Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Dan Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research)

Definisi Dan Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research)

Definisi Dan Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research) - Penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki penelitian ilmiah dan teori ilmiah yang dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman atau untuk prediksi yang lebih baik dan disebut juga dengan penelitian fundamental atau murni. 

Di sisi yang lain, penelitian terapan memanfaatkan teori-teori ilmiah untuk mengembangkan teknik atau teknologi baru sehingga dapat mengintervensi dan mengubah fenomena alam.

Apa Itu Penelitian Dasar?

Telah kita ketahui bersama bahwa penelitian dasar diperlukan untuk kemajuan setiap bidang termasuk bisnis. Hanya dengan penelitian, maka komunitas ilmiah dapat mencari dan menemukan hal-hal baru dan unik. 

Dengan bantuan penelitian, industri akan menghasilkan produk baru, dan karena penelitian itulah perusahaan dapat memahami kebutuhan pelanggan mereka dan mendapatkan umpan balik tentang produk mereka.

Penelitian dasar sangat penting untuk memajukan pengetahuan tentang banyak hal karena berfokus sepenuhnya pada penciptaan serta penerimaan atau penolakan teori yang menjelaskan fenomena berbeda. 

Sumber dari hampir setiap ide ilmiah adalah imajinasi atau penelitian. Ini bisa deskriptif, eksplorasi, atau penjelasan. Semua jenis penelitian digunakan di mana-mana, namun model ilustratif adalah penelitian yang paling umum digunakan.

Penelitian dasar adalah sumber untuk menghasilkan ide-ide baru, gagasan, teori, prinsip, dan lain-lain yang tidak dapat digunakan secara langsung. Mereka akan membentuk dasar kemajuan serta dalam pengembangan di berbagai bidang. Hampir semua produk yang ada saat ini, yang kita anggap remeh dihasilkan oleh sebuah penelitian.

Sebuah contoh, 50 tahun yang lalu tidak ada yang mengira bahwa kita akan membawa perangkat kecil dan portabel yang dapat melakukan panggilan ke mana pun di dunia, siapa pun akan melihat siapa pun di dunia dan melakukan begitu banyak hal yang dapat dilakukan oleh komputer yaitu sebuah telepon genggam (Smartphone). 

Namun itu memungkinkan untuk membuat ponsel lebih kompak, ditambah dengan lebih banyak fungsi, dan lebih ramah pengguna. Dan ini hanya mungkin bisa dilakukan karena sebuah penelitian.

Penelitian dasar tidak banyak membantu orang dengan masalah kecil sehari-hari, sebaliknya ini dapat membantu dalam cara berpikir baru yang mungkin memiliki potensi untuk berubah serta meningkatkan cara para peneliti menangani masalah mereka, dan di masa depan.

Penelitian dasar sering dilakukan dengan memikirkan tujuan praktis. Ini akan membantu dalam memberikan pemahaman umu, pengetahuan dan memberikan jawaban untuk banyak masalah krusial, namun mungkin tidak bisa menjawab untuk setiap pertanyaan. 

Banyak ilmuwan, misalnya, tidak tertarik dengan aplikasi praktis dari pekerjaan mereka, tetapi tetap saja, tidak akan ada kemajuan dalam pengembangan industri jika penelitian dasar tidak dilakukan.

Banyak dari penemuan penting adalah sebuah kebetulan dan terjadi secara kebetulan. Mereka dilakukan dengan pemikiran yang sangat berbeda, namun mereka telah membantu masyarakat. Misalnya, Coca-cola ditemukan sebagai sirup obat batuk, dan dipasarkan sebagai sirup obat batuk.

Kemudian, mengingat kesukaan orang-orang dan dengan bantuan penelitian, memperbaiki sedikit bahannya, dan itu kemudian dipasarkan sebagai minuman dingin. Minoksidil adalah obat yang ditemukan untuk hipertensi, tetapi memiliki efek samping pertumbuhan rambut yang cukup besar. 

Oleh karena itu, dengan bantuan penelitian, obat tersebut diturunkan karena sifat hipertensi dan sekarang digunakan secara komersial sebagai obat untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian dasar telah membantu penemuan pengetahuan baru dan memberikan modal ilmiah. Ini menciptakan latar belakang dari mana aplikasi praktis dari penelitian itu harus ditarik dan dilaksanakan.

Penerapan langsung dari penelitian dasar jarang terjadi. Ini seperti mencari minyak di tanah di mana Anda harus mengebor banyak lubang, dan hanya satu yang memiliki minyak. Penelitian dasar agak mirip. Dari sudut pandang yang berbeda, penelitian dasar dapat dianggap sebagai investasi yang membutuhkan investasi minimal tetapi menghasilkan hasil jangka panjang.

Besarnya kebebasan yang diberikan kepada ilmuwan, menentukan perbedaan penelitian dasar dan terapan. Dalam kasus pekerjaan terapan, masalahnya ditentukan, dan ilmuwan mencari solusi terbaik yang memenuhi kondisi ini, dan dalam kasus penelitian dasar, tidak ada batasan seperti itu. Imajinasi dan kreativitasnya sendiri menuntunnya.

Kegiatan dalam Penelitian Dasar, antara lain:

1. Pengamatan Dan Deskripsi

Pengamatan yang cermat dan deskripsi rinci diperlukan agar penelitian dapat menjelaskannya. Pengamatan dan deskripsi memiliki peran yang sangat krusial dalam penelitian. 

Para ilmuwan mengamati fenomena tersebut dan kemudian menggambarkannya dengan sedikit teori. Ini adalah pengamatan yang membantu Isaac Newton untuk mempertanyakan "Mengapa Apple jatuh?" dan kemudian dia kembali dan meneliti dan menemukan gravitasi.

Charles Darwin mengikuti dua langkah ini dan menulis "The Origin of Species" yang terkenal. Dia mengamati bahwa ada hewan, dan ada manusia, dan dia juga mengamati bahwa ada banyak kesamaan antara manusia dan hewan. Dia mengamati, mendeskripsikan, dan menemukan hubungan antara hewan dan manusia.

Dengan pengamatan itulah Galileo menemukan Matahari adalah pusat alam semesta dan bukan bumi. Bahkan di zaman modern, Steve Jobs mengamati masalah pemutar kaset lama dan menghasilkan iPod yang terkenal.

2. Alat Dan Instrumen

Setiap peneliti dan ilmuwan membutuhkan alat dan instrumen untuk melakukan penelitian. Alat-alat ini bervariasi tergantung pada sifat penelitian yang akan dilakukan. Misalnya, penelitian untuk memahami kebutuhan pelanggan memerlukan kuesioner sementara penelitian medis mungkin memerlukan berbagai jenis mesin.

Penting untuk memahami dan menggunakan alat yang tepat untuk penelitian yang benar sehingga Anda mendapatkan hasil yang akurat. Beberapa persyaratan dasar dari alat-alat ini adalah bahwa alat tersebut harus tersedia dan harus distandarisasi sesuai dengan standar penelitian masing-masing.

3. Pengukuran

Setiap penelitian membutuhkan pengukuran. Bisa dalam satuan gram, nanometer, kalori, atau tahun cahaya. Ini adalah salah satu langkah penting dari setiap penelitian, dan memecahkan banyak masalah ilmiah membutuhkan pengukuran sebagai solusi. Item terukur dapat dikuantifikasi dan dikalibrasi.

Setiap langkah dalam penelitian membutuhkan pengukuran, misalnya, lamanya penelitian dilakukan, berapa kali prosedur diulang, hasil yang diharapkan, jumlah orang yang puas dengan produk Anda, dll. Ketelitian diperlukan dalam pengukuran.

Meskipun penelitian dasar hanya mengambil ukuran sampel yang terbatas, namun tetap diperlukan ketelitian karena jika hasilnya tidak tepat, maka kesimpulan dari penelitian tersebut akan salah.

4. Pengembangan Dan Pengujian Konsep

Mengembangkan konsep yang bermakna adalah salah satu bagian penelitian yang paling menantang. Dengan bantuan pengembangan konsep, pikiran, yang bekerja berdasarkan masukan mentah dari pengalaman, memisahkan esensi dan kemudian menggabungkannya kembali dalam sesuatu yang baru yang memberikan wawasan tentang konsep tersebut. 

Mengembangkan konsep merupakan bagian penting dari penelitian karena merupakan tulang punggung penelitian. Generalisasi dapat dihindari karena mengembangkan konsep.

Langkah penting berikutnya adalah menguji konsep ini agar dapat divalidasi. Pengujian juga dilakukan untuk memeriksa reproduktifitas penelitian dan memastikan apakah premis dan asumsi yang dipertimbangkan pada awalnya benar.

Itulah ulasan artikel mengenai Definisi Dan Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research). Semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Definisi Dan Pengertian Penelitian Dasar (Basic Research) "