Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui

 

15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui

15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui - Seorang Manajer penjualan harus memiliki beberapa keterampilan khusus yang akan membantu mereka, karyawan, dan perusahaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar pekerjaan di perusahaan dibebankan ke pundak karyawan, tetapi seorang Manajer harus mengelolanya dengan baik. Oleh karena itu, mereka adalah individu yang sarat dengan pekerjaan manajerial. 

Hal ini juga berlaku di departemen penjualan (Sales Marketing). Jadi seorang Manajer penjualan harus memiliki kemampuan khusus untuk mengendalikan perusahaan dan mengatur semua pekerjaan yang ada di dalamnya.

Keterampilan Manajer Penjualan

Seorang Manajer penjualan harus dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dengan karyawan karena mereka adalah penolong dan motivator dari seluruh perusahaan.

Manajer penjualan harus bekerja untuk mempelajari keterampilan tentang cara menyelesaikan konflik dan masalah dalam perusahaan terutama yang terkait dengan penjualan produk. Selain itu, cobalah untuk dapat membuat keputusan yang lebih baik yang tidak hanya ketat tetapi juga yang lebih aman bagi perusahaan.

Meskipun itu tidak mudah untuk memperoleh masing-masing kemampuan ini secara sekaligus, seorang Manajer penjualan harus selalu berusaha dan berlatih untuk menjadi lebih baik dengan pekerjaan mereka.

Seorang Manajer Penjualan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan secara keseluruhan. Ini adalah pekerjaan yang menuntut keahlian khusus yang telah ditentukan. 

Berikut ini adalah 15 Keterampilan Manajer Penjualan yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Kepemimpinan 

Kepemimpinan adalah sekumpulan keterampilan yang harus dimiliki orang untuk menjadi Manajer Penjualan yang baik.

Seorang pemimpin yang baik pasti memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik, dia akan pandai mengendalikan emosi, dan mereka mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan karyawan.

Kepemimpinan bukanlah tugas yang mudah karena seseorang harus berdedikasi penuh untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain. Seorang Manajer harus mampu mengatur dan memotivasi orang lain.

Seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengatur dan mengelola segala sesuatu yang terjadi di perusahaan mereka. Meskipun tidak mudah untuk memiliki rekam jejak tentang segala sesuatu, tetapi seorang Manajer setidaknya harus mengawasi semuanya. 

Karena ini tidak dalam kendali Manajer, tetapi mereka harus selalu siap untuk menyelesaikan masalah dan mendorong orang lain untuk bekerja secara efisien.

Menjadi seorang Manajer Penjualan, maka orang tersebut harus mengelola situasi, tim, dan keadaan sekitarnya. Kepemimpinan digunakan saat Anda harus membuat tim Anda melakukan tugas. Anda harus bertanggung jawab atas situasi yang terjadi dan memikul tanggung jawab untuk mereka.

2. Menginspirasi Dan Memotivasi 

Hal ini bukan hanya di peruntukkan bagi seorang Manajer Penjualan saja, akan tetapi setiap orang harus memiliki kualitas menginspirasi orang lain karena memberi semangat akan membantu kita dalam membangun satu sama lain.

Orang-orang membutuhkan lebih banyak individu yang akan memotivasi mereka untuk melakukan tugas mereka dengan baik daripada mereka yang selalu berusaha mempermalukan orang lain. Bagaimana jika seseorang gagal, jadilah penerang bagi orang yang gagal dan Anda akan merasakan perasaan bahagia dan tenang.

Jadilah orang yang selalu ada untuk orang lain, daripada menjadi individu yang mengabaikan siapa pun yang mengalami kesulitan. 

Seorang Manajer Penjualan harus dapat membantu orang lain dan selalu bersemangat untuk menginspirasi mereka. Karyawan membutuhkan dukungan secara terus-menerus untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dan oleh karena itu, seorang Manajer dapat menjadi bantuan itu.

Ketika Anda memiliki keterampilan sebagai Manajer Penjualan, Anda akan dapat memastikan bahwa Anda memotivasi tim Anda untuk mengejar beberapa tujuan dan mencapainya dengan sukses. Jika seorang pemimpin memiliki kepercayaan pada timnya, maka tim tersebut bekerja dengan baik. Anda harus memaksimalkan potensi anggota tim Anda dan membuat mereka percaya bahwa mereka dapat melakukan yang terbaik.

3. Nurturing Skill Development 

Jika seorang Manajer Penjualan siap untuk memotivasi orang lain, maka dia pasti akan mampu menumbuhkan keterampilan karyawannya.

Karena jika seseorang menghormati dan menyemangati orang lain, maka niscaya dia akan membantu karyawan untuk mendapatkan dorongan agar dapat meningkatkan keterampilannya. Setiap individu memiliki kemampuan terpisah yang membedakan manusia dari yang lain karena tidak ada yang bisa menjadi tiruan.

Jadi seorang Manajer Penjualan harus dapat mempelajari semua keterampilan karyawannya. Mereka yang sangat membutuhkan dorongan karena mereka tidak bisa mendapatkan ide tentang bagaimana menemukan motivasi dan mereka harus dibantu.

Manajer Penjualan harus mengawasi setiap individu dan harus menyadari keterampilan mereka. Ini akan membantu mereka dalam menilai pekerjaan mereka dan membantu mereka yang membutuhkan.

4. Menetapkan Tujuan Yang Realistis 

Tujuan yang tidak mudah atau tidak relevan dan membutuhkan banyak usaha untuk diselesaikan sebaiknya tidak diberikan kepada pekerja, karena itu adalah tujuan yang tidak realistis.

Beban yang tidak perlu hanya akan membuat karyawan merasa kesal dan gagal karena sulit menyelesaikan semua hal yang memberatkan. Oleh karena itu, Manajer Penjualan harus mengurus hal-hal ini, dan dia tidak boleh membebani karyawan dengan terlalu banyak pekerjaan.

Karyawan berhak untuk bahagia dan riang daripada merasa cemas dan sedih dengan pekerjaan mereka.

Juga, perlu diingat bahwa setiap individu bisa membuat kesalahan, oleh karena itu, Manajer tidak boleh membuat mereka merasa malu tentang kesalahan mereka.

Orang sering berusaha keras dalam pekerjaan mereka, tetapi terkadang mereka tidak dapat menyelesaikannya dengan sukses, dan itu tidak berarti mereka pantas dipermalukan.

5. Mengontrol Emosi 

15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui

Jika seorang individu tidak sadar diri, maka akan sulit baginya untuk mengontrol dan mengelola emosi mereka dan menyadari perasaan orang lain.

Selalu berusaha untuk berpikir lebih baik tentang orang lain daripada terbatas pada perasaan Anda karena hidup tidak hanya tentang Anda.

Seseorang harus memikirkan orang lain walaupun hanya sekali dan menjadi Manajer Penjualan penting untuk mengontrol dan mengelola sentimen tersebut. Mereka harus mencoba untuk menjadi antusias daripada menjadi jengkel dan kesal.

Manajer Penjualan harus siap membantu orang lain dengan masalah mereka karena karyawan mereka tidak akan menjadi yang terbaik dalam segala hal. Oleh karena itu, Manajer Penjualan harus memiliki kemampuan untuk menangani masalah karyawan mereka dan konsisten dengan mereka alih-alih menjadi bias.

6. Keterampilan Komunikasi Dan Pendampingan

Salah satu keterampilan yang paling penting bagi seorang Manajer Penjualan adalah keterampilan komunikasi, karena memberikan individu kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Seorang Manajer Penjualan setidaknya harus bisa mendengarkan dan menghormati perasaan orang lain juga. Mereka harus mencoba untuk mengendalikan amarah dan frustrasinya jika ada situasi yang merugikan di perusahaan. Jadi Manajer Penjualan harus berkomunikasi dengan setiap individu yang hadir di sana.

Seorang Manajer Penjualan harus bebas dan toleran sehingga karyawan di sekitarnya merasa lebih mudah untuk berinteraksi dengan mereka. Orang harus bisa berkomunikasi satu sama lain, dan itu akan membantu mereka dalam membangun hubungan dan saling percaya.

Sebagai seorang pemimpin, tim Anda mengharapkan beberapa bimbingan dari Anda. Jika Anda dapat menawarkan agar mereka merasa termotivasi, maka latih tim Anda dengan menggunakan metode dan aktivitas yang menyenangkan.

Selain itu, komunikasi merupakan bagian penting dari manajemen. Jadi, miliki komunikasi yang bebas dan lancar tanpa hambatan dalam tim Anda.

7. Memilih Dan Merekrut Tenaga Penjual Yang Tepat 

Ini penting karena hanya memilih karyawan atau tenaga penjual tidak akan membuatnya lebih baik, tetapi karyawan yang baik akan selalu terbukti bermanfaat bagi perusahaan.

Setiap perusahaan membutuhkan seorang individu yang akan berada di sana untuk menangani masalah dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

Oleh karena itu, seorang Manajer Penjualan harus dapat mempekerjakan individu yang lebih baik setelah melakukan wawancara yang baik yang harus menyimpulkan keterampilan dan kemampuannya. Orang harus dipilih berdasarkan pekerjaan, pengalaman, dan kemampuan mereka daripada aturan yang bias.

Mudah untuk mencapai target jika Anda memiliki orang yang tepat. Jadi, buatlah tim yang memiliki orang-orang yang benar-benar tertarik dengan tugas yang akan mereka dapatkan. Jika mereka ragu-ragu untuk melakukan suatu pekerjaan, tidak mungkin mereka bisa mencapai kesempurnaan di dalamnya.

Itulah mengapa membentuk tim dengan orang-orang tepercaya yang akan menyelesaikan tugas yang diberikan secara bertanggung jawab.

8. Kemampuan Untuk Memecahkan Masalah 

Tidak semua orang sanggu mengatasi masalah dengan kreativitas, tetapi Manajer Penjualan harus bisa melakukannya.

Karena setiap kali konflik atau masalah muncul di perusahaan, mereka harus menjadi yang pertama menangani ini secara efisien.

Tidak hanya mengetahui tentang keadaan akan membantu, tetapi bagaimana mereka akan mengelolanya. Oleh karena itu, seorang Manajer Penjualan harus dapat menyelesaikan masalah tersebut dan juga meminta solusi dari karyawan lain.

Orang harus dilibatkan dalam pekerjaan dan pemecahan masalah daripada diabaikan.

9. Membangun Hubungan 

Hubungan antara Manajer Penjualan dan karyawannya harus didasarkan pada kepercayaan dan keyakinan. Penjual harus tetap tidak memihak sepanjang perjalanannya karena empati selektif sama sekali tidak diperbolehkan di tempat seperti itu.

Setiap individu harus dihormati dan diperlakukan sama. Orang harus mencoba membangun hubungan yang lebih baik.

Hubungan antara karyawan dan manajer penjualan harus cukup baik untuk diandalkan. Jadi cobalah untuk berpikir dari sudut pandang orang lain juga dan pandai memperbaiki hubungan.

10. Memiliki Pola Pikir Optimis 

Setiap individu harus tetap optimis karena ini adalah langkah pertama menuju kehidupan yang bahagia.

Orang mungkin meremehkan kekuatan untuk menjadi optimis dan antusias, tetapi itu adalah satu hal penting yang membuat kita benar-benar tenang. Jika seseorang tetap optimis akan selalu menemukan solusi dari masalah yang ada, sebaliknya jika seseorang penuh dengan pesimisme, ia akan tetap berpikiran negatif.

Sebagai seorang Manajer Penjualan, mereka harus tetap optimis dan mendorong orang lain untuk melakukannya. Karena itu akan membantu mereka menjadi tenang, positif, dan tidak terlalu cemas, pekerjaan terkadang dapat membuat seseorang kesal, tetapi jika dia optimis, maka itu tidak akan mengganggu.

11. Memiliki Keterampilan Pemasaran Dan Keuangan

Pemasaran adalah wajah dari departemen penjualan. Tetapi, tidak dapat disangkal bahwa otak di balik itu semua adalah keuangan.

Manajer Penjualan harus memiliki pengetahuan keuangan dasar dan harus dapat mengidentifikasi kesepakatan yang menguntungkan. Dia harus dapat menemukan uang di pasar dan menargetkan bagian itu dengan lebih baik.

12. Menetapkan Target Untuk Tim 

Telah terbukti bahwa Anda bekerja dengan lebih baik ketika tujuan mengiringi langkah Anda.

Jika Anda memiliki tujuan Anda ada di depan mata Anda, tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk membuka jalan ke arah itu. Jadi, tetapkan target yang signifikan tetapi dapat dicapai untuk tim Anda.

Penting untuk meninjau kinerja tim Anda dari waktu ke waktu dan memberikan umpan balik. Ini membantu mereka berada di jalur yang benar dan juga merasa bebas untuk mendekati Anda.

Berikan umpan balik yang menggembirakan. Akan sangat membantu jika Anda tidak pernah meremehkan potensi tim Anda atau menunjukkan kelemahan mereka.

13. Menetapkan Pola Kerja Yang Baik

Jika anggota tim Anda senang dengan budaya kerja, mereka akan berkontribusi dengan kemampuan terbaik mereka.

Jadi, ciptakan lingkungan yang menyenangkan dan memotivasi. Orang yang bekerja di bawah Anda harus menganggap Anda hangat dan mudah didekati.

14. Menyusun Rencana Penjualan Dengan Baik

Salah satu tugas dan tanggung jawab terbesar Anda adalah menyusun rencana penjualan untuk tim Anda. Pastikan itu memiliki semua elemen seperti informasi klien, informasi produk atau layanan, dan informasi tim Anda.

Buatlah rencana penjualan yang sangat mudah sembari mempertimbangkan semua kekurangan dan jebakan yang mungkin Anda hadapi.

15. Bersikap Adil Terhadap Semua

Sikap yang tidak memihak diinginkan dan dihargai oleh semua karyawan. Jadi, cobalah untuk tidak memihak siapa pun karena alasan yang tidak profesional. Bersikaplah secara adil terhadap semua karyawan.

Hargai semua orang dengan sama dan berikan kesempatan yang sama untuk semua orang. Sebagai Manajer Penjualan, Anda harus bersikap adil dalam komentar dan tip Anda untuk setiap anggota tim.

Poin Penting Sebagai Kesimpulan

Komunikasi dan manajemen adalah prioritas utama untuk menjadi manajer penjualan yang lebih baik karena kemampuan ini dapat membantu Anda mengatur perusahaan dengan lebih baik.

Seseorang tidak bisa menjadi ahli dalam segala hal, tetapi setidaknya mereka harus bisa mengontrol dan memiliki keterampilan ini.

Departemen penjualan adalah tulang punggung bagi perusahaan mana pun. Bayangkan apa yang akan terjadi jika sebuah perusahaan menghasilkan produk yang sangat baik, tetapi tidak ada pasar dan tidak ada penjualan untuk mereka.

Untuk menghindari situasi yang mengerikan ini, diperlukan departemen penjualan yang baik yang dipimpin oleh Manajer Penjualan yang kuat. Keterampilan Manajer Penjualan telah di uraikan secara panjang lebar di atas.

Mereka dapat ditingkatkan melalui berbagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam sesi pelatihan, lokakarya, dan seminar. Selain itu, beberapa keterampilan manajer penjualan hanya dapat dikembangkan melalui pengalaman.

Aktivitas penjualan adalah sebuah seni. Dan, Anda bisa menguasai seninya hanya jika Anda mulai berlatih secara teratur.

Demikianlah uraian artikel tentang  15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui. Semoga uraian artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Post a Comment for " 15 Keterampilan Manajer Penjualan Yang Harus Anda Ketahui"