Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Kegagalan dalam Penjualan Produk

5 Penyebab Kegagalan dalam Penjualan Produk

Saat kita menjual sebuah produk di pasar, seringkali kita mendapatkan beragam jenis watak dan karakter customer yang berbeda - beda. Ada customer yang cukup konsumtif, hingga mereka lebih gampang untuk memutuskan membeli sebuah produk. 

Tapi ada juga beberapa customer yang cukup kritis dan selalu menimbang beberapa hal sebelum akhirnya mereka membeli produk tersebut. 

Ini pasti menjadi rintangan besar untuk Anda dan para pelaku usaha, karena sebagai pemasar Anda dituntut untuk dapat membuat strategi penjualan yang dapat menarik untuk semua customer.

Walaupun beberapa pebisnis seringkali berencana untuk mengaplikasikan beragam taktik dan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produknya, tetapi seringkali mereka masih mengalami kegagalan pada proses realisasinya. 

Keadaan ini tentu saja membuat produk yang mereka pasarkan kurang disukai customer, dan terbenam ditengah-tengah kompetisi pasar yang sangat kompetitif. 

Tentunya ini benar-benar membuat rugi para pelaku usaha atau bisnis, karena tidak berhasilnya penjualan produk sama seperti menutup kesempatan para pebisnis untuk memperoleh omzet besar tiap bulannya. 

Lantas, sebetulnya apa pemicu kegagalan dalam penjualan produk?

Berikut ini adalah 5 Penyebab Kegagalan dalam Penjualan Produk, antara lain:

1. Penentuan harga produk yang tidak sesuai 

Dapat ditegaskan dalam membeli sebuah produk, aspek terpenting sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan customer ialah harga produk tersebut. Oleh karenanya, samakan harga yang ditetapkan dengan sasaran pasar yang sudah Anda tetapkan. 

Bila sasaran pasar Anda mayoritas adalah warga masyarakat menengah kebawah, maka prioritaskan untuk menetapkan harga yang sedikit miring (murah). 

Tetapi, bila target pasar Anda adalah warga masyarakat menengah keatas, maka harga yang Anda pasarkan dapat sedikit mahal, asal kualitas produk yang dijajakan sesuai harga yang ditetapkan.

2. Penjelasan informasi produk yang kurang jelas dan detail

Penjelasan atau informasi produk yang kurang jelas dan detail dapat membuat customer menjadi tidak tertarik untuk membeli produk Anda. Oleh karenanya berikan semua informasi produk Anda secara jelas dan detail, baik informasi mengenai faedah (manfaat) yang diberikan dari produk itu, sampai langkah penggunaannya. 

Jika memang perlu sertakan juga keunggulan dan kekurangan yang dipunyai produk Anda, dengan demikian customer tidak takut salah untuk membeli produk Anda.

3. Produk Anda kurang diperlukan customer

Salah satu faktor kesuksesan penjualan produk ialah besarnya tingkat keperluan customer akan produk itu. Bila produk Anda kurang diperlukan customer, maka sudah dapat dipastikan kalau volume penjualannya akan kurang. 

Oleh karenanya, saat sebelum menjual sebuah produk tetapkan terlebih dahulu produk yang sering diperlukan oleh sasaran pasar Anda. Ini akan memudahkan produk Anda diterima oleh pasar yang Anda incar.

4. Keyakinan customer yang masih kurang

Sebagai pebisnis baru, tidak mudah bagi Anda untuk membuat customer mempercayai produk yang Anda jajakan (tawarkan). 

Oleh karenanya hal pertama kali yang harus Anda kerjakan yakni melangsungkan aktivitas branding untuk memperkenalkan produk Anda ke beberapa customer, dan menawarkan sebuah nilai lebih untuk membuat loyalitas customer. 

Makin besar keuntungan yang didapatkan customer dari produk Anda, maka akan semakin besar juga keyakinan customer terhadap produk Anda.

5. Kualitas produk yang buruk

Jika produk yang dijajakan buruk, dapat dipastikan kalau customer akan malas untuk membeli produk Anda. Bagaimana juga kualitas produk lebih bernilai dibanding dengan jumlahnya.

Meskipun sebagai pebisnis Anda ingin memperoleh keuntungan yang besar, tetapi jangan sampai mengurangi kualitas produk untuk memperoleh keuntungan. 

Mengapa? Karena customer sekarang ini makin pintar, dan dapat membandingkan mana produk yang betul-betul berkualitas dan mana produk yang tidak berkualitas. Jangan sampai produk Anda tersisih dari pasaran, karena kualitas yang tidak terbangun dengan baik.

Demikianlah uraian artikel tentang 5 Penyebab Kegagalan dalam Penjualan Produk. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for " 5 Penyebab Kegagalan dalam Penjualan Produk"