Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales

 

10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales
credit image:freepik.com

10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales - Setiap perusahaan pasti menginginkan pendapatan dalam jumlah nilai yang besar, dan departemen penjualan adalah satu-satunya departemen yang menghasilkan pendapatan untuk organisasi atau perusahaan tersebut. 

Ini bisa berupa bisnis apa pun yang menjual produk atau layanan tetapi penghasil pendapatan utamanya adalah penjualan saja.

Inilah alasan mengapa menutup penjualan sangat penting untuk setiap bisnis. Menjual bukan hanya transaksi yang melibatkan pertukaran tetapi merupakan proses yang dimulai dari peluncuran produk dan tidak berhenti pada penjualan tetapi selanjutnya menuju layanan purna jual (After Sales Service).

Cara Untuk Menjual Produk

Ada banyak cara untuk menjual produk, salah satu dari 10 cara teratas untuk menjual produk adalah dengan melibatkan calon pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna. Ini menciptakan kesadaran merek di pasar.

Pekerjaan penjual tidak berhenti pada menjual produk tetapi baru setengahnya selesai. Pekerjaan dimulai dengan mempromosikan produk daripada membuat pelanggan memahami produk kemudian melanjutkan untuk akhirnya mendapatkan pesanan dan kemudian menyediakan layanan purna jual.

Hal ini akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang merupakan kepentingan utama dan kepuasan pelanggan yang positif dapat disebut sebagai penjualan tertutup. Menjual produk membutuhkan banyak keahlian di pihak penjual

Sangat penting untuk membuat pelanggan Anda memahami manfaat produk bagi mereka daripada menjual fitur produk. Ada banyak cara untuk menjual produk dengan sukses kepada pelanggan dan kebanyakan dari mereka membutuhkan usaha dari bagian tim penjualan serta dari anggota tim dan departemen lain di perusahaan atau bisnis.

Berikut adalah 10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales, antara lain:

1. Iklan

Iklan adalah salah satu cara untuk melakukan penjualan yang paling umum. Meskipun tidak ada penjualan yang terjadi dengan iklan, akan tetapi akan selalu ada penjualan karena iklan tersebut. metode periklanan yang berbeda digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. 

Modus komunikasi atau mode iklan tergantung pada produk dan pelanggan  yang menjadi sasaran (target).

Misalnya, ketika produk premium akan dijual seperti jam tangan Rolex, maka iklan di televisi tidak akan berhasil. Harus ada iklan cetak di majalah bisnis untuk mencapai target audiens karena tidak ada audiens yang membeli Rolex yang akan menonton sinetron di TV. 

Ada Beberapa mode iklan dan berikut adalah beberapa di antaranya:

a. Iklan TV 

Iklan TV adalah iklan untuk produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan produk penggunaan reguler untuk sebagian besar masyarakat. Produk seperti shampo, pasta gigi, makanan instan, sepeda, mobil murah, obat-obatan yang dijual bebas, dan sebagainya diiklankan dengan bantuan TV. 

Penempatan iklan dilakukan di acara TV yang tepat pada waktu yang tepat untuk menargetkan pelanggan yang tepat.

Misalnya, iklan popok bayi biasanya dipasang pada acara sinetron Opera TV untuk menyasar ibu rumah tangga. Iklan produk seperti mainan dan makanan instan ditempatkan selama acara TV anak-anak dan remaja.

b. Iklan Media Cetak

Jika layanan Anda termasuk dalam kategori intelektual, maka iklan cetak adalah mode komunikasi yang disukai dengan audiens tertarget. Misalnya, iklan kelas pelatihan baru untuk musim panas yang baru, lokakarya liburan dilakukan melalui iklan cetak. Mereka ditempatkan di koran atau majalah.

c. Iklan Online

Iklan online lebih disukai untuk semua jenis produk yang menargetkan semua jenis pelanggan. Iklan online telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir karena keefektifannya dan karena harga yang rendah. 

Dibandingkan dengan setiap bentuk periklanan lainnya, ini adalah yang termurah dan paling terjangkau oleh semua orang langsung dari satu orang yang menjual ponsel lamanya setelah kerja sama besar yang menargetkan banyak orang untuk peluncuran produk baru mereka.

Iklan online adalah mode yang disukai banyak perusahaan karena hampir semua orang saat ini menggunakan media sosial untuk mencari orang dan menargetkan mereka dengan iklan menjadi sangat mudah. Penggunaan media sosial seperti Facebook Instagram dan lainnya mengalami peningkatan yang drastis.

Modus iklan lain di mana jingle ditempatkan selama talk show, penempatan produk di acara TV atau film dilakukan sehingga pelanggan mendapatkan pesan dari perusahaan. Penempatan produk adalah salah satu bentuk periklanan yang paling mahal.

2. Inovasi

Inovasi produk baru adalah strategi terbaik bagi perusahaan untuk menjual produknya. Inovasi memiliki banyak pasar dan apresiasi dari pelanggan. 

Ketika sebuah perusahaan melakukan inovasi produk, maka perusahaan akan menggunakan keahlian departemen penelitian dan pengembangan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sebelumnya tidak ada di pasar. 

Inovasi bisa dalam bentuk apapun untuk menulis dari produk baru dari fitur baru produk. Inovasi juga bisa dalam bentuk pengiriman atau layanan.

Sudah jelas bahwa ketika perusahaan mengetahui produknya, pasar berubah secara substansial. Dan bagian lain dari inovasi adalah pelanggan harus membayar mahal untuk produk tersebut. Fakta bahwa produk itu sendiri inovatif merupakan faktor penjualan produk tersebut. Inilah alasan mengapa pelanggan tertarik pada produk yang didorong ke produk.

Karena produknya inovatif dan perusahaan mengenakan harga premium, produk akan memiliki pasar terbatas pada awalnya dan tidak akan ada pembelian dari semua pelanggan kecuali produk tersebut bersifat dasar. Kelemahan dari inovasi adalah bahwa akan ada banyak peniru murah di pasar dan perusahaan tidak dapat memulihkan biaya RnD (Research And Development).

Selain itu, setelah jangka waktu tertentu setelah paten produk selesai, maka perusahaan lain dapat mengadopsi fitur tersebut atau meniru produknya di pasar. Contoh inovasi terbaik selalu diberikan oleh produk Apple. Apple iPhone dianggap sebagai tolak ukur inovasi sejak lama.

Tetapi banyak fitur produk yang disalin oleh banyak pesaing dengan sedikit mengubah nama mereka tetapi menjaga fitur keseluruhan tetap sama. Meski demikian, perusahaan selalu melakukan inovasi produk baru setiap tahun dan menghadirkannya kepada pelanggan.

Semua produk Apple dikenai biaya premium karena inovasi ini. Pelanggan tertarik pada produk mereka karena inovasi dan produk terjual. Untuk mempertahankan tingkat inovasi perusahaan, Apple harus berinovasi setiap tahun dan menghadirkan fitur baru tertentu ke produk yang sama atau mengeluarkan produk baru sepenuhnya.

3. Strategi Pemasaran

Memiliki strategi pemasaran yang baik juga merupakan ajakan bagi pelanggan untuk membeli produk. Strategi pemasaran bukanlah satu-satunya rencana tetapi proses panjang yang dimulai dari peluncuran produk hingga layanan purna jual. 

Perencanaan hanyalah bagian dari strategi pemasaran dimana perusahaan membuat cetak biru dari semua langkah yang harus diikuti untuk membuat produk berhasil.

Strategi pemasaran melibatkan perancangan kampanye untuk membuat pelanggan sadar akan produk. Kampanye berjalan dalam fase yang berbeda sesuai dengan industri atau produk. Perusahaan membuat pelanggan sadar akan produk dengan menyoroti fitur dan manfaat bagi pelanggan.

Strategi pemasaran yang bagus akan mampu mengkonversi banyak pelanggan yang akan membuat penjualan terjadi. Bagian dari strategi pemasaran adalah promosi periklanan serta penetapan harga.

Jika produk dihargai rendah dibandingkan dengan pesaing, maka perusahaan akan dapat mencapai konversi persaingan, tetapi jika produk tersebut dihargai dengan harga yang sangat tinggi maka perusahaan harus memastikan bahwa produk tersebut inovatif dan memiliki manfaat pengguna yang sangat baik. dibandingkan dengan kompetisi.

Oleh karena itu memiliki strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk kesuksesan produk atau jasa. Dalam beberapa kasus, strategi pemasaran dimulai sebelum peluncuran produk saat perusahaan mulai menciptakan getaran di sekitar peluncuran.

Sebagai contoh misalnya, banyak kesuksesan yang diperoleh dari film The Dark Knight digunakan untuk mempromosikan sekuelnya The Dark Knight Rises. Situs web yang secara khusus didedikasikan untuk film yang hanya bersenandung dengan nyanyian dari sesuatu yang tidak menyenangkan dan surat kabar fiksi Kota Gotham disorot di situs web ini.

Hal ini menimbulkan keingintahuan di benak penonton dan akhirnya, ketika trailer dirilis ia mendapatkan kesuksesan besar, dan film tersebut membawa kesuksesan tersebut ke depan. The Dark Knight Rises bukan hanya salah satu film dengan rating tertinggi sepanjang masa, tetapi juga menunjukkan pendekatan viral marketing terbaik untuk mempromosikan produk Anda sebelum dirilis.

4. Pemasaran Digital

Tren pasar saat ini adalah pemasaran digital karena target audiens menggunakan platform yang sama. Karena pemasaran digital telah memperoleh banyak kesuksesan dalam beberapa tahun terakhir, harga untuk memasukkan pemasaran digital tidak hanya turun tetapi jangkauannya telah meningkat secara dramatis dan tingkat keberhasilan pemasaran digital juga meningkat dibandingkan dengan mode pemasaran lainnya.

Media sosial merupakan salah satu penyumbang terbesar keberhasilan pemasaran digital karena hampir semua orang hadir di media sosial yang mendorong perusahaan untuk menjangkau pelanggannya dengan menggunakan media sosial.

Situs web seperti Twitter, Facebook, dan Instagram telah membantu organisasi mempersempit pelanggan mereka dan secara efektif menargetkan mereka dengan iklan. Bagian lain dari pemasaran digital untuk audiens yang lebih dewasa adalah dengan bantuan pemasaran email. Banyak promosi dikirim setiap hari di kotak masuk saya, dan email ini adalah bagian dari pemasaran email.

Email menarik yang dirancang dengan logo perusahaan dan informasi tentang penawar atau produk digunakan untuk menarik pelanggan. Gambar digabungkan dengan hyperlink yang ketika diklik, akan membawa pelanggan ke halaman arahan situs web atau produk. 

Pelanggan kemudian dapat memilih apakah akan melanjutkan pembelian atau menelusuri produk lain yang menarik minatnya. Hampir setiap perusahaan yang sukses menggunakan pemasaran email.

Misalnya, Apple mengirimkan email setiap kali iPhone baru diluncurkan. Emailer ini adalah salah satu email paling menarik di industri yang menyoroti semua fitur dan manfaat produk baru dan membawa pelanggan ke situs web tempat pelanggan melakukan pembelian dan penjualan. Optimisasi mesin pencari adalah alat pemasaran digital lain yang digunakan untuk menjual konten situs web.

Dalam pengoptimalan mesin pencari, situs web menggunakan kata kunci spesifik yang merupakan kata kunci paling banyak dicari di internet dan yang akan membantu situs web untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama pencarian Google. Ini membawa banyak pengunjung ke situs web dan akan memperoleh pendapatan untuk situs web dengan bantuan iklan.

Ketika tag dan meta tag beserta kata kunci dan judul digunakan dengan benar pada sebuah website, maka akan mampu menarik trafik pengunjung. Pemasaran SMS juga merupakan bagian penting dari pemasaran digital. 

Banyak SMS informasi dan promosi dikirim ke banyak pengguna setiap hari. Hyperlink dan nomor ponsel ditambahkan sehingga pemirsa dapat mengunjungi situs web atau menghubungi nomor tersebut.

Beberapa mengklasifikasikan pemasaran YouTube di bawah pemasaran media sosial tetapi YouTube memiliki strategi pemasaran dan basis pelanggan yang berbeda sama sekali. Karena membuat video dan memilih iklan di dalamnya membutuhkan keahlian yang berbeda, pemasaran YouTube adalah jenis pemasaran digital yang sama sekali berbeda.

5. Pemotongan Harga Dan Skema

Special Discount
credit:freepik.com

Strategi lain untuk menjual produk adalah melakukan pemotongan harga atau skema dan penawaran yang besar. Setiap kali produk mendapat potongan harga besar yang mendorong penjualan ke atas. 

Alasan mendapatkan potongan harga tetapi mungkin karena perusahaan ingin meningkatkan penjualan produk atau karena produk baru yang lebih baik akan diluncurkan oleh perusahaan yang sama juga bisa menjadi jawaban atas pemotongan harga pesaing. Dalam semua kasus ini, penjualan meningkat.

Skema adalah bentuk lain dari pemotongan harga di mana pelanggan dibuat untuk membeli lebih banyak produk dengan harga lebih murah atau produk gratis diberikan dengan pembelian produk yang ada. Dalam salah satu kasus, pelanggan mendapatkan keuntungan harga. 

Berikut adalah contoh potongan harga dan skema:

Satu kemeja Ralph Lauren akan dijual dengan harga $ 199. Penawarannya bisa seperti berikut ini: Beli 2 Gratis 1, Beli 1 Gratis 1, Beli 2 dengan diskon 30%, Beli 3 dengan diskon 50%.

Skema ini berlaku untuk waktu yang terbatas dan tujuan utamanya adalah menghabiskan stok dan melakukan penjualan lebih awal. Jika terjadi pemotongan harga, produk menerima potongan harga selama musim perayaan untuk menghasilkan lebih banyak bisnis.

Terkadang pemotongan harga mungkin bersifat psikologis hanya untuk mempromosikan produk dan menarik pelanggan yang sadar harga.

Misalnya, kemeja dengan label harga $ 99 mungkin tidak menarik banyak pembeli tetapi jika label yang sama diubah menjadi $ 199 dan nomor itu tergores dan ditampilkan sebagai $ 99, maka itu akan menarik pelanggan dan yang akan meningkatkan penjualan. 

Terkadang barang gratis diberikan dengan produk seperti membeli kemeja dan mendapatkan dasi secara gratis. Semua strategi ini untuk menarik pelanggan dan membuat penjualan terjadi.

6. Kunjungan Pelanggan

Ini adalah salah satu strategi terbaik untuk mewujudkan penjualan. Beberapa produk memerlukan kunjungan pelanggan di tempat bisnis mereka. Kunjungan ini harus rutin dan harus membahas produk dan juga membangun hubungan dengan pelanggan selama periode waktu tertentu. Kunjungan tersebut biasanya dilakukan oleh salesman untuk mempromosikan produk kepada konsumen.

Negara maju selama periode waktu tertentu dengan pelanggan dan hubungan ini dapat dimanfaatkan menjadi penjualan. Biasanya, strategi ini dilakukan oleh perusahaan farmasi yang telah menunjuk perwakilan medis yang akan bekerja untuk perusahaan dengan mengunjungi pelanggan dan mempromosikan produk serta menghasilkan bisnis.

Tugas utama mereka adalah terus mengunjungi dan menindaklanjuti pelanggan yang sebagian besar adalah dokter, mempromosikan produk dan mendiskusikan fitur teknis, keuntungan, dan kerugian, dll. Serta meyakinkan pelanggan untuk meresepkan merek mereka kepada pasien. 

Tindak lanjut yang konstan, diskusi terkait produk, dan meyakinkan pelanggan adalah hal yang menghasilkan penjualan untuk produk tersebut.

Strategi seperti itu juga dapat diterapkan dalam kasus produk Industri di mana pelanggan akhir adalah perusahaan. Meyakinkan perusahaan ini akan membutuhkan mengunjungi pembuat keputusan utama mereka dan memberikan presentasi tentang produk atau layanan Anda dan menetapkan kepentingannya.

Strategi kunjungan pelanggan juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan strategi lain, misalnya, kunjungan pelanggan dapat dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan yang dihasilkan dari pemasaran email. 

Kunjungan pelanggan dianggap sebagai salah satu strategi paling konvensional untuk menghasilkan penjualan dan merupakan salah satu strategi yang tahan kegagalan.

7. Toko

Opsi paling kuno untuk menghasilkan penjualan adalah dengan memulai penyimpanan produk. Toko sudah ada sejak lama untuk menjalankan bisnis dan menghasilkan penjualan. Toko adalah tempat bisnis di mana produk dan bahan yang dijual dipajang, pelanggan dapat berjalan memilih barang untuk dibeli dan dibeli.

Namun belakangan ini format baru toko telah berkembang seperti superstore dan mega pasar di mana hampir semua barang keperluan sehari-hari disimpan di bawah satu atap untuk dibeli pelanggan. 

ini menghindari pelanggan untuk mengunjungi toko yang berbeda untuk membeli barang yang berbeda dan pelanggan dapat membeli semua barang yang diperlukan di satu toko yang membuatnya nyaman bagi pelanggan serta toko dengan menghasilkan penjualan. Ada juga format toko lain yang disebut toko khusus.

Di toko khusus ini, hanya kategori barang tertentu yang tersedia untuk dijual. Toko Apple adalah contoh toko khusus yang hanya menjual produk Apple. Demikian pula, toko pakaian juga dapat diklasifikasikan sebagai toko khusus meskipun mungkin menyimpan beberapa merek dalam satu atap. 

Ini disebut sebagai toko khusus karena mengkhususkan hanya mencakup daripada bahan lainnya. Toko harus terletak di titik kenyamanan pelanggan sehingga pelanggan dapat masuk dan melakukan pembelian.

Iklan tampilan dalam toko adalah strategi yang digunakan untuk menarik pelanggan yang berjalan di dekat toko. Begitu pelanggan datang ke toko, adalah tugas penjual untuk meyakinkan pelanggan dan melakukan penjualan. Apotek, toko elektronik, toko grosir adalah contoh dari Toko.

8. Event Marketing

Strategi event marketing yang baru-baru ini populer adalah event yang disponsori oleh perusahaan yang hanya untuk mempromosikan produk mereka. Acara ini sudah memiliki banyak liputan media yang membantu merek mendapatkan eksposur dan ingatan merek di benak orang-orang.

Pemasaran acara, dengan cara ini, membantu menghasilkan penjualan. Acara populer seperti dan tentang pertunjukan atau talk show selebriti sebagian besar disponsori oleh berbagai merek. 

Acara olahraga seperti sepak bola selalu disponsori dan nama merek atau fitur produk di sekitar stadion atau pada pakaian pemain, yang harus mempromosikan merek tersebut kepada pemirsa.

Fungsi utama pemasaran acara adalah untuk meningkatkan citra merek dan ingatan merek dari audiens. Menghasilkan penjualan adalah hasil dari proses tersebut.

Merek-merek besar seperti Adidas dan Reebok melakukan pemasaran acara dalam acara olahraga, sementara merek lain menggunakan acara bincang-bincang selebriti dan fungsi penghargaan untuk mempromosikan produk mereka. 

Fungsi sains, pertunjukan amal, dan konvensi serta konser lainnya adalah contoh acara di mana pemasaran acara dapat dilaksanakan dengan sukses dan penjualan dapat dihasilkan dengan membangun merek.

9. Referensi 

Referensi pelanggan adalah alat yang ampuh untuk menghasilkan bisnis. pelanggan yang puas dapat membawa setidaknya 10 pelanggan lain sementara pelanggan yang tidak puas dapat mengusir setidaknya ratusan dari mereka, inilah mengapa mendapatkan umpan balik dari pelanggan yang positif dan meyakinkan serta menangani pelanggan yang tidak puas sama pentingnya untuk menghasilkan bisnis di masa depan.

Seorang pelanggan yang positif tentang produk dapat dimintai referensi kepada kerabat dan teman-temannya dan kemudian mereka dapat didekati dengan namanya untuk melakukan penjualan. Referensi pelanggan dapat bekerja langsung dari penjualan industri yang dilakukan bisnis FMCG, tetapi ini adalah strategi yang terutama digunakan untuk layanan daripada produk.

Misalnya dalam bisnis restoran, rasa makanan restoran tidak dapat dibenarkan atau dihitung dalam iklan mana pun dan ada rujukan pelanggan yang positif dan kuat yang mendorong orang lain untuk mencoba makanan di restoran tersebut. Referensi pelanggan juga berguna saat produk inovatif dan diluncurkan ke pasar.

Tidak akan banyak pembeli produk pada tahap awal dan itulah mengapa perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dengan memberikan referensi referensi pelanggan. Strategi yang mirip dengan rujukan pelanggan dilakukan oleh merek, hari ini dengan bantuan pemasaran media sosial. Banyak merek yang berhubungan dengan influencer media sosial yang mungkin atau bukan selebriti.

Pengaruh ini memiliki jutaan pengikut di media sosial dan pengikut melihat setiap pos yang dibuat oleh influencer. Dalam kasus seperti itu, perusahaan dapat menghubungi influencer ini dan meminta mereka untuk mempromosikan merek mereka terhadap pembayaran atau sampel gratis.

Strategi tersebut telah bekerja dengan baik dan telah menghasilkan keajaiban bagi banyak merek dengan menghasilkan penjualan untuk mereka. Tautan cepat disediakan dalam deskripsi yang membawa pengikut ke halaman pembelian.

10. Panggilan Telepon

Ini juga merupakan strategi populer di mana perwakilan resmi perusahaan melakukan panggilan telepon untuk menindaklanjuti calon pelanggan atau dengan pelanggan saat ini.

Telecalling juga dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan baru yang baru saja diluncurkan oleh suatu perusahaan. Biasanya, seseorang sedang berbicara di saluran lain dengan calon pelanggan, tetapi belakangan ini pesan yang direkam juga diputar di saluran lain. Ini menghemat biaya perusahaan.

Tugas utama telecaller adalah meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dan melakukan penjualan. Asuransi, penawaran kartu kredit, kebijakan bank, dan sebagainya. Menggunakan panggilan telepon untuk menindaklanjuti pelanggan mereka. 

Panggilan telepon juga digunakan untuk panggilan layanan di mana perusahaan memanggil pelanggan untuk menginformasikan tentang jaminan produk mereka atau untuk menginformasikan tentang perubahan baru dalam kebijakan perusahaan.

Pasar saham menggunakan telecaller untuk mempromosikan saham mereka ke pialang saham, yang kemudian membeli saham dan menghasilkan pendapatan untuk bisnis tersebut. 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca ulasan artikel mengenai  10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " 10 Tips Dan Cara Menjual Produk Untuk Sales"