Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal

 

8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal

8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal - Setiap orang pada dasarnya adalah penjual. Tapi, tidak semua orang adalah penjual yang handal. Seorang penjual dapat dipercaya jika memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memastikan calon pembeli tertarik dan ingin membeli produk, jasa, yang dia tawarkan.

Menurut pendapat dari Jean Beltrand, definisi menjual adalah kemampuan untuk mengungkapkan keyakinan, barang, atau proposal Anda kepada satu atau banyak orang sehingga menimbulkan keinginan akan hak istimewa, kesempatan, kepemilikan, atau kepentingan

Sementara menurut pendapat dari Napoleon Hill, berjualan adalah seni menanamkan motif dalam pikiran orang lain yang akan memicu tindakan yang menguntungkan.

Tetapi, bagaimanakah cara menjadi penjual yang handal? Dalam buku “Selling You” karya Napoleon Hill dijelaskan, seorang penjual harus mampu mengembangkan kualitas dirinya menjadi penjual yang dapat diandalkan.

berikut adalah kualitas diri dan 8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal, antara lain:

1. Keyakinan Dan Keberanian

Pertama, dalam waktu yang kompetitif, setiap tenaga penjual harus memiliki keyakinan yang mutlak. Memiliki rasa percaya diri yang baik, biasanya keberanian akan menyusul. Kepercayaan diri merupakan salah satu evaluasi calon pembeli kepada penjual. Bagaimana seorang wiraniaga dapat meyakinkan calon pembeli jika dia terlihat tidak meyakinkan?

2. Ketekunan

Tidak ada seorang penjualpun yang tidak pernah mengalami penolakan dari calon pembeli. Nyatanya, kata "Tidak" dari calon pembeli bisa menjadi tantangan dan penyemangat untuk serius dalam melakukan penjualan produk.

3. Imajinasi

Saat menghadapi situasi keberatan dan penolakan dari calon pembeli, seorang penjual harus dapat mengantisipasinya dengan berimajinasi dan menempatkan diri mereka pada posisi pembeli. Jadi, mereka bisa memahami kebutuhan dan tujuan mereka.

4. Memiliki Wawasan Produk Yang Baik

Seorang penjual harus memiliki dan menguasai pengetahuan tentang produk yang mereka jual dengan baik. Pengetahuan tersebut terutama berkaitan dengan keunggulan dari produk dan layanan yang mereka jual tersebut.

5. Percaya Pada Jasa Yang Di Jual

Penjual harus merasa yakin dengan barang dan jasa yang mereka jual sebelum meyakinkan calon pembeli yang potensial. Jika penjual saja tidak yakin dengan produk dan layanan yang mereka jual, maka pemikiran tersebut akan terlihat pada penjual. Sehingga ada ketidakpastian di benak calon pembeli.

6. Nilai Dan Keakuratan Produk Yang Ditawarkan Kepada Calon Pembeli

Penjual yang handal tidak akan pernah mencoba untuk menawarkan sebuah mobil mewah, katakanlah merek Jaguar kepada seseorang yang seharusnya membeli mobil dengan merek Ford. Tenaga penjual harus jujur ​​dalam menjelaskan nilai produk yang ditawarkan sesuai dengan kenyataan. 

Transaksi yang merugikan pembeli adalah transaksi yang lebih merugikan penjual, karena akan kehilangan kepercayaan dari pembeli nantinya.

7. Kualifikasi Pembeli Potensial

Penjual yang handal harus mampu memenuhi syarat pembeli yang potensial. Mereka harus memiliki kemampuan untuk mengetahui potensi finansial calon pembeli, kebutuhan pembeli akan produk yang ditawarkan, dan motif calon pembeli tersebut. 

Mencoba untuk menjual produk tanpa memenuhi syarat calon pembeli merupakan kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan Anda dalam  menjual produk.

8. Kepribadian Baik

Sebagian besar pembeli asuransi jiwa tidak mengetahui isi polis mereka dan sepertinya tidak peduli dengan hal tersebut. Mereka akhirnya mau membeli polis asuransi, karena salah satu faktornya adalah kepribadian penjual dari asuransi yang baik. 

Unsur kepribadian yang baik yaitu tenang, selera humor yang baik, tidak egois, semangat, bahasa non verbal yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal - hal tersebut akan  membuat kesan penjual menjadi lebih baik dimata calon pembeli.

Demikianlah uraian artikel tentang 8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menjadi seorang tenaga penjual yang handal.

referensi: https://powercommerce.asia/

Post a Comment for " 8 Cara Menjadi Penjual Yang Handal"