Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah

 

8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah
credit image:freepik.com

8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah - Pemasaran adalah hal yang wajib di lakukan oleh perusahaan manapun untuk dapat bergerak maju dan sukses karena dinamika perubahan dunia bisnis memang menuntut hal tersebut.

Faktanya, banyak perusahaan yang melakukan riset pasar secara tidak sadar, sambil mengumpulkan dan menganalisis informasi pasar melalui referensi mereka. Namun, laporan riset pasar yang sadar dapat mengungkapkan lebih banyak tentang kondisi dan situasi pasar daripada laporan yang dilakukan secara sembarangan. 

Perusahaan kecil dan UKM (Usaha Kecil Menengah) mungkin tidak memiliki anggaran yang cukup banyak untuk membeli atau melakukan studi riset pasar. Jadi, rencana riset pasar biaya rendah adalah merupakan salah satu ide terbaik untuk perusahaan kecil tersebut.

Riset Pasar Berbiaya Rendah

Bisnis kecil serta organisasi atau perusahaan yang sedang berkembang akan membutuhkan ide riset pasar berbiaya rendah. Dengan munculnya teknologi internet, dan dengan pola pembelian yang terus berubah, sangat masuk akal untuk tidak menghabiskan terlalu banyak uang untuk melakukan sebuah riset pasar. 

Alternatifnya adalah dengan menginvestasikan jumlah minimum namun mendapatkan hasil terbaik. Di sinilah ide-ide terkait dengan riset pasar berbiaya rendah masuk. Artikel kali ini mencantumkan 8 langkah yang dapat diamati untuk menyelesaikan riset pasar berbiaya rendah untuk organisasi atau perusahaan Anda. 

Berikut ini adalah  8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah, antara lain:

  • Siapkan Tujuan / Kuesioner Yang Jelas 
  • Survei Pemasaran Online 
  • Gunakan CRM 
  • Saluran Distribusi 
  • Menganalisis Persaingan 
  • Jurnal Berita / Perdagangan
  • Mempekerjakan Pekerja Magang 

Dan di bawah ini, kita akan coba untuk mengulas secara lebih detail mengenai 8 ide riset pasar berbiaya rendah tersebut.

1. Siapkan Tujuan / Kuesioner Yang Jelas 

Jika tujuan / kuesioner Anda tidak tepat, atau jawaban yang diterima tidak memenuhi tujuan riset  pasar yang Anda lakukan, maka biaya riset pasar akan naik, tidak hanya dalam hal uang, tetapi juga dalam hal waktu yang dihabiskan untuk melakukan riset tersebut. 

Menentukan tujuan, sebenarnya dapat membantu Anda menghemat biaya dengan melakukan riset pasar yang ramping dan hemat biaya. Tujuan riset yang ditentukan pada awal riset pasar akan membantu Anda dalam membuat kuesioner riset pasar yang benar. Jadi, langkah pertama adalah membuat kuesioner riset pasar yang cermat.

2. Survei Pemasaran Online 

Mungkin metode terbaik untuk melakukan riset pasar berbiaya rendah adalah dengan mengadakan jajak pendapat secara online. Jajak pendapat ini dapat dilakukan melalui blog, situs web besar, forum, dan sebagainya. 

Selain polling, sudah banyak informasi yang tersedia di internet dalam bentuk kata kunci dan trend. Google sheet dapat dibuat di mana pembaca dapat menjawab pertanyaan Anda. Ada beberapa situs polling khusus seperti haysurvey, nielsen media research dan sebagainya. 

Lebih jauh dari itu, jika Anda melakukan analisis kompetitif, maka praktis semuanya, termasuk produk pesaing, harga dan ketersediaannya dapat diperoleh secara online melalui portal e-commerce atau portal serupa lainnya. 

Jika persaingan buruk dalam pelayanan, hal yang sama dapat diamati melalui forum konsumen. Dengan demikian, ada banyak cara untuk melakukan riset pasar online dan ini adalah ide terbaik untuk riset pasar berbiaya rendah.

3. Gunakan CRM 

Anda Anda pasti sudah memiliki banyak informasi riset pasar yang dekat dengan rumah, jika Anda memiliki sistem CRM (Customer Relationship Management). Informasi riset pasar ini adalah terkait dengan basis pelanggan Anda yang sudah ada. 

Jika Anda memiliki sistem manajemen hubungan pelanggan, maka sistem ini dapat menjadi teman terbaik Anda untuk melakukan riset pasar berbiaya rendah. Menjalankan survei dengan pelanggan Anda, tentang hal-hal yang mereka sukai di perusahaan Anda dibandingkan dengan fitur-fitur yang menurut mereka harus disertakan, akan memberi Anda gambaran yang adil tentang apa yang diinginkan pelanggan Anda. 

Demikian pula, meminta pelanggan Anda yang ada untuk memikirkan merek yang dapat menggantikan Anda, dapat memberi Anda petunjuk tentang berbagai perusahaan yang merupakan pesaing terdekat Anda. 

Perusahaan-perusahaan tersebut, kemudian dapat dipelajari untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. Dengan demikian, basis pelanggan Anda saat ini adalah pilihan terbaik Anda untuk melakukan riset pasar berbiaya rendah namun efektif.

4. Saluran Distribusi 

Jika produk Anda adalah FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) atau produk tahan lama konsumen, atau produk apapun yang didistribusikan melalui saluran pemasaran, maka saluran distrbutor Anda dapat menjadi sumber informasi yang hampir gratis. 

Dealer dan distributor ini adalah yang paling memiliki pengetahuan untuk bidang industrinya masing-masing. Mereka akan dapat memberi Anda wawasan tentang pasar yang lengkap, merek-merek teratas, fitur-fitur teratas yang diminta oleh pelanggan, di mana merek-merek yang buruk gagal masuk, dan fitur apa yang dapat mengambil alih pasar dengan cepat. 

Jadi, alih-alih menghabiskan ribuan atau jutaan rupiah untuk membayar biro atau agen riset pasar, hanya dengan melakukan kuesioner atau forum bersama dengan dealer dan distributor Anda, akan dapat membantu Anda melakukan riset pasar biaya rendah dengan sangat baik.

5. Menganalisis Persaingan 

Seperti telah disebutkan di atas, penelitian online dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang persaingan. Demikian pula, saluran distribusi juga dapat memberikan informasi yang diperlukan. 

Tetapi riset pasar tidak hanya mencakup tentang pengumpulan informasi saja. Ini juga digunakan untuk menganalisis informasi dan kemudian mengambil keputusan. Jadi, dengan melakukan penelitian online, menggunakan CRM, atau mensurvei saluran distribusi, Anda sksn mendapatkan pandangan sekilas tentang apa yang dilakukan oleh pesaing Anda. 

Namun, satu langkah ke depan adalah meramalkan langkah-langkah kedepan yang dapat diambil oleh kompetitor. Ini hanya dapat terjadi jika Anda mempelajari persaingan dengan cermat. Manajemen puncak, latar belakang manajemen puncak, jenis perusahaan dimana manajemen puncak berada, merupakan indikator penting dari keputusan masa depan yang dapat diambil oleh perusahaan. 

Sehingga dengan mempelajari dan menganalisa persaingan, maka Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang fitur atau strategi yang bisa Anda terapkan pada organisasi Anda sendiri. Fitur dan strategi ini, yang diperoleh dengan melakukan penelitian dekat tentang kemampuan bersaing dapat menjadi strategi ofensif Anda sendiri. Jadi, menganalisis persaingan adalah strategi riset pasar berbiaya rendah lainnya yang dapat digunakan dan terbukti efektif.

6. Laporan Data 

Laporan data mahal, dan idealnya saya tidak akan memasukkannya ke dalam daftar ide riset pasar berbiaya rendah. Namun, poin ini tercantum di sini, karena laporan data kapan saja lebih murah daripada melakukan riset pasar yang disesuaikan untuk organisasi atau perusahaan Anda. 

Dengan demikian, jika pekerjaan Anda diselesaikan dengan menggunakan laporan data yang dibuat oleh lembaga riset pasar, maka saya lebih suka menggunakan laporan data dan membuat kesimpulan sendiri tentang tindakan yang akan diambil. 

Ini akan menghemat banyak uang berharga Anda dalam jangka panjang. Hanya ketika produk Anda unik, atau Anda sedang mencoba sebuah strategi baru yang unik, maka Anda harus mencari agen atau lembaga riset pasar yang disesuaikan.

7. Jurnal Berita / Perdagangan 

Cara terbaik untuk mengumpulkan informasi dan mengetahui pendapat orang lain adalah melalui jurnal berita dan perdagangan. Kapanpun sebuah perusahaan mengambil langkah atau menerapkan suatu strategi, maka berita akan selalu dapat diperoleh melalui jurnal berita dan perdagangan. 

Anda tidak hanya mengenal pesaing terdekat Anda, tetapi Anda juga akan mendapatkan gambaran tentang apa yang dilakukan oleh berbagai perusahaan di sektor yang sama. Anda tidak pernah tahu kapan informasi ini berguna bagi Anda. 

Konsep membaca ini tidak hanya berguna ketika Anda akan melakukan riset pasar. Faktanya, ini bisa bermanfaat di sepanjang hidup Anda, artinya kapan pun Anda ingin menerapkan strategi pemasaran hal tersebut dapat di gunakan. Karena jurnal ini termasuk berbiaya rendah, maka jurnal berita merupakan sumber informasi riset pasar berbiaya rendah yang fantastis.

8. Mempekerjakan Pekerja Magang 

Dengan mempekerjakan pekerja magang di perusahaan Anda ketika Anda ingin melakukan akan dapat menghemat biaya. Dengan mempekerjakan seorang magang, investasi Anda dalam penelitian paling rendah dan Anda mendapatkan niat baik untuk membantu para pekerja magang tersebut menuju kehidupan yang lebih baik. 

Dengan mempekerjakan pekerja magang, Anda bertanggung jawab untuk membuat sendiri kuesioner riset pemasaran. Tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu ekstra hati-hati dalam membuat kuesioner agar kesalahan tidak dilakukan dan waktu tidak terbuang dengan percuma. Namun, setelah kuesioner siap, maka para pekerja magang tersebut bisa mendapatkan jawaban untuk Anda dengan cara terbaik, yakni dengan melakukan penelitian lapangan.

Saya sangat merekomendasikan pekerja magang untuk melakukan penelitian lapangan Anda sendiri melalui mereka, karena itu adalah ide bagus lain dari riset pasar biaya rendah.

Semua ide - ide di atas sangat bagus, jika Anda tidak ingin berinvestasi banyak dan ingin melakukan riset pasar berbiaya rendah namun ramping, efektif dan terbukti berhasil dengan sukses.

Demikianlah ulasan artikel mengenai  8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " 8 Ide Riset Pasar Berbiaya Rendah"