Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Sederhana untuk Menerapkan Rencana Strategis

rencana-strategis

Perencanaan strategis sangat penting untuk semua bisnis, baik bisnis kecil maupun besar. Demikian pula, menempatkan rencana strategis ke dalam tindakan merupakan hal yang sangat penting. Tanpa implementasi yang baik, Anda mungkin akan bergerak maju secara serampangan, tidak yakin ide mana yang harus dijalankan sekarang dan mana yang harus disimpan untuk nanti. 

Perencanaan strategis akan memberi Anda cetak biru komprehensif untuk masa depan tak terduga organisasi Anda, yang dapat membantu Anda dalam membuat keputusan di sepanjang rute perjalanan bisnis Anda.

Ketika kita berbicara tentang perencanaan strategis, banyak perusahaan mengalami dilema dan menjadi terlalu rabun. Ini bisa terjadi karena berbagai macam alasan, tetapi rencana strategis jangka pendek tidak berguna. 

Pada kenyataannya, yang dibutuhkan adalah strategi dan teknik perencanaan secara menyeluruh. Empat fase yang diuraikan di bawah ini harus diikuti untuk menerapkan rencana strategis jangka panjang untuk organisasi atau perusahaan Anda.

4 Langkah Sederhana untuk Menerapkan Rencana Strategis, yaitu:

1. Mendedikasikan waktu untuk perencanaan strategis 

Duduk sekali atau dua kali dalam beberapa saat tidak cukup untuk mewujudkan rencana strategis. Setidaknya dalam kurun waktu seminggu sekali, rencana strategis tersebut harus ditinjau. Konsekuensinya, manajemen puncak perusahaan harus menyisihkan waktu untuk turun dan memeriksa rencana strategis organisasi, serta apakah bisnis berada di jalur yang benar. 

Kedalaman organisasi Anda akan menentukan kapan pertemuan semacam itu harus diadakan. Bisnis yang lebih kecil harus meminimalkannya, sedangkan bisnis yang lebih besar mungkin memerlukan sesi perencanaan strategis yang lebih sering.

2. Jadilah kreatif 

Jangan terjebak oleh apa yang sudah direncanakan atau apa yang akan terjadi. Untuk menghidupkan kembali bisnis Anda dan mendorongnya ke tingkat yang baru, berpikirlah di luar kebiasaan (out of the box).

Ada kemungkinan bahwa saat Anda duduk untuk perencanaan strategi Anda secara teratur, Anda akan melihat sesuatu yang belum pernah Anda perhatikan sebelumnya. Selama perencanaan strategis, Anda harus berpikir kreatif tentang anomali tersebut sambil juga menghasilkan pendekatan yang unik dan inventif untuk memperluas bisnis. 

Ini bukan saatnya untuk melihat kembali masa lalu atau membuat prediksi tentang masa depan. Namun sebaliknya, ini adalah waktu untuk penemuan, ekspansi yang disengaja, dan pengambilan risiko yang sedikit terkontrol.

3. Hentikan kebiasaan 

Menambah poin di atas, mungkin saja setelah berbulan-bulan pertemuan, rutinitas rencana strategis lama yang sama diamati secara terus - menerus. Anda harus membebaskan diri dari pekerjaan monoton seperti itu dan berusaha untuk kemajuan organisasi. 

Jika tujuan Anda mudah dicapai, rencana strategis Anda tidak cukup tinggi untuk menantang Anda. Pada saat yang sama, strateginya tidak boleh terlalu sulit. Dengan demikian, ubah rencana strategis sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan bebaskan diri dari kebiasaan hanya mengikuti dan menerapkan rencana strategi.

4. Bertindak sesuai rencana Anda 

Masalah keempat dan terakhir yang dihadapi oleh para pemilik usaha kecil dan bahkan beberapa organisasi besar adalah kegagalan mereka untuk bertindak sesuai rencana mereka. Anda gagal melaksanakan tujuan Anda karena kemalasan atau birokrasi. 

Target Anda mungkin meningkat sebesar 50% tahun ini, tetapi upaya yang Anda lakukan sejauh ini hanya membantu Anda tumbuh sebesar 20%. Akibatnya, ada kesenjangan implementasi yang cukup signifikan. Lubang ini harus ditemukan, dan rencana strategis harus dapat mengatasinya. Mengabaikan kekurangan ini akan mengakibatkan perencanaan Anda gagal total.

Membuat rencana strategis untuk perusahaan Anda bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah tahap awal. Agar berhasil, rencana strategis yang hebat harus segera ditindaklanjuti, diubah, dan diimplementasikan. 

Agar rencana strategis berhasil, Anda harus memastikan bahwa semua prosedur tersebut diatas diikuti oleh organisasi atau perusahaan Anda.

Demikianlah ulasan tentang  4 Langkah Sederhana untuk Menerapkan Rencana Strategis. Semoga ulasan ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " 4 Langkah Sederhana untuk Menerapkan Rencana Strategis "