Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Membuat Kita Unik dan Berbeda dalam Bisnis?

Apa Yang Membuat Kita Unik dan Berbeda dalam Bisnis?

Memulai bisnis baru bisa memakan banyak waktu, uang, dan tenaga Anda. Dan karena kita tidak ingin sepenuhnya menemukan kembali roda, kita sering ingin menyalin (secara legal) teknik, strategi, atau proses lain yang digunakan oleh orang lain. 

Meskipun meniru orang lain memiliki banyak manfaat, yaitu menggunakan metode yang sudah teruji dan benar serta menghemat waktu dan uang, kesuksesan sejati bisnis Anda akan datang dari keunikan Anda sendiri.  

Anda unik, berbeda dari setiap orang lain di planet ini. Memanfaatkan keunikan Anda dan merangkulnya sebagai diri sejati Anda adalah kunci untuk menciptakan pesan pemasaran yang berasal dari hasrat dan tujuan Anda. 

Dan, itu adalah hasrat dan tujuan Anda, dikombinasikan dengan cara unik Anda mengembangkan dan memberikan produk atau layanan Anda yang membuat Anda menarik bagi pelanggan.  

 Apa Yang Membuat Kita Unik dan Berbeda dalam Bisnis?

1. DNA

Anda dikodekan secara unik berdasarkan struktur DNA Anda. Tidak ada seorang pun di bumi yang memiliki DNA yang sama dengan Anda. Itu adalah sebuah pemikiran besar. Pada tingkat paling dasar Anda, Anda unik. Bagaimana Anda bisa menerima ide itu dan merayakan fakta bahwa Anda adalah salah satu dari keunikan tersebut?

2. Kekuatan

Masing-masing dari kita memiliki kekuatan yang berbeda, yang semakin menambah keunikan kita. Apa kekuatan Anda? Terkadang kita tidak benar-benar melihat atau ingin mengakui kekuatan kita. 

Pertimbangkan untuk meminta teman atau anggota keluarga Anda untuk membantu Anda mengidentifikasi mereka. Atau, beli buku sekarang, temukan kekuatan Anda.

Bagaimana Anda memanfaatkan kekuatan Anda dalam membangun bisnis Anda? Apakah Anda seorang pembicara publik yang hebat? Jika demikian, bagaimana Anda menggunakan bakat itu untuk menarik lebih banyak klien?

3. Kepribadian

Kepribadian atau karakter Anda juga merupakan sebuah keunikan. Ini adalah campuran perilaku dan sikap yang Anda kenakan dalam semua interaksi Anda dengan orang lain. Bagaimana kepribadian Anda disampaikan melalui materi pemasaran Anda, warna dan desain di situs web Anda, atau melalui kualitas jaringan pribadi Anda? 

Kepribadian apa yang Anda kenakan di rumah dibandingkan di tempat kerja? Apakah ada hal-hal yang ingin Anda tekankan atau kurangi sehubungan dengan bagaimana Anda bertemu dengan orang lain? Bagaimana kepribadian Anda berfungsi untuk meningkatkan cara Anda mengkomunikasikan pesan pemasaran Anda?

4. Ciri-ciri fisik

Bentuk, ukuran, warna rambut dan mata Anda serta karakteristik fisik lainnya juga membuat Anda unik. Kecuali Anda kembar identik (dan mereka tidak persis sama karena DNA unik mereka), tidak ada orang lain yang akan terlihat persis seperti Anda. 

Karakteristik fisik kita dapat membantu atau menghalangi kita dalam urusan bisnis kita. Untuk menjadi yang terbaik, terutama jika kita berhadapan dengan publik secara tatap muka, kita mungkin mempertimbangkan perubahan sederhana untuk membuat diri kita lebih menarik termasuk menggunakan kosmetik, memutihkan gigi, olahraga, dan mengubah warna dan gaya rambut kita. 

Perubahan sederhana dapat sangat meningkatkan cara kita bertemu dengan orang lain.

5. Pengalaman hidup

Pengalaman hidup kita dapat menawarkan kita peluang yang kaya untuk tidak hanya menciptakan bisnis kita, tetapi juga untuk memasarkannya. Banyak bisnis telah lahir dari pengalaman pribadi orang-orang, yang mungkin bersifat keberuntungan atau ketidakberuntungan. 

Bisnis Anda mungkin bisa menjadi salah satu contohnya. Pengalaman kita sering menjadi semangat yang mendasari apa yang kita lakukan, menjadi bahan dan pesan yang ingin kita bagikan dengan orang lain.  

6. Keluarga dan teman

Apa Yang Membuat Kita Unik dan Berbeda dalam Bisnis?

Bagaimana keluarga dan teman-teman Anda merefleksikan diri Anda dan keunikan Anda? Kita mewarisi banyak hal dari keluarga kita termasuk ciri-ciri kepribadian dan karakteristik fisik. Teman-teman kita, di sisi lain, menunjukkan keunikan kita dengan cara lain. 

Teman-teman kita mencerminkan minat, hobi, keyakinan, dan karakteristik kepribadian kita. Perpaduan keluarga, teman, dan rekan kita benar-benar unik. Terkadang mereka dapat berfungsi sebagai katalis yang luar biasa untuk mengembangkan bisnis, ide, atau cara baru untuk memasarkan bisnis kita.  

7. Pendidikan

Dari mata pelajaran dan gagasan yang membuat kita tertarik, hingga berbagai gelar yang telah kita peroleh, pendidikan kita berfungsi sebagai pengenal unik lainnya. Cara kita berkomunikasi, orang yang kita sukai untuk bergaul, minat kita dan bahkan produk dan layanan yang kita beli semuanya dipengaruhi oleh tingkat pendidikan kita. 

Demikian juga akan mempengaruhi bagaimana kita memposisikan dan memasarkan bisnis kita. Bagaimana pendidikan Anda mempengaruhi pesan pemasaran Anda dan tipe orang yang Anda tarik?

8. Keanehan, gairah, dan hobi

Bagaimana Anda bisa mengambil gairah dan hobi Anda dan menggunakannya untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk bisnis Anda? Mirip dengan pengalaman hidup Anda, Anda mungkin menemukan bisnis yang sesuai dengan minat atau hobi Anda. 

Atau, lebih baik lagi, Anda mungkin menemukan beberapa aspek minat Anda yang mungkin menambahkan sentuhan menarik pada produk atau layanan bisnis Anda. Misalnya, minat Anda pada perjalanan mungkin terungkap dalam menawarkan retret atau liburan untuk klien Anda. 

9. Perjalanan

Perjalanan kita berfungsi untuk mendefinisikan kita sebagai individu yang unik. Meskipun banyak dari kita telah mengunjungi tempat yang sama, masing-masing dari kita memiliki catatan perjalanan yang unik. 

Perjalanan kita sangat memengaruhi diri kita, memperkenalkan Anda ke situs, suara, orang, budaya, dan pengalaman baru. Perjalanan memperkaya hidup kita dengan menguji kita dengan ide-ide baru, sikap dan bahkan, kadang-kadang, mempengaruhi keyakinan lama kita. 

Misalnya, perjalanan ke negara dunia ketiga yang miskin di mana kita dapat mengalami langsung penderitaan orang lain mungkin mendorong kita untuk membuat organisasi nirlaba atau menyumbangkan sebagian dari keuntungan kita untuk membantu mereka yang membutuhkan. 

Bagaimana perjalanan mempengaruhi pandangan Anda tentang kehidupan? Dan, bagaimana hal itu dapat diterjemahkan menjadi sesuatu yang unik untuk bisnis Anda?  

10. Keyakinan

Masing-masing dari kita memiliki sistem kepercayaan yang unik. Tidak ada orang lain yang memiliki campuran kepercayaan, nilai, standar, ide, atau cita-cita yang sama persis. 

Keyakinan kita tentang orang lain dan diri kita sendiri dapat memengaruhi tidak hanya jenis produk dan layanan yang kita pasarkan, tetapi juga cara kita mengkomunikasikan pesan pemasaran kita. Kita perlu memeriksa keyakinan kita dengan hati-hati untuk memanfaatkannya menjadi lebih banyak peluang. 

Misalnya, keyakinan kita dalam menjaga lingkungan kita dapat diterjemahkan ke dalam pengembangan program komunitas atau perusahaan untuk mempromosikan produk yang ramah lingkungan. Atau, minat kita dalam mengkomunikasikan ide mungkin memotivasi kita untuk memulai buletin atau menulis artikel. 

Post a Comment for " Apa Yang Membuat Kita Unik dan Berbeda dalam Bisnis?"