Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

5 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Banyak orang menyimpan mimpinya sebagai pengusaha. Kita sering sekali mendengar kalimat “Saya tidak punya bakat menjadi pengusaha atau pebisnis”. Bakat memang penting, tapi sukses di bidang apa pun tak pernah melulu soal bakat. 

Sebuah keberhasilan selalu merupakan hasil racikan antara kemauan, latihan, kerja keras, dan sejumlah faktor lainnya. Satu hal yang paling penting adalah punya keberanian untuk mewujudkannya.

Jadi, jika Anda berkeinginan untuk menjadi pengusaha yang sukses, ikuti kiat-kiat menjadi pengusaha sukses berikut ini:

1. Jangan Takut Modal Kecil

Tidak selalu butuh modal yang besar untuk membuka sebuah usaha atau bisnis. Dengan modal kecil, Anda juga bisa mendirikan usaha yang menguntungkan. 

Beberapa pilihan jenis usaha yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar antara lain coffee shop, rumah makan di foodcourt perkantoran atau kampus, minispa, galeri pernak-pernik, dan lain-lain.

2. Jeli Membaca Peluang dan Kreatif

Menjadi pengusaha sukses bukan berarti harus memiliki bisnis yang besar dan memerlukan modal yang besar. Yang ditekankan di sini adalah kejelian Anda dalam membaca peluang.

Contohnya, seorang ibu yang membuat sendiri perlengkapan shalat untuk putri kecilnya. Ternyata banyak teman-temannya yang tertarik dan minta dibuatkan. Sang ibu melihat ini sebagai peluang bisnis. 

Maka ia kemudian terinspirasi untuk menjual perlengkapan shalat hasil kreasinya. Kreasi ibu tersebut menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut dan menuai banyak pesanan. 

Kini, ibu tersebut telah mempunyai satu toko di satu pusat perbelanjaan terbesar dan mengembangkan usahanya dengan menjajaki kerja sama ekspor ke Mesir.

3. Buat Rencana Bisnis

Usaha yang akan Anda rintis tidak mungkin tiba-tiba berdiri begitu saja. Untuk menjadi pengusaha sukses,  maka Anda membutuhkan rencana-rencana agar semua berjalan sesuai dengan tahapan yang Anda susun.

Jika Anda sudah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda dirikan, saatnya membuat rencana bisnis untuk menjadwalkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan usaha, kapan usaha bisa mulai berjalan, bagaimana perkembangan dan pelaksanaan usaha, kapan usaha akan mencapai titik balik modal, dan sebagainya.

4. Jangan Takut Gagal

Adalah satu hal yang wajar jika dihinggapi rasa cemas akan kegagalan. Namun, rasa cemas ini jangan dijadikan penghalang dalam mewujudkan mimpi menjadi pengusaha sukses. 

Manfaatkan rasa cemas ini untuk menganalisis faktor-faktor penghalang dan menyusun strategi untuk mengatasinya. Jadi seandainya Anda menemukan kegagalan, Anda sudah siap menjalankan strategi yang sudah pernah Anda susun.

5. Jaga Hubungan

Menjaga hubungan dengan pelanggan atau klien sangat penting agar bisnis Anda selalu diingat oleh mereka. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meninggalkan mereka karena mereka adalah aset berharga untuk bisnis Anda.

Adakah Kiat Menjadi Pengusaha Sukses?

Anda biasanya merasa bingung dan gamang ketika hendak terjun ke dunia bisnis. Apalagi bila keluarga dan saudara Anda tidak ada yang menekuni bisnis. Akibatnya, Anda pun sering bertanya dan mencari tahu adakah kiat menjadi pengusaha sukses? 

Anda berusaha mengetahui apa yang mesti dilakukan untuk memulai sebuah usaha atau mengembangkannya menjadi usaha yang berhasil.

Problem Kewirausahaan

Masalah kewirausahaan merupakan salah satu problem yang dihadapi negeri ini dalam membangun masa depan. Saat ini jumlah usaha di Indonesia memang cukup banyak, tak kurang dari 40 juta unit usaha. 

Namun hanya sekitar 5 persen saja merupakan perusahaan besar dan berskala nasional dan internasional. Selebihnya, sekitar 95 persennya atau sekitar 38 juta unit usaha yang ada merupakan usaha skala kecil dan menengah.

Berdasarkan data pemerintah, dari 38 juta UKM yang ada, sebanyak 90 persen lebih adalah usaha skala mikro dan kecil. Mereka adalah pedagang keliling, penjual bakso, hingga ibu-ibu yang membuka lapak seadanya di pasar. 

Para pelaku usaha mikro dan kecil ini sebagian besar tidak memiliki badan hukum usaha dan menjalankan usahanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Omset mereka pun tak lebih dari Rp 100 juta pertahun. 

Struktur perekonomian semacam ini sebenarnya kurang mendukung sistem perekonomian nasional ke depannya. 

Apalagi dengan jumlah penduduk yang besar dan tingkat pengangguran yang tinggi, sistem perekonomian nasional mestinya didukung pelaku usaha di level menengah yang kuat dalam jumlah yang cukup. Beberapa negara tetangga yang cukup kuat struktur ekonominya didukung tak kurang dari 10 hingga 20 persen pelaku usaha di level menengah.

Karya Nyata

Untuk menjadi besar tentunya harus diawali dengan sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Sebuah langkah besar pun harus dimulai dengan langkah kecil. Untuk bisa menjalankan sepeda, Anda harus langsung praktek dengan naik sepeda. 

Begitu juga kalau ingin bisa berenang maka Anda harus langsung terjun ke dalam kolam renang dan langsung melakukan gerakan renang. Begitulah kewirausahaan dan itu pula satu-satunya kiat menjadi pengusaha sukses. 

Seperti dikatakan pakar bisnis Peter F Drucker, bahwa kewirausahaan bukanlah suatu ilmu pengetahuan ataupun seni. Enterpreneurship is not science or art, begitu katanya. Artinya, untuk menjadi pengusaha Anda tidak perlu memperhatikan teori tentang kewirausahaan. 

Sebagai sebuah teori, ilmu tentang kewirausahaan telah mengeliminir keragaman dan keunikan bisnis yang ada. Kalau Anda mengandalkan teori dalam menjalankan bisnis, tak akan pernah mampu menjalankannya.

Dengan langsung terjun ke dunia bisnis, seorang pengusaha dapat belajar dari pengalaman dan keunikan tantangan yang dihadapinya. Melalui kesalahan yang dibuatnya itulah bisa memperbaiki dan mengatasinya. 

Sebuah keberhasilan atau kesuksesan tentu merupakan akumulasi dari proses belajar dari praktek bisnis yang dilakukan secara terus menerus. Belajar dari kesalahan, itulah kiat menjadi pengusaha sukses yang nyata.

Post a Comment for "5 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses"