Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Aturan Pemasaran Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui

 

9 Aturan Pemasaran Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui - Sebagai sebuah strategi pemasaran secara online, maka kini metode pemasaran afiliasi semakin populer terutama karena pengaruh yang dimilikinya untuk mendorong penjualan produk.

Faktanya, pemasaran afiliasi telah mendorong lebih dari 16% pesanan e-commerce di Amerika Serikat. Berdasarkan studi ini, lebih dari 80% peserta memasukkan pemasaran afiliasi dalam keseluruhan strategi pemasaran online mereka.

Pemasaran afiliasi adalah metode yang telah terbukti menguntungkan, baik bagi pedagang itu sendiri maupun afiliasi, dan memberi mereka banyak peluang untuk memonetisasi kehadiran online mereka dengan menggunakan tautan afiliasi sebagai alat utama mereka.

Sebelum kita mulai, berikut ini adalah ikhtisar singkat tentang cara kerja program afiliasi, yaitu:
  • Ada dua pihak yang terlibat yakni pedagang dan afiliasi. 
  • Pedagang menyediakan produk dan menawarkan komisi berdasarkan tujuan tertentu, dan biasanya ini adalah penjualan produk yang sebenarnya. Afiliasi, di sisi lain, mempromosikan produk tersebut menggunakan strategi dan audiens iklan mereka sendiri. Penjualan dilacak, dan ketika pengunjung melakukan pembelian, itu diakreditasi ke afiliasi individu yang mengarahkan lalu lintas yang menghasilkan penjualan. Ini adalah cara afiliasi mendapatkan komisi.
Bagi Anda yang menjalankan bisnis e-commerce dengan produk iklan yang Anda butuhkan, atau Anda menawarkan perangkat lunak untuk perusahaan lain, mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran afiliasi adalah cara yang pasti untuk membantu Anda menjelajahi peluang untuk meningkatkan penghasilan Anda. 

Dan berikut ini adalah 9 Aturan Pemasaran Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui, antara lain:

1. Memiliki Blueprint Untuk Membantu Mencapai Tujuan Anda

Cara terbaik untuk memastikan strategi Anda telah dikembangkan sesuai dengan ide Anda adalah dengan memiliki sebuah perencanaan. Rencana ini harus menyoroti tujuan utama yang ingin Anda capai dengan pemasaran afiliasi. Anda juga harus mendokumentasikan strategi pemasaran afiliasi Anda bersama dengan hasil yang Anda capai dalam setiap langkahnya.

Menjadi pedagang berarti Anda membutuhkan dokumentasi ini sebagai referensi. Anda akan menggunakannya untuk membuat program afiliasi, mengelola afiliasi, dan mengevaluasi kinerja mereka. Ini akan membantu Anda mengetahui seberapa efektif strategi Anda dan melihat barangkali ada cara lain untuk meningkatkan program afiliasi Anda.

Intinya adalah, Anda akan menggunakan informasi tersebut untuk membuat strategi Anda menjadi lebih baik di masa depan. Kita semua belajar dari waktu ke waktu dan meningkatkan pendekatan kita. Sebagai pedagang, Anda juga perlu mengembangkan strategi Anda dan mengoptimalkannya berdasarkan praktik yang memberikan hasil yang baik.

2. Jadilah Transparan Terkait Program Anda Untuk Menarik Potensi Afiliasi 

Salah satu tujuan utama dari setiap pedagang adalah untuk mempromosikan program afiliasi dan mendorong afiliasi untuk bergabung. Untuk mencapai tujuan ini, maka mulailah dengan memberikan informasi yang akurat dan rinci tentang program Anda.

Ingatlah hal penting ini. Berdasarkan halaman tunggal ini, sebagian besar afiliasi akan memutuskan apakah mereka harus bergabung atau tidak. Karenanya, halaman ini memiliki peran penting dalam keberhasilan program periklanan Anda. Halaman yang menyajikan Anda kebutuhan program afiliasi dibagi menjadi sebagai berikut:
  • Engaging
  • Informatif
  • Optimized
Ketiga hal ini harus menyoroti manfaat dari mengikuti program ini dan apa yang membuat program Anda yang unik. CTA yang mengundang afiliasi untuk bergabung harus ditampilkan secara mencolok, dan biasanya lebih dari sekali. Gunakan elemen visual dan tata letak kustom halaman. Terakhir, pastikan halaman dimuat dengan cepat dan ditampilkan dengan benar di semua perangkat (dekstop maupun mobile).

Adalah sangat membantu untuk memikirkan tentang merancang halaman ini sebagai halaman arahan khusus untuk afiliasi. Contoh-contoh ini dapat membantu Anda mendapatkan beberapa ide, meskipun tidak secara khusus dirancang untuk program afiliasi, mereka harus membantu membuat halaman arahan yang menarik dan konversi tinggi yang merupakan tujuan Anda.

3. Hubungan Adalah Investasi Yang Berbayar

Dalam pemasaran afiliasi, Anda akan segera menyadari bahwa hubungan dan komunikasi adalah sesuatu yang harus Anda investasikan untuk mencapai hasil yang optimal.

Tujuan utama pedagang adalah bekerja dengan afiliasi yang dapat meningkatkan volume lalu lintas situs web dan dengan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan online. Untuk memastikan Anda dapat menarik dan mempertahankan loyalitas afiliasi, maka Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan mereka. Idealnya, gunakan alat pemasaran email untuk membantu Anda menyiapkan serangkaian kampanye email untuk mereka.

Adapun tujuan dari menjaga hubungan tersebut adalah:
  • Memperkenalkan program kepada afiliasi
  • Cari tahu lebih lanjut tentang strategi mereka untuk mempromosikan bisnis Anda
  • Mampu memantau kemajuan mereka (dan mendeteksi potensi pelanggaran istilah)
  • Kirim materi konten yang bermanfaat, deskripsi produk, dan file media yang dapat membantu upaya promosi mereka
  • Memberikan umpan balik tentang kinerja mereka

4. Lakukan Pemilihan Afiliasi Secara Hati - Hati

Mereka dapat membantu pertumbuhan program afiliasi Anda, namun disisi lain, afiliasi juga dapat sangat merugikan upaya Anda. Saat Anda menerima pengguna ke dalam program afiliasi, Anda memberi mereka izin untuk mempromosikan bisnis Anda. Ini berarti mereka akan menulis tentang produk Anda, menyebutkan nama merek Anda, dan tentu saja, menautkan kembali ke situs web Anda. 

Dengan cara ini, mereka mengirim lalu lintas ke situs web Anda, dengan harapan mereka akan mendapatkan komisi berdasarkan penjualan yang diselesaikan oleh pengunjung tersebut.

Pikirkan tentang ini sekarang. Apakah Anda benar-benar ingin situs web atau blog apa pun kembali ditautkan ke Anda? Apakah Anda ingin melihat nama merek Anda disebutkan di samping konten berisi spam? Membangun reputasi di dunia online sangatlah sulit dan memakan waktu. Anda tidak ingin membahayakan usaha Anda dengan bekerja sama dengan afiliasi yang tidak memberikan kualitas. Oleh karenanya, ekstra hati-hati saat menerima afiliasi sangatlah penting.

Sebagai permulaan, pedagang membutuhkan afiliasi untuk mengisi formulir aplikasi. Di sinilah Anda akan mengetahui lebih banyak tentang afiliasi potensial, termasuk mendapatkan detail di situs web atau blog mereka, perusahaan (jika mereka memilikinya), dan sebagainya. Gunakan info ini untuk meneliti afiliasi sebelum menyetujui aplikasi mereka.

Langkah selanjutnya adalah pemantauan. Meskipun Anda telah menerima afiliasi dalam program ini, bukan berarti pekerjaan Anda sudah selesai. Untuk semua yang Anda ketahui, dalam beberapa bulan, situs web mereka dapat sepenuhnya didesain ulang, berganti pemilik, dan sebagainya. Memantau afiliasi Anda saat ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan semua orang bermain sesuai aturan. 

5. Persyaratan Layanan Dokumen Wajib 

Persyaratan layanan adalah dokumen yang menjelaskan program afiliasi Anda, aturan mengenai penerimaan afiliasi, jenis strategi yang boleh mereka gunakan, dan sebagainya. Tujuan utama dari adanya dokumen ini adalah untuk melindungi Anda, bisnis dan legitimasi program afiliasi Anda.

Buat persyaratan layanan sebelum Anda meluncurkan program afiliasi secara resmi. Setiap afiliasi yang tertarik untuk bergabung harus menerima persyaratan ini untuk menjadi peserta. Dengan cara ini Anda dapat mengatur tindakan afiliasi.

Jika Anda melihat adanya penggunaan teknik atau strategi promosi yang tidak sah, Anda dapat segera merujuk ke dokumen ini dan menerapkan langkah-langkah untuk mencegah perilaku ini. Terkadang, Anda dapat memberi tahu mereka terlebih dahulu bahwa suatu aktivitas melanggar persyaratan layanan. 

Ingatlah bahwa kebanyakan orang yang menerima istilah tersebut tidak membaca dokumen ini secara lengkap. Solusi lainnya adalah dengan melarang sepenuhnya afiliasi dari program karena melanggar ketentuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada bisnis dan reputasi Anda.

6. Tawarkan Bantuan Kepada Peserta Afiliasi 

Aturan lain untuk program afiliasi yang sukses adalah peserta harus dapat menghubungi Anda. Banyak alat online yang akan membantu Anda mengotomatiskan sebagian besar pekerjaan Anda sebagai pedagang. 

Anda bisa mengotomatiskan berdasarkan urutan email, atau Anda akan menggunakan perangkat lunak untuk melacak klik dan menetapkan komisi. Anda bahkan dapat menggunakan alat untuk menerima afiliasi yang melamar secara otomatis.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat mengatur semuanya dengan auto-pilot dan menghilang. Membantu afiliasi secara pribadi dalam beberapa kasus akan membantu Anda memperkuat hubungan Anda dengan mereka dan meningkatkan kredibilitas Anda. 

Tujuan umum Anda adalah untuk mempromosikan produk Anda, itulah sebabnya menawarkan bantuan kepada afiliasi sebenarnya berarti Anda akan membantu promosi bisnis Anda sendiri.

Berikut adalah cara yang dapat membantu Anda sebagai pedagang, antara lain:
  • Berikan detail kontak untuk afiliasi yang perlu menghubungi Anda jika terjadi sesuatu yang tidak biasa.
  • Tawarkan saran tentang strategi promosi mana yang dapat mereka gunakan.
  • Beri mereka akses ke materi yang dapat mereka gunakan dalam promosi (gambar , grafik, teks, dan sebagainya).
  • Dorong mereka untuk menjadi kreatif saat merancang konten yang akan menampilkan tautan afiliasi.
  • Sarankan agar mereka menggunakan pendekatan yang paling menarik bagi kelompok sasaran mereka
  • Bagikan kisah sukses dari afiliasi lain dalam program Anda yang dapat membantu.
  • Kirim umpan balik tentang kinerja mereka sehingga mereka dapat mengetahui strategi dan jenis promosi mana yang paling berhasil.

7. Kualitas Dan Relevansi Produk 

Jika Anda ingin sukses dalam pemasaran afiliasi, maka aturan terpenting adalah produk Anda harus memenuhi standar kualitas. Jika tidak, semua upaya Anda akan sia-sia. Begitu pelanggan mengetahui bahwa Anda mempromosikan produk dengan kualitas rendah atau produk yang tidak relevan, maka dapat doipastikan bahwa reputasi Anda akan segera berakhir.

Ada banyak "sampah" online. Jika produk Anda berkualitas rendah, Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan. Selain itu, Anda akan kesulitan menarik afiliasi yang tertarik untuk mempromosikan produk semacam itu.

Promosi afiliasi didasarkan pada hubungan mereka dengan kelompok sasaran yang menjadi target mereka. Mereka memilih untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka anggap berharga. Mereka juga tahu bahwa mereka dapat mempengaruhi audiens mereka dengan rekomendasi semacam ini, karena reputasi mereka. 

Meskipun keuntungan menjadi motif untuk mengikuti program afiliasi, afiliasi menyadari bahwa reputasi mereka adalah aset paling berharga yang mereka miliki. Jika ingin menjaga reputasi tersebut tetap utuh, mereka perlu mempromosikan produk yang benar-benar mereka percayai.

Selain itu, produk yang mereka pilih untuk dipromosikan harus relevan dengan kelompok sasaran yang menjadi target mereka. Jika tidak, mereka tidak akan berhasil mengubah pengikut mereka menjadi pelanggan Anda.

8. Penipuan Pemasaran Afiliasi 

Kemungkinan reputasi buruk seputar pemasaran afiliasi biasanya disebabkan oleh serangkaian penipuan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Baik pedagang maupun afiliasinya dapat menggunakan metode tidak sah tersebut untuk meningkatkan kinerja mereka.

Cakupan penipuan di antara afiliasi jauh lebih besar. Mulai dari pengemasan merek dagang hingga isian kue, afiliasi menggunakan banyak taktik hingga pada dasarnya, memalsukan kinerja identik dengan mereka. Mereka menggunakan penipuan untuk mendapatkan komisi saat mereka tidak berhak mendapatkannya.

Pedagang dapat mendeteksi beberapa penipuan dengan menjelajahi analitik situs atau melalui komunikasi reguler dengan afiliasi. Ini adalah alasan lain mengapa pemantauan rutin program afiliasi dan statistiknya sangat penting. Anda perlu memastikan bahwa setiap orang diberi penghargaan atas upaya mereka. Anda tidak ingin membayar untuk kinerja palsu. Alih-alih melihat keuntungan dari program, hal ini bahkan dapat menurunkan bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda membayar komisi per prospek, Anda akan membayar komisi di muka, sebelum penjualan selesai. Namun, jika petunjuk ini ternyata palsu, ini berarti Anda membayar tanpa mendapatkan nilai. 

Dengan strategi perolehan prospek, Anda tidak akan dapat mengonversi semua orang, tetapi jika afiliasi terus-menerus merujuk prospek yang sebenarnya bukanlah sebuah prospek yang real (nyata), maka Anda mungkin akan membayar lebih banyak untuk sesuatu yang tidak memiliki nilai nyata.

9. Memahami Pemasaran Online Secara Menyeluruh 

Akhirnya, Anda perlu mengingat bahwa pemasaran afiliasi adalah bagian dari pemasaran online. Ini harus dikombinasikan dengan semua upaya Anda yang lain untuk meningkatkan kinerja.

Sebagai pedagang, Anda perlu memahami bahwa afiliasi akan menggunakan banyak strategi berbeda untuk mempromosikan produk Anda. Kebanyakan dari mereka akan menggunakan blognya sebagai aset utama untuk menjangkau pengguna secara online. 

Karena sebagian besar blogger berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui buletin mereka, menggunakan pemasaran email adalah strategi lain bagi afiliasi untuk mempromosikan tautan afiliasi. Strategi lain termasuk pemasaran media sosial, iklan mesin pencari, dan sebagainya.

Memiliki afiliasi melakukan promosi ini untuk Anda dan menjangkau audiens mereka adalah potensi besar bagi pedagang untuk menjangkau pelanggan baru. Akan sangat membantu untuk mengetahui strategi mana yang bekerja paling baik dan sejauh mana mereka berkontribusi untuk mencapai konversi yang diinginkan.

Berikut adalah cara memahami strategi yang akan digunakan untuk promosi dalam rangka membantu Anda dengan:
  • Membuat konten untuk digunakan afiliasi dalam promosi mereka (misalnya: deskripsi produk, grafik dengan ukuran berbeda untuk setiap jejaring sosial, dansebagainya).
  • Menentukan strategi yang Anda inginkan untuk mengizinkan atau melarang (strategi yang paling sering dilarang adalah periklanan mesin telusur).
  • Menggunakan tag tautan yang berbeda untuk kampanye yang berbeda untuk memantau kinerja masing-masing dari mereka.
  • Memilih afiliasi yang relevan di masa mendatang (misalnya, jika afiliasi melamar dengan proposal untuk mempromosikan produk Anda di media sosial secara eksklusif, Anda mungkin tidak ingin menerima aplikasi ini jika statistik Anda menunjukkan bahwa promosi semacam ini menunjukkan kinerja yang buruk).

KESIMPULAN

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa program afiliasi yang sukses adalah sama dengan pertumbuhan penjualan dan peningkatan keuntungan. Karena bisnis yang berkembang selalu menjadi tujuan utama, maka pertimbangkan program afiliasi sebagai alat lain untuk membantu Anda mencapainya. 

Semakin sukses program afiliasi Anda, semakin banyak pengguna online yang akan Anda jangkau, meningkatkan penjualan, basis pelanggan, dan menyebarkan berita yang baik tentang merek Anda di sepanjang jalan. 

Gunakan aturan di atas untuk mengoptimalkan program afiliasi Anda, sehingga Anda dapat memaksimalkan potensinya dan memanfaatkan peluang yang diberikannya.

referensi : https://www.emarketinginstitute.org/

Post a Comment for " 9 Aturan Pemasaran Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui"