Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Pemasaran Afiliasi? Mengapa Pemasaran Afiliasi Begitu Populer?

image : www.neilpatel.com

Apa Itu Pemasaran Afiliasi? Mengapa Pemasaran Afiliasi Begitu Populer? Ini adalah sebuah pertanyaan yang muncul dikepala dan pikiran kita seiring dengan pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce beberapa tahun belakngan ini.

Pengertian Pemasaran Afiliasi

Mengutip penjelasan dari halaman situs neilpatel.com, dijelaskan sebagai berikut:

"Affiliate marketing is the process of earning a commission by promoting other people’s (or company’s) products. You find a product you like, promote it to others and earn a piece of the profit for each sale that you make."

Jika di terjemahkan artinya kurang lebih sebagai berikut:

"Pemasaran afiliasi adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain (atau perusahaan). Anda menemukan produk yang Anda sukai, mempromosikannya kepada orang lain dan mendapatkan bagian keuntungan untuk setiap penjualan yang Anda buat."

Pemasaran Afiliasi adalah merupakan turunan dari pemasaran Internet di mana penerbit iklan dibayar untuk setiap pelanggan atau penjualan yang disediakan olehnya. Pemasaran afiliasi adalah dasar untuk semua strategi pemasaran Internet lainnya.

Oleh karena itu, pemasaran afiliasi dapat dilihat sebagai proses penyebaran penciptaan produk dan pemasaran produk di berbagai pihak, di mana setiap pihak menerima bagian dari pendapatan sesuai dengan kontribusi mereka.

Ini bukan hanya promosi atau hanya pembuatan produk yang mendefinisikan siapa Anda sebagai pemasar afiliasi. Anda dapat menjadi pencipta dan pemasar dan masih mendapat untung dari gagasan yang mendasari ketentuan berbagi pendapatan tersebut.

Dalam jenis pemasaran ini, perusahaan manajemen afiliasi, manajer afiliasi internal dan vendor pihak ketiga secara efektif digunakan untuk menggunakan pemasaran Email, pemasaran mesin pencari, RSS dan menampilkan iklan untuk keberhasilan produk. 

Lalu lintas web dapat ditelusuri dengan bantuan pihak ketiga atau program afiliasi itu sendiri. Banyak pekerjaan yang terlibat dalam proses ini. Pada pemasaran pertama dengan metode ini melibatkan banyak spamming, iklan palsu, pelanggaran merek dagang, dan sebagainya. 

Tetapi, setelah penemuan algoritma kompleks dan keamanan diterpakan untuk membuatnya lebih aman dalam melakukan bisnis dan berbelanja online. Hal ini bahkan menyebabkan pengawasan yang lebih baik terhadap syarat dan ketentuan oleh para pedagang. Pemasaran afiliasi menjadi lebih menguntungkan dengan pembukaan lebih banyak peluang tetapi pada saat yang sama juga meningkatkan persaingan dalam pemasaran.

Karena tekanan ini, maka dalam program afiliasi rumah untuk pedagang menjadi sesuatu dari masa lalu dan digantikan oleh program yang bersumber dari luar. 

Perusahaan yang menawarkan layanan ini memiliki ahli afiliasi dan manajer program jaringan yang memiliki berbagai teknik manajemen program afiliasi. Jaringan afiliasi ini memiliki penerbit yang terkait dengan mereka yang membantu mereka dengan bagian iklan.

Sejarah Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi dimulai oleh cdnow.com yang memiliki situs web berorientasi pada topik musik. Mereka menempatkan daftar album musik di situs mereka dan mereka membayar orang lain jika mereka menempatkan tautan tersebut di situs web mereka ketika pengunjung membeli album mereka melalui situs mereka. 

Perusahaan pertama yang ditautkan dengan cdnow.com adalah Geffen Records. Dua bulan kemudian, Amazon ditawarkan oleh seorang wanita bahwa dia akan menjual buku Amazon di situs webnya dan dia harus dibayar persentase tertentu sebagai imbalan jika dia menjual buku Amazon melalui situsnya. 

Mereka menyukai ide tersebut dan memulai program asosiasi Amazon. Itu lebih merupakan program komisi di mana mereka menerima komisi jika pengunjung mengklik tautan dan spanduk mereka di situs lain dan membeli apa pun melaluinya.

Sejak penemuannya, jaringan afiliasi telah diadopsi oleh berbagai bisnis seperti perjalanan, pendidikan, telekomunikasi, seluler, game, keuangan pribadi, ritel, dan situs berlangganan, serta paling umum adalah sektor dewasa dan perjudian. Di Inggris saja, pemasaran afiliasi menghasilkan sekitar £ 2,16 miliar.

Metode kompensasi yang digunakan dalam pemasaran afiliasi, antara lain: 

  • Cost per sale (CPS)
  • Cost per action (CPA)
  • Cost per mile (CPM)
  • Cost per click (CPC)

Dua yang pertama adalah metode yang paling populer dan terkenal saat ini. Ini karena dalam CPM dan BPK, pengunjung yang muncul di situs web tertentu mungkin bukan audiens yang ditargetkan dan klik akan cukup untuk menghasilkan komisi. 

CPS dan CPA memiliki paksaan bahwa pengunjung tidak hanya mengklik tautan tetapi juga membeli sesuatu atau mendaftar untuk beberapa layanan setelah itu yang membuktikan bahwa dia adalah salah satu audiens yang ditargetkan. 

Hanya dalam kasus seperti di atas maka afiliasi akan dibayar. Jadi afiliasi harus mencoba mengirim lalu lintas yang ditargetkan sebanyak mungkin kepada pengiklan untuk meningkatkan pengembaliannya dan untuk alasan ini pemasaran afiliasi juga dikenal sebagai pemasaran kinerja karena itu benar-benar tergantung pada kinerja afiliasi. 

Tim afiliasi dapat diferensiasi dari tim penjualan dari sifat pekerjaan mereka. Tugas tim afiliasi adalah menyeret lalu lintas yang ditargetkan ke titik, dan dari titik itu adalah tugas tim penjualan untuk mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk atau layanan.

Ini adalah jenis metode yang sangat efektif karena uang komisis dibayar hanya ketika hasil telah tercapai. Penerbit mengeluarkan semua biaya kecuali pengaturan awal dan pengembangan program, yang dikeluarkan oleh penjual. Banyak bisnis memberikan kredit pada metode pemasaran ini untuk kesuksesan mereka.

Aturan Pemasaran Afiliasi

Apakah Anda ingin terjun ke pemasaran afiliasi, dan ingin tahu aturannya? Anda memiliki situs web dan atau blog Anda yang semuanya telah disiapkan dengan baik dan siap untuk digunakan. Anda telah memilih ceruk dan pasar yang ingin Anda promosikan untuk menghasilkan uang. 

Anda hanya perlu tautan untuk mulai menghasilkan uang. Mempromosikan layanan dan produk orang lain bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Namun, Anda akan menemukan bahwa dengan semua dari banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi, dan opsi rujukan, mereka semua memiliki aturan mereka sendiri yang harus Anda ikuti. 

Aturan dalam pemasaran afiliasi cukup mudah diikuti, kecuali Anda memiliki banyak program berbeda yang menjadi bagian dari Anda. Ketika Anda mulai mendapatkan begitu banyak program afiliasi sehingga membuat Anda tidak dapat mengingat aturan, atau pedoman yang harus Anda ikuti, maka Anda mungkin memiliki masalah. 

Ini karena aturan untuk program afiliasi berbeda diantara perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya. Setiap perusahaan diperbolehkan untuk membuat aturan mereka sendiri. Namun, Anda mungkin melihat banyak kesamaan. Itu tidak berarti bahwa mereka menyalin satu sama lain, atau mengkloning program afiliasi mereka, namun itu berarti bahwa mereka memiliki aturan yang sama.

Aturan pemasaran afiliasi bisa sangat berbeda. Mereka dapat berkisar dari tidak menyebutkan nama merek yang mereka jual di mana saja di situs web Anda, hingga tidak memiliki pasar tertentu di URL situs web Anda. 

Karena mereka sangat berbeda untuk setiap program dan perusahaan yang Anda promosikan, Anda harus yakin bahwa Anda membaca masing-masing dengan baik dan memastikan bahwa Anda memahaminya sepenuhnya. 

Jika Anda semua siap memiliki URL untuk situs web Anda, Anda mungkin tidak dapat berpartisipasi dalam beberapa program afiliasi. Ini karena Anda tidak akan memenuhi persyaratan untuk aturan mereka.

Aturan lain yang sering Anda lihat ketika Anda terjun ke pemasaran afiliasi adalah aturan peringkat halaman. Beberapa perusahaan yang akan memungkinkan Anda untuk mempromosikan layanan atau produk mereka tidak ingin Anda memiliki peringkat halaman yang lebih tinggi daripada yang mereka lakukan. 

Mereka juga tidak akan mengizinkan Anda untuk memiliki situs web yang lebih tinggi dalam peringkat mesin pencari. Misalnya, jika Anda mempromosikan kopi, dan Anda ingin menjadi afiliasi untuk kopi Folgers. 

Situs web Anda tidak akan dapat muncul di atas situs web kopi resmi Folgers dalam hasil mesin pencari ketika kopi, atau kopi Folgers digunakan sebagai istilah pencarian. 

Perusahaan yang memiliki aturan ini di tempat untuk program pemasaran afiliasi mereka merasa seolah-olah situs web Anda lebih tinggi dari situs mereka untuk produk yang mereka jual, dimana hal itu akan sangat merugikan bisnis mereka. 

Menyimpan spreadsheet program pemasaran afiliasi tempat Anda menjadi bagian darinya dan aturan mereka adalah ide yang bagus. Dengan cara ini Anda tidak pernah bingung dan tahu di mana Anda harus berdiri untuk menjadi bagian dari program itu. Ini adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis pemasaran afiliasi Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan bahwa beberapa situs yang telah melanggar aturan dan telah tertangkap telah menghasilkan gugatan hukum. Tutupi trek Anda dan pastikan Anda mengikuti aturan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut untuk hasil terbaik.

Anda juga akan menemukan bahwa ada hal yang disebut perangkat lunak pemasaran afiliasi. Jika Anda dapat menemukan program yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan akan membantu Anda menjaga semuanya tetap lurus, Anda mungkin tidak perlu khawatir melacaknya sendiri. 

Gunakan perangkat lunak Anda untuk melacak dan memastikan bahwa Anda melakukan pemasaran afiliasi Anda dengan cara yang benar. Upaya Anda akan terbayar pada akhirnya, dan Anda akan senang bahwa Anda pergi dengan buku dan mengikuti aturan pemasaran afiliasi yang diperlukan.

Itulah uraian artikel tentang  Apa Itu Pemasaran Afiliasi. Semoga berguna dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk mendapatkan artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for " Apa Itu Pemasaran Afiliasi? Mengapa Pemasaran Afiliasi Begitu Populer?"