus memilih bagaimana mengendalikan biaya sambil mengurangi pengeluaran. 

Hal ini dapat dicapai dengan membuat perubahan mendasar pada bahan baku, bermitra dengan pengangkut berbiaya rendah, pengiriman dalam jumlah besar, mengurangi tenaga kerja, dan terakhir mengurangi tenaga kerja terampil. Ini adalah beberapa cara yang digunakan oleh bisnis untuk menjaga biaya tetap terkendali selama masa-masa sulit. 

Alih-alih mengambil tindakan keras, jika proses yang efektif digunakan selama masa-masa baik, perusahaan akan memiliki margin yang lebih besar dan kantong yang lebih dalam untuk menghapus masa-masa buruk.

3. Ekspansi Cerdas 

Ekspansi demi ekspansi bisa merusak. Semua ahli strategi memahami bahwa mengawasi arus kas perusahaan sangat penting untuk keberhasilannya. Jika modal kerja Anda digunakan untuk ekspansi, itu akan berdampak pada bahkan divisi perusahaan yang sedang tumbuh, memaksa Anda untuk mengurangi inisiatif penting.

4. Dapatkan orang yang tepat dan pertahankan mereka 

Dalam industri jasa, Anda sama baiknya dengan bakat yang Anda miliki. Banyak perusahaan perangkat lunak menyisihkan sebagian dari margin mereka sehingga mereka tidak perlu kehilangan insinyur perangkat lunak ketika satu proyek selesai. Insinyur ini dipindahkan ke proyek lain ketika pekerjaan selesai. 

Seorang manajer layanan pelanggan tidak akan pernah ingin kehilangan karyawan terbaik mereka. Seorang CEO tidak akan pernah suka kehilangan manajer dengan kinerja terbaiknya. Setiap perusahaan tidak ingin melepaskan karyawan yang efisien. Karyawan dan pemangku kepentingan Anda adalah aset Anda.

Perlu ada tindakan rutin yang diambil untuk menjaga agar karyawan dan pemangku kepentingan Anda tetap termotivasi dan loyal. Ambil perusahaan mana pun yang memiliki tingkat gesekan rendah dan Anda akan melihat perusahaan yang menghabiskan banyak uang untuk pelatihan dan pengembangan karyawannya. 

Hal ini karena ketika karyawan meninggalkan suatu perusahaan, mereka membawa sebagian dari pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka peroleh di perusahaan tersebut. Pengetahuan dan pengalaman ini perlu ditanamkan pada karyawan lain dari waktu ke waktu. 

Dengan demikian banyak waktu yang terbuang dalam pelatihan dan pengembangan karyawan baru. Inilah sebabnya mengapa perusahaan yang cerdas menghemat waktu dengan mempertahankan dan memotivasi karyawan terbaik mereka. Dan inilah mengapa mereka tetap terdepan dalam persaingan

5. Menerapkan strategi pemasaran yang efektif

Kunci untuk mengakali pesaing Anda adalah dengan menetapkan posisi Anda sendiri yang berbeda di benak pelanggan Anda. Posisi ini harus menarik dan menguntungkan. Hanya dengan demikian Anda akan memperoleh keunggulan kompetitif dari waktu ke waktu. 

Strategi pemasaran harus diterapkan dengan benar. Apa yang seharusnya menjadi pesan perusahaan? Bagaimana Anda dapat mengembangkan pesan Anda dari waktu ke waktu untuk menarik lebih banyak orang ke bisnis Anda? 

Bagaimana pemasaran dapat diubah untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperluas? Apa yang seharusnya menjadi sarana komunikasi pemasaran? Apa cara terbaik untuk mengimplementasikan rencana dan dalam urutan apa? Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan benar oleh strategi pemasaran Anda.

Saat ini sangat penting untuk menggunakan pesaing Anda sebagai titik perbandingan dan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih unggul dari pesaing Anda dan membantu Anda mendapatkan statistik yang Anda inginkan. 

Teknik paling efektif untuk menyusun strategi pemasaran yang kuat adalah dengan melakukan analisis persaingan secara menyeluruh dan menentukan di mana Anda berada di pasar saat ini. Anda tidak boleh langsung menantang penantang teratas. 

Namun, dengan membuat rencana pemasaran yang hebat dan berpegang teguh pada itu, Anda dapat menghilangkan setiap kompetisi satu per satu. Kunci keberhasilan pemasaran dalam skenario ini adalah implementasi yang tepat dari rencana pemasaran.

6. Perhatikan pelanggan Anda

customer-relationship
credit:[email protected]_sosebee

Beberapa bisnis lupa bahwa alasan utama mereka tetap berbisnis adalah karena klien mereka menyukai produk mereka. Ketika sebuah bisnis melupakan prinsip ini, itu pasti akan runtuh. Akibatnya, Anda harus menjadi yang terbaik di bidang ini. 

Anda harus mengetahui segala sesuatu yang perlu diketahui tentang pelanggan Anda. Melakukan riset pasar dan analisis perilaku pembelian konsumen secara teratur untuk menentukan pemikiran pelanggan. 

Teknologi baru yang Anda abaikan tetapi dipasang oleh pesaing dapat menarik perhatian pelanggan Anda dan mengusir bahkan klien Anda yang paling setia.

Ambil contoh Facebook dan Google, misalnya (orkut). Ketika Facebook dengan cepat tumbuh menjadi jejaring sosial yang begitu besar, Google bahkan tidak dapat mengikutinya. Sudah terlambat ketika Google meluncurkan produknya sendiri (google +). Itu tidak lagi terlihat oleh penonton. Implementasi produk juga kurang. 

Ketahui apa yang diinginkan pelanggan Anda setiap saat, serta bagaimana lingkungan berubah dan di mana Anda kehilangan pelanggan. Jangan takut untuk mencoba hal baru dengan lini produk Anda. 

Dengan item tertentu, Anda dijamin gagal. Namun, Anda akan menjadi yang terdepan dalam persaingan jika Anda mengadopsi taktik dengan mempertimbangkan klien Anda.

7. Mendidik diri sendiri

Mengetahui pesaing Anda adalah salah satu aspek terpenting dalam menjual melawan mereka. Ambil contoh, pasar barang-barang konsumen yang tahan lama. Di segmen televisi dan lemari es, akan ada sepuluh pesaing yang berbeda. 

Selain itu, setiap pesaing akan menyediakan sepuluh lini produk yang berbeda. Untuk klien Sec A, mereka akan menawarkan lemari es dan televisi kelas atas, sedangkan untuk bagian yang sadar harga, mereka akan memiliki versi kelas bawah dan harga lebih rendah. 

Untuk memperkenalkan versi produk Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu memahami pesaing Anda dan lini produk mereka. 

Di sisi lain, untuk memperkenalkan produk yang unik di pasar dan memiliki keunggulan penggerak pertama, Anda harus mengenal semua produk pesaing Anda. Akibatnya, informasi menjadi sangat penting.

Mari kita kembangkan contoh barang tahan lama konsumen. Barang tahan lama konsumen dijual melalui saluran. Akibatnya, fitur produk Anda juga harus dikomunikasikan ke saluran Anda. Pelatihan rutin diperlukan agar saluran tetap mendapat informasi tentang rencana terbaru perusahaan. 

Pertimbangkan skenario berikut: Anda meluncurkan produk baru dan ingin mempromosikannya melalui operasi ATL (Above the Line) dan BTL 9Below the Line). Juga, jika penyalur saluran Anda tidak mengetahui produk tersebut dan tidak memiliki stok mesin untuk pengiriman cepat. 

Karena kurangnya pengetahuan dan komunikasi yang memadai, ini akan mengakibatkan kerugian yang signifikan dari penjualan serta biaya.

Akibatnya, operasi pemasaran Anda tidak sinkron saat klien mengunjungi ruang pamer saluran Anda. Meskipun Anda mengiklankan produk, produk tersebut tidak tersedia di pasar atau tidak dapat dijual oleh mitra saluran Anda. Akibatnya, Anda kehilangan penjualan serta terburu-buru awal. 

Sebaliknya, pesaing Anda mungkin lebih pintar dan telah menciptakan produk baru dengan fitur yang sama sekali berbeda. Produk Anda sekarang gagal total di pasar! Inilah sebabnya, untuk mengungguli pesaing Anda, informasi dan transmisinya sangat penting.

Semua teknik yang disebutkan di atas akan diterapkan oleh perusahaan-perusahaan top di seluruh dunia. Bahkan jika perusahaan Anda baru dan Anda bertujuan untuk memperluas lini produk Anda, tujuh elemen ini harus digunakan sebagai panduan untuk membantu Anda membangun bisnis yang sukses.

Posting Komentar untuk " 7 Strategi Pemimpin Pasar (Market Leaders)"