Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Alasan Mengapa Persaingan Bagus Untuk Perkembangan Bisnis

 

6 Alasan Mengapa Persaingan Bagus Untuk Perkembangan Bisnis
credit:freepik.com

6 Alasan Mengapa Persaingan Bagus Untuk Perkembangan Bisnis - Kebanyakan dari kita merasa lelah dengan persaingan bisnis saat ini.  Hal itu terutama karena dapat menghilangkan bisnis dari kita. Tapi secara keseluruhan, akan ada banyak sekali peluang dan keuntungan dari persaingan tersebut.

Puluhan tahun yang lalu, di era produksi tradisional dimana perusahaan hanya memproduksi material dan kurang berkonsentrasi pada penjualan atau pembedanya. Namun semua itu telah berubah karena adanya persaingan dalam bisnis.

Pernah Anda memperhatikan bahwa kebanyakan orang merasa cukup bosan dengan layanan pemerintah dan birokrasi? Tahukah Anda mengapa mereka merasa demikian? Itu karena pemerintah tidak memiliki persaingan. Karena tidak ada persaingan, rasa puas diri dan ketidakefisienan akan segera terjadi. 

Alih-alih menggeneralisasi konsep, mari kita selami lebih dalam mengapa persaingan itu baik untuk bisnis Anda.

1. Kesadaran Dan Penetrasi Pasar 

Semakin banyak persaingan, maka akan semakin banyak kesadaran akan produk. Pada suatu saat, air mineral atau air kemasan tidak akan lagi diminati oleh masyarakat. Namun, meski penting, permintaan akan terus meningkat ketika ada banyak produsen air minum dalam kemasan yang bermunculan.

Semakin banyak pemain, akan semakin banyak kompetisi, dan akan semakin banyak kesadaran yang tercipta. Hal ini akhirnya mengakibatkan kebanyakan orang lebih memilih air kemasan daripada air biasa, meskipun air normal di wilayah tersebut baik.

Ketika persaingan meningkat, hal itu mendorong ide sedemikian rupa sehingga ide tersebut dapat ditangkap, dan produk kemudian menerima penerimaan yang lebih baik di pasar. Televisi digital adalah salah satu ide seperti itu dan begitu pula jejaring sosial. 

Pada masa ketika Myspace masih berjaya, hanya ada sedikit pesaing. Tapi hari ini, selain Facebook orang telah menggunakan Instagram, Pinterest, Snapchat, dan berbagai platform media sosial lainnya.

Semakin banyak persaingan, semakin banyak kesadaran akan produk, yang merupakan salah satu keunggulan utama persaingan.

2. Kualitas Lebih Tinggi Dengan Harga Yang Sama 

Jika Anda melihat pasar AC (Air Coditioner), Anda akan menemukan bahwa Anda mendapatkan kualitas produk yang sangat baik dengan harga yang dibayarkan. 

Beberapa dekade yang lalu, orang-orang membayar mahal untuk AC (setidaknya di negara-negara Asia) dan margin ke dealer dan distributor tinggi karena hanya ada sedikit pemain terpilih untuk pasar AC. Saat persaingan meningkat, maka harga akan turun. Ketika harga turun, orang mendapatkan produk berkualitas baik dengan harga lebih murah.

Inilah mengapa persaingan baik untuk bisnis. Ini mempertahankan kualitas tinggi bahkan dengan harga lebih rendah. Intinya terpengaruh, tetapi konsumsi meningkat. Yang merupakan poin ketiga dari artikel ini.

3. Konsumsi Meningkat 

Seperti disebutkan dalam kedua contoh di atas, Air kemasan dan pendingin udara, konsumsi produk secara keseluruhan meningkat karena meningkatnya pesaing. Ini karena penetrasinya lebih tinggi, kualitasnya lebih baik dan yang terpenting, orang mampu membeli dengan harga bersaing.

Salah satu dasar penetapan harga adalah penetapan harga yang kompetitif, di mana pemain menetapkan harga suatu produk berdasarkan penetapan harga pesaing. Di mana pun harga tersebut digunakan, Anda akan menemukan bahwa pasar memiliki tingkat konsumsi yang sangat besar, dan satu dolar di sana-sini membuat perbedaan besar pada keuntungannya. 

Manfaat persaingan terletak pada kenyataan bahwa orang-orang lebih menerima dan lebih siap untuk membeli suatu produk jika itu menjadi norma sosial.

4. Diferensiasi 

Setelah Anda memiliki persaingan, para pemain kemudian mencoba untuk membedakan diri satu sama lain. Ini mengarah pada pengembangan produk yang lebih baik, peningkatan produk yang lebih cepat, serta inovasi produk. Secara keseluruhan, ini meningkatkan ukuran pasar secara signifikan.

Ini adalah efek yang sama yang diamati di pasar Seluler dan Ponsel Cerdas. Pada tahun 1990 lalu, hanya sedikit orang yang memiliki telepon seluler. Tetapi ketika produk tersebut mulai berkembang (berkat Nokia), maka tingkat penetrasi pasar terus meningkat.

Kemudian Apple membedakan dirinya dengan meluncurkan ponsel sentuh seperti ponsel Iphone yang merupakan lini teratas. Iphone menciptakan permintaan besar di pasar ponsel pintar dan pasar ini kemudian ditangkap oleh Samsung. 

Samsung sangat berkonsentrasi pada diferensiasi dan peningkatan produk, dan terus menambahkan produk baru setiap bulan ke portofolio produknya. Apple melakukan hal yang sama, dan mereka berselisih hingga saat ini. Namun lihatlah cara pasar ponsel pintar berkembang.

Saat ini, Samsung memiliki 100 varian Smartphone di seluruh dunia. Diferensiasi ini mengarah pada penetrasi yang lebih baik di pasar, dengan lebih banyak penerimaan untuk membeli dan meningkatkan ponsel pintar. 

Faktanya, ponsel pintar telah menjadi norma sosial dan seseorang merasa tidak lengkap dan terputus ketika dia tidak memiliki ponsel pintar.

Manfaat persaingan terbukti dalam kenyataan bahwa Anda tidak akan mencoba meningkatkan produk, atau berusaha keras untuk menghadirkan sesuatu yang baru, jika produk yang sudah ada itu sendiri sangat diminati. 

Hal yang sama terjadi pada Kodak. Film Kodak begitu diminati sampai akhirnya gambar digital mengambil alih pasar. Ini menyebabkan kemerosotan besar-besaran bagi Kodak.

Jika Anda tidak membedakan, persaingan akan menguasai bisnis Anda. Pada akhirnya, diferensiasi lebih baik daripada kalah dalam tren pasar. Dan diferensiasi disebarkan karena kehadiran pesaing.

5. Meningkatkan Efisiensi 

Ketika Anda memiliki persaingan yang mencoba untuk mengalahkan Anda, maka Anda harus melakukan bisnis dengan lebih baik. Anda harus menggunakan sumber daya Anda dengan lebih baik, Anda siap untuk memastikan bahwa ada kerugian minimal, dan Anda ingin merebut pasar lebih cepat. 

Semua ini berarti, Anda bekerja pada tingkat optimal Anda, dan pekerjaan Anda efisien, memberi Anda keuntungan yang lebih baik.

Kepuasan pelanggan adalah sebuah fakta bisnis. Banyak perusahaan telah menunjukkan bahwa rasa puas diri dapat menyebabkan bisnis Anda gagal. Padahal, jika ingin melihat bisnis yang efisien, maka kita bisa ambil contoh Apple. Apple selalu terdepan dalam permainan dan menggunakan teknologi yang jauh di depan para pesaingnya.

Apple meluncurkan Macbook dan terus meningkatkannya bahkan hingga hari ini ke perangkat keras dan perangkat lunak terbaru. Ipad, Iphone, Macbook Air, Iwatch dan semua yang diluncurkannya, diasumsikan memiliki yang terbaik dan terbaru. Ini menunjukkan bahwa Apple tidak pernah berpuas diri. Mereka selalu efisien dalam bisnis.

Efisiensi ini muncul dalam bisnis ketika Anda terus-menerus mengawasi apa yang dilakukan pesaing Anda. Akibatnya Anda terus bertanya pada diri sendiri, apa yang harus saya lakukan agar pelanggan saya tertarik kepada saya dan tetap dengan saya saja? 

Steve Jobs yang hebat dikenal berpikiran seperti ini, dan dia menjadikan Apple salah satu perusahaan terkemuka di dunia.

Jika ada persaingan, dan Anda ingin lebih baik dari mereka, maka Anda harus efisien. Persaingan baik untuk bisnis karena hal itu membangun sikap kompetitif dalam diri Anda. Anda melakukannya, atau Anda gagal.

6. Layanan Dan Kepuasan Pelanggan 

Setelah membaca semua alasan di atas, berbaliklah dan lihat pelanggan Anda. Pelanggan akan paling senang jika mereka membeli dari segmen di mana terdapat persaingan. Dan mengapa tidak?

Mereka mendapatkan pelayanan yang prima karena jika tidak dilayani dengan baik akan berpindah ke pesaing. Mereka mendapatkan produk yang ditingkatkan, mereka mendapatkan produk yang berbeda, status sosial mereka meningkat, persyaratan mereka semakin terpenuhi, dan semua ini terjadi dengan harga yang sangat baik.

Bandingkan dengan pasar monopolistik (contoh - pemerintah vs sektor swasta) dan semua ini tidak akan terjadi. Pelanggan tidak akan pernah menerima layanan pribadi, mereka tidak akan menerima teknologi terkini, tidak akan ada status sosial dalam memperoleh produk semacam itu, dan harganya mungkin akan menjadi bom waktu juga.

Jadi salah satu manfaat utama dari persaingan, adalah membuat pelanggan menjadi positif dalam membeli suatu produk. Itu membuat mereka positif karena mereka merasa senang diperlakukan dengan baik, dilayani dengan baik. 

Dan, Anda sebagai perusahaan akan memperlakukan pelanggan Anda dengan baik, karena jika tidak, mereka akan langsung pergi ke pesaing. Saya tahu bahwa saya telah melakukan ini beberapa kali.

Jadi, secara keseluruhan, ada banyak manfaat kompetisi. Saya tidak ingin memberi tahu Anda bahwa persaingan terlalu bagus untuk bisnis. Karena, jika persaingan berlebihan, dan kejenuhan pasar, mungkin akan mempengaruhi bisnis Anda dengan cara yang buruk (yang terjadi di banyak negara berkembang saat ini).

Namun, ada beberapa keuntungan dari persaingan jika itu adalah persaingan yang sehat. Kami berharap Anda berada di salah satu sektor sehingga pesaing Anda mendorong Anda untuk maju. Anda bahkan tidak akan mengetahui bagaimana Anda mencapai masa depan sejauh ini dalam hidup, tetapi alasannya mungkin karena Anda mengalahkan pesaing Anda.

Itulah ulasan artikel mengenai  6 Alasan Mengapa Persaingan Bagus Untuk Perkembangan Bisnis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for " 6 Alasan Mengapa Persaingan Bagus Untuk Perkembangan Bisnis "