Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif

 

Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif
image via freepik

Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif - Pada artikel sebelumnya, saya telah banyak membahas tentang pentingnya melakukan riset pasar. Dan pada artikel kali ini saya melanjutkan kembali pembahasan mengenai riset pasar tersebut dengan membahas topik yang cukup menarik yaitu riset pasar kualitatif dan kuantitatif serta kegunaannya dalam dunia bisnis.

Agar mendapatkan pemahaman secara lebih mendalam, maka saya sarankan untukmembaca artikel di bawah ini hingga tuntas, agar tidak ada satupun penjelasan terkait dengan riset pasar kualitatif dan kuantitatif tersebut.

RISET PASAR KUALITATIF

Secara umum, riset pasar kualitatif dapat membantu Anda dalam menemukan persepsi audiens yang menjadi target Anda, serta memperkirakan perilaku yang akan ditunjukkan oleh audiens tersebut, ketika Anda mencoba untuk menerapkan tujuan pemasaran Anda.

Riset pasar kualitatif berasal dari ilmu sosial dan perilaku seperti sosiologi, antropologi dan psikologi, dimana riset pasar kualitatif ini mencakup teknik wawancara secara mendalam dengan individu atau kelompok, latihan sehari - hari dan jurnal serta observasi dalam konteks atau partisipan.

Dibandingkan dengan riset pasar kuantitatif yang sebagian besar metodenya adalah melibatkan survei dan kuesioner pelanggan, riset pasar kualitatif akan memungkinkan untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas dalam menganalisis orang yang memberi Anda informasi yang diperlukan. 

Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Anda, sebagai seorang peneliti, diberikan kesempatan tidak hanya untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh pihak lain, akan tetapi Anda benar-benar dapat mengamati bahasa tubuhnya dan menggunakan jawabannya untuk menghasilkan data yang berwawasan berdasarkan interpretasi.

Tidak ada metode atau cara yang jelas dan tegas untuk melakukan survei atau kuesioner kualitatif. Hal ini memungkinkan orang yang menjadi responden akan merasa bebas untuk menjelaskan apa yang mereka anggap relevan dan penting. 

Riset pasar ini akan memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam desain studi dengan beberapa aspek studi yang fleksibel, seperti penambahan, pengecualian atau pemilihan kata pada wawancara tertentu. 

Respon partisipan juga dapat mempengaruhi bagaimana dan pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh Anda sebagai peneliti selanjutnya, tergantung pada minat atau sasaran utama mereka dalam penelitian mereka masing-masing. Oleh karena itu pengumpulan data dan pertanyaan penelitian disesuaikan dengan apa yang dipelajari.

Format data yang dihasilkan dalam penelitian kualitatif ini adalah tekstual, serta disediakan melalui kaset audio, video dan catatan lapangan.

Riset pasar kualitatif dianggap sangat bermanfaat berdasarkan sinergi di antara responden, karena mereka membangun ide atau gagasan masing-masing. Hal ini mengakibatkan pembahasan dikembangkan dan dilanjutkan sedemikian rupa sehingga memberikan wawasan yang bahkan tidak dapat dibayangkan oleh Anda. 

Selain itu, metode ini juga memungkinkan responden atau partisipan untuk mengekspresikan diri mereka dengan lebih bebas daripada dalam metode penelitian kuantitatif. Seringkali, penelitian kualitatif digunakan dalam membangun hipotesis.

Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif

Tiga metode riset pasar kualitatif yang paling umum dilakukan, antara lain:

1. Pengamatan Partisipan 

Riset pasar kualitatif yang paling sederhana dapat berbentuk observasi. Dalam observasi, peneliti hanya mengamati materi penelitian (riset). Metode ini sering digunakan ketika peneliti ingin meneliti suatu subjek di lingkungan alaminya atau mempelajari perilaku yang terjadi secara alami. 

Dalam metode ini, seperti bentuk penelitian kualitatif lainnya, maka seorang peneliti harus sangat berhati-hati untuk tidak memasukkan bias pribadi ke dalam hasil pengamatannya.

2. Wawancara Secara Mendalam

Dalam beberapa kasus, riset pasar kualitatif dapat dilakukan melalui metode wawancara, misalnya mendengarkan seseorang menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lalu, seperti pengalaman masa perang atau peristiwa lainnya. Ketika riset pasar kualitatif berbentuk wawancara, pewawancara mengajukan pertanyaan terbuka dan hanya mencatat apa yang dikatakan oleh responden.

3. Kelompok Fokus

Untuk mengurangi risiko bias dari Anda sebagai peneliti, metode penelitian kualitatif yang disebut "Kelompok fokus" kadang-kadang juga digunakan. Dalam kelompok fokus, beberapa orang diwawancarai sekaligus untuk mendapatkan pendapat mereka tentang suatu subjek atau item. 

Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui apa yang orang pikirkan tentang suatu produk atau iklan. Risiko dalam metode wawancara ini adalah bias akan diperkenalkan ke dalam kelompok melalui pemilihan anggota kelompok.

RISET PASAR KUANTITATIF

Dalam dunia bisnis yang penuh tantangan saat ini, Para Manajer harus terus mencari cara baru untuk meningkatkan kinerja perusahaannya di pasar agar tetap kompetitif dan dapat mengelola perusahaan dengan lebih baik. 

Manajer perlu menerapkan taktik baru setiap saat untuk meningkatkan pangsa pasar serta keuntungan mereka. Mereka mengelola ini dengan terus-menerus menyadari kondisi pasar dan sifat dinamis dari kebutuhan keinginan dan tuntutan pelanggan mereka. Metode yang mereka gunakan untuk memahami faktor-faktor ini adalah riset pasar kuantitatif.

Mengapa Riset Pasar Kuantitatif Digunakan?

Metode ini dapat membantu untuk mengumpulkan data kuantitatif tentang kondisi pasar saat ini. Data kuantitatif dapat digunakan sebagai dasar untuk berbagai alat pemasaran seperti SWOT, strategi, dan merancang bauran pemasaran.

Hal ini dapat menghasilkan inovasi dan peningkatan yang tidak biasa dalam produk dan layanan.  Riset pasar kuantitatif juga dapat membantu dalam memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan.

Perusahaan akan mendapatkan semua jawaban yang diinginkan untuk meningkatkan produk atau layanannya dari serangkaian pertanyaan tertentu.

Dalam hal ini metode riset pasar kuantitatif dapat digunakan ketika riset pasar sekunder belum terbukti bermanfaat, dan sebagai tambahan maka data asli diperlukan untuk mengambil keputusan.

Sesuai dengan namanya, riset pasar kuantitatif melibatkan analisis sampel data kuantitatif. Jadi, riset pasar kuantitatif terutama berfokus pada pelanggan itu sendiri dan melibatkan survei dan kuesioner. 

Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif
image via freepik

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu dalam menentukan opini audiens target Anda. Hal ini pada gilirannya dapat memberi para Manajer fakta dan statistik nyata untuk membimbing mereka dalam meningkatkan produk atau layanan mereka.

Salah satu aturan utama untuk mendapatkan keberhasilan survei dan kuesioner adalah dengan menargetkan sejumlah besar populasi yang merupakan sampel relatif dari pasar yang menjadi target Anda. 

Dengan mengambil sampel besar dari pelanggan yang ada atau pelanggan potensial, Manajer bisa mendapatkan perspektif yang mendalam tentang bagaimana pelanggan lebih cenderung berperilaku dalam hal produk atau layanan masing-masing yang ditawarkan.

Selain itu, untuk penggunaan cara survei dan kuesioner yang paling efektif, maka survei dan kuesioner harus dilakukan berulang kali. 

Ketika pertama kali Anda melakukan penelitian kuantitatif, maka Anda akan diberikan sejumlah informasi.

Berdasarkan informasi tersebut, Anda akan dapat menemukan strategi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan. Setelah penerapan strategi ini untuk satu periode, maka kemudian survei dan kuesioner yang lain harus dilakukan.

Riset pasar kuantitatif kedua akan menunjukkan apakah strategi baru yang diterapkan telah efektif atau tidak. Dan agar hasil dari set kedua tersebut relevan, beberapa pertanyaan dari riset pasar pertama harus dipertahankan sebagai kontrol pada riset pasar yang kedua. Dengan cara ini, Manajer dapat memiliki dasar statis untuk membandingkan hasilnya.

Seringkali, riset pasar kuantitatif dapat mengambil kerangka waktu variabel. Durasi proses riset tersebut sangat bergantung pada ukuran sampel yang menjadi target, apakah sampel tersebut merupakan perwakilan dari beberapa pasar atau satu pasar tunggal serta jumlah metrik yang akan dipelajari.

Riset pasar kuantitatif juga mencakup kecerdasan pasar yang terkait dengan pesaing, dan tren baru di pasar, evolusi penawaran dan permintaan, dan sebagainya. Proses itu sendiri dapat dilihat sebagai metode yang agak mahal untuk mendapatkan pengetahuan yang diperlukan, tetapi pada saat yang sama, ini mewakili sebuah investasi dalam pengembangan perusahaan. Ini memungkinkan para Manajer mendapatkan gambaran pasar yang akurat.

Riset pasar kuantitatif akan berhasil hanya jika Anda mengajukan pertanyaan yang tepat dalam kuesioner Anda, yang dalam jangka panjang dapat memberikan jawaban yang benar dari target pasar Anda. 

Perusahaan menggunakan riset pasar kuantitatif ketika mereka perlu menyiapkan rencana pemasaran, strategi untuk pengembangan atau peningkatan lebih lanjut, seperti analisis SWOT, pengembangan produk, strategi branding, penetapan harga dan strategi pemasaran.

KESIMPULAN

Sebelum berinvestasi dalam penelitian kuantitatif, maka sebagian besar perusahaan memulai dengan penelitian pasar sekunder, dengan menggunakan data yang sudah tersedia dalam publikasi perdagangan, surat kabar atau sumber sekunder lainnya. 

Dengan cara ini, maka Manajer dapat memiliki perspektif tentang apa yang telah diketahui dan apa yang perlu diketahui.

Demikianlah uraian artikel tentang Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "Apa Itu Riset Pasar Kualitatif Dan Kuantitatif"