Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Akuntan dan Uraian Pekerjaan Akuntan

Jenis Akuntan dan Uraian Pekerjaan Akuntan

Pekerjaan akuntan mencakup pekerjaan untuk memastikan bahwa perusahaan dan individu menyimpan catatan yang baik dan membayar pajak dengan benar dan tepat waktu. Meskipun deskripsi pekerjaan akuntan untuk beberapa posisi akuntansi mungkin sederhana, tetapi deskripsi pekerjaan akuntan lainnya tidak begitu jelas karena banyaknya tugas yang diperlukan.

Secara umum, seorang akuntan melakukan fungsi vital untuk bisnis dan individu dengan menawarkan beragam layanan bisnis dan akuntansi, termasuk akuntansi publik, manajemen dan pemerintah, serta audit internal. 

Keempat jenis bidang utama akuntansi ini, selain harus memiliki minimal gelar sarjana, masing-masing memiliki job description yang berbeda - beda, antara lain:

1. Akuntan Publik 

Deskripsi pekerjaan akuntan publik dapat diringkas dalam apa yang kebanyakan orang bayangkan sebagai pekerjaan "khas" akuntan. Ini melibatkan melakukan berbagai akuntansi, audit, pajak, dan kegiatan konsultasi untuk klien mereka, seperti perusahaan, pemerintah, organisasi nirlaba, dan individu. 

Spesialisasi dalam akuntan publik sering dipilih. Misalnya, akuntan publik dapat memilih untuk berkonsentrasi pada masalah pajak, seperti memberi nasihat kepada perusahaan tentang keuntungan dan kerugian pajak dari keputusan bisnis tertentu dan menyiapkan pengembalian pajak penghasilan individu. 

Akuntan publik lainnya dapat memilih bidang-bidang seperti kompensasi atau tunjangan perawatan kesehatan karyawan, atau dapat merancang sistem akuntansi dan pemrosesan data. 

Mereka juga bisa memilih untuk mengkhususkan diri dalam mengaudit laporan keuangan dan menginformasikan investor dan otoritas bahwa laporan telah disiapkan dan dilaporkan dengan benar. 

Akuntan publik biasanya adalah seorang Akuntan Publik Bersertifikat, dan umumnya memiliki bisnis sendiri atau bekerja untuk kantor akuntan publik.

2. Akuntan Manajemen

Deskripsi pekerjaan akuntan lainnya adalah akuntan manajemen. Juga disebut akun biaya, manajerial, industri, perusahaan, atau pribadi, akuntan manajemen mencatat dan menganalisis informasi keuangan perusahaan tempat mereka bekerja. 

Deskripsi pekerjaan akuntan manajemen mencakup daftar tanggung jawab yang terperinci, seperti penganggaran, evaluasi kinerja, manajemen biaya, dan manajemen aset. 

Akuntan manajemen sering menjadi bagian dari tim eksekutif yang terlibat dalam perencanaan strategis atau pengembangan produk baru, di mana mereka menganalisis dan menafsirkan informasi keuangan yang dibutuhkan eksekutif perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang baik. 

Mereka juga menyiapkan laporan keuangan untuk kelompok lain, termasuk pemegang saham, kreditur, badan pengatur, dan otoritas pajak. Akuntan manajemen biasanya merupakan bagian dari departemen akuntansi, dipekerjakan oleh perusahaan besar, dan dapat bekerja di banyak bidang yang mungkin mencakup analisis keuangan, perencanaan, penganggaran, dan akuntansi biaya.

3. Akuntan Pemerintah 

akuntan

Akuntan pemerintah bekerja di sektor publik, memelihara dan memeriksa catatan instansi pemerintah dan mengaudit bisnis swasta dan individu yang kegiatannya tunduk pada peraturan pemerintah dan/atau perpajakan. 

Deskripsi pekerjaan akuntan ini, meskipun lebih terperinci, tetapi lebih terspesialisasi. Akuntan pemerintah dipekerjakan oleh pemerintah dan bekerja untuk menjamin bahwa pendapatan diterima dan pengeluaran dilakukan sesuai dengan undang-undang dan peraturan. 

Mereka yang dipekerjakan oleh pemerintah dapat bekerja sebagai agen dalam manajemen keuangan, pemeriksaan lembaga keuangan, atau analisis dan administrasi anggaran.

4. Akuntan Auditor Internal

Deskripsi pekerjaan akuntan dari auditor internal pada dasarnya dapat diringkas berdasarkan jabatannya. Auditor internal memverifikasi keakuratan catatan internal organisasi mereka, dan memeriksa salah urus, pemborosan, atau penipuan. 

Ini adalah area akuntansi yang semakin penting, karena auditor internal memeriksa dan mengevaluasi sistem keuangan dan informasi perusahaan mereka, prosedur manajemen, dan kontrol internal untuk memastikan bahwa catatan akurat dan kontrol memadai untuk melindungi terhadap penipuan dan pemborosan. 

Mereka juga meninjau operasi perusahaan, mengevaluasi efisiensi, efektivitas, dan kepatuhannya terhadap kebijakan dan prosedur perusahaan, undang-undang, dan peraturan pemerintah. 

Deskripsi pekerjaan akuntan dari auditor internal dapat bervariasi dengan perusahaan yang berbeda, dan dapat mencakup tugas pekerjaan seperti pemrosesan data elektronik, audit lingkungan, teknik, audit hukum, tinjauan asuransi, perbankan, dan audit perawatan kesehatan.

Akuntan di keempat bidang tersebut diatas dapat bekerja untuk sebuah perusahaan, atau dapat dipekerjakan oleh kantor akuntan, yang pada gilirannya akan dipekerjakan oleh perusahaan untuk konsultasi. Seorang akuntan juga dapat menjadi wiraswasta, dan memberikan layanan akuntansi kepada individu, bisnis, atau keduanya.

Sebagian besar pekerjaan akuntansi mencakup deskripsi pekerjaan akuntan yang memerlukan gelar sarjana, minimal, di bidang akuntansi atau bidang terkait, dan beberapa deskripsi pekerjaan akuntan mungkin mencakup persyaratan gelar master atau sertifikasi Akuntan Publik Bersertifikat.

Ujian sertifikasi akuntan ini sangat ketat, dan hanya sekitar 25 persen dari mereka yang mengikuti ujian dapat lulus. Sertifikasi tersebut sangat membantu dalam tingkat pembayaran yang diterima.

Menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, pekerjaan akuntan dan auditor diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dari rata-rata, untuk semua pekerjaan akuntansi dari semua deskripsi pekerjaan akuntan yang disebutkan beberapa tahun kedepan.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah bisnis, perubahan undang-undang dan peraturan keuangan, dan peningkatan pengawasan keuangan perusahaan. Selain alasan untuk membuka pekerjaan akuntansi baru, juga akan ada kebutuhan untuk mengganti akuntan dan auditor yang akan pensiun atau pindah ke pekerjaan lain. 

Bidang ini juga menjadi lebih terspesialisasi karena teknologi dan pengalaman perangkat lunak akuntansi dan audit yang baru dan akurat menjadi tambahan penting untuk deskripsi pekerjaan akuntan. 

Deskripsi pekerjaan akuntan dapat mencakup, selain persyaratan pendidikan dan teknologi, keterampilan interpersonal dan komunikasi yang kuat, hanya karena fakta bahwa sebagian besar akuntan bekerja dalam tim dengan orang lain dari latar belakang yang berbeda, dan akan membutuhkan kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi akuntansi dan keuangan dengan jelas. dan secara ringkas.

Terlepas dari kualifikasi seseorang, persaingan di bidang akuntansi akan tetap kuat untuk pekerjaan paling bergengsi, serta untuk mendapatkan klien bagi akuntan swasta.

Itulah ulasan tentang Jenis Akuntan dan Uraian Pekerjaan Akuntan. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Post a Comment for "Jenis Akuntan dan Uraian Pekerjaan Akuntan "