Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Kurva Penawaran Dan Permintaan

 

Penjelasan Tentang Kurva Penawaran Dan Permintaan
sumber : pngegg.com

Penjelasan Tentang Kurva Penawaran Dan Permintaan - Penawaran dan permintaan (Demand and supply) adalah salah satu konsep ekonomi yang paling mendasar yang bekerja sebagai tulang punggung dari ekonomi pasar. Konsep permintaan dapat diartikan sebagai jumlah produk atau jasa yang diinginkan oleh pembeli di pasar.

Kuantitas yang diminta adalah jumlah produk yang ingin dibeli oleh pelanggan dengan harga tertentu, dan hubungan antara harga dengan kuantitas yang diminta oleh pelanggan dikenal sebagai hubungan permintaan.

Konsep penawaran dapat didefinisikan sebagai seberapa banyak pasar dapat menawarkan produk yang tersedia kepada pelanggannya. Kuantitas yang ditawarkan mengacu pada jumlah produsen barang tertentu yang bersedia untuk memasok ketika menerima harga tertentu untuk produk mereka dalam periode waktu tertentu. 

Hubungan antara harga dan berapa banyak jumlah barang atau jasa yang dipasok ke pasar dikenal sebagai hubungan penawaran. Oleh karena itu, harga merupakan perwujudan dari penawaran dan permintaan.

Hukum Permintaan Dalam Kurva Penawaran Dan Permintaan

Hukum permintaan berfokus pada fakta bahwa jika semua faktor lain tetap sama di alam, maka akan semakin tinggi harga suatu barang dibandingkan dengan persaingan, dan semakin sedikit orang yang akan meminta barang tersebut. Justru semakin tinggi harga barang maka akan semakin rendah kuantitas yang diminta oleh konsumen di pasar. 

Jumlah barang yang dibeli pelanggan dengan harga lebih tinggi akan lebih sedikit karena seiring dengan naiknya harga barang dan begitu pula biaya peluang atau kesempatan untuk membeli barang itu. Oleh karena itu, pelanggan secara alami akan menghindari membeli produk yang akan memaksa mereka untuk melewatkan konsumsi sesuatu yang lebih mereka hargai.

Sama seperti hukum permintaan, maka hukum penawaran juga menyoroti jumlah barang yang akan dijual dengan harga tertentu di pasar. Tetapi tidak seperti hukum permintaan, maka hubungan penawaran secara alami menunjukkan kemiringan ke atas. Artinya semakin tinggi harga barang di pasaran maka semakin tinggi pula kuantitas yang akan ditawarkan kepada konsumen. 

Produsen yang baik memasok lebih banyak produk dengan harga lebih tinggi karena menjual jumlah yang lebih tinggi dengan harga yang lebih tinggi akan meningkatkan perolehan pendapatan dan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Hubungan penawaran adalah faktor waktu dibandingkan dengan hubungan permintaan. Waktu adalah faktor yang sangat penting karena pemasok harus (tetapi tidak selalu) bereaksi cepat terhadap perubahan permintaan atau harga produk di pasaran. Jadi sangat penting untuk mencoba dan menentukan apakah perubahan harga yang disebabkan oleh permintaan bersifat sementara atau permanen.

Sebagai contoh misalnya, jika tiba-tiba ada peningkatan permintaan payung dan harga payung di musim hujan yang tidak terduga, maka pemasok dapat dengan mudah memenuhi permintaan dengan menggunakan peralatan produksi mereka secara lebih intensif. 

Dan jika ada perubahan iklim dan penduduk membutuhkan payung sepanjang tahun, perubahan permintaan dan harga diharapkan bersifat jangka panjang dan pemasok harus mengganti peralatan dan fasilitas produksi mereka untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang dan meningkatnya permintaan pasar tersebut.

Ekuilibrium Dalam Kurva Penawaran Dan Permintaan

Fungsi utama pasar adalah menyamakan permintaan dan penawaran melalui mekanisme harga. Jika pelanggan ingin membeli lebih banyak barang yang tersedia di pasaran dengan harga yang berlaku di pasar secara umum, maka mereka akan cenderung menawar harga barang tersebut. 

Dan jika mereka ingin membeli jumlah barang yang kurang dari apa yang tersedia dipasar pada harga yang berlaku saat itu, maka pemasok akan menawar harga turun dan ada kecenderungan untuk bergerak ke arah harga ekuilibrium dan kecenderungan ini disebut mekanisme pasar, dan menghasilkan keseimbangan antara penawaran dan permintaan, yang selanjutnya disebut ekuilibrium pasar.

Seiring dengan naiknya harga, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat, dan keinginan konsumen untuk membeli barang akan menurun, namun perubahan tersebut belum tentu proporsional. Tolak ukur daya tanggap penawaran dan permintaan terhadap perubahan harga disebut elastisitas harga penawaran atau permintaan dan dihitung sebagai rasio persentase perubahan kuantitas yang ditawarkan atau diminta dengan persentase perubahan harga barang.

Permintaan akan produk yang memiliki substitusi yang tersedia cenderung bersifat elastis artinya akan lebih responsif terhadap perubahan harga produk karena konsumen dapat dengan mudah mengganti barang dengan barang pengganti jika harganya naik. 

Permintaan akan suatu produk mungkin tidak elastis jika tidak ada barang pengganti atau alternatif yang tersedia dan jika pengeluaran untuk produk tersebut hanya sebagian kecil dari pendapatan konsumen. 

Perusahaan yang menghadapi permintaan yang relatif tidak elastis untuk produk mereka dapat meningkatkan pendapatan total mereka dengan menaikkan harga produk dan perusahaan yang menghadapi permintaan elastis tidak dapat melakukannya.

Analisis penawaran dan permintaan dapat diterapkan ke pasar untuk barang akhir dan atau ke pasar tenaga kerja, modal, dan berbagai faktor produksi lainnya. Ini dapat diterapkan di semua tingkat perusahaan atau industri secara keseluruhan atau di tingkat kumulatif untuk seluruh sektor perekonomian.

Aspek-Aspek Yang Masuk Kedalam Kurva Penawaran Dan Permintaan

sumber:https://en.wikipedia.org/

1. Produk (Product)

Sebuah merek mewah membatasi pasokan produknya untuk mempertahankan harga yang tinggi dan status merek tersebut di pasar.

2. Layanan (Service)

Suatu jenis perangkat lunak bisnis biasanya dijual sebagai layanan berbasis pengguna bulanan di pasar. Pasokannya pada dasarnya tidak terbatas karena biayanya sangat sedikit bagi perusahaan untuk menaikkan dan menurunkan skala layanan mereka. 

Permintaan untuk perangkat lunak ini di seluruh dunia adalah 1 juta lisensi pengguna dengan 99% permintaan jatuh di bawah harga $200 (Sekitar 2.800.000 rupiah) per pengguna per bulan. Perusahaan mana pun yang mengenakan biaya lebih dari itu hanya akan memiliki akses ke 1% permintaan di pasar.

3.  Barang

Barang milik bersama adalah hal-hal seperti udara, air, dan ekosistem yang merupakan sumber daya bersama untuk semua orang. Barang - barang tersebut memiliki persediaan yang tetap dan terbatas. Barang - barang tersebut biasanya sering digunakan tanpa mengeluarkan biaya sehingga permintaannya cenderung tumbuh sangat cepat. Hal ini mengakibatkan penggunaan barang biasa secara berlebihan yang mengakibatkan penipisannya. Penerapan faktor biaya untuk penggunaan barang biasa dapat memperbaiki hal ini karena membantu membatasi permintaan.

4. Tenaga Kerja

Pasokandari seperangkat keterampilan tertentu ditentukan oleh faktor-faktor seperti demografi dan pendidikan. Permintaan akan seperangkat keterampilan didorong oleh faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi negara atau industri, resesi, siklus bisnis, dan perkembangan teknologi. Ketika tenaga kerja terampil sangat dibutuhkan, gaji mereka meningkat. Hal ini menyebabkan pasokan meningkat dalam jangka panjang karena gaji yang lebih tinggi memberi orang insentif untuk memperoleh seperangkat keterampilan yang dibutuhkan.

5. Aset

Pasokan aset seperti real estat atau emas sebagian besar ditetapkan dengan kenaikan kecil selama periode waktu tertentu. Permintaan dapat naik dan turun secara dramatis karena faktor-faktor seperti kondisi ekonomi, politik, lingkungan yang dinamis, tingkat suku bunga, dan jumlah uang beredar di pasar.

6. Sekuritas

Sekuritas dapat dengan cepat meningkatkan pasokan. Misalnya, perusahaan yang melakukan penawaran sekunder sahamnya di pasar dapat meningkatkan penawaran dengan cepat. Permintaan sekuritas ditentukan berdasarkan bagaimana investor memperkirakan imbal hasil dan risikonya di masa depan.

7. Mata Uang 

Penawaran mata uang ditentukan oleh kebijakan moneter negara dan permintaan dihasilkan oleh kegiatan ekonomi seperti perdagangan dan arus investasi di pasar.

Itulah uraian tentang Penjelasan Tentang Kurva Penawaran Dan Permintaan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Kurva Penawaran Dan Permintaan"