Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pengurangan Biaya? Keuntungan dan Kerugiannya

Apa itu Pengurangan Biaya? Keuntungan dan Kerugiannya

Ini dapat dilihat sebagai strategi di mana perusahaan, bukan karena kebutuhan, tetapi karena keinginan semata, yaitu untuk dapat melakukan Pengurangan Biaya. 

Tidak seperti Pemotongan Biaya, di mana perusahaan harus menggunakan strategi tersebut sebagai upaya terakhir, Pengurangan Biaya dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan persentase keuntungan. 

Pemotongan Biaya adalah sesuatu yang perusahaan alami dengan enggan dengan sebagian besar tindakan yang keras sementara perusahaan dapat menjalani dengan sukarela dalam kasus Pengurangan Biaya. Teknik pengurangan biaya bisa lebih atau kurang positif daripada negatif.

Arti Pengurangan Biaya

Pengurangan biaya adalah proses berkelanjutan dari pemeriksaan biaya kritis, analisis, dan tantangan standar. Dalam hal ini setiap aspek bisnis seperti produk, proses, prosedur, metode, organisasi, personel, dll., diperiksa secara kritis dan ditinjau dengan pandangan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dan mengurangi biaya.

Pengurangan biaya pada pronsipnya adalah pencapaian pengurangan biaya unit produk yang nyata dan permanen terhadap barang yang diproduksi. Oleh karena itu terus berupaya untuk mencapai penghematan asli dalam biaya produksi, distribusi, penjualan dan administrasi. 

8 Cara Untuk Mencapai Pengurangan Biaya

Pengurangan biaya dapat dicapai dengan cara-cara berikut:
  • Minimalisasi/penghapusan limbah.
  • Meningkatkan produktivitas tenaga kerja.
  • Pembelian bahan baku yang lebih efisien.
  • Tawar-menawar yang lebih baik pada elemen biaya lainnya.
  • Mengadopsi Kuantitas Pesanan Ekonomi untuk pembelian.
  • Perencanaan dan pengendalian Produksi.
  • Mekanisasi dan otomatisasi prosedur dan proses.
  • Adopsi Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP), jika memungkinkan.

Ada beberapa aturan dasar dalam Pengurangan Biaya, antara lain :

  • Pengurangan biaya harus melibatkan pengurangan dan tidak memotong sepenuhnya biaya
  • Pengurangan tidak boleh mempengaruhi proses dan kualitas produk
  • Proses manufaktur dapat diimprovisasi tanpa mempengaruhi kualitas atau sifat
  • produk Fitur produk atau jasa dapat dimodifikasi tanpa mempengaruhi kualitas dari produk.
  • Pengurangan biaya tidak boleh diterapkan sebagai proses jangka pendek dan lebih baik diterapkan sebagai solusi jangka panjang

Pengurangan Biaya vs Pemotongan Biaya

Pengurangan seperti yang tersirat dalam istilah, adalah tentang mengurangi peningkatan biaya – mungkin dalam cara yang positif atau negatif pada kali tetapi Pemotongan Biaya sama dengan saat-saat putus asa dan langkah-langkah putus asa oleh perusahaan.

Teknik Pengurangan Biaya melibatkan strategi untuk mengangkat perusahaan dan membantu perusahaan untuk tumbuh sementara pemotongan biaya melibatkan strategi yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Pengurangan Biaya dilakukan sebagai strategi ekspansi atau strategi pertumbuhan sementara Pemotongan Biaya adalah sinyal merah yang melambangkan ketidakstabilan di perusahaan.

Strategi Pengurangan Biaya 

Meskipun banyak strategi Pengurangan Biaya dan Pemotongan Biaya yang sama, setiap teknik Pemotongan Biaya tidak berlaku untuk Pengurangan Biaya. 

Berikut adalah beberapa Strategi Pengurangan Biaya, yaitu:

1) Modifikasi sumber

Tidak seperti Pemotongan Biaya, waktu bukanlah kendala dalam Pengurangan Biaya dan karenanya perusahaan mencoba mengubah sumber daya dan pengadaan sumber. Hal ini dapat beralih ke alternatif yang lebih murah atau sumber dari produk lokal. 

Modifikasi sumber dilakukan untuk mengurangi biaya jangka panjang dan alih-alih terikat dengan satu pemasok, perusahaan mengganti pemasok dari waktu ke waktu untuk keuntungan biaya

2) Proses improvisasi

Banyak perusahaan dapat menggabungkan proses yang mungkin menghabiskan banyak biaya yang dapat dihindari. Proses improvisasi untuk menghilangkan biaya juga bisa menjadi strategi pengurangan biaya. 

Sedikit modifikasi dalam proses manufaktur, seperti menghindari pemborosan, proses pengelolaan limbah, atau opsi ramah lingkungan dapat membantu menghemat biaya dalam jangka panjang.

3) Jenis peralatan hemat energi

Kantor perusahaan menggunakan banyak energi dan ini dapat meningkatkan biaya bagi perusahaan. Itu selalu dapat bekerja pada peralatan hemat energi atau melanjutkan dengan sumber energi alternatif yang akan menghemat biaya dalam jangka panjang. 

Printer kantor, alat tulis selalu dapat diganti dengan alternatif hemat biaya seperti menggunakan salinan digital, yang tidak hanya menghemat kertas tetapi juga menghemat listrik.

4) Proses perekrutan

Seorang profesional yang berpengalaman akan selalu menuntut gaji yang lebih tinggi sementara yang lebih segar atau magang akan melanjutkan dengan kompensasi yang lebih rendah. 

Di baseline dan frontline, tidak akan ada kebutuhan untuk karyawan yang berpengalaman dan sebaliknya, perusahaan dapat memperkuat tim pelatihan dan pengembangannya untuk melatih lebih segar lebih baik. 

Hal ini juga memberikan kesempatan yang lebih segar dan eksposur industri dan perusahaan menghemat banyak pada remunerasi.

5) Pengurangan Biaya

Strategi lain adalah mengurangi pengeluaran yang pada gilirannya mengurangi biaya. Misalnya, menggunakan konferensi video alih-alih perjalanan akan menurunkan biaya perjalanan per departemen secara signifikan karena biaya konferensi video dapat diabaikan dibandingkan dengan biaya perjalanan. 

Membuat perubahan dalam kebijakan perjalanan untuk mengurangi biaya atau mempromosikan carpooling untuk perjalanan kerja menurunkan biaya per kepala.

6) Alternatif Produk

Untuk menarik segmen pendapatan yang berbeda dari populasi, perusahaan juga dapat merancang alternatif produk yang ekonomis, sehingga menghemat biaya dan menghasilkan keuntungan massal dengan bisnis massal. 

Namun, harus diperhatikan bahwa kualitas produk tidak dikorbankan saat mengembangkan alternatif ekonomi alternatif.

Keuntungan Pengurangan Biaya :

a. Keuntungan

Garis dasar pengurangan biaya meningkatkan margin keuntungan yang merupakan keuntungan yang paling dicari. Perusahaan mau atau tidak mau melakukan pengurangan biaya untuk meningkatkan keuntungan yang akan digunakan untuk berinvestasi di bisnis lain.

b. Produktivitas

Pada tingkat tertentu, pengurangan biaya meningkatkan produktivitas karena karyawan yang telah lama berada di zona nyaman mendapatkan sinyal bahwa perusahaan masuk ke manajemen mikro dan saat ini akan diproses tetapi ke depan bisa juga manajemen mikro karyawan.

c. Meningkatkan Standar

Pengurangan Biaya membantu dalam meningkatkan standar proses karena proses improvisasi mempengaruhi sifat kerja proses saat ini yang meningkatkan standar pembentukan produk.

Kekurangan Pengurangan Biaya :

Meskipun pengurangan biaya merupakan langkah positif menuju pengembangan dan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang, hal itu dapat menyebabkan getaran negatif di seluruh perusahaan dan di antara karyawan. 

Karyawan dapat salah mengiranya sebagai pemotongan biaya dan mengirimkan alarm panik ke seluruh perusahaan.

Terkadang Pengurangan Biaya melibatkan perubahan proses dan tidak setiap kali perubahan itu baik. Perubahan terkadang bisa berbahaya dan menyebabkan kerugian tambahan alih-alih keuntungan dan peningkatan. 

Misalnya, model anggaran iPhone, 5C gagal di pasar sementara mitranya 5S menjadi hit. Itu tergantung pada bagaimana perusahaan memproyeksikan pengurangan biaya kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal.

Beberapa langkah dalam pengurangan biaya melibatkan pemasangan komponen satu kali seperti panel surya atau peralatan hijau atau peralatan hemat cahaya otomatis. 

Memasang ini akan mengurangi biaya jangka panjang tetapi akan meningkatkan biaya satu kali yang mungkin tidak sesuai dengan setiap perusahaan.

Kadang-kadang, mungkin terjadi bahwa sementara berfokus pada Pengurangan Biaya, kualitas produk dapat dikorbankan dan pada gilirannya mempengaruhi visi jangka panjang perusahaan dengan mengurangi nilai merek. 

Pengurangan biaya adalah pedang bermata dua yang harus ditangani dengan hati-hati. Jika dilakukan dengan baik, itu bisa meningkatkan keuntungan tanpa mempengaruhi hal-hal besar sementara jika bekerja dengan tidak benar, itu bisa menjadi bumerang dan gagal total.

Post a Comment for " Apa itu Pengurangan Biaya? Keuntungan dan Kerugiannya"