Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Karakteristik yang Mendefinisikan Pemimpin Merek (Brand Leaders)

 

brand-leader

Di pasar saat ini, setiap produk memiliki beberapa merek yang bersaing. Beberapa merek bersaing di industri yang sama, mencoba melayani pelanggan yang sama, mulai dari rautan pensil hingga drone!

Merek-merek terlaris atau paling dihormati di lautan merek ini disebut sebagai pemimpin merek. Pemimpin merek biasanya memiliki pangsa pasar yang besar dan disukai oleh pelanggannya. Ini memiliki banyak ekuitas merek dan bernilai banyak uang.

Konsep pemimpin merek mudah dipahami, tetapi memahami apa yang membuat pemimpin merek sangat penting. Apa yang membedakan merek paling terkenal?

Berikut adalah enam karakteristik yang membedakan pemimpin merek:

1. Pemimpin merek seperti laser dalam fokus mereka

Merek-merek besar berfokus pada laser untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak menyimpang dari pesan atau konten mereka. Mereka tidak menyimpang dari pesan yang ingin mereka kirimkan tentang produk yang mereka wakili.

Ini menyatukan upaya pemasaran perusahaan dan membantu membangun memori merek yang cepat di benak pelanggan potensial. Merek-merek besar tidak peduli dengan apa yang dilakukan pesaing mereka. 

Mereka menutup mata terhadap pertunjukan lain dan hanya fokus pada penampilan mereka sendiri. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengukir tempat untuk diri mereka sendiri.

2. Pemimpin merek itu kreatif

Jika Anda melihat semua iklan merek besar, Anda akan melihat bahwa semuanya sangat inovatif. Baik itu dalam strategi harga mereka, kemasan yang indah, atau iklan yang mereka jalankan.

Beberapa iklan Pidilite untuk merek andalannya, Fevicol, adalah contoh yang sangat baik. Dengan dukungan Ogilvy & Mather, ia telah menciptakan beberapa kampanye out-of-the-box yang hebat selama bertahun-tahun untuk menyenangkan kliennya dan membawa senyum ke wajah mereka dengan iklan lucu dan aktivitas luar ruangannya.

3. Pemimpin merek dapat diandalkan

Merek teratas secara konsisten mengungguli pesaing. Iklan mereka tidak hanya menghibur dan menyenangkan, tetapi produk dan layanan mereka juga memenuhi atau melampaui harapan konsumen. Sebagai contoh, pertimbangkan Apple. Tidak diragukan lagi, ini adalah merek paling mengagumkan di dunia teknologi.

Ini karena produknya memenuhi atau melampaui harapan klien, dan standarnya ditetapkan sangat tinggi. Produk Apple terkenal cukup kokoh dan tidak menimbulkan banyak masalah bagi penggunanya seperti produsen lain. 

Merek semacam itu memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Ini adalah alasan utama di balik loyalitas merek pelanggan. Jika produk atau layanan gagal untuk disampaikan, tidak peduli seberapa menguntungkan faktor lainnya, merek akan gagal.

4. Pemimpin merek terpesona oleh pekerjaan mereka

Sebagian besar merek paling terkenal di dunia diciptakan oleh orang-orang yang sangat berkomitmen pada profesi mereka dan tidak peduli dengan keuntungan atau pangsa pasar. Mereka mengejar hasrat mereka dan menciptakan barang-barang fantastis yang tumbuh menjadi merek-merek fantastis.

Dalam hampir setiap kasus, pemilik pendiri/pemilik hasrat dialihkan ke merek yang mereka buat. Produk dan kampanye mereka dibuat dengan cermat, dengan visi yang sama yang diterapkan pada masing-masing. Merek-merek terkenal ini selalu berbicara atas nama pencipta mereka yang legendaris dan bersemangat.

5. Pemimpin merek dapat berubah seiring waktu

Satu-satunya yang konstan adalah perubahan, dan merek yang hebat selalu bersedia beradaptasi dengan generasi di mana ia ada. Selera dan preferensi pelanggan selalu berubah. Merek-merek besar sering kali juga membawa perubahan budaya dan kebiasaan!

Selfie telah menjadi mode, dan perusahaan teknologi sedang menyesuaikan diri untuk membuat kamera depan yang lebih baik untuk menarik lebih banyak pelanggan. Adaptasi semacam ini sangat penting untuk bertahan hidup di dunia yang terus berubah.

6. Pemimpin merek Istimewa

"Pemenang tidak melakukan berbagai hal," kata Shiv Khera. Mereka menyelesaikan sesuatu dengan cara yang unik. Pemimpin merek berada di kapal yang sama. Mereka melakukan sesuatu dengan cara yang unik. 

Setiap merek mengiklankan di televisi, di majalah, dan di tempat lain. Merek utama, di sisi lain, menempatkan banyak usaha dan pemikiran ke dalamnya, dan mereka melakukannya dengan cara yang membedakan mereka dari para pesaing.

Atribut yang tercantum di atas adalah beberapa karakteristik paling penting dari pemimpin merek. Menjaga dasar-dasar ini akan membantu merek tumbuh dan berkembang dalam pasar yang kompetitif.

Post a Comment for "6 Karakteristik yang Mendefinisikan Pemimpin Merek (Brand Leaders)"