Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran

 

7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran

7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran - Ada banyak sekali elemen dalam strategi pemasaran. Namun, jika kita mendesain strategi pemasaran sebagai suatu lingkungan, maka kita akan dapat menemukan bahwa ada 7 elemen yang dapat membuat perbedaan besar dalam strategi pemasaran.

Masing-masing dari elemen tersebut bersifat dinamis. Secara alami, ketika satu elemen mengalami perubahan, maka elemen lainnya juga akan ikut berubah. Ketujuh elemen kunci dari strategi pemasaran tersebut, memiliki variabel masing - masing tergantung bagaimana mendefinisikan elemen tersebut.

Sebagai contoh,  Pelanggan sebagai elemen bukan hanya di lihat sebagai pelanggan saja, akan tetapi dia juga memasukkan variabel yang berbeda seperti layanan pelanggan perusahaan, harapan pelanggan, definisi nilainya dan banyak variabel berbeda yang terus berubah. 

Kombinasi dari variabel-variabel tersebut hanya untuk satu elemen saja, yaitu Pelanggan. Jadi jika ada 7 elemen kunci yang berbeda dari strategi pemasaran, maka Anda dapat memahami berapa banyak variabel berbeda yang terlibat dalam mendefinisikan strategi pemasaran tersebut.

Oleh karenanya, keputusan strategi pemasaran selalu menjadi bagian yang sulit dan diserahkan kepada orang yang paling berpengalaman dalam organisasi.

Elemen kunci dari strategi pemasaran dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.

Dibawah ini kita akan mencoba untuk mengulasnya secara lebih detail agar lebih mudah di pahami dan dimengerti.

1. Lingkungan Internal

Yang dimaksud dengan lingkungan internal adalah lingkungan yang dapat dikendalikan perusahaan. Hal tersebut terdiri dari pelanggan, korporasi dan persaingan. Ini adalah entitas yang dapat dikendalikan oleh perusahaan dan setidaknya perusahaan dapat campur tangan. Dan karenanya ketiga entitas ini membentuk segitiga, masing-masing saling mempengaruhi satu sama lain.

2. Lingkungan Eksternal

Lingkungan Eksternal adalah lingkungan yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Hal tersebut terdiri dari lingkungan Integrated Pest Management (IPM). Lingkungan ini mempengaruhi pengambilan keputusan lingkungan internal. Namun, setiap entitas lingkungan internal tidak dapat mempengaruhi lingkungan eksternal.

Integrated Pest Management (IPM) adalah pendekatan yang efektif dan sensitif terhadap lingkungan terhadap manajemen hama yang bergantung pada kombinasi praktik akal sehat.

Meskipun pelanggan memiliki kekuatan paling besar, aspek teknologi, politik, ekonomi atau sosial dapat berubah setiap saat karena insiden apa pun. Dan karena itu, untuk bertahan hidup di lingkungan eksternal, lingkungan internal harus menyesuaikan dengan sangat cepat.

Berikut Adalah 7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran, Antara Lain:

1. Pelanggan

Alasan mengapa pemasaran berkembang dan juga alasan mengapa kita membutuhkan begitu banyak strategi pemasaran adalah kepuasan Pelanggan. Saya menulis artikel ini karena saya juga adalah seorang pelanggan. 

Strategi apa pun menganggap pelanggan sebagai titik awal strategi dan kemudian bergerak maju. Oleh karena itu, strategi biasanya dimulai dengan segmentasi, penargetan, dan positioning, lalu bergerak maju.

2. Korporasi 

Yang dimaksud dengan korporasi adalah kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Analisis SWOT adalah alat analisis yang kuat dari perusahaan untuk menentukan apa yang mampu dilakukan perusahaan, dan apa yang tidak dapat dicapai oleh perusahaan. Untuk merancang strategi, perusahaan perlu melakukan analisis internalnya sendiri dan kemudian mengambil keputusan yang tepat.

3. Persaingan

Persaingan akan sangat mempengaruhi baik perusahaan maupun pelanggan. Bahkan persaingan dapat menjadi salah satu kontributor lingkungan eksternal, khususnya lingkungan teknologi. 

Mengatasi persaingan adalah salah satu tantangan terbesar di lingkungan internal - tantangan yang menghabiskan waktu maksimum perusahaan dan melibatkan sumber daya maksimum untuk digunakan. Aktivitas branding dan pemasaran terjadi sebagian karena ketakutan akan persaingan yang semakin meningkat.

4. Situasi Politik 

Banyak hal yang dapat mempengaruhi lingkungan dan situasi politik suatu negara. Tingkat kendali atas kebijakan, keramahan bisnis, struktur politik, serta berbagai faktor lain membantu membangun lingkungan politik dan hukum suatu negara. Tempat-tempat yang sedang berkonflik seperti Suriah, Irak, dan Iran bukanlah tempat di mana bisnis akan menemukan lingkungan politik yang kondusif.

5. Perkembangan Teknologi 

Banyak pembaca blog saya akan membaca artikel ini di smartphone mereka. Apakah hal itu mungkin dilakukan pada waktu satu dekade yang lalu? Apa yang terjadi pada semua perusahaan yang berada di puncak lini satu dekade yang lalu? 

Dimana Nokia saat ini? Lingkungan dan perkembangan teknologi berubah begitu cepat, sehingga perusahaan yang tidak beradaptasi, gagal. Oleh karena itu, teknologi merupakan elemen penting dari strategi pemasaran.

6. Adaptasi

Sebagai contoh, McDonalds terus mengubah menunya di setiap negara baru yang dimasukinya. Ini karena lingkungan sosial. Negara-negara seperti AS dan Inggris Raya ramah daging sedangkan di tempat-tempat seperti India sebagian besar dilarang dan orang-orang tidak pergi ke hotel dan restoran yang menyajikan daging sapi. 

Jadi lingkungan sosial berbeda di tempat yang berbeda. Berdasarkan lingkungan sosial, strateginya juga berbeda. Oleh karena itu adaptasi juga menjadi salah satu elemen dalam strategi pemasaran.

7. Kondisi Ekonomi 

Jika Anda ingin meluncurkan produk premium, maka kondisi ekonomi suatu negara sangat penting. Banyak merek masih hadir hanya di negara maju, dan bahkan tidak ada di negara berkembang. Ini karena rendahnya PDB (Pendapatan Domestik Bruto) negara berkembang dan negara terbelakang, yang tidak akan memberikan margin yang diinginkan untuk merek premium yang sudah mapan. 

Karenanya, saat merancang strategi pemasaran, Anda perlu menargetkan pasar ekonomi yang tepat untuk masuk. Bahkan FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) mempertimbangkan ekonomi suatu pasar sebelum memasuki pasar itu, meskipun produk FMCG dikenal sebagai yang paling penetratif.

Itulah ulasan artikel terkait dengan 7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda.

Post a Comment for "7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran"