Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aspek Penting dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Penting dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha yang hendak memulai usahanya. Apalagi jika memang skala usaha atau bisnis yang akan dilakukan sangat besar dan memiliki dampak tersendiri bagi banyak pihak. 

Dengan kata lain lain, contoh studi kelayakan bisnis kerap kali isinya membahas bagaimana sebuah perusahaan dilihat dari berbagai sudut, terutama dari sisi dan masalah manajemen.

Contoh studi kelayakan bisnis adalah mencakup segala hal yang memang berkaitan bagaiamana proses sebuah usaha atau bisnis itu dijalankan, mulai dari nol hingga besar nanti dikemudian hari.

Sesuai dengan namanya, maka studi kelayakan bisnis pada akhirnya adalah usaha pengkajian yang selayaknya dilakukan oleh pengusaha sendiri terhadap perusahaannya atau juga menyewa orang yang berpengalaman di bidangnya. Kemudian mereka ini disebut sebagai konsultan untuk studi kelayakan bisnis di perusahaan Anda.

Pentingnya Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Yang namanya melakukan usaha, maka sejatinya haruslah dipersiapkan dengan matang sehingga kemudian apa yang kita usahakan akan membawa dampak baik. 

Baik di sini adalah dalam hal keuntungan yang dihasilkan, tertibnya administrasi perusahaan, hingga bagaimana interaksi kita sebagai pihak pengusaha dengan warga, jika memang kebetulan perusahaan kita berada di tengah-tengah masyrakat.

Inilah yang menjadi perhatian dari studi kelayakan bisnis yang memang sejatinya harus dilakukan oleh para pengusaha demi mengantisipasi hal-hal buruk yang berpotensi muncul dikemudian hari. 

Lihat saja, betapa banyak ditemukan perusahaan yang sudah terbilang sangat maju, akan tetapi terkendala dengan proses hukum administrasi yang sudah diatur oleh negera, kemudian diabaikan begitu saja.

Hal ini kemudian menjadikan perusahaan tersebut kemudian disegel oleh pemerintah. Jika sudah begini, maka kerugianlah yang akan menimpa Anda bukan?

Atau mengenai studi kelayakan bisnis, kita tidak boleh menutup mata dengan berbagai kasus yang terjadi antara pihak pengusaha dengan warga sekitar.

Apabila studi kelayakan bisnis tidak ditempuh, maka problematika sanitasi tidak dibahas dengan lingkungan dan warga sekitar tempat usaha. 

Bagaimana timbal balik antara perusahaan dengan warga tidak berjalan dengan harmonis, sehingga kemudian warga menjadi antipasti, bahkan pada taraf ekstrim mereka melakukan tindak anarkis yang bisa juga membuat kerugian pada usaha kita.

Aspirasi mereka tidaklah diperhatikan karena perusahaan tidak memberikan contoh studi kelayakan bisnis yang sejatinya haruslah dikaji bersama dengan pihak-pihak terkait. Hal ini bertujuan guna menghindari apa yang dinamakan dengan miskomunikasi yang biasa menghinggapi masyarakat kita sebagai pangkal kerusuhan.

Lantas apa sebanarnya yang dimaksud dengan contoh studi kelayakan bisnis itu sendiri? Dan apa  saja yang perlu diperhatikan dalam memberikan studi kelayakan bisnis kepada pihak terkait? Di sini, kita akan sama-sama bahas untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

Berangkat dari apa yang telah diuraikan di atas, maka sejatinya yang dinamakan dengan contoh studi kelayakan bisnis adalah sebuah pemaparan berdasarkan penelitian yang menyakut hal-hal yang bisa ditinjau dari berbagai aspek.

Aspek tersebut, yaitu hukum, sosial, ekonomi, budaya, pasar, pamasaran, teknis, teknologi, manajemen, keuangan, dan berbagai aspek lainnya yang menuntut pembahasan contoh studi kelayakan bisnis yang Anda buat. Jadi, yang menjadi masalah dasar adalah bagaimana menjadi contoh yang akan menjadi naskah yang tidak abadi.

Aspek-Aspek dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Penting dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Setelah memahami apa itu contoh studi kelayakan bisnis, maka di sini Anda juga memperhatikan apa saja aspek yang biasanya diaggap paling penting dalam memberikan ruang tersendiri dalam hal kalayakan bisnis Anda. 

Adapun aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut:

1. Aspek Hukum

Dalam studi kelayakan bisnis yang bisa Anda tuangkan ke dalam sebuah proposal bisnis atau juga presentasi Anda kepada publik, maka aspek legal hukum sangatlah disarankan agar sudah terselesaikan dengan baik.

Dengan kata lain, aspek hukum menjadi sangat vital keberadaannya karena ini menyangkut legalitas yang akan kita lakukan, apakah memang sudah mengantongi izin atau belum.

Biasanya studi kelayakan bisnis pada aspek hukum ini meliputi beberapa hal yang penting juga, di antarannya adalah persoalan izin lokasi, akte pendirian perusahaan dari notaris setempat, jelas bentuk badan hukumnya baik itu PT, CV, atau badan hukum sejenisnya, NPWP atau nomor pokok wajib pajak, surat tanda perusahaan sudah terdaftar, surat izin tempat usaha dari pemda setempat, surat tanda sebagai rekanan dari pemerintah daerah setempat, dan juga SIUP dari pemerintah  setempat juga.

Semua surat menyurat tersebut menjadi sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja karena memang keberadaannya sangat penting dalam menunjang lancarnya perusahaan Anda ke depan. Jadi, aspek hukum menjadi salah satu yang dimasukkan dalam contoh studi kelayakan bisnis yang akan Anda buat nanti.

2. Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya

Pada aspek ini, Anda harus memperhatikan masalaha sosial yang memang akan bersinggungan langsung dengan perusahaan yang Anda buat.

Sepakat atau tidak sepakat, pada faktamya banyak sekali masyarakat yang tidak merasa harmonis dengan pihak pengusaha. Jika ini sudah terjadi dan dibiarkan berlarut-larut, maka ini juga yang akan memicu tindakan berupa kericuhan dan lain sebagainya. 

Imbasnya adalah bagaimana perusahaan kita akan mengalami kerugian, bahkan bisa jadi mengalami kebangkrutan.

Pada aspek ini betapa masyarakat menjadi perhatian yang utama dalam  studi kelayakan bisnis Anda nanti. Pasalnya, Anda sebagai pengusaha menganalisis bagaimana dampak keberadaan usaha Anda di sana, kaitannya dengan masalah sosial, ekonomi, dan juga budaya dan tradisi masyarakat di sekitar perusahaan kita.

Selain menghindari hal-hal yang bisa mengantisipasi pada adanya tindak anarkis, ini juga bisa dijadikan lahan kajian pasar yang bisa dijadikan tolak ukur dalam mengambil kebijakan perusahaan.

Dengan kata lain, jika dilihat dari sisi ekonomi masyarakat, maka dalam contoh studi kelayakan bisnis setidaknya dijabarkan, seberapa besar tingkat pendapatan masyarakat setempat per kapita penduduk, pendapatan nasional yang tertuang dalam upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dan masih banyak lagi.

Sementara dari segi sosial, dalam studi kelayakan bisnis setidaknya dijelaskan apakah memang keberadaan bisnis kita menjadikan warga semakin baik, lalu lintas lancar, komunikasi terjaga, fasilitas listrik dan lainnya bisa terselesaikan, serta bagaimana terkait dengan kemajuan pendidikan masyarakat setempat.

Hal itu bisa Anda gali terlebih dahulu dengan cara melakukan terjun ke lapangan, melakukan wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan kegiatan-kegiatan yang bersifat merekam apa saja aspirasi masyarakat setempat. Dan ini sangat penting dituangkan dalam contoh studi kelayakan bisnis milik Anda.

3. Aspek Pasar dan Pemasarannya

Ini adalah upaya yang mengedepankan seberapa besar peluang usaha kita. Ini tentu bisa dilakukan dengan beberapa cara yang di antaranya adalah melihat jumlah konsumen potensial, konsumen berkeinginan membeli, bagaimana kondisi daya beli, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan yang biasa berlaku pada masa lalu, dan lain sebagainya.

Itu adalah aspek pasar, maka aspek pemasarannya adalah bagaimana strategi yang akan Anda lakukan dalam merangkul sebagian pasar potensial.

Selain dari tiga aspek tersebut, dalam contoh studi kelayakan bisnis, setidaknya juga dijabarkan dengan detail bagaimana aspek teknis dan teknologi, di mana di dalamnya terkait dengan keberadaan lokasi, alat-alat yang digunakan, apakah semua itu sudah sesuai atau belum.

Sementara ada juga yang dikenal dengan aspek manajemen yang memang membahas bagaimana persoalan yang berkait dengan pengelolaan usaha kita.

Selain itu, aspek yang tidak kalah pentingnya dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek keuangan. Di sini dibahas dari sumber dana yang akan diperolah, serta adanya proyeksi atau gambaran yang memuat strategi pengembalian dana tersebut.

Jika Anda masih bingung dengan contoh studi kelayakan bisnis, maka tak ada salahnya Anda belajar manajemen bisnis dengan pakar manajemen dan internet marketing. 

Itulah ulasan artikel terkait dengan Aspek Penting dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis. Semoga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for " Aspek Penting dalam Contoh Studi Kelayakan Bisnis"