Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya

 

11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya

11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya - Pemasaran itu sendiri adalah sebuah bidang luas yang mencakup operasi penjualan jasa dan barang serta mempromosikannya dengan tekun dengan bantuan penelitian dan kegiatan promosi.

Jika Anda mencari pekerjaan yang cocok di bidang pemasaran, maka izinkan saya untuk memberi tahu Anda, apa yang paling menarik dari pekerjaan Manajer pemasaran, Eksekutif telemarketing, Pemasar digital, Pimpinan proyek, Kepala pemasaran, Eksekutif penjualan, dan sebagainya.

Salah satu faktor umum di antara semua pekerjaan adalah bahwa Anda harus menemukan pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja pemasaran dan mempersiapkan jawabannya secara menyeluruh sehingga Anda dapat melakukannya pada upaya wawancara pertama Anda.

Berikut ini adalah 11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya, antara lain:

1. Apakah Anda Sudah Menjalankan Kampanye Pemasaran?

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran yang umum di atas terkait dengan kampanye pemasaran yang dilakukan oleh orang yang diwawancarai. Ini adalah pertanyaan langsung, dan pewawancara mengharapkan jawaban yang jujur ​​dan spesifik.

Anda tidak boleh ragu-ragu dalam menanggapi dan mengatakan bahwa Anda telah menjadi bagian dari beberapa kampanye pemasaran, dan berhenti di situ. Jawaban Anda juga harus fokus pada satu atau dua kampanye tertentu saja.

Sebutkan dan jelaskan bagaimana perubahan yang Anda integrasikan dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan penjualan lebih lanjut.

2. Mengapa Pemasaran Dan Bukan Sesuatu Yang Lain?

Mengapa pemasaran dan bukan sesuatu yang lain adalah salah satu dari sebelas pertanyaan wawancara pemasaran di atas yang perlu dijawab, apakah Anda selalu cenderung ke arah pemasaran, atau apakah Anda baru-baru ini memutuskan untuk mencoba bidang tersebut?

Apakah Anda bersemangat tentang hal itu dan dapat berpikir "out of the box" untuk membuat kampanye berhasil atau akankah Anda mencoba melanjutkan dengan metode tradisional yang Anda anggap berguna adalah pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara.

Orang yang diwawancarai dapat menjawab dengan jujur ​​dan menjelaskan bagaimana pola pikirnya mengarah ke konsep pemasaran secara bertahap. Jika Anda memiliki sisi kreatif dan artistik yang kuat karena itu Anda ingin mengejar karir ini, maka itu bagus dan sangat bagus.

Tunjukkan kepada pewawancara, bagaimana sisi kreatif Anda telah selaras dengan pendidikan, keterampilan, dan pengetahuan terkait untuk menjadikan ini peluang karier yang sempurna bagi Anda.

3. Bagaimana Anda Akan Menangani Kendala Anggaran?

Pewawancara biasanya sangat tertarik untuk mengetahui apakah pelamar dapat menangani batasan yang dikenakan padanya karena pemasaran melibatkan anggaran tertentu, dan tidak ada yang menyukai individu yang melampaui batas dan melewati anggaran yang dialokasikan.

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran yang umum di atas terkait dengan kendala anggaran. Pastikan jawaban Anda tentang pencapaian Anda di masa lalu.

Jelaskan bahwa sebagian besar waktu Anda telah mampu bekerja di dalam anggaran yang diberikan dengan nyaman karena Anda telah merencanakan dan mengimplementasikan skenario kasus sesuai kebutuhan.

Dalam satu atau dua kasus di mana anggaran ternyata berlebihan, bagaimana cara Anda berhasil mengembalikannya ke dalam kerangka yang diberikan dengan bantuan kecerdikan dan pemotongan biaya.

4. Ceritakan Tentang Salah Satu Kampanye Pemasaran Anda Yang Paling Sukses?

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran yang umum di atas terkait dengan kekuatan Anda. Pewawancara ingin tahu apakah Anda akan mampu menangani peran yang ditugaskan dan tanggung jawab terkait dengan penuh percaya diri atau tidak.

Sebutkan pengalaman khusus di mana akal Anda membantu membuat kampanye pemasaran menjadi salah satu yang paling sukses untuk perusahaan sebelumnya.

Perubahan apa yang telah Anda lakukan dan terapkan untuk membuat kampanye yang sukses? Jawaban yang saling terkait akan membantu pewawancara untuk memahami bahwa Anda terbukti cocok untuk perusahaan.

5. Ceritakan Tentang Taktik Pemasaran Yang Tidak Berhasil?

Sama seperti sisi positif Anda, pewawancara juga ingin mengetahui aspek negatif dari Anda. Jangan bersikap defensif atau bahkan agresif karena kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari pengalaman belajar kita. Seseorang yang mengatakan bahwa dia tidak pernah gagal adalah berbohong atau sangat beruntung sampai saat ini.

Sebutkan satu insiden ketika Anda membuat kesalahan dalam penilaian yang menjadi bumerang atau bisa terbukti berbahaya. Bagaimana Anda memperbaiki kesalahan Anda lebih penting bagi pewawancara karena itu tekankan pada poin itu dan jelaskan bahwa itu adalah pengalaman belajar bagi Anda.

6. Apa Pendapat Anda Tentang Saluran Media Sosial Dalam Pemasaran?

11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya
image via freepik

Sosial sosial kini telah menjadi sangat populer dan dianggap sebagai platform yang sangat baik untuk pemasaran. Pewawancara ingin tahu apakah Anda merasa nyaman dan sadar akan manfaat portal semacam itu, dan apakah Anda memiliki alat yang diperlukan untuk membuatnya bekerja untuk Anda.

Jika Anda adalah salah satu anggota saluran media sosial yang paling aktif, sekaranglah waktunya untuk menyoroti pencapaian Anda sehingga pewawancara bisa mendapatkan gambaran kasar tentang fungsionalitas dan pengalaman Anda.

Terlibat dalam diskusi tentang pro dan kontra mereka dan bagaimana Anda akan menjaga keseimbangan untuk memanfaatkannya demi kepentingan perusahaan.

7. Apakah Anda Mengetahui Target Pasar Kami?

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran yang umum di atas terkait dengan kemampuan penelitian orang yang diwawancarai. Dengan menanyakan kandidat mengetahui tentang target pasar, pewawancara ingin menentukan apakah pelamar telah meneliti perusahaannya sebelum datang ke wawancara.

Ini akan membantunya dalam memahami upaya orang yang diwawancarai dan ketulusan serta komitmennya terhadap pekerjaan tersebut. Sebutkan situs perusahaan, rilis berita, dan umpan media sosial tempat Anda mengumpulkan informasi tentang perusahaan untuk menunjukkan ketulusan Anda.

8. Dimana Anda Melihat Diri Anda Dalam Lima Tahun Kedepan?

Pewawancara ingin melihat ambisi karier orang yang diwawancarai dan apakah Anda tertarik untuk bekerja di sini untuk jangka panjang atau tidak.

Sebutkan bahwa Anda sangat ingin belajar dari posisi ini sebanyak yang Anda bisa dan ingin menaiki tangga perusahaan di perusahaan ini sendiri dalam beberapa tahun ke depan.

9. Apakah Anda Membawa Sesuatu Yang Ekstra Ke Perusahaan Yang Tidak Akan Dilakukan Oleh Orang Lain?

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran umum di atas terkait dengan keterampilan tambahan dan pengetahuan kandidat. Ada beberapa pelamar untuk pekerjaan itu dan yang membedakan satu sama lain adalah pertanyaan penting.

Diskusikan pengalaman dan kualifikasi Anda secara keseluruhan dan tunjukkan bahwa Anda telah meneliti perusahaan dan mengetahui tentang bidang di mana pengetahuan Anda akan terbukti bermanfaat.

Jika Anda ahli dalam beberapa bidang, Anda harus menyebutkannya dengan contoh nyata bagaimana hal itu membantu Anda dalam membuat perbedaan yang layak.

10. Bagaimana Anda Akan Mengelola Peluncuran Produk Baru?

Ada banyak individu yang terlibat dalam peluncuran produk baru, dan dengan pertanyaan ini, pewawancara mencoba untuk menentukan apakah Anda akan mampu menangani semuanya secara efisien atau tidak.

Ini adalah upaya yang didorong oleh proses dan memimpin tim, dan berbagai departemen menuju tujuan bersama bukanlah hal yang mudah.

Pastikan Anda menjelaskan beberapa pemikiran Anda tentang menangani tugas-tugas tersebut sehingga upaya, waktu, dan sumber daya yang telah Anda gunakan dapat ditunjukkan kepada pewawancara.

11. Bagaimana Anda Tetap Update Dengan Tren Pemasaran Saat Ini?

Salah satu dari sebelas pertanyaan dan jawaban wawancara pemasaran umum di atas terkait dengan pengetahuan tentang tren pemasaran saat ini dari orang yang diwawancarai. Apakah Anda mengikuti program pelatihan atau menghadiri konferensi secara berkala atau tidak.

Bagaimana Anda menjaga diri Anda tetap termotivasi dan terdorong untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda?

Ini adalah beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab dan oleh karena itu menjawabnya dengan memberikan informasi terkait, misalnya saya antusias untuk mempelajari keterampilan baru sehingga selalu waspada untuk mengikuti program pelatihan yang akan membantu saya mengasah. keterampilan saya dan terus memberi saya informasi terbaru tentang tren dan skenario saat ini.

Itulah 11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menghadapi wawancara pekerjaan Anda.

Semoga Anda berhasil.

Post a Comment for "11 Pertanyaan Wawancara Marketing Dan Jawabannya"