Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permasalahan Bisnis Online dan Solusinya

 

Permasalahan Bisnis Online dan Solusinya

Mengawali bisnis online tidak berbeda jauh dengan bisnis off-line, yang membuatnya berbeda hanya langkah - langkah dalam memasarkan produk mereka saja.

Jika pelaku bisnis off-line memasarkan produk atau jasa mereka dengan berjumpa secara langsung dengan customernya, maka pada bisnis online customer dapat membeli sebuah produk lewat jarak jauh tanpa perlu berjumpa secara langsung dengan penjualnnya, dalam hal ini cukup dengan akses internet saja. 

Pastinya kemudahan customer untuk membeli produk dengan kontribusi internet, memberikan keuntungan yang besar untuk beberapa pelaku bisnis online. Tidaklah aneh bila saat ini lebih banyak orang yang tertarik mencoba keberuntungan dengan menjalankan bisnis online lewat internet.

Tetapi dibalik keuntungan yang diberikan, memilih untuk mengawali bisnis online di internet rupanya tidak selalu mulus seperti yang kita pikirkan. Ada banyak kendala sebagai masalah kita, saat mengawali usaha. 

Perihal ini pula yang membuat beberapa orang pada akhirnya gulung tikar, dan meninggalkan usaha atau bisnis onlinenya. Mereka menyerah dengan masalah dan kendala yang ditemui sepanjang menjalankan bisnis online tersebut.

Permasalahan apa yang ditemui oleh para pelaku bisnis online? Supaya Anda dapat memahaminya, berikut ini saya informasikan Permasalahan Bisnis Online dan Solusinya, antara lain:

1. Jumlah penipuan di dunia maya, membuat keyakinan customer akan bisnis online masih tidak cukup kuat.

Penipuan yang umum terjadi yakni ketika uang telah dibayarkan tetapi produk tidak dikirim, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang diperlihatkan. 

Hingga customer seringkali kecewa bila mereka membeli produk secara online, serta lebih percaya untuk membeli produk secara off-line sebab bisa menyaksikan dan menggenggam langsung produk yang ingin dibelinya.

Jalan keluar : 

Untuk memberikan keyakinan kepada customer, sertakan alamat secara komplet dan kontak individu yang dapat dikontak oleh customer baik lewat chating, telephone atau sms. 

Seterusnya, menjaga kualitas produk yang Anda pasarkan. Dan melengkapi gambar produk dengan info pendukungnya, misalnya tipe bahan yang dipakai, harga produk, type produk, ukuran produk, dan lain-lain sehingga customer betul-betul mendapatkan informasi dengan detil dan lengkap.

2. Kompetisi bisnis online yang ketat 

Perkembangan teknologi, memberikan dukungan pada mayoritas orang untuk memasarkan produknya lewat internet. Maka dapat dikatakan bahwa kompetisinya ketat sekali, lihat saja kesempatan bisnis toko online, reseller produk, atau afiliasi yang telah digerakkan oleh ribuan orang di beberapa negara di dunia ini.

Jalan keluar : 

Seharusnya Anda memasarkan produk yang mempunyai kekhasan (keunikan) tertentu, sehingga menjadikan persaingannya tidak begitu tinggi. 

Lantas, bantu dengan aktivitas promosi bisnis online seperti optimisasi search engine optimization (SEO), memberikan content gratis pada customer, memasangkan iklan baris atau banner di web/website populer, tergabung dengan komunitas bisnis online, atau juga bisa dengan memasarkannya secara off-line. 

Aktivitas ini akan membuat bisnis Anda makin dikenal oleh orang secara luas.

3. Masalah akses internet

Untuk para pelaku bisnis online yang tinggal di wilayah kota, kemungkinan akses internet bukan menjadi permasalahan utama. Akan tetapi untuk mereka yang tinggal di wilayah pedesaan dan daerah terpencil, akses internet masih sangat terbatas dan menjadi permasalahan utama dalam menjalankan bisnis online.

Jalan keluar : 

Anda dapat memanfaatkan modem internet yang sekarang ini telah banyak dibuat beberapa provider telekomunikasi. Tentukan modem yang sinyalnya memang bagus di wilayah Anda, sehingga akses internet pun tidak menjadi penghalang. 

Untuk permasalahan biaya, tak perlu cemas karena sekarang ini biaya atau harga berlangganan internet cukup dapat dijangkau.

4. Terbatasnya pengetahuan mengenai bisnis online

Beberapa orang yang ikut menjalankan bisnis afiliasi atau membuka toko online, tetapi dia tidak mengetahui apa yang perlu dilaksanakan untuk mendukung keberhasilan usahanya. Hal ini membuat bisnis online yang dilakukan, hasilnya pun tidak maksimal.

Jalan keluar : 

Untuk menambahkan pengetahuan, Anda dapat mempelajarinya dari buku - buku bisnis online yang telah banyak tersebar di pasar, atau juga bisa dengan mencari tutorial dan mengikuti pelatihan online yang saat ini lebih banyak ditawarkan oleh beberapa pakar bisnis online dan ahli pemasaran internet.

Demikianlah uraian artikel tentang Permasalahan Bisnis Online dan Solusinya. Setelah mengetahui permasalahn tersebut diatas, Anda tidak perlu sangsi untuk mengawali bisnis di dunia maya. 

Yang paling penting adalah kuatkan kemauan Anda karena setiap masalah tentu ada jalan keluarnya.

Post a Comment for "Permasalahan Bisnis Online dan Solusinya"