Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Arti Istilah Endorsement? Bagaimana Endorsement Bekerja?

Apakah Arti Istilah Endorsement? Bagaimana Endorsement Bekerja?
credit:[email protected]_honeybees

Apakah Definisi dari Endorsement?

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “endorse”. Istilah endorse ini sering kita jumpai setiap kali mengakses platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, atau yang sedang populer saat ini yaitu Tiktok. Tapi apa sebenarnya endorsement itu?

Kata endorsement berasal dari kata Inggris yaitu "endorsement", yang berarti "mendukung". Oleh karena itu, istilah "endorse" sering digunakan untuk menggambarkan tindakan seorang figur publik yang mendukung (promosi) suatu produk.

Siapa yang memenuhi syarat untuk memberikan dukungan?

Apakah mungkin bagi semua orang yang memiliki akun media sosial untuk di-endorse? Secara umum, tidak ada pedoman baku dan jelas tentang siapa yang dapat didukung. Namun, karena endorsement memungkinkan merek untuk memberikan kompensasi kepada individu yang didukung baik dalam bentuk tunai maupun barang dagangan, maka ada sejumlah faktor yang harus diperiksa dengan cermat.

Jika sebuah bisnis pakaian jadi online ingin memasarkan produk melalui sistem endorsement, misalnya, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

Faktor - faktor tersebut, antara lain:

1. Jumlah pelanggan (pengikut)

Ketika menggunakan sistem endorse untuk memasarkan produk Anda, ini biasanya adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran pemilik merek. Semakin besar jangkauan pasar seseorang, maka semakin banyak pengikut atau pelanggan yang dimilikinya.

Semakin banyak followernya maka semakin populer akun media sosial tersebut, dan tentu saja memiliki cakupan pemirsa yang lebih banyak.

2. Tingkat partisipasi audiens

Ketika Anda menggunakan sistem endorse untuk mengiklankan produk Anda, misalnya ke selebriti dengan pengikut lebih dari 100.000 orang, sebenarnya itu tidak menjamin bahwa produk Anda akan laris manis. 

Bukan hal yang aneh jika sistem pendukung (endorse) juga bisa gagal. Akibatnya, Anda harus memikirkan bagaimana orang yang Anda dukung berinteraksi dengan pengikut media sosial mereka.

Sebelum menyetujui sebuah kolaborasi, cari tahu berapa tingkat keterlibatan selebriti tersebut. Jangan sampai Anda mengeluarkan banyak uang jika promosinya tidak berhasil. Itulah mengapa Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa yang dimaksud dengan endorsement.

3. Figur representatif

endorse-selebritis

Langkah selanjutnya adalah menentukan apakah orang yang ingin Anda endorse cocok untuk produk yang ingin Anda promosikan. Dalam hal ini, pastikan jika Anda tidak salah dalam memilih target!

Jika Anda ingin mempromosikan jilbab, misalnya, carilah selebriti yang memakainya dan memiliki banyak wanita Muslim sebagai pengikut atau pelanggan. Langkah pertama adalah melihat sekilas bagian komentar calon endorser. Jika Anda menemukan kecocokan, Anda dapat menanyakan langsung tentang informasi demografis endorser.

Begitu pula jika Anda ingin mempromosikan terntang produk mainan anak - anak. Pilih influencer yang ahli di bidang anak - anak , sehingga promosi Anda menjadi tertarget.

4. Biaya yang dibayarkan untuk mempromosikan produk

Biaya pengesahan, sering dikenal sebagai promosi berbayar, adalah kontrak antara pemilik merek dan individu yang akan didukung. Biaya yang dibayarkan untuk berpromosi tidak serta merta ditentukan oleh jumlah followers/subscriber. 

Influencer dengan jumlah pengikut atau pelanggan yang sedikit membebankan biaya lebih banyak daripada mereka yang memiliki jumlah pengikut/pelanggan yang lebih besar. Ini kemungkinan besar karena tingkat keterlibatannya yang tinggi. Pikirkanlah hal tersebut baik - baik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu endorsement dan cara kerjanya sebelum menerapkannya sebagai salah satu strategi promosi produk Anda, maka Anda sebaiknya mempelajari dulu cara kerja endorsement itu seperti apa.

Jadi, bagaimana cara kerja endorsement?

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara kerja endorseement, cara mendapatkan bayaran untuk berpromosi, atau lebih tepatnya cara endorse selebriti, karena influencer di Instagram sering direkomendasikan oleh brand. 

Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang perlu diingat tentang cara kerja sponsor. Poin-poin berikut ini juga berlaku untuk Anda yang ingin tahu cara meminta endorsement kepada selebriti.

Promosi Berbayar

Sebelumnya telah disebutkan secara singkat bahwa endorsement adalah jenis promosi berbayar yang menggunakan jasa influencer atau orang-orang terkemuka.

Saat bernegosiasi dengan calon endorser, Anda dapat menanyakan tentang sistem pembayaran, apakah cukup untuk mengirim produk (dan berapa banyak yang akan dipasok), dan apakah ada biaya lain.

Setelah itu, pemilik merek dan calon endorser biasanya mencapai kesepakatan tentang bagaimana produk akan diiklankan. Apakah di feed atau hanya di Instastory di Instagram misalnya? Instastory juga perlu menyepakati apakah waktu pemasarannya hanya 1 hari atau 2 hari, dan seterusnya.

Masyarakat umum

Ketika seseorang di-endorse, itu menandakan bahwa platform jejaring sosial yang mereka gunakan adalah publik. Sebuah dukungan generik melayani tujuan ini. Sifat-sifat ini membuat promosi berbasis dukungan dapat diakses oleh siapa saja. Selain itu, endorsement dalam bentuk foto atau film dapat dibagikan oleh siapa saja yang melihatnya.

Pastikan calon endorser memiliki hal-hal hebat untuk dikatakan tentang produk yang Anda jual. Jika endorser memberikan penilaian yang tidak menguntungkan, reputasi merek pasti akan menurun.

Anda dan calon endorser dapat memutuskan siapa yang akan menyerahkan naskah endorsement dalam perjanjian yang telah Anda buat. Jika Anda menyediakan skrip, mulailah dengan mencari contoh promosi berbayar yang menarik untuk melihat cara kerja skrip. 

Namun, jika orang yang mengirimkan dokumen adalah seorang endorser yang memungkinkan, pastikan Anda membaca dan meninjau manuskripnya.

Tapi pastikan review yang Anda berikan jujur dan sesuai dengan manfaat yang diberikan produk Anda. Hal ini tidak hanya demi kepentingan terbaik merek, tetapi juga demi kepentingan terbaik endorser.

Tidak wajib

Setelah Anda memahami arti dari endorse, Anda harus menyadari bahwa skema promosi endorse atau sponsor tidak mengikat secara hukum. Sangat penting untuk membedakan antara endorser dan duta merek.

Misalnya, jika Anda menggunakan influencer atau selebriti untuk memasarkan perusahaan kosmetik, Anda tidak berhak menuntut influencer atau selebriti jika mereka mempromosikan produk kosmetik dari merek lain di hari lain. Ingat bahwa endorser tidak berkewajiban untuk hanya memposting atau mempromosikan perusahaan Anda.

4. Tidak ada kontrak di tempat

Ada struktur dukungan terikat kontrak untuk sejumlah merek besar. Namun, ini adalah kejadian yang sangat langka. Mayoritas skema endorser atau pemasaran berbayar beroperasi tanpa menggunakan kontrak.

Pemilik merek hanya perlu menghubungi calon endorser, mencapai kesepakatan, dan kemudian mengirimkan produk ke alamat rumah endorser (tidak perlu bertemu langsung). Jika Anda ingin mempromosikan merek yang terlibat dalam layanan atau layanan, Anda dan endorser dapat mendiskusikan biaya yang harus dibayar untuk mempromosikan merek lebih lanjut.

Itulah hal - hal yang perlu Anda ketahui tentang endorsement dan cara kerjanya. Jika Anda menggunakan layanan endorser dengan benar untuk meningkatkan penjualan merek yang Anda jual, ada kemungkinan Anda akan mengalami masalah dengan sistem stok. Oleh karena itu Anda juga harus memberikan perhatian terhadap manajemen stok di gudang Anda dengan baik.

Post a Comment for " Apakah Arti Istilah Endorsement? Bagaimana Endorsement Bekerja?"