Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enam Tanggung Jawab Pekerjaan Seorang Eksekutif Penjualan

Eksekutif Penjualan

Kita dapat mengklasifikasikan secara luas bahwa pekerjaan seorang tenaga penjualan adalah melakukan penjualan. Namun, bahkan dalam penjualan, kita memiliki hierarki dan banyak tugas yang harus diselesaikan setiap hari. Ada eksekusi penjualan dan kemudian ada manajemen penjualan.

Tergantung pada profil penjualan Anda, tanggung jawab pekerjaan Anda dapat diputuskan. Tanggung jawab pekerjaan eksekutif penjualan sama sekali berbeda dengan tanggung jawab pekerjaan manajer penjualan. Mari kita pelajari lebih detail untuk kedua profil tersebut.

Tanggung jawab pekerjaan seorang eksekutif penjualan, antara lain:

1. Prospeksi 

Peran pertama dan terpenting seorang eksekutif penjualan dalam sebuah perusahaan adalah pencarian calon pelanggan. 

Eksekutif penjualanlah yang harus membawa prospek ke perusahaan melalui penggunaan beberapa prosedur seperti panggilan dingin, menghasilkan pertanyaan, menangani pertanyaan, dan taktik penjualan lainnya sehingga mereka terus memberikan arahan yang baik bagi perusahaan.

2. Manajemen basis data 

Secara alami ketika Anda mencari calon pelanggan, seorang eksekutif penjualan diharapkan untuk memelihara basis data yang mencantumkan pekerjaan sehari-hari mereka, atau di perusahaan yang lebih baik, setidaknya membangun CRM yang membantu perusahaan dalam mengubah prospek menjadi prospek dan prospek menjadi pelanggan dengan lebih baik.

3. Membangun jalur pipa (jaringan)

Setelah pencarian calon pelanggan dan manajemen basis data, jalur pipa menjadi gambaran yang hanya dapat dibangun oleh eksekutif penjualan dan yang merupakan salah satu tanggung jawab pekerjaan paling penting dari eksekutif penjualan. 

Dalam hal ini, eksekutif harus memecah pipa menjadi pelanggan yang panas, hangat, dan dingin. Ini adalah singkatan dari pelanggan yang sangat tertarik, yang agak tertarik dan yang tidak tertarik.

4. Penanganan keluhan pelanggan 

Keluhan pelanggan utama harus ditangani di tingkat eksekutif penjualan. Ini karena eksekutif penjualan sendiri adalah wajah merek di depan pelanggan. Jadi, jika pelanggan memiliki masalah, dia akan mendekati eksekutif penjualan terlebih dahulu dan kemudian orang lain. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang melakukan pelatihan bagi para sales executive agar mengetahui cara yang tepat dalam menangani keluhan pelanggan.

5. Manajemen diri 

Ini adalah elemen yang sangat nyata dalam penjualan. Dengan manajemen diri, maksud saya eksekutif penjualan harus mengetahui produk perusahaan di dalam dan di luar. Dia juga harus mengetahui trik dasar seperti taktik negosiasi, cara terbaik mencari calon pelanggan, dan mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. 

Pada saat yang sama, merawat diri, meningkatkan komunikasi dan disiplin adalah hal-hal yang harus dikelola sendiri oleh eksekutif penjualan. Hal-hal ini memiliki dampak langsung pada kinerja dan karenanya penilaian eksekutif penjualan.

6. Manajemen hubungan dengan pelanggan 

Penjualan tidak berakhir ketika produk terjual. Bahkan, bahkan setelah menjual produk, eksekutif penjualan harus berhubungan dengan pelanggan akhir. 

Banyak perusahaan memiliki aturan bahwa begitu produk telah dijual pertama kali, mereka memiliki tim penjualan terpisah yang bertugas untuk manajemen hubungan dan yang berkonsentrasi pada penjualan silang produk lain atau mendapatkan manfaat maksimal dari pemasaran hubungan melalui penjualan lebih banyak kuantitas. 

Produk yang sama untuk pelanggan yang sama sesuai kebutuhan mereka. Dengan demikian, manajemen hubungan juga merupakan peran penting dari eksekutif penjualan dalam suatu organisasi.

Di atas adalah semua tanggung jawab pekerjaan seorang eksekutif penjualan. Dalam pertempuran dua tentara, eksekutif penjualan adalah tentara yang menghancurkan kekuatan utama oposisi. Menjadi seorang eksekutif penjualan tidak mudah karena Anda menghadapi penolakan berulang kali yang membuat Anda kehilangan motivasi. 

Di sinilah langkah manajer penjualan yang penting bagi karir Anda sebagai eksekutif penjualan. Baca terus untuk mengetahui peran manajer penjualan.

Posting Komentar untuk "Enam Tanggung Jawab Pekerjaan Seorang Eksekutif Penjualan"