Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Manajer Penjualan

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Manajer Penjualan

Kita telah membahas pekerjaan eksekutif penjualan di bagian artikel sebelumnya. Kekuatan pendorong kemajuan perusahaan adalah eksekutif penjualannya. 

Manajer penjualan, di sisi lain, adalah komandan tempur yang dapat menyusun strategi untuk memastikan bahwa kekuatan pendorong berhasil. 

Jika itu adalah sebuah permainan catur, manajer penjualan akan menjadi orang yang harus memastikan dia menang. Tanggung jawab utama seorang manajer penjualan meliputi perencanaan dan pelaksanaan penjualan. 

Kualitas yang mendefinisikan fungsi seorang manajer penjualan adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Tim

Seperti yang tersirat dalam pernyataan di atas, salah satu peran terpenting dari seorang manajer penjualan adalah manajemen tim. Masing - masing dari delapan anggota tim akan memiliki kemampuan dan kepribadian yang unik. 

Akibatnya, fungsi utama manajer penjualan adalah mengelola tim ini dan membimbing eksekutif penjualan Anda untuk bekerja sesuai kekuatan mereka. 

Pada saat yang sama, manajer penjualan harus menjamin bahwa kerja tim sesuai dengan harapan manajemen tim penjualan.

2. Menjaga Motivasi Anggota Tim

Penjualan adalah profesi yang sulit di mana tenaga penjualan terus-menerus ditolak oleh calon pelanggan. Banyak eksekutif, di sisi lain, tidak termotivasi kecuali dan sampai mereka berada di bawah tekanan. 

Akibatnya, tugas manajer penjualan adalah mendorong dan memotivasi stafnya untuk bekerja lebih keras dan lebih efisien. 

Tugas manajerial utama manajer penjualan adalah menjemput eksekutif yang kehilangan motivasi dan menekan eksekutif biasa.

3. Menutup Saluran Penjualan

Untuk membangun saluran penjualan dan mengantarkan konsumen yang hangat ke organisasi, eksekutif penjualan biasanya menggunakan berbagai strategi. 

Seringkali tanggung jawab manajer penjualan untuk menjamin bahwa prospek yang hangat dan panas diubah menjadi klien yang membayar. 

Konsumen akhir mungkin membuat keputusannya berdasarkan bobot kartu kunjungan manajer penjualan. 

Ketika manajer penjualan, di sisi lain, terlibat, pelanggan menerima perhatian instan, yang dapat membujuknya untuk membeli produk perusahaan. Akibatnya, salah satu tugas utama manajer penjualan adalah menutup saluran penjualan.

4. Menjaga Keseimbangan Antara Tim

Pekerjaan manajer penjualan tidak berhenti ketika dia bertanggung jawab atas timnya sendiri. Namun, itu adalah tanggung jawabnya untuk membangun keseimbangan antara beberapa tim saat mereka berkolaborasi. 

Hal ini terutama terlihat di bank dan industri berbasis pengetahuan lainnya di mana kerja sama lintas departemen diperlukan. 

Demikian pula, harus ada koordinasi antara layanan, logistik, pemasaran, dan divisi lain dalam barang-barang konsumen tahan lama. 

Tugas manajer penjualan adalah menjaga jalur komunikasi tetap terbuka di antara tim yang berbeda sehingga pekerjaan organisasi dapat diselesaikan secara efisien. 

Di mana pun ketika banyak anggota tim tidak akur, biasanya terjadi karena kesalahan salah satu pemimpin tim lainnya.

5. Membuat Keputusan Strategis

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Manajer Penjualan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, peran manajer penjualan adalah memastikan bahwa upaya tim penjualan sejalan dengan harapan manajemen. 

Akibatnya, berbagai keputusan strategis di tingkat penjualan harus dibuat, yang dibuat oleh manajer penjualan. 

Seorang manajer penjualan, misalnya, mungkin membenarkan pemberian diskon sambil menekan timnya untuk menjual lebih banyak. 

Hal ini bisa dilakukan untuk mendongkrak margin keuntungan perusahaan. Manajer penjualan bertanggung jawab untuk membuat keputusan - keputusan strategis dan menerapkannya ke dalam tindakan.

6. Perluasan Perusahaan

Tugas seorang manajer penjualan adalah meningkatkan jumlah penjualan melalui pemanfaatan eksekutif penjualan yang berbeda dan berbagai taktik segmentasi. 

Di pasar yang ramai, manajer penjualan harus berkolaborasi dengan departemen pemasaran untuk menarik klien dengan lebih baik. 

Di pasar geografis yang besar, manajer penjualan harus berkolaborasi dengan logistik untuk memastikan distribusi terbaik. Akibatnya, manajer penjualan bertugas memperluas dan meningkatkan penjualan.

7. Memenuhi Harapan Manajemen

Akhirnya, dan yang paling penting, tugas manajer penjualan adalah menerapkan strategi dan mengawasi tim sedemikian rupa sehingga dia memenuhi tujuan manajemen perusahaan. Jika harapannya salah, manajer penjualan bertanggung jawab untuk memberi tahu perusahaan. 

Jika dia memerlukan bantuan dalam memenuhi target atau memodifikasi strategi, manajer penjualan bertanggung jawab untuk memberi tahu manajemen atau atasan. Dengan kata lain, jika penjualan tidak berjalan dengan baik, manajer penjualan adalah orang pertama yang harus disalahkan.

Seperti yang Anda lihat, sikap yang bersemangat namun pengertian diperlukan dari seorang manajer penjualan. Dia harus menyadari lingkungan kerja serta budaya perusahaan dan bertindak sesuai dengan itu.

Pada saat yang sama, dia harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang tujuan perusahaan, yang harus dia capai dengan memastikan bahwa eksekutif penjualannya melakukan tugas mereka secara tepat waktu dan efisien. 

Manajer penjualan yang hebat terdiri dari banyak komponen, banyak di antaranya hanya dapat dipelajari melalui pengalaman.

Post a Comment for " Pekerjaan dan Tanggung Jawab Manajer Penjualan"