Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Business Process Management

 

Business Process Management

Business Process Management

Proses bisnis perusahaan Anda dan kinerjanya sangat terkait erat dengan pelanggan Anda. Pemodelan dan analisis proses bisnis memungkinkan organisasi Anda untuk berkembang, meningkatkan efisiensi dan kualitas kerjanya. Mengelola proses fundamental organisasi secara efektif adalah kunci sukses.

Apa itu Manajemen Proses?

Proses bisnis adalah sekumpulan tindakan dan aturan yang menambah nilai tambah pada produk atau layanan akhir dan bertujuan untuk menciptakan atau meningkatkan produk atau layanan akhir, yang diminati oleh pelanggan internal (perusahaan) atau eksternal. 

Proses bisnis biasanya ditentukan berdasarkan pada kebutuhan pelanggan. Sangat penting untuk memastikan bahwa proses tersebut berjalan dengan lancar, yang pada gilirannya akan memungkinkan organisasi untuk menambah nilai dan memaksimalkan kegunaan dan nilai produk dan layanan bagi pelanggannya sendiri. 

Mengelola proses kunci secara efektif dalam suatu organisasi adalah kunci kesuksesan. Mengelola proses bukanlah tugas yang mudah seperti yang terlihat di awal, karena proses tidak dapat ada secara terpisah dan terkait erat satu sama lain.

Business Process Management meliputi hal - hal sebagai berikut:

1. Akuisisi

Penyediaan bahan dan peralatan untuk produksi barang atau pembentukan jasa.

2. Penciptaan / peningkatan

Menciptakan (atau meningkatkan) produksi barang baru atau pembentukan layanan baru untuk pelanggan Anda.

3. Manufaktur

Penciptaan barang atau jasa.

4. Pengiriman

Menerima pesanan dari pelanggan dan memastikan bahwa pesanan tersebut dipenuhi.

5. Distribusi

Menjamin kelancaran distribusi barang atau jasa kepada pelanggan.

6. Dukungan Pelanggan

Memberikan dukungan pelanggan setelah mereka membeli produk atau layanan Anda.

Proses Anda harus selalu dalam kondisi "bekerja" setiap saat. Untuk memastikan pengembangan dan peningkatan proses yang berkelanjutan dan berhasil, persyaratan berikut harus dipenuhi:

  • Tujuan harus jelas dan dapat dicapai.
  • Perlu dikembangkan cara untuk melibatkan manajemen dan bawahan dalam proses bisnis.
  • Staf Anda adalah sumber informasi yang berharga. Keterlibatan staf dalam proses bisnis sangat membantu mewujudkan perubahan yang diusulkan.

Membangun model proses bisnis memungkinkan Anda menyelesaikan banyak masalah tersembunyi dari model organisasi fungsional tradisional. 

Model proses bisnis dikembangkan sehingga semua orang yang terlibat dapat melihat keseluruhan proses bisnis secara keseluruhan, dan semua orang, pada saat yang sama, melihat perannya di dalamnya. 

Membangun model seperti itu membutuhkan interaksi semua pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa semua pengetahuan yang tersedia digunakan dalam model. Model proses bisnis dapat terdiri dari aktivitas, langkah, fungsi, informasi, dan sumber daya tertentu. 

Model tersebut juga dapat berisi catatan tentang potensi masalah dalam proses bisnis, ide untuk perbaikan, dan komentar lainnya.

Dokumentasi kualitas adalah bagian penting dari manajemen proses bisnis. Mendokumentasikan semua proses di perusahaan Anda memfasilitasi komunikasi yang efektif di semua tingkat organisasi. 

Dokumentasi harus berisi semua perubahan terbaru dan dapat diakses oleh mereka yang terlibat dalam proses tersebut. Dokumentasi sering diakses melalui portal perusahaan (intranet).

Manfaat / Keuntungan

Poin utama dari organisasi yang berorientasi pada proses adalah bahwa terdapat gambaran yang jelas tentang segala sesuatu yang terjadi di dalam organisasi, dengan semua masalah dan kemacetan yang ada yang dapat luput dari perhatian dalam organisasi tipikal yang tampaknya menjalankan fungsinya secara normal.

Manajemen proses juga membantu dalam:

  • Mengurangi penundaan waktu
  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya
  • Mengurangi biaya keuangan
  • Meningkatkan efisiensi organisasi
  • Meningkatkan kualitas keseluruhan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dan karyawan

Orientasi proses organisasi memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuan akhir dan kinerja organisasi, dan peran karyawan. 

Tetapi yang paling penting adalah memahami bahwa proses dan hasilnya adalah hubungan nyata dengan pelanggan Anda. Proses bukan hanya fungsi individual organisasi Anda. 

Pemodelan dan analisis proses memungkinkan Anda mengembangkan organisasi, meningkatkan efisiensi, dan kualitas kerjanya.

Post a Comment for " Business Process Management"