Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Market Profile Dan Bagaimana Menciptakannya

 

Definisi Market Profile Dan Bagaimana Menciptakannya

Definisi profil pasar (Market Profile)

Profil pasar adalah sekumpulan karakteristik yang dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam mengenali segmen pasar atau kelompok sasaran dari populasi atau pembeli.

Memahami profil pasar 

Memahami profil pasar dilakukan untuk mengetahui rincian tentang kelompok pelanggan, pola ritel dari area sasaran dan pesaing produk atau layanan yang terkait dengan organisasi atau perusahaan. Profil pasarlah yang membantu perusahaan dalam memisahkan pembeli dari non-pembeli.

Hal ini pada umumnya digunakan dalam membuat rencana pemasaran dan mencakup elemen seperti hal - hal dibawah ini:

  • Pendapatan (Income)
  • Gaya hidup (Life Style)
  • Demografi atau faktor geografis 
  • Informasi sosial ekonomi
  • Informasi psikografis 

Rencana pasar akan dapat membantu organisassi atau perusahaan dalam memberikan tanggung jawab untuk menciptakan strategi merek yang layak yang telah ditargetkan bisnis atau konsumen yang sesuai dengan profil. 

Ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga serta membuktikan manfaatnya dalam jangka panjang.

Rencana pasar bervariasi di pasar B2C dan B2B

Pasar B2B

Adalah ukuran struktur kepemilikan,  misalnnya apakah perusahaan tersebut merupakan perusahaan milik pemerintah, organisasi nirlaba, swasta atau publik sangat penting. Ukuran bisnis target juga memiliki peran penting dalam rencana pasar B2B.

Pasar B2C

Dalam pasar B2C, tanggung jawabnya ada pada status perkawinan, pendapatan, status keluarga, jenis kelamin, dan usia pelanggan target. 

Untuk membuat profil pasar yang baik diperlukan informasi tentang calon pelanggan bisnis, rata-rata berapa yang mereka belanjakan, apa yang ingin mereka beli, siapa influencer aktual bersama dengan pembuat keputusan dalam keluarga, apa itu lokasi geografis mereka dan yang utama adalah di mana kelompok pendapatan pelanggan berada.

Bergantung pada informasi yang dikumpulkan, maka perusahaan kemudian dapat membuat keputusan strategis tentang bisnisnya dan kemudian dikomunikasikan kepada tim terkait sehingga implementasi yang tepat dapat dilakukan.

Cara membuat profil pasar 

Profil pasar adalah alat penting untuk entitas bisnis dan pada saat membuatnya, maka seseorang harus memfokuskan pada informasi terkait. Sangat mudah untuk melihat brosur perusahaan dan situs web untuk informasi penting yang disampaikan melalui profil pasar singkat kepada pelanggan potensial tentang perusahaan.

Ini memungkinkan entitas bisnis untuk meyakinkan calon pelanggan tentang bagaimana mereka akan mendapatkan keuntungan melalui asosiasi ini. 

Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat profil pasar yang menarik, yaitu:

1. Pikirkan audiens target Anda

Jika Anda mencoba memikirkan beberapa orang sekaligus, Anda tentu akan menjadi bingung sendiri. Triknya adalah dengan membayangkan publik yang menjadi target atau sasaran sebagai satu kesatuan dan bukan kelompok. 

Tarik napas dalam-dalam dan biarkan imajinasi Anda lepas. Bayangkan satu-satunya orang yang menjadi lambang audiens target Anda. Dia harus memiliki kualitas dan kepribadian dari kelompok demografis inti Anda.

Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan penting dan tuliskan dalam selembar kertas, misalnya apa jenis kelamin orang tersebut, apakah perempuan atau laki-laki, apakah masih lajang atau sudah menikah, dari kelompok umur berapa, kelompok pendapatannya berapa dan di mana dia tinggal, apakah di desa,di kota, atau di luar negeri.

Bayangkan bahwa orang tersebut berbicara dengan Anda face to face dan mencoba menemukan masalah, tujuan, dan impiannya. Cobalah untuk beresonansi dengan audiens Anda karena informasi akan terbukti penting dalam membuat rencana pasar.

2. Ciptakan gambaran yang jelas tentang khalayak yang menjadi sasaran 

Sasaran khalayak adalah sosok yang samar-samar sampai sekarang, namun inilah saatnya untuk membuat gambaran yang jelas tentang khalayak tersebut di benak Anda. Cobalah untuk memahami gambaran tersebut karena semakin banyak Anda tahu tentang audiens, semakin jelas rencana pasar Anda.

Ciptakan hubungan yang kuat dengan calon pelanggan, karena itu menunjukkan bahwa Anda memahami alasan mendasarnya untuk menjangkau merek Anda. Tulis pembukaan yang kuat untuk profil Anda dan komunikasikan keyakinan Anda bahwa produk atau layanan Anda adalah yang terbaik di pasar dan yang lebih penting adalah yang sesuai dengan kebutuhan pribadinya.

Biarkan dia tahu dengan kata-kata yang kuat bahwa produk atau layanan Anda akan memberikan nilai nyata dan memenuhi kebutuhannya dengan sukses.

3. Jelaskan produk atau layanan Anda

Sangat penting untuk memberikan bentuk dan fitur yang tepat pada produk atau layanan Anda agar dapat dipasarkan di depan audiens target. Jelaskan secara mendetail dan jelaskan fitur terbaik yang akan mendorong audiens untuk lebih mengenalnya.

Jangan lupa untuk menyebutkan keunggulan produk atau layanan itu dan bagaimana hal itu akan terbukti bermanfaat bagi mereka. Misalnya, jika Anda membuka toko roti, sorot bahan-bahan segar yang Anda gunakan dan juga tentang hidangan sehat yang akan Anda sajikan.

Biarkan imajinasi Anda mengamuk dan pikirkan hal-hal yang menggiurkan yang akan Anda layani. Ini akan menyelaraskan kebutuhan pelanggan potensial dengan produk atau layanan Anda dan sekarang Anda dapat menyelesaikan tugas membawanya ke toko Anda.

4. Bangun kredibilitas

Tidak ada yang akan percaya kata-kata Anda tanpa adanya dukungan nyata yang sesuai. Sangat penting untuk membangun kredibilitas Anda sejak awal sehingga audiens Anda dapat mempercayai Anda. Sebutkan pengalaman profesional Anda, kredensial Anda, berapa lama Anda telah bekerja, jika Anda pernah bekerja sebagai magang untuk kepribadian terkenal, sebutkan namanya.

Jangan ragu untuk membagikan foto diri dan kredensial Anda. Biarkan semua orang tahu bahwa Anda berbakat serta siap untuk menangani kebutuhan dan persyaratan audiens target Anda dengan mudah.

Melanjutkan contoh di atas, maka selanjutnya Anda dapat menampilkan beberapa gambar dari barang yang akan Anda simpan di toko roti Anda. Jika Anda pernah bertugas di bawah seseorang, mintalah referensi dan tampilkan sertifikat itu untuk memberikan bukti keaslian Anda.

5. Cari tahu di mana klien ideal Anda bergaul

Pada saat ini Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan; maka sekaranglah waktunya untuk memikirkan tentang demografi. Pikirkan tempat-tempat yang dapat ditinggali atau berkumpul oleh audiens target Anda.

Ini akan memberi Anda gambaran tentang lokasi geografis yang paling cocok untuk jenis produk atau layanan Anda.

6. Penelitian

Penelitian tentang situs yang akan menerima posting blog tamu dengan link ke situs Anda, karena ini akan membantu Anda dalam membuat gelombang melalui entitas yang sudah mapan. Sertakan informasi tentang bagaimana Anda dapat menjangkau audiens target Anda.

Mengikuti contoh di atas, Anda dapat mencoba mencari tahu tentang kafe-kafe di daerah target Anda dan berkolaborasi dengan mereka sehingga mereka akan menyajikan hidangan panggang Anda kepada pelanggan.

7. Tinggalkan kesan

Tinggalkan dampak dan kesan positif dengan menjelaskan bagaimana Anda berbeda dari orang lain. Jangan mengatakan hal negatif tentang pesaing Anda, tetapi fokuslah pada hal-hal positif yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Pastikan untuk menyebutkan apa yang membedakan Anda dari yang lain

8. Tinjau komponen utama Anda

Setelah profil pemasaran Anda selesai, biarkan selama satu atau dua hari. Tinjau kembali komponen kunci setelah periode tersebut, karena akan memberikan perspektif baru dalam pemikiran Anda dan Anda akan dapat melihat berbagai hal dalam cahaya terang. Lakukan perubahan kembali jika dirasa  perlu untuk dilakukan.

Minta kolega, teman, atau anggota keluarga tepercaya untuk memeriksanya dan mencatat sarannya. Jika Anda berpikir hanya layak maka buat perubahan jika tidak biarkan istirahat untuk saat ini dan lanjutkan dengan rencana pasar yang telah Anda buat.

Semoga artikel tentang Definisi Market Profile Dan Bagaimana Menciptakannya ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "Definisi Market Profile Dan Bagaimana Menciptakannya"