Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa langkah Lakukan Budidaya Salak Pondoh

Beberapa langkah Lakukan Budidaya Salak Pondoh

Budidaya salak pondoh sudah banyak menyebar di wilayah Jawa, khususnya di beberapa kota besar yang selalu mempunyai jumlah keinginan salaknya selalu tinggi.

Ya, di sejumlah kota besar, salak pondoh masih tetap dicintai, bahkan juga diperlukan. Walau sebaran budidaya salak pondoh makin meluas, dan harga salak di pasar condong turun, tetapi budidaya salak pondoh yang bagus tetap mendatangkan keuntungan.

Supaya salak pondoh yang Anda budidayakan mempunyai kualitas lebih bagus dibandingkan salak yang lain, ada banyak hal yang perlu Anda lihat. 

Beberapa langkah yang bakal penulis terangkan berikut sebagai beberapa langkah terbaik untuk membudidayakan salak hingga hasilnya akan mempunyai kualitas berlainan dengan salak umumnya.

Penyeleksian dan Penyiapan Tempat untuk Budidaya Salak Pondoh

Salak pondoh akan tumbuh subur dan berproduksi dengan baik pada tempat yang mempunyai ketinggian 400 m dpl. 

Disamping itu, salak akan mempunyai kualitas yang bagus bila ditanamkan pada tanah podzolik dan regosol yang memiliki tekstur geluh lempungan atau geluh pasiran. 

Ingat mekanisme perakaran salak itu dangkal, jadi tanaman salak membutuhkan permukaan air yang dangkal dan memperoleh pengairan selama setahun, baik dari irigasi atau dari curahan hujan.

Berdasar rincian barusan, saat menentukan tempat untuk budidaya salak pondoh, selainnya tanahnya harus penuhi persyaratan, upayakan supaya tempat ada dekat sama sumber air. 

Lantas, ingat-ingatlah jika tanaman salak muda itu membutuhkan lindungan berat, hingga tempat yang diputuskan harus ditanam pohon perlindungan lebih dahulu. Atau bila tidak mungkin, tanaman salak muda juga bisa ditumpangsarikan dengan tanaman lain, seperti mangga, pisang, rambutan, nangka, dan lain-lain.

Bila hal itu tidak Anda penuhi, walau salak akan tumbuh, tetapi hasil kualitasnya tidak optimal. Bila tempat telah disiapkan dan dirasakan telah memnuhi persyaratan, cara setelah itu sediakan bibit. Bibit yang bakal Anda pakai dapat didapat dari petani pebisnis bibit atau diupayakan sendiri.

Penyediaan Bibit Salak Pondoh

Seperti kita kenali, bibit ialah calon tanaman baru yang didapat secara generatif (seksual) atau vegetatif (aseksual), yakni berbentuk semai atau cangkok tunas yang dapat dipindahkantanamkan. Bibit yang bagus akan hasilkan tanaman yang bagus. Demikian pula dengan bibit yang tidak bagus, tanaman yang dibuat akan tidak bagus. 

Berikut cara-cara yang dapat diputuskan untuk proses penyediaan bibit.

1. Penyemaian biji

Biji atau benih bisa ditanamkan langsung pada tempat yang sudah dipersiapkan. Triknya dengan masukkan 2-3 biji per lubang ke tiap lubang yang telah dibikin dan mempunyai kedalaman sekitaran 15 cm. 

Jarak tanam setiap biji yang bagus sekitaran 2,5 x 2 mtr.. Sesudah sekitaran tiga bulan, umumnya semai bisa dipindahkan ke keranjang atau polybag.

2. Pencangkokan

Pencangkokan sebagai langkah penangkaran atau pembiakan tanaman secara vegetatif yang sudah dilakukan dengan pisahkan tunas atau anakan dari pohon induknya. Pencangkokan ini umumnya dilaksanakan pada anakan yang ada pada pangkal tangkai atau yang ada pada puncak lateral, yaitu tunas di ujung tangkai di bawah pangkal daun.

3. Kloning

Langkah penangkaran salak rupanya juga bisa dilaksanakan dengan cloning. Ya, walau termasuk sulit, tetapi langkah ini pernah dilaksanakan oleh AB Hashim dari Malaysian Agricultural Research and Develovment Institute (MARDI). 

Dalam pengkloningan salak, mesida yang dipakai ialah solar. Penulis tidak terlampau mengulas langkah penangkaran ini karena belum demikian populer.

Sesudah penyediaan bibit usai dilaksanakan, tingkatan setelah itu lakukan pemrosesan tempat atau tanah yang bakal dipakai untuk budidaya salak pondoh. Bagaimana caranye? Berikut rinciannya.

Pemrosesan Tanah

Pemrosesan tanah untuk budidaya salak pondoh dilaksanakan dengan mencangkulnya dan membersihkan dari gulma. Seterusnya, tanah yang telah dicangkul dikasih pacak atau ajir sama ukuran 2,5x2 mtr. untuk kepentingan jarak tanam. Jarak 2,5 mtr. ialah jarak antara larikan dan 2 mtr. ialah jarak antara tanaman pada sebuah larikan.

Sejauh larikan, dengan ajir sebagai titik tengahnya dibikin galian sedalam 15 cm dan lebar 100 cm. Tanah galian beberapa ditempatkan di kiri larikan dan beberapa kembali di kanan larikan. Apabila sudah demikian, akan tercipta seperti bilikan setiap segi latikakn. 

Larikan seharusnya dibikin membujur dari timur ke arah barat. Seterusnya, pada setiap titik dengan ajir sebagai titik tengah dibikin lubang tanam sama ukuran 50 x 50 x 50 cm. Lubang tanam didiamkan sepanjang 2-3 minggubaru selanjutnya dilumpukkan kembali.

Di saat penumpukan, tanah pada bagian bawah dibalikkan pada tempat awal, sedang tanah sisi atas dengan tebal lebih kurang 25 cm digabung dengan pupuk organic (kompos atau pupuk kandang) dengan perbedaan 1:1. 

Dengan demikianpada sisa lubang akan tercipta gundukan dengan tinggi 25-30 cm. Gundukan tanah ini tak perlu dipadatkan atau diratakan. Diamkan saja supaya berkurang sendirinya.

Sesudah semua proses dilaksanakan, memiliki arti pemrosesan tempat telah prima. tahap selanjutnya ialah lakukan penanaman bibit. 

Bagaimana triknya? Berikut rinciannya.

Penanaman Bibit

Penanaman bibit dilaksanakan dengan memasukkan tempat tanam yang ada dalam polybag ke gundukan tanah penutup lubang tanam. Pada sisi tengah tanah penutup lubang itu dikeduk kembali hingga didapatkan lubang sebesar polybag yang jadi tempat tanam bibit. 

Saat sebelum bibit ditempatkan ke lubang susunan polybag dipelas lebih dulu dengan menyayat atau menyobek sisi dasar dan sebelahnya. Di saat melepaskan polybag upayakan supaya akarnya janganlah sampai alami kerusakan.

Sesudah proses penanaman usai, cara seterusnya yang perlu Anda kerjakan ialah memberinya perawatan serta pemeliharaan. Bagaimana triknya? Berikut rinciannya.

Perawatan dan Perawatan Salak Pondoh

Untuk memperoleh hasil dengan kualitas optimal, bibit yang telah ditanamkan jangan didiamkan hidup demikian saja. Anda selalu harus memiara dan menjaganya. 

Perawatan serta pemeliharaan salak pondoh ini dilaksanakan dengan seperti berikut.

1. Penyulaman

Penyulaman ini dilaksanakan untuk menukar tanaman yang mati, tanaman yang perubahannya buruk, dan menukar tanaman yang tidak diharapkan atau mungkin tidak berproduksi dengan tanaman baru yang umurnya relatif sama. Penyulaman seharusnya dilaksanakanpada awalnya musim penghujan.

2. Pemupukan

Budidaya salak pondoh sama dengan budidaya tanaman yang lain. Agar bisa tumbuh, berkembang, dan berproduksi dengan baik, tanaman salak pondoh membutuhkan nutrient mineral atau elemen hara yang memenuhi. 

Untuk penuhi nutrient mineral barusan, karena itu tanah perlu dipupuk. Pupuk yang dipakai umumnya pupuk organik dan pupuk anorganik.

3. Penumpukan

Penumpukan dilaksanakan bila ujung tangkai atau atau pangkal daun telah capai permukaan tanah.Tanah yang dipakai untuk menumpuk ialah tanah di samping kanan atau kiri larikan yang awalnya berupa bilikan.

4. Pengairan

Salak pondoh sebagai tanaman yang membutuhkan banyak air. Pengairan seharusnya dilaksanakan setiap waktu. Pengairan ini berperanan pada proses absorbs, taransportasi, dan translokasi nitrien mineral dari dalam tanah ke semua sisi tanaman.

5. Pengawinan

Pengawinan sebagai proses menghadapkan bunga betina dengan bunga jantan buat hasilkan pribadi atau anakan baru. 

Salak pondoh yang tidak dikawinkan, walau sudah berbunga, tidak hasilkan buah atau biji. Langkah pengawinan ini yaitu dengan menempatkan serbuk sari bunga jantan di kepala putik bunga betina.

6. Pemotongan

Pemotongan ini dilaksanakan untuk kurangi jumlah daun, buang tunas atau anakan pada pangkal tangkai, buang tersisa pelepah daun, dan yang lain. Maksudnya supaya pohon verproduksi dengan optimal.

7. Pengaturan hama dan penyakit

Tidak kecuali pada budidaya salak pondoh, hama dan penyakit selalu serang tanaman apa saja. Oleh karenanya, Anda harus rajin2 mengontrol hama dan penyakit dengan menyemprot cairan insektisida atau pestisida.

Nach, itu beberapa poin utama yang perlu dilaksanakan saat Anda melakukan budidaya salak pondoh. Bila beberapa langkah itu telah dilaksanakan, karena itu cara seterusnya hanya tinggal menanti hasil panen yang optimal.

Post a Comment for " Beberapa langkah Lakukan Budidaya Salak Pondoh"