Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wirausaha - Memulai Usaha Jasa Badut

Tips Wirausaha - Memulai Usaha Jasa Badut

Tips Wirausaha - Memulai Usaha Jasa Badut. Apakah Anda tertarik dengan peluang usaha jasa badut? Ya, jasa badut merupakan salah peluang usaha yang cukup menggiurkan saat ini.

Untuk memotivasi Anda terkait dengan usaha ini, dibawah ini saya akan membagikan sebuah cerita inspiratif dari Amerika Serikat yang mungkin dapat memotivasi Anda.

Selama bertahun-tahun Donna Huff dan Cindy Longacre bekerja sama sebagai co-director dari perkemahan musim panas untuk anak yang memiliki keterbelakangan mental. Mereka sering harus membuat lakon pendek dan lucu untuk membuat anak itu mengerti konsep pendidikan tertentu. 

Badut yang mereka sewa untuk menghibur anak mengundang mereka untuk mengunjungi klub badut lokal. Anggota klub memberi tips dasar badut dan saran bagaimana mereka dapat memulainya.

Donna dan Cindy kemudian masuk ke sekolah sore yang diajar oleh seorang bekas pelawak. Mereka muncul sebagai Whoopsie dan Daisy, dan mulai tampil di pesta ulang tahun, piknik, dan acara khusus lainnya.

Setelah menghadiri konvensi badut, kemudian muncullah ide untuk mengajarkan unit pendidikan sebagai jasa badut. Sebagai mantan guru, ini mudah bagi mereka dimana mereka dapat menampilkan lakon mengenai kebakaran, bagaimana membersihkan kamar, dan tema lainnya.

Sebagai tambahan  pesta, mereka menampilkan lakon pendidikan. Para Guru dan murid pun menyukainya. Dor dan Cindy menyimpan catatan mengenai semua pesta, acara, casekolah, dan lakon apa yang mereka tampilkan. 

Mereka juga membuat lembar evaluasi untuk guru dan murid. Badut mereka terasa ramai bagi keluarga mereka, tapi mereka mengatakan karir ini memberikan pemasukan saat anak mereka masih kecil. Bukan itu saja, ini ternyata menyenangkan juga untuk mereka.

Modal Awal dan Sumber Keuangan 

•    Rp.2.500.000 - Rp. 5.000.000

•    Tabungan pribadi, pinjaman dari teman dan keluarga.

Panduan Harga

Rp. 650.000 - Rp. 1.000.000 per jam, tergantung pada jumlah anak atau orang di acara tersebut. Berhubunganlah dengan badut, penghibur, dan klub lain unto mengetahui tarif rata-rata yang sedang berlaku.

Metode dan Tips Pemasaran dan Periklanan

•    Buat kartu nama. Donna dan Cindy memiliki artis untuk menggambar wajah badut di kartu nama mereka, yang mereka berikan pada guru dan orang tua setelah pertunjukan mereka. Mereka juga memberikan pena dengan nama dan nomor telepon mereka.

•    Ajukan diri untuk menjadi badut di parade atau acara masyarakat.

•    Kreatif. Donna dan Cindy memberikan gamabar yang bisa diwarnai untuk anak, dengan nama dan nomor telepon mereka.

•    Kunjungi sekolah atau institusi (dalam pakaian badut Anda) atau kirimkan brosur. Lanjutkan dengan nomor telpon.

•    Pasang kartu nama dan pamflet di papan buletin.

Peralatan Pokok Usaha Badut

Peralatan make-up badut (bisa didapatkan di toko kostum, teater, atau toko alat pesta); perlengkapan seperti kacamata besar, kazoos, trik sulap sederhana (mungkin bisa ditemukan di toko kostum atau sulap); kopor tua untuk membawa peralatan (hiaslah); pakaian (dapat dibeli atau dijahit sendiri dengan pola atau cari di toko murah dan ciptakan gaya sendiri); rambut (gunakan rambut palsu badut, hair spray, kenakan topi – apapun gaya Anda).

Saran Pelatihan, Pengalaman, atau Keterampilan yang Dibutuhkan

•    Ambil kursus pantomim, akting.

•    Bekerja pada badut atau klub badut.

•    Ajukan diri untuk mengisi berbagai acara, sampai Anda memutuskan apakah Anda menyukai bisnis ini. Ini merupakan praktek yang baik dan akan membantu Anda untuk memutuskan penampilan dan gaya Anda.

Potensi Pendapatan 

$300-$500 seminggu.

Pelanggan Terbaik

Pesta ulang tahun (anak dan orang dewasa), piknik perusahaan, acara pembukaan atau penjualan, acara masyarakat, pameran, karnaval, sekolah Minggu, pramuka, makan malam bagi pensiunan, acara kebun, SD, institusi untuk anak yang memerlukan perhatian khusus, rumah sakit, rumah jompo.

Tips Bisnis Usaha Badut

•    Berhubungan dengan badut profesional lain dan klub.

•    Bersikap profesional dan jaga etika badut, seperti tidak mer*kok atau melakukan hal yang tidak pantas ketika masih memakai baju badut.

•    Ajukan diri di tempat berbeda di daerah Anda – sekarang ini semua orang perlu tertawa!

•    Pastikan Anda telah menanda-tangani kontrak atau telepon terlebih dahulu untuk memastikan tanggal, tempat, waktu dan pembayaran.

Demikianlah tips wirausaha memulai jasa badut, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Tips Wirausaha - Memulai Usaha Jasa Badut"