Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Akuntansi Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa

 

Sejarah Akuntansi Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa
credit image:freepik.com

Sejarah Akuntansi Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa - Sejarah akuntansi kembali berputar ke masa lalu, yaitu masa ketika untuk pertama kalinya, peradaban manusia mulai menggunakan sistem perdagangan tanaman dan produk yang tak terelakkan untuk kelangsungan hidup mereka.

Akuntansi memiliki sejarah panjang, yang di mulai sejak 2500 SM, dan itu akan digunakan selama peradaban manusia masih ada. Akuntansi, seperti setiap cabang ilmu pengetahuan lainnya, telah berkembang dengan sangat pesat selama berabad-abad.

Sejarah Tentang Akuntansi

Hal ini memiliki dampak yang signifikan, tidak hanya pada aspek keuangan kehidupan masyarakat tetapi juga pada aspek sosial dan bahasa. Sangat menarik untuk mencatat betapa masyarakat telah dipengaruhi oleh keberadaan akuntansi tersebut.

Akuntansi digunakan sebagai ukuran kredibilitas dan moralitas di masa lalu. Tidak diragukan lagi masalah keingintahuan untuk mempelajari bagaimana akuntansi telah berkembang dan menjadi bagian penting dari kehidupan sosial. Dan hari ini, akuntansi telah dipersempit ruang lingkupnya hanya pada masalah keuangan saja.

Ini adalah cara hidup yang akan membantu orang agar mau menabung untuk masa depan, berinvestasi dalam bisnis, menghasilkan keuntungan, dan mengelola pengeluaran.

Artikel kali ini akan membawa Anda lebih dalam ke sejarah akuntansi dan akan membantu Anda untuk melewati berbagai peristiwa penting yang telah menjadi alasan di balik kerangka akuntansi kontemporer. 

Sejarah Singkat Akuntansi 

1. Akuntansi Pada 2500 Tahun Sebelum Masehi

Keberadaan Akuntansi telah ada sejak dahulu kala. Catatan sejarah terkait dengan penggunaan akuntansi telah ditemukan di peradaban kuno Roma, Mesir, Yunani, dan Arab.

Itu terjadi sekitar 2500 Sebelum Masehi. Dikatakan bahwa para penguasa di dalamnya menyimpan catatan untuk perpajakan dan untuk melacak pengeluaran untuk pekerjaan umum.

2. Mesir Dan Fenisia (1000 Tahun Sebelum Masehi)

Telah dipahami bahwa Fenisia membuat alfabet untuk menjaga akun perdagangan mereka dengan Mesir, agar supaya mereka tidak ditipu oleh orang Mesir.

3. 500 Tahun Sebelum Masehi

Orang Mesir merupakan orang - orang yang pandai dalam bidang akuntansi. Mereka bergerak lebih jauh ke depan, dan pada 500 tahun SM, mereka di kaitkan dengan penemuan manik-manik dan sempoa kawat pertama untuk membantu mereka dalam bidang akuntansi.

4. Auditing 423 Sebelum Masehi

Pada periode ini terlihat kelahiran auditor untuk menyeberang apa yang masuk dan keluar dari gudang. Laporan ini diambil secara lisan dan karenanya disebut "Auditor".

Pengaruh Perkembangan Akuntansi Pada Peradaban Manusia

Dengan bantuan dari berbagai penemuan arkeologi yang terkait dengan artefak, para peneliti telah menemukan pengaruh akuntansi pada masyarakat dimasa lalu.

Mari kita lihat bagaimana akuntansi telah merevolusi perkembangan manusia, antara lain:
  • Perdagangan , untuk perluasan pasar untuk menawarkan akses ke barang dan jasa.
  • Kota, dengan pertumbuhan dalam perdagangan, pasar berubah menjadi kota.
  • Konsep kekayaan dan angka, perencanaan akun secara pribadi dan tingkat pemerintah.
  • Menulis, penggunaan sistem yang dapat dimengerti untuk pencatatan akurat detail akun dimulai.
  • Pembukuan entri ganda, terkait dengan dimulainya Renaisansance Italia.
  • Uang dan perbankan, memungkinkan bisnis dalam menghindari kebangkrutan pada saat Revolusi Industri Modern.
Sejarah Akuntansi Modern

Luca Pacioli, yang di anggap sebagai Bapak Akuntansi, menulis "Segala Sesuatu tentang Aritmatika, Geometri, dan Proporsi" yang terkenal pada tahun 1494. Luca Pacioli adalah seorang biarawan Italia, dan dia dikenal sebagai Bapak Akuntansi.

Bukunya tersebut memperkenalkan sistem entri ganda untuk pencatatan dan menjadi dasar akuntansi modern. Sekarang, ini dikenal sebagai neraca, dengan kredit di satu sisi dan debit di sisi lain.

Sistem entri ganda membuka jalan untuk memfasilitasi pandangan lengkap tentang keuangan perusahaan dan memahami apa yang masuk ke perusahaan dan mengalir keluar. Tidak ada jalan mundur dari sini.

Berikut ini adalah fakta - fakta terkait dengan perkembangan Akuntansi, antara lain:
  • Dengan booming akuntansi, peraturan juga masuk.
  • Lisensi Akuntan Publik mulai berlaku pada tahun 1896.
  • Ini mewajibkan orang-orang untuk lulus ujian negara dan memiliki pengalaman di bidang akuntansi untuk menjadi akuntan publik bersertifikat.
  • Pada tahun 1934, Komisi Sekuritas dan Bursa AS muncul.
  • Semua perusahaan yang diperdagangkan secara publik diberi mandat untuk memiliki laporan yang disertifikasi oleh komisi ini.
  • Dewan Standar Akuntansi Keuangan muncul dan menetapkan Prinsip Akuntansi yang diterima secara umum, dan menetapkan standar untuk akuntansi dalam pembukuan di Amerika Serikat.
  • Akuntansi manual sejak saat itu sudah ketinggalan zaman dengan munculnya teknologi dan perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan besar korporasi, serta pemilik usaha kecil.
  • Ini telah meningkatkan dan meningkatkan manifold efisiensi dan juga menurunkan faktor kesalahan manusia.
Perspektif Linguistik Dan Sosial Sejarah Akuntansi 

Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis. Tetapi kenyataannya tetap bahwa setiap transaksi keuangan jauh di luar keuangan dan mencerminkan pemikiran dan ide orang pada masa itu.

Akuntansi memiliki nada politik, sosial, agama, dan moral untuk itu. Kata rasionalitas digunakan untuk mengekspresikan kecerdasan di dunia saat ini. Dalam bahasa Latin, kata "Rasio" berarti proporsi.

Orang Romawi mengetahui hal ini ketika mereka meminta warga untuk menunjukkan kredit dan debit mereka dalam tablet simetris untuk memeriksa apakah ada saldo di akun. Fakta bahwa keduanya berada dalam kesimetrian merupakan indikasi perilaku etis.

Itu juga tercermin pada moralitas orang tersebut. "Aequitas" berarti keadilan, dan ekuitas tablet menyatakan bahwa orang tersebut adil dan adil.

Kecenderungan proporsionalitas ini mungkin menjadi alasan mengapa Luca Pacioli, Bapak Akuntansi, mendasarkan prinsip akuntansinya pada metode entri ganda.

Munculnya profesi akuntansi modern dengan etika dan kode etik pada akhir abad ke-19 telah melengkapi dimensi moral akuntansi.

Dengan perkembangan lebih lanjut dari fungsi keuangan dan pertumbuhan eksponensial dari proses ini, berkat teknologi informasi seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), membuat data akuntansi tersedia di seluruh fungsi dan secara real-time.

Poin Penting

Akuntansi yang dulu digunakan untuk menentukan moralitas perilaku, kini diteliti karena tidak memberikan fakta dan angka.

Seluruh tujuan akuntansi dengan demikian telah membuat perubahan paradigma dari menjadi kalkulator moralitas atau etika menjadi semua tentang fakta dan angka dan kesusilaan mereka.

Selama bertahun-tahun hal ini dan setelah semua perubahan yang terjadi, akuntansi tetap menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, dan akan tetap ada selama peradaban manusia masih ada.

Demikianlah uraian artikel terkait dengan Sejarah Akuntansi Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa. Somga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for "Sejarah Akuntansi Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa "