Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Salon Kecantikan

 

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Salon Kecantikan

Tips Wirausaha Membuka Usaha Salon Kecantikan - Salah satu jenis bisnis rumahan yang dapat dijalankan oleh kaum wanita adalah usaha salon kecantikan. 

Saat ini, selain menawarkan jasa pemotongan rambut, salon kecantikan di rumah juga menawarkan berbagai macam jenis perawatan kecantikan lainnya seperti facial, konsultasi kosmetik, pedikur, dan perawatan kuku.

Saya memiliki seorang teman yang telah menjalankan bisnis salon kecantikan di rumahnya selama dua puluh tahun. Setelah mengetahui bahwa ia tidak akan menerima komisi lagi dari sebuah toko kecantikan dimana sebelumnya dia bekerja paruh waktu.

Dia akhirnya memutuskan untuk keluar dari tempatnya bekerja dan mulai membuka usaha sendiri dengan menjadi penata rambut dirumahnya. Dia dan suaminya menabung untuk membangun rumah sendiri, termasuk merancang salon kecantikan untuk tempat usahanya.

Dia memulai usaha salon kecatikannya dengan membuka jasa memotong rambut wanita hingga untuk seluruh anggota keluarga lainnya. "Saat ini, akan lebih enak bagi seluruh keluarga untuk datang sekaligus memotong rambut,” katanya, “karena gaya hidup keluarga saat ini sangatlah sibuk dengan kerja, sekolah, olah raga dan aktivitas lain.”

Teman saya ini harus memperbaharui surat ijin kosmologi-nya tiap tahun, salonnyapun diperiksa tiap tahun oleh ahli penata rambut terkenal. la tidak pernah membuat kecewa terhadap semua pelanggannya hingga kemudian mendapatkan promosi gratis berupa cerita dari mulut-ke-mulut pelanggan setianya. 

Dia memulai usahanya dengan menggunakan peralatan bekas yang masih bagus, dan ketika dia ingin memperbaharui salonnya itu, maka kemudian dia mengganti pelapis kursinya.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membuka usaha salon kecantikan adalah sebagai berikut:

Tentukan Konsep Salon Anda

Jenis salon kecantikan saat ini sangat banyak, mulai dari yang fokus untuk jasa potong rambut, layanan kecantikan seperti facial, creambath, manicure, lulur, sauna, rias pengantin, pijat, dan masih banyak lagi. Dalam hal penting bagi Anda untuk menentukan bagaimana arah salon yang Anda miliki kedepannya.

Lihatlah siapa yang akan menjadi target market dari salon Anda. Jika Anda ingin menargetkan orang golongan menengah ke atas, maka Anda bisa mengembangkan konsep salon yang maju dan modern. Namun, jika yang menjadi target market salon Anda adalah orang menengah ke bawah, maka sederhanakan layanan yang Anda miliki agar dapat di jangkau harganya oleh mereka.

Melakukan Promosi

Maksimalkan promosi yang Anda lakukan. Biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan promosi tidak harus mahal, cukup buat papan nama dan lakukan promosi di berbagai media sosial!

Atau jika Anda punya dana lebih maka Anda bisa melakukan promosi lewat medai cetak brosur, leaflet, pamphlet, dan pemasangan iklan. Anda bisa juga berpromosi gratis dengan cara “dari mulut ke mulut”. Promosi ini masih cocok untuk masyarakat Indonesia yang suka berkumpul dan konkow.

Ikuti Tren Saat Ini

Sebisa mungkin sediakan layanan yang diinginkan oleh pelanggan Anda. Selalu up to date dengan gaya rambut terkini, isu seputar kecantikan, dan berbagai tren lainnya yang saat ini sedang viral.

Dunia fashion dan kecantikan selalu mengalami perubahan dengan cepat, pastikan bahwa Anda tidak ketinggalan dengan model terbaru yang sedang happening.

Ramah Terhadap Pelanggan

Jika Anda membuka usaha di bidang pelayanan seperti salon kecantikan ini, maka berikan keramahan Anda sehingga pelanggan Anda merasa puas dan akan kembali berkunjung ke salon Anda di masa mendatang.

Bagi Anda yang tertarik dengan usaha salon kecantikan, berikut ini adalah ulasan lebih lanjut mengenai anggaran dan seluk - beluk yang terkait dengan usaha salon kecantikan.

Modal Awal dan Sumber Keuangan Salon kecantikan

Mengutip dari https://economy.okezone.com/, berikut adalah perkiraan anggaran yang Anda butuhkan, yaitu:

Biaya Perizinan: Rp 7 juta   

Biaya Peralatan Salon: Rp 20 juta  

Biaya Gaji 2 Karyawan: Rp 1 juta  

Biaya Air dan Listrik: Rp 1 juta   

Biaya Tak Terduga: Rp 500 ribu      

TOTAL BIAYA : Rp 30,5 juta

Biaya diatas akan berbeda - beda sesuai dengan layanan yang akan Anda berikan kepada pelanggan Anda.

Sumber Pendanaan

Tabungan pribadi, pinjaman bisnis kecil dari Bank.

Panduan Harga

Lihat harga rata-rata untuk harga potong rambut, dan perawatan kuku di wilayah Anda, tetapkan harga yang kompetitif. Bila Anda memiliki salon di rumah, Anda bisa menurunkan harga, karena Anda tidak perlu membayar sewa tempat usaha, namun tetap harus menghitung pengeluaran dan ongkos lainnya.

Bila Anda tidak memiliki layanan tambahan, Anda dapat mengundang seorang spesialis untuk memberikan layanan mereka pada hari tertentu untuk melayani pelanggan Anda.

Metode dan Tips Pemasaran dan Periklanan

  • Dorong pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan Anda
  • Berikan tawaran khusus bagi seluruh keluarga
  • Berikan kupon melalui surat iklan untuk facial gratis

Peralatan Pokok

Peralatan rumah kantor, peralatan standar, dan telepon. Juga alat-alat seperti pengering rambut, bahan kimia, linen, dan perlengkapan salon lainnya.

Saran Pelatihan, Pengalaman, atau Keterampilan yang Dibutuhkan

  • Masuk ke sekolah kecantikan
  • Bekerja di salon untuk mendapatkan pengalaman
  • Senang bekerja dengan orang banyak

Ingin Punya Usaha Salon, Tapi Anggaran Minim?

Bagi Anda yang ingin memiliki usaha salon kecil - kecilan, berikut ini adalah analisis anggaran dan keuntungan yang akan Anda peroleh seperti dikutip dari sumber 99 Bisnis Anak Muda Malahayati, Hendry E Ramdhan, Penebar Plus.

Analisa Usaha

1. Modal 

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Salon Kecantikan

Dengan asumsi peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.500,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus, maka biaya penyusutan per tahun = (Rp. 5.180.000,00  –  Rp. 1.500,00) / 4 = Rp. 1.294.625,00 per tahun atau sama dengan Rp. 107.900,00 per bulan.

2. Keuntungan

Tips Wirausaha - Membuka Usaha Salon Kecantikan

Laba / keuntungan  Bersih : Rp. 9.000.000,00 – Rp 6.007.900   Rp 2.992.100,00

Perkiraan modal kembali : Rp  5.180.000,00/Rp. 2.992.100,00 =  1,7 bulan.

Ide Tambahan Salon Kecantikan

Berikut ini adalah beberapa ide tambahan untuk usaha salon kecantikan Anda, antara lain:

1. Salon khusus kuku di rumah

Untuk mengetahui metode perawatan kuku terbaru, trend, produk, dan lisensi, kunjungi pameran perdagangan dan seminar. 

2. Ahli facial, kosmetik

3. Penata rambut keliling

Lakukan perawatan rambut pada pasien di rumah sakit, penghuni panti jompo, atau orang - orang yang tidak bisa meninggalkan rumah.

Selain itu orang yang membutuhkan perawatan kecantikan dan tinggal berkelompok, mengunjungi rumah pengantin wanita untuk menata rambut mereka di hari perkawinannya, mengerjakan kepangan rambut khusus di rumah pelanggan dan sebagainya.

Itulah uraian artikel mengenai tips wirausaha membuka usaha salon kecantikan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk Anda dalam memulai bisnis salon kecantikan.

Post a Comment for "Tips Wirausaha - Membuka Usaha Salon Kecantikan"