Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Dan Pentingnya Logistik Dalam Bisnis

Definisi Dan Pentingnya Logistik Dalam Bisnis
credit image:freepik.com

Definisi Dan Pentingnya Logistik Dalam BisnisLogistik bisnis adalah sekelompok kegiatan yang melibatkan penyimpanan dan pergerakan produk atau informasi dari sumber dari mana bahan baku yang dibeli kepada pelanggan akhir (Konsumen). Daur ulang dan pembuangan produk juga termasuk dalam kategori logistik bisnis. Ini dianggap sebagai istilah baru dalam kosakata bisnis.

Sebelumnya, istilah ini hanya digunakan untuk distribusi fisik produk serta manajemen material dan pasokan fisiknya (Supply Chain Management System), tetapi sekarang istilah ini menjadi lebih luas dan mencakup banyak hal selain distribusi fisik. Ini memberikan akuisisi dari grosir dan pemasok tepat setelah penyimpanan dan pengiriman ke konsumen akhir.

Pemahaman yang kuat tentang logistik bisnis diperlukan untuk setiap pemilik bisnis sehingga dia dapat memastikan keuntungan yang maksimal untuk kepentingan mereka sendiri. Jika logistik bisnis ditangani dengan baik, maka mereka tidak hanya memberikan pendapatan yang maksimal bagi perusahaan tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih positif bagi pelanggan terkait ketersediaan produk dan kenyamanan pelanggan.

Ini merupakan hal terpenting dalam hal ketersediaan produk. Tidak ada pelanggan yang ingin melakukan perjalanan berjam-jam untuk membeli produk yang mereka inginkan.

Pentingnya Logistik Bisnis 

Logistik bisnis memegang banyak kepentingan dalam setiap bisnis karena dikaitkan dengan aktivitas membuat produk atau layanan yang tersedia bagi pelanggan. Bahkan layanan purna jual (After sales) bergantung pada logistik bisnis. Profitabilitas perusahaan secara langsung dipengaruhi oleh logistik bisnis tersebut.

Berikut adalah pentingnya logistik bisnis, antara lain:

1. Intinya Dan Logistik Bisnis

Pertimbangkan, misalnya Anda memiliki sebuah perkebunan apel. Produk akhir dari pertanian Anda adalah apel yang dikirim ke toko bahan makanan, pasar, dan pabrik pengolahan makanan. Mereka digunakan terutama dalam produk di mana apel adalah bahan utamanya. Ini mungkin adalah kue tar apel, saus, pai, selai, dan produk penyedap lainnya.

Peran utama yang harus Anda mainkan adalah menjaga produk Anda aman dari serangga dengan menggunakan pestisida dan memastikan bahwa produk buah Apel yang Anda berikan memiliki rasa manis dan sehat sehingga laku dan membawa nilai baik di pasaran. 

Setelah buah Apple dipetik dari perkebunan, kemudian dimasukkan ke dalam peti dan akhirnya dikemas dan dikirim ke tujuannya. Ini harus dilakukan dalam waktu yang sangat singkat agar buah Apel menjadi renyah dan segar. Di sinilah logistik bisnis berperan penting.

Jika ada bagian atau entitas dari rantai logistik Anda yang rusak atau tidak berfungsi, maka seluruh pengiriman buah Apel tersebut akan terpengaruh. Misalnya, jika transportasi yang Anda gunakan untuk mengirim buah Apple rusak dan tidak segera diganti, ada kemungkinan produk Anda akan rusak sebelum mencapai pasar tujuan. Kiriman tidak hanya tidak sampai di tempat tujuan dalam waktu tertentu, tetapi juga kualitas buah Apel akan rusak.

Biaya tersebut akan ditanggung oleh Anda sebagai petani Apel. Setiap kecelakaan yang terjadi dalam logistik mempengaruhi keuntungan secara langsung yang termasuk namun tidak terbatas pada biaya bahan bakar, biaya pengiriman, pembusukan produk, kondisi penyimpanan yang tidak higienis dan semua hal lain yang penting dan terlibat dalam pengiriman produk ke konsumen akhir. 

Jika pembusukan buah Apel berkurang, maka biaya logistik juga ikut turun, dan otomatis akan meningkatkan margin keuntungan Anda. Inilah sebabnya mengapa logistik bisnis sangat mementingkan profitabilitas organisasi.

Hal ini juga berlaku untuk produk lain. Pesanan yang dilakukan di situs web eCommerce harus dikirim ke pelanggan dalam waktu sesingkat mungkin. Pelanggan tidak boleh dibuat menunggu terlalu lama. Dalam hal ini, produk mungkin tidak rusak, tetapi bisnis yang berulang dari pelanggan akan hilang jika mereka merasa tidak puas. 

Di Amerika Serikat, sistem pengiriman modern menggunakan drone yang didukung oleh AI untuk mengirimkan produk ke pelanggan. Drone ini cepat dan memastikan bahwa produk dikirim sebelum atau tepat waktu.

2. Peningkatan Pengalaman Pelanggan

Anda akan mendapatkan pengalaman positif dari pelanggan bisnis Anda yang berulang, dan mereka akan membeli lagi dan juga merujuk keluarga dan teman - teman mereka secara positif untuk produk Anda. 

Pelanggan tidak memiliki perhatian dalam memahami masalah apa yang Anda hadapi saat membuat produk atau gangguan apa yang Anda temui saat mendapatkan produk di tangan mereka, sebaliknya yang mereka pedulikan adalah produk dalam kondisi sangat baik, dan Anda dapat mengirimkannya kapan pun mereka membutuhkannya, dalam waktu singkat.

Penjaga toko online sering menghadapi masalah ini ketika logistik mereka tidak dapat menyiapkan pesanan dengan cepat untuk dikirim ke pelanggan. Pelanggan dibiarkan terlalu lama menunggu, yang menambah kesan negatif dari pengalamannya, dan kemudian dia dapat pergi dengan penjual online lain dimasa depan.

Bisnis harus bekerja untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menggunakan otomatisasi jika memungkinkan. Otomatisasi bisnis juga dapat digunakan dalam logistik bisnis di mana mereka mengetahui tentang stok setiap kali stok menipis, dan mereka segera mendapat pemberitahuan untuk mengisi ulang. Umpan balik dan pembaruan pelanggan harus terus dikumpulkan sehingga pelanggan tahu bahwa pesanan sedang dalam proses dan akan dikirimkan.

Metode standar adalah mengirimkan nomor pelacakan pengiriman kurir atau mitra logistik kepada pelanggan sehingga mereka merasa diberdayakan. Pesanan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dikirim karena berbagai alasan, seperti mungkin telah dikirim dari luar negeri atau disesuaikan. 

Apapun alasannya, penting untuk mengkomunikasikan hal yang sama dengan pelanggan sebelum melakukan pemesanan. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesanan harus diberitahukan kepada mereka agar mereka puas dan tidak merasa ditipu. Biasanya cukup berarti jika Anda selalu jujur​​saat menyampaikan pesanan kepada pelanggan.

3. Pencegahan Kerugian

Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang baik tentang logistik bisnis dan kemudian Anda akan selalu berjuang untuk menemukan mengapa ada pembusukan, pencurian, dan kerugian dengan inventaris. Jika pemilik bisnis memahami dan mengetahui dengan pasti bahwa dibutuhkan waktu dua hari untuk mendapatkan produk dari Jakarta ke Surabaya, tetapi konsistensi membutuhkan waktu tiga hari, maka pemilik bisnis harus menghadapi mitra pengiriman secara langsung. 

Masalahnya harus ditangani dengan mitra logistik, dan itu perlu diperbaiki untuk menurunkan hari pengiriman. Baik itu atau disarankan untuk mengubah mitra pengiriman.

Anda pasti juga tidak menginginkan untuk memiliki banyak persediaan di tangan. Jika terjadi hujan deras atau gudang rusak karena kebakaran atau banjir yang menyebabkan kerusakan pada gudang, maka dapat terjadi kerugian yang cukup besar yang dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang. Tidak hanya pesanan yang ada yang akan ditunda, tetapi pesanan di masa mendatang harus dihentikan untuk menormalkan kembali rantai pasokan Anda.

Pelanggan mendapat kesan bahwa perusahaan tidak dapat memasok produk, yang menambah pengalaman negatif mereka. Ditambah dengan klaim asuransi dan berurusan dengan perusahaan asuransi yang bisa sangat memakan waktu bagi pemilik bisnis. 

Banyak bisnis yang underinsured ketika harus mengasuransikan gudang mereka. Pemasok yang andal harus hadir dengan bisnis sehingga mereka tidak perlu menanggung biaya kerusakan gudang dan tidak memiliki risiko menyimpan persediaan yang berlebihan.

Ambil contoh misalnya pizza Domino, yang menjanjikan untuk mengantarkan Pizza ke pelanggan mereka dalam waktu 30 menit atau gratis. Saat membuat janji seperti itu, mereka harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem pengiriman yang tepat. 30 menit juga termasuk waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pizza, mengemasnya dan kemudian mengirimkannya. 

Tentu saja, janji semacam itu dibuat dalam batasan tertentu, tetapi jika mereka gagal mengirimkan produk, itu berlaku gratis bagi pelanggan, yang merupakan kerugian bagi mereka. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memberikan komitmen kepada pelanggan karena jika janji tersebut tidak dipenuhi, maka pelanggan tidak akan memberikan usaha yang berulang yang lagi-lagi merugikan perusahaan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai Definisi Dan Pentingnya Logistik Dalam Bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Definisi Dan Pentingnya Logistik Dalam Bisnis"