Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Laundry Kiloan dan Karpet Permadani

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Laundry Kiloan dan Karpet Permadani

Membuka Usaha Laundry Kiloan dan Karpet Permadani – Bisnis pembersihan atau usaha laundry karpet dan permadani merupakan bisnis yang sangat kompetitif karena saingannya lumayan banyak. 

Anda harus memasarkan layanan dengan agresif serta siap mengatakan kepada pelanggan yang berpotensi menjadi konsumen mengapa layanan Anda lebih baik dibandingkan dengan loundry yang lain.

Keberadaan bisnis usaha jasa laundry merupakan salah satu bentuk kegiatan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha baik perorangan maupun kelompok. Perkembangan masyarakat yang semakin bertambah modern dan berpikir secara praktis serta munculnya mode pakaian yang semakin berkembang dengan kualitas bahan yang semakin baik tentunya melahirkan jenis usaha jasa laundry yang juga kian maju dan modern.

Kenyataan ini membuat usaha laundry saat ini bermunculan di mana-mana baik dari skala kecil hingga skala besar. 

Jika sebelumnya masyarakat mengenal usaha laundry hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu, maka saat ini dengan adanya sistem yang diterapkan dalam usaha jasa laundry, dimana salah satunya adalah sistem kiloan membuat masyarakat kalangan menengah juga dapat menjadi konsumennya. 

Pangsa pasar usaha loundry pun mulai bergeser, tidak hanya khusus melayani kalangan tertentu, tetapi juga merambah kesemua lapisan konsumen masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan citra yang baik pada usaha jasa laundry itu sendiri.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis usaha Loundry, antara lain:

Berikut hal-hal yang harus di perhatikan untuk membuka usaha Laundry, antara lain:

1. Tempat (Lokasi) Usaha

Pemilihan tempat atau lokasi usaha jasa loundry sangat penting untuk dilakukan karena akan menunjang kelangsungan usaha loundry tersebut dimasa depan. Oleh karena itu sebelum memilih dan menentuka lokasi usaha, Anda harus melakukan survei lapangan secara matang dan mendalam.

Lokasi yang dapat Anda pilih harus yang strategis dan ramai penduduk dengan kesibukan sehari-hari mereka sehingga tidak sempat lagi untuk melakukan cuci baju dan karpet permadani mereka. Ini adalah peluang besar untuk bisnis Anda.

2. Mesin Cuci dan Pengering (Dryer)

Ketika membuka usaha laundry, Anda jangan terburu nafsu untuk membeli banyak mesin cuci. Sebaiknya satu mesin cuci dan satu mesin pengering (dryer) saja sudah cukup.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka jumlah pelanggan pasti akan bertambah dan Anda memiliki kesempatan untuk membeli mesin cuci lagi untuk memangkas waktu yang tertunda.

Untuk pembelian mesin boleh membeli mesin cuci yang baru ataupun mesin cuci bekas (seken) sesuai dengan budget (anggaran) Anda. Tetapi Anda harus cermat setiap memilih mesin dan banyak bertanya tentang spesifik di setiap mesin.

3. Karyawan

Pilihlah karyawan yang berdomisili dekat dengan usaha Laundry Anda, atau sediakan tempat kost (mess) untuk menginap jika Laundry Anda ramai, karena pasti itu akan menjadi lembur untuk mereka.

Untuk jumlah karyawan sesuaikan saja dengan jam buka usaha Anda. Jika laundry Anda buka dari pagi sampai malam, sebaiknya gunakan sistem 2 shift (pagi dan siang), dengan jam kerja normal itu 8 jam.

Jika lebih dari itu akan dimasukkan hitungan sebagai lembur. Sebagai gambaran untuk usaha laundry kiloan yang buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam membutuhkan 4 orang karyawan dengan gaji yang Anda sesuaikan, belum termasuk dengan uang lembur dan uang makan mereka. Gaji karyawan merupakan pengeluaran terbesar, namun demikian itu merupakan aset utama Anda.

4. Perabotan dan Sarana

Untuk membuka bisnis usaha laundry tidak hanya mesin cuci dan mesin pengering saja yang di butuhkan, tetapi perabotan dan sarana yang lain untuk melengkapinya juga perlu diperhatian, seperti meja setrika, kursi, keranjang baju, ember, rak, lemari, dan sebagainya.

Jika perlu lakukan renovasi pada kios laundry Anda agar lebih bersih, rapi dan nyaman. Siapkan juga kantong - kantong plastik untuk baju, kantong kresek, hanger, tag gun, tag pin, berbagai alat tulis, nota khusus laundry, brosur promosi dan sebagainya.   

5. Kimia Laundry

Yang termasuk kimia laundry yaitu deterjen, softener, penghilang noda, pelicin pakaian, parfum laundry, dan sebagainya. Pilih kimia laundry dengan kualitas yang baik, akan tetapi dengan harga yang masuk akal.

Bila Anda menggunakan kimia yang tersedia di supermarket, maka hitung terlebih dahulu apakah harganya sesuai dengan pemasukan harga per kilo laundry Anda atau tidak. 

Berapa rupiah biaya untuk per kilogramnya per pakaian? Jangan pernah memakai deterjen biasa untuk mesin cuci bukaan depan (front loading), karena akan merusak mesin cuci Anda. Selalu gunakan deterjen khusus (detergent matic atau detergent liquid) agar mesin cuci Anda tetap awet dan terawat.

Modal Awal dan Sumber Keuangan 

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Laundry Kiloan dan Karpet Permadani

Berikut ini adalah contoh simulasi modal awal usaha loundry:

credit:https://mitralaundry.com

Sumber modal usaha bisa berasal dari tabungan pribadi, kartu kredit, kredit, pinjaman bisnis kecil dari Bank.

Panduan Harga Membuka Usaha Laundry

Harga yang Anda tetapkan juga sebaiknya sesuai dengan harga pasaran dan target konsumen yang Anda bidik. Pasalnya, saat ini persaingan harga dinilai sangat ketat di tengah bisnis pencucian karpet. Anda dapat membuat paket pencucian karpet dalam tiga golongan. 

  • Pertama, cuci karpet di perumahan dengan harga Rp12.500 per meter persegi dengan minimum pemesanan 50 meter persegi. 
  • Kedua, paket cuci karpet untuk bisnis dan perkantoran dengan harga sebesar Rp 8.500 per meter persegi dengan minimal pemesanan 100 m2.
  • Ketiga, paket cuci karpet untuk rumah ibadah dengan harga Rp 5.000/m2 dengan minimal pemesanan 100 m2.

Dengan harga yang Anda patok tersebut, margin keuntungan yang bisa diambil minimal sebesar 50%. Semakin luas karpet yang dibersihkan, semakin besar juga margin keuntungan yang bisa Anda kantongi. 

Legalitas Usaha

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan pentingnya legalitas usaha laundry Anda agar jasa yang ditawarkan dapat dipercaya. Untuk itu, Anda dapat mendirikan badan usaha berbentuk CV dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 6,5 juta. 

Metode dan Tips Pemasaran dan Periklanan

Anda dapat melakukan promosi usaha melalui cara - cara sebagai berikut:

  • Kirimkan surat penawaran ke perusahaan - perusahaan.
  • Kirimkan orang (dengan kupon untuk mendapatkan diskon) melaui pos ke rumah.
  • Pasang iklan di buku telepon.

Peralatan Pokok

Beberapa peralatan standar usaha yang Anda perlukan misalnya telepon, mesin pembersih karpet dan gorden yang dapat disewa, mobil untuk mengantarkan barang konsumen Anda.

Saran Pelatihan, Pengalaman, atau Keterampilan yang Di butuhkan 

Bekerja pada bisnis pembersih karpet, atau menyewa sebuah mesin dan membersihkan karpet Anda dan teman untuk mendapatkan latihan kerja.

Mengetahui cara membersihkan berbagai jenis karpet.

Potensi Pendapatan 

Begitu bisnis Anda mapan, Anda bisa menghasilkan $50,000 setahun (jika dirupiahkan sekitar Rp 700 juta dengan kurs Rp 14.000). Beberapa pemilik bisnis usaha laundry bahkan menghasilkan jumlah lebih banyak lagi.

Pelanggan Terbaik

Pelanggan terbaik Anda misalnya penghuni apartemen, pemilik rumah, hotel, motel,kantor.

Tips Penting

Pilih nama bisnis usaha laundry yang unik dan beli seragam sehingga mudah dikenal.

Tetapkan jadwal pembersihan regular dengan pelanggan Anda dengan kontrak untuk memastikan pemasukan yang pasti dan regular.

Demikianlah ulasan artikel mengenai tips wirausaha membuka usaha laundry Kiloan dan Permadani. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Tips Wirausaha - Membuka Usaha Laundry Kiloan dan Karpet Permadani "