Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Analisis Peluang

 

7 Manfaat Analisis Peluang

Analisis Peluang - Tidak peduli apakah itu adalah bisnis perorangan atau perusahaan internasional, peluang akan selalu tersedia. Sebagai individu, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi profesional olahraga atau profesional manajemen. Jenis profesi yang Anda pilih, dan variabel yang Anda pertimbangkan untuk membuat keputusan, adalah proses yang dikenal sebagai analisis peluang.

Sama seperti Anda melihat peluang karier, dan kemudian memutuskan untuk mengikuti salah satu karier pilihan Anda, maka perusahaan juga memiliki banyak peluang yang terbentang di depannya. Dengan menggunakan analisis peluang, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat, sehingga mencapai tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Analisis Peluang

Contoh analisis peluang adalah tren "Tetap Sehat" yang sedang merebak di banyak negara. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa dengan tetap sehat mereka dapat memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan menjadi gemuk (obesitas) atau memiliki kebiasaan yang salah. 

Hal ini telah mengakibatkan maraknya pertanian organik. Rantai makanan cepat saji seperti Subway dan lainnya datang hanya untuk memberi pelanggan "Makanan sehat" seperti yang mereka inginkan. 

Nike dan Adidas secara eksklusif sekarang juga berfokus pada kebugaran. Toko peralatan fitnes dibuka dan bisnis Gymnasium, Yoga, Zumba dan sebagainya berkembang dengan pesat.

Karena peluang sederhana dalam bisnis "Tetap sehat", maka banyak produk dari berbagai sektor terbentuk. Hanya agar bisnis bisa mendapat untung dari peluang ini. Beginilah cara kerja analisis peluang.

Manfaat Analisis Peluang

Berikut ini adalah 7 Manfaat Analisis Peluang, antara lain:

1. Pertumbuhan Perusahaan

Artinya, dengan semakin banyaknya peluang yang dieksplorasi dan didirikan, maka perusahaan akan dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat.

2. Margin Keuntungan Yang Lebih Baik

Ketika  perusahaan mulai tumbuh karena memanfaatkan peluang baru, maka perusahaan akan mulai memiliki margin keuntungan  yang lebih baik karena telah memasuki segmen (pasar) yang baru.

3. Membangun Merek

Dengan margin keuntungan yang lebih baik dan pertumbuhan perusahaan yang lebih cepat, maka perusahaan dapat dengan mudah berinvestasi dalam aktivitas membangun merek dan mendapatkan reputasi merek yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Skala Ekonomi

Ketika bisnis perusahaan telah tumbuh secara keseluruhan, maka itu berarti bahwa bisnis perusahaan telah mencapai skala ekonomi dengan biaya yang tetap sama dan hanya biaya variabel yang terus meningkat. Dengan demikian, reputasi dan margin keuntungan dapat terus meningkat.

5. Menghindari Keputusan Yang Salah

Sebagai individu, sering kali kita mengambil keputusan yang salah di pasar saham ketika kita berinvestasi di saham yang buruk. Hal tersebut mungkin disebabkan karena kita terlalu serakah atau kita memimpikan terlalu banyak pertumbuhan. Hal serupa dapat terjadi dalam kasus analisis peluang, di mana perusahaan berinvestasi besar-besaran dalam produk yang mungkin tidak akan berfungsi di pasar.

6. Mencegah Kehilangan Reputasi

Kesempatan yang sukses dapat mengarah pada membangun reputasi. Di sisi lain, peluang yang gagal dimanfaatkan dengan baik juga dapat mempengaruhi reputasi perusahaan secara negatif. Analisis peluang akan membantu mencegah hal itu terjadi.

7. Menghindari Investasi Yang Mati

Jika analisis peluang tidak dilakukan dengan benar, dan Anda berinvestasi pada produk yang tidak tumbuh, maka investasi tersebut juga merupakan investasi mati dan tidak melakukan banyak hal dalam hal ROI (Return on Investment). 

Namun sebaliknya, jika analisis peluang dilakukan dengan benar maka hal tersebut tidak akan terjadi dan justru investasi tersebut akan bagus untuk masa depan perusahaan.

Meskipun ada beberapa kelemahan dari analisis peluang, hal yang sama dapat diabaikan karena tidak ada perusahaan yang dapat bertahan tanpa inovasi, terus bergerak maju, dan kita tahu bahwa untuk bergerak maju, maka perusahaan harus terus menganalisis peluang yang semakin banyak.

Cara terbaik untuk menganalisis dan peluang dan mencari tahu apakah itu akan menguntungkan dalam jangka panjang atau tidak, adalah dengan umpan balik 360 derajat. Ambil umpan balik dari karyawan, distributor, mitra penyalur, pelanggan, serta tim manajemen Anda sehingga keputusan yang tepat dapat diambil untuk setiap peluang yang muncul.

Keberhasilan Analisis Peluang

Untuk memperbesar kemungkinan keberhasilan analisis peluang, faktor-faktor berikut perlu dipertimbangkan, antara lain:

1. Analisis Kompetitif

Bagaimana jika peluang yang Anda pikir menguntungkan, ternyata sudah memiliki banyak pemain yang tidak terorganisir dan karenanya tidak akan menguntungkan bagi perusahaan dalam jangka panjang? Anda perlu mengetahui lanskap persaingan lengkap untuk melakukan analisis peluang dengan benar dan untuk keberhasilannya dalam waktu dekat.

2. Perkiraan Permintaan

Analisis peluang tidak akan lengkap kecuali dan sampai Anda memperkirakan kemungkinan permintaan untuk produk tersebut. Anda tidak dapat berinvestasi pada produk yang ROI-nya tidak Anda ketahui.

3. Pemasaran Bertarget

Setelah peluang di analisis, maka selanjutnya Anda perlu mengembangkan rencana pemasaran yang ditargetkan. Ini karena setiap pelanggan berbeda dan karenanya segmen yang akan Anda targetkan juga berbeda.

4. Riset Pasar

Riset pasar adalah bagian intrinsik dari analisis peluang karena memberikan wawasan dalam benak pelanggan dan apakah pelanggan akan mengadopsi produk ini atau tidak. Ini juga dapat memberikan ide dan fitur atau atribut lebih lanjut yang dapat ditambahkan ke produk akhir.

Secara keseluruhan, penciptaan peluang penting bagi bisnis dan perusahaan manapun. Jika perusahaan berpikir bahwa tidak ada peluang untuk berkembang di pasar, maka perusahaan tidak pernah melakukan umpan balik 360 derajat. 

Setiap perusahaan memiliki karyawan dan mitra penyalur yang tahu banyak tentang pasar. Umpan balik dari orang-orang ini akan selalu mengarah pada perkembangan perusahaan dan terci[tanya peluang baru.

Demikianlah ulasan artikel tentang 7 Manfaat Analisis Peluang. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Dapatkan artikel menarik lainnya dengan berselencar di blog ini.


Post a Comment for "7 Manfaat Analisis Peluang"