Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis

3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis


3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis

Pernahkah Anda membayangkan seperti apa rasanya menjalani impian Anda? Tempat yang baik untuk memulainya adalah dengan mengenali dan memahami bahwa ada tiga elemen, dan hanya tiga elemen, yang memisahkan antara keberhasilan daan kegagalan. Jika Anda menggunakan salah satu elemen saja, Anda mungkin akan berhasil. Jika Anda menggunakan dua elemen maka Anda mungkin akan lebih berhasil. Dan jika Anda menggunakan ketiga tersebut maka itu secara praktis dapat menjamin kesuksesan Anda.

Apa saja ketiga elemen tersebut? Mereka mungkin terlihat sederhana, dan jauh di dalam diri Anda tahu apa saja mereka itu. Tapi untuk sengaja menuliskannya dan menggunakannya sebagai panduan dalam memilih bisnis impian Anda, maka itu akan membuat sebuah perbedaan di dunia ini. Ketika Anda pergi melalui latihan ini, Anda akan secara dramatis membangun peluang keberhasilan Anda.

3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis itu adalah:

1. Cari Kebutuhan Pelanggan!

Apakah ada ceruk pasar untuk produk atau layanan tertentu? Apakah dunia, atau bahkan komunitas Anda, membutuhkan apa yang Anda tawarkan? Hanya dengan melakukan sampling dan pengujian, maka Anda akan dapat menentukan hal ini dengan tingkat kepastian apapun. 

Aspek yang paling penting adalah untuk menentukan proposisi penjualan unik untuk produk atau jasa Anda. Terlalu banyak pemilik bisnis hanya mencoba untuk menjadi diri mereka sendiri. Anda tidak bisa hanya seperti orang berikutnya dan berharap untuk makmur dalam perekonomian seperti saat ini.

Salah satu hal terpenting yang saya pelajari adalah, sebenarnya hanya ada dua hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

(a) Apa yang Anda inginkan? 

(b) Apakah Anda bersedia melakukan apa pun untuk mencapainya?

Apa yang Anda benar-benar inginkan dari bisnis atau usaha ini? Apa tujuan utama Anda? Apakah Anda bersedia melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini? Daripada mencari bisnis berdasarkan berapa banyak uang yang Anda bisa dapatkan didepan, pilih bisnis berdasarkan cinta dan hobi Anda untuk usaha itu. 

Orang yang paling sukses dan terpenuhi adalah individu yang mengikuti mimpi atau visi mereka sendiri. Mereka tidak hanya keluar dan mencoba untuk membuat uang.

Kesempatan apa yang dapat Anda tindak lanjuti? Sebagai contoh di Amerika Serikat, Woolworth melihat kebutuhan untuk barang murah kecil dan membuka rantai toko yang merausasi miliaran dollars. Wrigley mulai memberikan permen karet sebagai bonus, dan merebut kesempatan untuk memperluas pangsa pasar bisnis mereka di seluruh dunia.

Anda harus membuat keunikan pada produk atau layanan Anda. Apa yang dapat Anda tawarkan berbeda dan tidak ada orang lain yang bisa menawarkan hal itu. Apakah Garansi yang lebih baik, peningkatan layanan pelanggan, dukungan lebih teknis, pengiriman lebih cepat, atau harga yang lebih rendah? Pikirkan sesuatu yang akan membuat Anda terpisah dari pesaing Anda dan menjelaskan secara rinci persis apa itu.

2. Jadilah Baik Pada Apa Yang Anda Lakukan

Apakah Anda sebaik, atau lebih baik daripada, orang berikutnya ketika datang untuk memproduksi dan memasarkan produk atau jasa Anda?  Elemen ini memerlukan penilaian diri yang jujur.  "Apa kemampuan saya? " untuk menentukan kemampuan Anda, Anda harus mengambil inventarisasi yang jujur dari diri Anda sendiri. Periksa setiap kemungkinan dan pastikan untuk menyertakan kekuatan dan kelemahan Anda. Apakah poin kuat Anda dapat membiarkan Anda mengatasi defisit dan kelemahan Anda?

3. Memiliki Gairah Dalam Berbisnis

Jika ada satu elemen yang bisa membuat Anda benar-benar tidak bisa melakukan apapun adalah gairah atau passion.  Gairah adalah energi yang tak tertahankan dan sebuah sikap yang akan menghasilkan kekuasaan.  Apakah Anda memiliki hasrat untuk bekerja dengan produk atau layanan tertentu? 

Perhatikan, saya tidak mengatakan  "Apakah Anda menyukai apa yang ingin Anda lakukan? " Ada terlalu banyak pesaing di luar sana yang siap, bersedia dan mampu  "memakan makanan siang Anda" ketika datang untuk bersaing dengan Anda. 

Mereka mungkin telah menemukan ceruk yang sama dengan ceruk yang telah Anda temukan. Mereka mungkin menyukai apa yang mereka lakukan sebanyak yang Anda lakukan. Tapi apa yang memisahkan pemenang dari pecundang adalah gairah (passion).

Apa yang sebenarnya Anda sukai? Jika jawaban Anda adalah,  "saya bergairah membuat banyak uang. ", maka itu bukan sebuah jawaban yang benar. Membuat banyak uang adalah konsekuensi dari terlibat dalam kegiatan yang sukses di mana Anda tetap termotivasi cukup lama untuk menjadi sukses. 

Kunci untuk menciptakan gairah adalah untuk menemukan dan melakukan hal tersebut adalah bahwa Anda sungguh menyukainya. Gairah adalah laser, seperti fokus dari kekuatan hidup kreatif kita. Saya tidak menciptakan gairah. (Jangan bingung perbedaan antara gairah dengan workaholic. Workaholisme memakan sementara gairah justru kebalikannya yakni menguatkan.)

Itulah 3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan bisa menambah wawasan Anda. Silahkan mengunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel tentang bisnis lainnya.

Post a Comment for "3 Rahasia Sukses Dalam Berbisnis"