Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

 

7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Kunci kesuksesan bisnis Anda adalah dengan membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan Anda. Berpegangan pada pelanggan yang ada sama pentingnya dengan mencari pelanggan baru untuk menjual priduk Anda. 

Loyalitas pelanggan adalah kunci pertumbuhan dan laba bisnis Anda, karena pelanggan yang setia (loyal) akan menghasilkan aliran pendapatan berkelanjutan melalui pembelian berulang (repeat order) mereka yang akan membawa profitabilitas bisnis Anda terus meningkat dengan biaya yang lebih rendah.

Seperti dalam sistem penghasil uang lainnya, untuk berhasil sebagai pemasar email, Anda perlu memahami semua rahasia yang tersedia untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan menerapkannya dengan segera.

Cara Membangun Hubungan Bisnis Untuk Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Di mana pun Anda online, mereka memberi tahu Anda bahwa Anda harus memiliki daftar untuk berhasil. Itu benar tetapi tidak berjalan cukup jauh sampai Anda memahami dengan tepat apa yang membuat pelanggan Anda bersemangat untuk membeli produk Anda.

Jika Anda tidak tahu cara membangun hubungan bisnis untuk membuat pelanggan Anda tetap antusias, dan bersemangat untuk menunggu artikel terbaru dari Anda dan bergegas untuk membeli produk Anda tanpa memperhatikan merek, maka daftar Anda menjadi tidak berharga.

Faktor kunci utama dari Pemasar email  adalah faktor kepercayaan. Jika Anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda, maka Anda akan memiliki lebih banyak kesuksesan dalam hal beriklan ke daftar Anda. Tanpa adanya kepercayaan dari pelanggan Anda, mereka akan menjadi ragu ketika datang untuk menarik keluar kartu kredit mereka dan membeli dari Anda.

Berikut ini adalah 7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan, yaitu:

1.  Dapatkan Kepercayaan Pelanggan Anda

Kejujuran dalam berbisnis sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda, dan kepercayaan itu adalah kunci untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Mendapatkan kepercayaan pelanggan sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun. Jujur artinya Anda tidak menyembunyikan apapun dari pelanggan setia Anda.

Beritahukan kepada pelanggan Anda tentang informasi dan identifikasi serta kontak Anda, seperti nama, alamat fisik, alamat email, dan nomor telepon Anda. Penting bagi Anda untuk memberi tahu pelanggan Anda bagaimana cara menghubungi Anda untuk mendapatkan bantuan. Semakin mereka mengenal Anda sebagai pribadi, maka semakin mereka akan mempercayai Anda. Dan ketika datang untuk meminjam uang, maka tidak ada yang lebih penting daripada sebuah kepercayaan.

Walaupun demikian, Anda tetap perlu untuk berhati - hati dalam hal ini. Pastikan untuk selektif dalam apa yang Anda promosikan kepada pelanggan Anda. Jika Anda menyarankan produk yang ternyata berupa penipuan, maka pelanggan Anda kemungkinan akan menyalahkan Anda terlebih dahulu karena merekomendasikannya kepada mereka. Anda benar-benar tidak mampu untuk mengambil resiko seperti ini untuk menjaga reputasi Anda.

2. Penuhi Kebutuhan Mereka

Ketika pelanggan Anda mendaftar ke email Anda, maka mereka melakukannya karena suatu alasan. Mereka ingin informasi yang Anda katakan kepada mereka akan mereka terima. Terus lakukan hal seperti itu, dan mereka akan merasa senang dan lebih dekat dengan Anda.  Ingat, Anda kehilangan pelanggan setia Anda  lebih cepat daripada  mendapatkannya.

Sebuah tips untuk Anda, tanyakan kepada Pelanggan Anda apa yang mereka inginkan. Jangan menebak dan menduga - duga. Gunakan taktik online yang hebat dan mudah digunakan ini untuk mengetahui dengan tepat apa yang akan dibeli pelanggan Anda dari Anda atau subyek apa yang ingin mereka pelajari. 

Anda juga bisa mengadakan kontes. Dengan mengirimkan kuesioner atau survei sederhana akan memberi Anda rasa kebutuhan, keinginan, dan preferensi pasar Anda. Berikan pemenang kontes tersebut hadiah yang berkualitas atau hadiah yang tidak dapat dia temukan di tempat lain. Membuat pelanggan Anda terlibat seperti ini juga akan membuat mereka tertarik dengan email Anda dan membantu bisnis Anda untuk terus berkembang dan sukses.

3. Jangan Mengirimkan Pesan Pemasaran Terlalu Banyak

Dua hal yang benar-benar perlu Anda perhatikan, sebagai penerbit, adalah cara mengiklankan produk atau layanan Anda dan produk apa yang Anda endorse. Tidak ada yang mencentang pelanggan lebih dari berpikir bahwa apa yang ada dalam pikiran penerbit hanyalah uang. Ini akan terjadi jika Anda beriklan terlalu banyak, atau jika Anda mengiklankan produk yang salah.

Mengirim buletin email dengan terlalu banyak iklan didalamnya dan sedikit atau tidak ada informasi yang berkualitas akan melukai reputasi Anda.

Anda memiliki segalanya untuk kalah, dan tidak ada yang bisa diperoleh dengan mengisi buletin email Anda dengan iklan.

Iklan bukan satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan. Ini juga mencakup iklan apa pun yang Anda kirimkan yang terpisah dari buletin terjadwal reguler Anda. Mengirim iklan setiap hari bukanlah cara yang tepat jika Anda ingin membangun loyalitas pelanggan. Ini adalah cara untuk pergi jika Anda ingin semua orang berhenti berlangganan dari daftar email Anda.

4. Jadikan Pelanggan Sebagai Teman Anda

Berikan pelanggan setia Anda rasa yang baik tentang siapa Anda. Sangat penting bahwa pelanggan Anda melihat Anda sebagai orang sungguhan, karena mereka kemungkinan tidak akan pernah bertemu langsung dengan Anda. Satu hal yang dilakukan setiap penerbit sukses hanyalah berbicara tentang apa pun yang ada di pikiran mereka dalam setiap masalah mereka. 

Mereka mungkin berbicara tentang keluarga mereka, tim olahraga favorit mereka, politik, cuaca, dan hal apapun yang terjadi. Mereka biasanya meminta pembaca untuk menulis kembali beberapa komentar tentang hal itu, atau pembaca hanya akan menulis kembali tanpa diminta. Ini menciptakan ikatan antara penerbit dan pembaca yang dapat menghasilkan penjualan dan kemitraan di masa depan.

5. Over Deliver

Tidak ada yang membuat orang merasa lebih berbahagia daripada mengetahui bahwa Anda memperhatikan mereka. Buat pelanggan dan klien potensial Anda senang dengan memberi mereka lebih dari apa yang mereka harapkan. Setelah mereka memesan produk Anda atau mendaftar untuk publikasi Anda, beri mereka hadiah atau bonus yang tidak diiklankan, selain hadiah atau bonus yang Anda janjikan akan mereka dapatkan. 

Saya tidak berbicara tentang ebook atau perangkat lunak apa pun yang dapat mereka unduh dari situs web apa pun. Berikan sesuatu yang tidak ada atau hanya beberapa orang lain saja yang bisa memberikan itu. Hadiah dan bonus semacam ini mengatakan bahwa Anda menaruh banyak perhatian dan pemikiran untuk membantu mereka berhasil.

Strategi membangun loyalitas pelanggan yang lain, misalnya ketika ada acara khusus mengirim hadiah gratis kepada pelanggan setia Anda. Dengan terus memberikan itu, maka pelanggan Anda akan menyadari bahwa Anda mencoba membantu mereka mempelajari apa yang perlu mereka ketahui, dan mereka akan menghargainya ketika Anda memberi mereka alat dan informasi yang mereka butuhkan untuk berhasil. Ini jelas diarahkan lebih ke arah hubungan yang kuat dan mereka akan tetap menjadi  pelanggan yang setia lebih lama.

6. Bantu Mereka 

Selain memberikan pelanggan setia Anda apa yang mereka inginkan, membantu mereka dengan apa pun yang mereka butuhkan adalah cara terbaik untuk membangun dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Meskipun ini bekerja secara individual, alih-alih mengurus semua pelanggan Anda secara sekaligus, orang-orang yang dapat Anda bantu akan sangat berterima kasih, dan mungkin akan memberi tahu teman, kolega, dan tetangga mereka tentang Anda. Kesan dan testimoni yang positif dari mulut ke mulut adalah cara yang ampuh untuk memperoleh pelanggan baru dan membangun loyalitas pelanggan.

Jika salah satu pelanggan Anda mengirimi Anda email untuk meminta bantuan, bantu mereka sebanyak yang Anda bisa. Jangan hanya memberi mereka jawaban cepat, satu kata. Mereka mungkin hanya akan kembali meminta sedikit informasi lebih lanjut. Hanya pergi ke depan dan memberitahu mereka apa yang Anda bisa, dan bersikap baik tentang hal itu, bahkan jika Anda pikir itu adalah pertanyaan bodoh.

7. Jangan Gunakan Sensasi

Saya yakin Anda telah melihat ini sebelumnya. Tampaknya ada di mana-mana Anda melihat orang-orang mencoba untuk membuat sensas tawaran mereka untuk membuatnya terdengar lebih baik daripada itu. Kebanyakan orang hanya ingin Anda jujur pada mereka.

Jika Anda hanya berpegang teguh pada mengatakan yang sebenarnya tentang suatu produk, tanpa membuatnya terlihat seperti sebuah sensasi, saya pikir pelanggan Anda akan memiliki lebih banyak rasa hormat kepada Anda. 

Secara pribadi, saya pikir itu merangsang ketika seseorang mengirimi saya surat penjualan dan menguraikan bagaimana saya bisa mendapat manfaat dari itu tanpa mencoba membuatnya terdengar lebih baik daripada itu. Kebanyakan orang dapat membedakannya, dan mungkin akan dimatikan oleh sensasi tersebut.

Kesimpulannya:

Ketika Anda menggabungkan semua kunci ini, Anda akan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda dan mereka akan tetap menjadi pelanggan setia Anda selama bertahun-tahun lamanya. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan cara untuk memasukkan semua kunci ini ke dalam strategi pemasaran bisnis Anda, dan Anda akan segera menemukan diri Anda mendapatkan pelanggan baru, membangun hubungan dan mendapatkan loyalitas pelanggan.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai 7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "7 Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan"