Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Line Manager: Arti, Tanggung Jawab, Keterampilan, dan Pentingnya Line Manager

line-manager-key-skills

Line Manager adalah orang atau manajer yang bertanggung jawab untuk memimpin departemen yang menghasilkan pendapatan. Dia memiliki peran penting dalam sebuah organisasi, dan itu adalah menjalankan fungsi-fungsi utama, misalnya, pengambilan keputusan, penetapan target, dan pembuatan kebijakan.

Line Manager melapor kepada manager berpangkat lebih tinggi, dan perannya adalah mengawasi operasi bisnis dan mengelola karyawan dengan mengawasi mereka setiap hari. Dia dapat disebut sebagai penghubung antara manajemen atas dan karyawan yang bekerja di organisasi.

Jabatan terkait Line Manager adalah sebagai berikut:

  • Pemimpin tim
  • Foreperson
  • Seksi
  • Supervisor

Tanggung Jawab Line Manager

Line Manager bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya dan karyawan untuk mencapai tujuan harian dan fungsional organisasi. 

Beberapa tanggung jawab penting Line Manager, yaitu:

  • Mempekerjakan dan merekrut orang-orang berbakat untuk posisi pekerjaan tertentu
  • Memberikan pembinaan kepada karyawan yang membutuhkan
  • Line Manager dipercayakan untuk memotivasi anggota timnya untuk menjaga tingkat efisiensi dan produktivitas mereka tetap tinggi
  • Menawarkan dukungan kepada rekrutan dengan memberikan kesempatan untuk pelatihan sehingga mereka menjadi akrab dengan perusahaan
  • Line Manager menyebarkan sumber daya di bawahnya untuk mencapai tujuan dan rencana yang ditetapkan
  • Dia adalah orang yang mematuhi undang-undang dan kebijakan di perusahaan
  • Memastikan rotasi pekerjaan oleh karyawan pelatihan silang dan mengurangi kesenjangan penugasan
  • Memastikan bahwa ada saluran komunikasi yang efektif dan terbuka di tempat
  • Mendelegasikan beban kerja
  • Menawarkan umpan balik kinerja kepada anggota tim
  • Memastikan standar kualitas dipertahankan untuk semua proses
  • Mengevaluasi kinerja keseluruhan karyawan individu serta tim
  • Menyampaikan ulasan tentang tingkat kinerja individu sebagai serta berlebihan ll tim
  • Memastikan bahwa tujuan organisasi dan fungsional tercapai secara efektif
  • Mengidentifikasi apakah ada kebutuhan untuk tindakan korektif atau tidak dan menerapkan tindakan tersebut untuk pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan.
  • Mengawasi dengan cermat metrik dan kinerja tim dan individu terhadap target yang ditetapkan
  • Berkoordinasi dengan Line Manager lainnya di seluruh organisasi
  • Menawarkan indikator kinerja dan laporan produktivitas kepada manajemen
  • Tanggung jawab Line Manager termasuk menjadwalkan pertemuan secara berkala untuk membahas strategi dan kemajuan

Keterampilan (Skill) Line Manager

Line Manager adalah posisi yang tidak bisa Anda terima begitu saja. Tidak diragukan lagi ini adalah pekerjaan yang sulit, dan manajer harus siap 24 jam selama seminggu untuk mengikutinya.

Meskipun ini adalah perjalanan di mana manajer harus berpikiran terbuka dan fleksibel untuk menghadapi semua tantangan, beberapa keterampilan tetap diperlukan karena akan terbukti menjadi berkah dalam mengawasi tanggung jawab secara efektif. 

Beberapa keterampilan terkait pekerjaan yang akan dia butuhkan dijelaskan di bawah ini, diantaranya:

a. Manajemen diri

Line Manager harus memiliki kepercayaan diri untuk memahami dan mengelola karyawannya. Dia harus menjadi ahli dalam manajemen diri sehingga dia dapat melakukan apa pun yang diperlukan untuk profil pekerjaannya tanpa dipengaruhi oleh orang lain. 

Line Manager lah yang harus menjaga keseimbangan antara manajemen atas dan karyawan yang bekerja di bawahnya, harus menunjukkan keseimbangan, pemahaman, dan tekad yang sama saat berhadapan dengan kedua tingkat karyawan dalam organisasi.

Line Manager yang baik mengembangkan potensi, pengetahuan, dan keterampilan melalui belajar mandiri dan juga dengan melakukan program pelatihan yang akan membantunya meningkatkan keterampilannya. 

Dia menjadi ahli dalam memahami emosi manusia, dan kemampuan ini membantunya mengelola seniornya dan mengawasi juniornya di perusahaan.

Dia dapat dengan mudah mengambil langkah mundur dan memberikan kinerja yang konsisten yang akan dihargai oleh semua orang.

b. Komunikasi

Masalah utama dalam setiap organisasi adalah kurangnya saluran komunikasi yang tepat. Terkadang gaya komunikasi memainkan peran penting dalam menjaga jarak antara manajemen atas dan manajemen bawah. Ini menciptakan garis panjang kesalahpahaman yang berbahaya bagi setiap organisasi.

Line Manager lah yang bertanggung jawab untuk menciptakan saluran komunikasi yang layak di mana aliran komunikasinya lancar, jelas, berbeda, dan tentu saja, terbuka. Mendengarkan adalah bagian penting dari komunikasi, dan inilah yang harus dikuasai oleh Line Manager. 

Dia harus berlatih teknik mendengarkan aktif karena ketika seseorang mendengarkan, dia membuka pikirannya baik kata-kata verbal dan non-verbal dan tanda-tanda yang orang lain coba sampaikan.

Ini akan membantunya memahami situasi dengan lebih baik dan mencari kejelasan jika melihat ada perbedaan. Line Manager juga harus memiliki kosakata dan keterampilan berbicara yang berguna karena ia harus memerintah dan mengarahkan karyawannya setiap hari.

Keterampilan terpenting yang harus dimiliki seorang Line Manager adalah kemampuannya untuk berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, mencari jawaban, dan mendapatkan gambaran lengkap sebelum mengambil keputusan.

c. Keterampilan pengambilan keputusan

Line Manager menempati posisi unik dalam sebuah organisasi. Dia harus menerima perintah dari manajer senior dan kemudian mengarahkan timnya sesuai instruksi.

Kekuasaan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan tatanan khusus itu ada padanya, dan dialah yang memastikan bahwa instruksi-instruksi tersebut dilaksanakan dengan paling efektif. Manajemen atas tidak peduli tentang bagaimana hasil yang dicapai karena hanya tertarik pada akhir permainan.

Tenaga kerja beragam dengan perilaku yang berbeda. Pendekatan dan kemampuan dan Line Managerlah yang berada dalam posisi untuk mendistribusikan pekerjaan sesuai dengan keterampilan karyawannya. Dia tahu yang terbaik dan karenanya dapat membuat keputusan tentang peluang kerja mana yang sesuai dengan karyawannya.

Mereka memberdayakan setiap anggota tim dan mendorong mereka untuk fokus pada tujuan untuk mencapai target dengan cara terbaik dan waktu sesingkat mungkin.

Pentingnya Line Manager 

Pentingnya Line Manager adalah sebagai berikut:

  • Line Manager menawarkan dorongan dan dukungan kepada anggota tim. Mereka memberikan umpan balik yang konstruktif dan memastikan tentang keterlibatan karyawan. Hal ini pada akhirnya menghasilkan kepuasan karyawan dan produktivitas organisasi
  • Pekerjaan Line Manager sangat penting karena ia adalah jembatan antara manajemen atas dan karyawan tingkat bawah
  • Menerapkan strategi dengan cara yang bermanfaat dan tepat waktu merupakan bagian integral dari pekerjaan Line Manager
  • Masukan dari Line Manager sangat penting bagi perusahaan

Itulah Arti, Tanggung Jawab, Keterampilan, dan Pentingnya Line Manager. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Line Manager: Arti, Tanggung Jawab, Keterampilan, dan Pentingnya Line Manager"