Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wirausaha - Budi Daya Jamur

Wirausaha - Budi Daya Jamur
credit:[email protected]_mushroom

Apa yang Anda ketahui tentang cara budi daya jamur? Jamur merupakan jenis makanan yang sangat memanjakan lidah. Rasanya enak dan tidak kalah dengan daging. 

Rasa jamur yang khas tidak akan membuat bosan bagi yang menyantapnya. Tahukah Anda, bahwa menyantap jamur tidak hanya sekedar memenuhi keinginan untuk makanan enak saja?

Kandungan Gizi Pada Jamur

Namun, jamur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jamur, sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, diet, atau hidangan para vegetarian. Belakangan ini, budi daya jamur sangat merebak di masyarakat. 

Informasi mengenai cara budi daya jamur pun bisa diperoleh dengan mudah. Baik itu melalui pelatihan, buku, atau dari situs-situs internet.

Menurut berbagai penelitian para ahli kesehatan, jamur memiliki kandungan beta glucan. Kandungan beta glucan ini sangat penting bagi kesehatan. Beta glucan adalah suplemen makanan yang berasal dari bahan-bahan alami. 

Dalam bahasa teknisnya adalah karbohidrat halus yang terdiri dari molekul glukosa yang dilengkapi lemak, protein, dan pollisakarida.

Jamur-jamur yang dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Misalnya pencegah kanker, pencegah virus, serta bisa menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, juga bisa untuk menjaga kebugaran tubuh atau meningkatkan stamina.

Budi Daya Jamur

Wirausaha - Budi Daya Jamur

Tidak semua jenis jamur bisa dibudidayakan. Jamur yang dibudidayakan adalah jenis jamur yang bisa dimanfaatkan untuk bahan makan maupun pengobatan. Beberapa jenis jamur yang bisa dibudidayakan adalah jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, dan jamur shitake.

Hasil dari budi daya jamur juga sangat menguntungkan. Cara budi daya jamur termasuk mudah. Namun begitu, cara budi daya jamur harus benar, karena kesalahan sedikit bisa mengakibatkan kegagalan.

Secara ekonomi, jamur hasil budi daya sangat menjanjikan. Misalnya jamur tiram. Harga jual jamur tiram di pasaran sangat stabil. Rasa jamur tiram yang nikmat, memiliki kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan. 

Bahkan, jamur tiram berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Bisa dikatakan bahwa jamur tiram merupakan salah satu jenis makanan yang menyehatkan.

Cara budi daya jamur tiram sebenarnya mudah. Jamur tiram bisa tumbuh sepanjang tahun tanpa tergantung musim. Panen bisa dilakukan setiap hari. Hanya saja, seringkali terjadi kegagalan dikarenakan kekeliruan atau keteledoran dalam membudidayakan jamur ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam budi daya jamur tiram adalah kebersihan, lingkungan yang mendukung, dan perawatan yang cermat serta rutin. Hal-hal ini harus diperhatikan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang baik dan mencegah terjadinya kegagalan.

Pembudidayaan jamur tiram tidak hanya sekedar menanam. Tetapi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Persiapan tersebut meliputi menyiapkan ruangan khusus, rak, bibit jamur tiram, serta peralatan yang diperlukan untuk budi daya.

Selain jamur tiram, masih ada jamur-jamur lainnya yang sangat potensial. Beberapa jenis jamur telah diekpsor dengan nilai miliran rupiah. Jamur budi daya lainnya yang cukup potensial adalah jamur merang. 

Budidaya jamur merang untuk kepentingan komersil berkembang pesat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di beberapa daerah lainnya, budi daya jamur merang juga mulai pesat. Misalnya Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Ekspor jamur merang telah dilakukan ke beberapa negara. Seperti Taiwan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, dan Korea Selatan. Pada tahun 2012, nilai ekspor jamur merang mencapai angka US$ 12,1 juta. Angka yang sangat fantastis untuk nilai budi daya jamur.

Manfaat yang terdapat pada jamur merang sangat banyak. Bisa diolah untuk bakso, sop, keripik, atau bahan obat-obatan tradisional. Kandungan gizi pada jamur merang sangat tinggi. Selain itu, jamur merang memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Kandungan nutrisi ini misalnya karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin B kompleks dan vitamin C. Protein sangat penting untuk membantu metabolisme dalam tubuh manusia. 

Kandungan mineral yang terdapat pada jamur merang ini adalah fosfor, kalsium, zat besi, dan kalium. Kandungan mineral ini penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamur merang juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat pada tubuh. Sekaligus, meningkatkan jumlah kolesterol baik. Dengan jumlah kolesterol jahat yang rendah, maka risiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan serangan stroke bisa diminimalisasi.

Cara budi daya jamur merang ini bisa dilakukan pada lahan luas maupun yang terbatas. Budi daya untuk keperluan industri membutuhkan lahan yang luas. Sedangkan untuk usaha sampingan di rumah, bisa menggunakan lahan yang terbatas.

Jamur ini disebut jamur merang karena dibudidayakan dengan menggunakan merang (jerami). Merang ini terlebih dahulu dijadikan kompos. Budi daya jamur merang pada lahan terbatas atau rumahan, bisa menjadi tambahan pemasukkan bagi rumah tangga. 

Nilai jualnya yang cukup bagus membuat jamur merang bisa diandalkan. Selain untuk kepentingan ekonomis, jamur merang juga bisa menajdi tambahan nutrisi yang sangat tepat.

Selain jamur tiram dan jamur merang, ada jamur yang juga sangat bermanfaat secara ekonomis maupun nilai gizinya. Jamur shitake juga memiliki manfaat yang sangat besar. Bahkan, jamur shitake ini bisa menghambat perkembangan virus HIV.

Virus HIV adalah virus yang menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang berujung pada penyakit AIDS. Jamur shitake merupakan jamur yang memiliki kandungan beta glucan. Beta glucan sangat penting untuk meningkatkan system kekebalan tubuh manusia.

Jamur shitake memiliki nama ilmiah lentinula edodes. Jamur ini berasal dari kawasan Asia Timur. Jamur shitake sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Nama “shitake” ini berasal dari bahasa Jepang. Artinya adalah jamur dari pohon shii.

Jamur shitake ini tumbuh pada batang pohon shii yang sudah lapuk. Di Indonesia, jamur ini disebut juga dengan nama jamur jengkol. Meskipun, banyak orang yang mengatakan bahwa rasa jamur ini juga mirip petai.

Cara budi daya jamur shitake ini bisa dilakukan pada lahan yang terbatas maupun untuk kepentingan industri yang besar. Sarana yang digunakan untuk untuk membudidayakan jamur shitake ini menggunakan serbuk gergaji. 

Serbuk gergaji bisa dengan mudah dibeli dari tempat-tempat penggergajian kayu. Atau bisa juga menggunakan kayu log yang utuh. Cara terakhir ini merupakan cara tradisional dan masih digunakan oleh masyarakat Jepang.

Jamur lainnya yang juga sangat bermanfaat adalah jamur kuping. Jamur kuping secara umum memiliki manfaat yang hampir sama dengan jamur-jamur budi daya lainnya. 

Jamur ini memiliki daging yang kenyal. Biasanya, digunakan untuk campuran sup. Disebut jamur kuping karena bentuknya yang meyerupai telinga.

Cara budi daya jamur kuping ini menggunakan serbuk gergaji kayu. Bisa dilakukan dalam ruang yang terbatas atau besar untuk keperluan industri. Permintaan pasar akan jamur kuping ini cukup besar. 

Hanya saja, hasil dari budi daya jamur kuping hanya cukup untuk untuk pasar domestik saja. Sedangkan untuk keperluan ekspor masih susah terpenuhi. Pembudidayaan jamur kuping sangat menjanjikan mengingat kebutuhan ekspor yang belum tergarap.

Manfaat jamur kuping sangat besar untuk kesehatan. Bisa digunakan untuk mengobati penyakit panas dalams. Jadi, jamur kuping ini bisa mauk ke industri obat-obatan yang digunakan untuk mengobati panas dalam. 

Manfaat lainnya adalah bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Penggunaan jamur kuping dalam masakan biasanya untuk nasi goreng, sup, tauco, sukiyaki, atau bakmi jamur.

Nah, banyak sekali bukan manfaat jamur-jamur budidaya tersebut. Tidak hanya untuk kebutuhan pangan, namun sangat bermanfaat secara ekonomis. Tidak perlu ruang yang besar untuk membudidayakan jamur-jamur ini. 

Ruang kecil bisa digunakan untuk budi daya ukuran rumah tangga. Namun, jika memiliki ruang yang luas tidak ada salahnya membudidayakan untuk kebutuhan industri, cara budi daya jamur juga sangat mudah untuk Anda ikuti. 

Semoga informasi mengenai budidaya jamur ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Wirausaha - Budi Daya Jamur"