Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan

 

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan

Apakah Anda merasa bosan dan lelah dengan rutinitas kerja yang selalu sama setiap harinya? Apakah Anda merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan Anda karena Anda selalu di perintah oleh orang lain? Lalu kenapa Anda tidak berusaha untuk menciptakan peluang usaha Anda sendiri? Apakah Anda merasa takut dengan bayangan kerugian dan terlalu banyak pesaing?

Pertanyaan - pertanyaan diatas mungkin mewakili pikiran Anda. Ya, bayangan kerugian dan banyaknya pesaing mungkin menjadi alasan paling umum mengapa seseorang masih bertahan dengan pekerjaan mereka selama ini dan merasa takut untuk memulai bisnis mereka sendiri. 

Padahal ada banyak sekali peluang bisnis unik di dunia ini yang tentunya sangat menarik dan bisa di coba oleh Anda. Terkadang, sebuah peluang usaha yang telah "Umum" memang lebih mudah untuk di jalankan karena tidak memerlukan pengenalan khusus ke khalayak umum (calon konsumen), namun itu pasti akan lebih sulit karena telah banyak juga dilakukan oleh para pesaing Anda yang juga menekuni jenis bisnis yang sama tersebut.

Untuk memulai sebuah bisnis atau usaha dan berharap jadi sukses memang membutuhkan sebuah pertimbangan yang matang.

Selain pertimbangan modal usaha dan analisa risikonya, sangat penting juga bagi seorang pebisnis pemula untuk mengetahui seberapa kuat persaingan yang ada dalam bisnis tersebut.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar dengan strategi bisnis yang baik, maka akan jauh lebih mudah dalam memulai sebuah bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Namun sebaliknya, jika Anda tidak memiliki banyak modal maka kondisinya tentu akan berbeda karena Anda memerlukan cara dan metode yang berbeda agar bisa bersaing dengan mereka, atau bahkan mengalahkan mereka.

Pilihan lainnya adalah memilih jenis usaha lain yang masih sedikit persaingan sehingga akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis Anda, dan itu adalah pilihan yang sangat bijak untuk Anda. Dengan demikian, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan dengan cara meminimalisir persaingan pasar dan memperbesar peluang Anda untuk sukses di masa mendatang. Untuk mencapainya, Anda harus konsisten dan berusaha untuk menikmati prosesnya. Ingat, tidak ada kesuksesan yang bisa di capai secara instan, apalagi dalam dunia bisnis atau wirausaha.

Sebagai referensi untuk Anda, pada artikel berikut ini saya akan membagikan tentang 11 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan.

Kesebelas Peluang Usaha tersebut, antara lain:

1. Peluang Usaha Pet Grooming

2. Peluang Usaha Berjualan Makanan Sehat

3. Peluang Usaha Bisnis Barang Antik

4. Peluang Usaha Jasa Dekorasi Taman

5. Peluang Usaha Jasa Pembuat Aplikasi Mobile

6. Peluang Usaha Kerajinan Daur Ulang

7. Peluang Usaha Masker Motif

8. Peluang Usaha Jasa Videografer

9. Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

10. Peluang Usaha Penulisan Artikel

11. Peluang Bisnis Produk Daur Ulang

Dan berikut, kita akan coba analisa kesebelas jenis poeluang usaha diatas satu persatu. 

1. Peluang Usaha Pet Grooming (Perawatan Hewan Peliharaan)

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan
image via freepik

Pet grooming merupakan salah satu jenis peluang usaha yang belum banyak pesaing saat ini. Jenis usaha ini memang belum begitu populer di Indonesia, namun diluar negeri jenis usaha ini sudah mulai populer. Meski demikian, bukan berarti bahwa bisnis yang masih jarang digeluti orang ini tidak menjanjikan.

Akan tetapi justru sebaliknya, dengan branding yang tepat dan pelayanan yang baik, usaha pet grooming ini menjadikan Anda sukses dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain karena belum ada banyak pesaing, usaha pet grooming juga memiliki pasar yang spesifik dan loyal dari kalangan keluarga kelas menengah ke atas yang tidak sayang untuk mengeluarkan biaya.

Beberapa pemilik hewan peliharaan lebih suka membawa hewan peliharaan mereka ke pet groomer secara teratur, walaupun beberapa yang lain lebih suka melakukan semua perawatan itu sendiri. Kunjungan ke groomers hewan peliharaan profesional akan membantu mereka untuk memastikan bahwa hewan peliharaan mereka terlihat segar dan sehat.. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah kontrol terhadap layanan yang Anda berikan. Semakin baik layanan Anda, maka Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan Anda dan mereka akan kembali kepada Anda setiap kali hewan peliharaan mereka memerlukan perawatan dan treatment khusus. Mereka juga akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pet groomer, antara lain:

  • Compassion (Kasih sayang) terhadap hewan peliharaan.
  • Customer service (Layanan pelanggan) yang baik, artinya Anda mau mendengarkan permintaan pelanggan dan kebutuhan mereka.
  • Attention to detail (Perhatian pada detail), artinya Anda harus memperhatikan hal - hal kecil pada kondisi hewan peliharaan.
  • Stamina

Peluang usaha pet groomer ini terus tumbuh, bahkan menurut penelitian pertumbuhannya mencapai angka 23% dibandingkan dengan rata - rata pertumbuhan jenis usaha lainnya selama periode tahun 2010-2020 ini.

2. Peluang Usaha berjualan Makanan Sehat

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan
image via freepik

Ide peluang usaha yang belum banyak pesaing berikutnya adalah berjualan makanan sehat. Memang betul telah ada begitu banyak makanan yang dijual di pasaran saat ini. Akan tetapi apakah semuanya adalah makanan yang menyehatkan? Jawabannya belum tentu. Karena beberapa jenis makanan yang laris di jual di pasaran justru mengandung kalori dan lemak secara berlebihan yang berdampak buruk untuk kesehatan.

Dan kebutuhan masyarakat utuk mendapatkan jenis makanan yang sehat, adalah sebuah celah dan menjadi pintu masuk bagi kita untuk menggeluti jenis usaha makanan sehat tersebut.

Yang perlu Anda lakukan adalah sedikit promosi terkait dengan usaha berjualan makanan sehat tersebut. Dan ketika Anda telah berhasil menarik minat konsumen untuk membeli makanan Anda, maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal karena mereka adalah orang - orang yang sangat peduli dengan kesehatan mereka sehingga akan kembali lagi kepada Anda jika mereka akan membeli makanan mereka.

3. Peluang Usaha Bisnis Barang Antik

Bisnis jual beli barang antik juga bisa menjadi peluang usaha baru yang persaingannya sedikit namun terbukti sangat menguntungkan.

Bisnis barang antik adalah jenis usaha yang jarang merugi dan memiliki pasar yang spesifik namun loyal (setia).

Pelanggan bisnis ini adalah orang - orang yang menyukai barang - barang antik tentunya, dimana orang - orang ini merupakan orang - orang yang tidak sayang untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk dapat memiliki barang - barang antik untuk menjadi koleksi mereka.

Dan biasanya,pelanggan bisnis barang antik ini berasal dari kalangan keluarga menengah keatas dan memiliki komunitas tersendiri. Kuncinya adalah menjaga keaslian barang - barang antik yang Anda jual, karena semakin antik dan orisinil barang yang Anda jual maka pelanggan Anda akan merasa puas.

4. Peluang Usaha Jasa Dekorasi Taman

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan
image via freepik

Di luar negeri, jasa seorang dekorator taman bisa dihargai dengan sangat tinggi tergantung pada hasil kerja dan pengalaman mereka.

Di Indonesia sendiri, jasa dekorasi taman bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dan belum banyak memiliki pesaing.

Untuk mempromosikan bisnis Anda, maka Anda bisa memasukkan contoh hasil desain taman karya Anda pada akun Instagram Anda beserta dengan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh pelanggan Anda.  Dengan demikian, maka calon konsumen yang tertarik pada hasil karya Anda akan langsung menghubungi Anda melalui nomor telepon atau media sosial milik Anda.

5. Peluang Usaha Jasa Pembuat Aplikasi Mobile

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, di mana setiap orang tidak bisa lepas dari keberadaan smartphone, maka berbagai aplikasi pintar lainnya juga ikut berkembang dengan sangat cepat.

Ada banyak sekali jenis aplikasi baru yang dikembangkan untuk memnuhi kebutuhan para pengguna smartphone dan bisa diunduh sesuai dengan kebutuhan mereka.

Anda bisa coba utuk membuat sebuah aplikasi yang di butuhkan oleh konsumen, jika Anda adalah seorang yang memiliki keahlian dibidang aplikasi mobile. Semakin aplikasi Anda populer dan banyak diunduh , maka akan semakin banyak pula pundi-pundi uang yang akan Anda dapatkan. 

Jika Anda memiliki latar belakang keahlian di bidang IT, maka ini adalah sebuah peluang besar bagi Anda. Anda bisa membuat aplikasi pintar dan mendaftarkannya ke playstore. Hasil yang didapat dari keahlian membuat aplikasi mobile ini sangat menjanjikan untuk Anda.

Lakukan riset pasar, dan analisa apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Setelah itu buatlah sebuah aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan mereka itu. Ingat, tidak semua orang memiliki keahlian di bidang ini, sehingga persaingannya juga sedikit dan itu akan memudahlan untuk Anda.

6. Peluang Usaha Kerajinan Daur Ulang

Peluang usaha selanjutnya yang belum banyak pesaing adalah usaha kerajinan daur ulang. Meskipun termasuk salah satu jenis bisnis yang jarang digeluti orang, pada kenyataannya usaha kerajinan daur ulang bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan dengan modal sedikit.

Yang Anda perlukan adalah sebuah kreativitas dan strategi pemasaran yang tepat. Banyak contoh dimana usaha kerajinan daur ulang dimulai dari bisnis rumahan. akan tetapi kemudian mampu menembus pasar nasional bahkan hingga ke pasar internasional (luar negeri).

7. Peluang Usaha Masker Motif

Peluang usaha masker motif ini sangat layak untuk Anda coba, apalagi saat ini kita masih berada di tengah wabah dan pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir. 

Kebutuhan akan masker masih tinggi, dan membuat sebuah desain masker yang berbeda dan modis tentunya akan menarik minat konsumen untuk membelinya. Namun perlu di ingat bahwa, ketentuan pemerintah terkait dengan masker ini tetap harus sesuai dengan peraturan dan regulasi yang ada.

Menciptakan masker dengan aneka motif keren dan menarik ternyata cukup mendapat respon positif dari masyarakat karena model, motif, dan warnanya yang variatif. Jika Anda adalah peserta program prakerja dari pemerintah, maka Anda bisa membeli pelatihan bagaimana membuat dan menjual masker ini melalui lembaga pelatihan yang terdaftar disana.

8. Peluang Usaha Jasa Videografer

11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan
image via freepik

Saat ini, menjadi Youtuber memang sedang diminati oleh berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa tanpa memandang status sosial dan profesi mereka. Ini tentunya karena kemudahan untuk menjadi seorang Youtuber yang tidak perlu syarat - syarat keahlian khusus.

Munculnya para Youtuber di Indonesia telah mendorong terciptanya usaha jasa videografer sebagai peluang usaha yang belum banyak pesaing namun tetap menguntungkan.

Untuk menjadi seorang videografer profesional, saat ini lebih disukai jika Anda juga memiliki perangkat drone untuk pengambilan gambar melalui udara. Pastikan juga bahwa Anda menguasai teknik editing video sebelum terjun menjadi seorang videografer tersebut.

Masih ragu karena Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang tersebut? Jangan takut karena Anda dapat mengikuti banyak sekali pelatihan terkait denga bidang editing video ini. Daftarkan diri Anda di lembaga pelatihan terpercaya dan ikuti pelatihannya sehingga Anda akan menjadi seorang videografer profesional yang handal.

9. Usaha Budidaya Jamur Tiram

Alternatif usaha lainnya dengan tingkat persaingan sedikit adalah berbisnis jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu bahan makanan alternatif yang mulai populer sejak tahun 2000an yang lalu. Proses budidaya jamur tiram yang terbilang cukup mudah dan harganya yang cenderung stabil membuat usaha yang satu ini masih memiliki prospek dan  potensi yang sangat menjanjikan.

Ketika memutuskan untu mulai menjalankan bisnis jamur tiram ini, maka yang perlu diperhatikan adalah lokasinya. Lokasi yang ideal untuk mengembangkan jamur tiram ini memang cukup sulit untuk didapatkan. Namun hal itu bukan berarti tidak bisa diciptakan, tinggal bagaimana usaha kita dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung terciptanya suasana lingkungan yang tepat bagi pertumbuhan jamur tiram tersebut.

10. Peluang Bisnis Produk Daur Ulang

Peluang usaha selanjutnya adalah bisnis produk daur ulang. Seperti kita tahu saat ini kampanye Go Green oleh pemerintah menjadi salah satu himbaun yang semakin banyak disosialisasikan. Kondisi lingkungan hidup yang hijau semakian hari tampak menjadi semakin memprihatinkan. Perilaku buruk manusia semakin memperburuk hal tersebut, seperti membuang sambah secara sembarangan, penebangan hutan secara liar dan sebagainya.

Nah, bisnis dan peluang usaha produk daur ulang ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Dengan mengolah barang-barang bekas menjadi produk yang bermanfaat kembali tentu akan mengurangi sampah dan disamping itu ternyata memiliki potensi untuk mendatangkan keuntungan. 

Pada umumnya bahan bekas yang kita butuhkan sebagai bahan baku bisa didapatkan dengan mudah dan harganya  juga murah.

Produk dari bahan bekas sebenarnya mempunyai segmentasi pasar yang cukup menjanjikan. Hal ini tentu berkaitan dengan semakin besarnya perhatian masyarakat terhadap isu lingkungan belakangan ini. 

Dengan berbisnis produk daur ulang, maka di satu sisi kita akan mendapatkan keuntungan berupa materi yang cukup menjanjikan, di sisi yang lain kita juga turut serta dalam usaha untuk mengatasi masalah kerusakan lingkungan hidup.

11. Menjadi Penulis Artikel

Tidak banyak orang yang berminat dan memiliki waktu luang untuk menulis sebuah artikel. Namun jika Anda memiliki passion di bidang ini, maka tidak ada salahnya untuk menjadi seorang penulis berbakat yang nantinya bisa menghasilkan penghasilan hanya dengan menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan inspiratif.

Banyak blogger atau perusahaan yang memerlukan jasa penulis untuk blog mereka atau untuk mereview produk mereka. Jika Anda bisa menulis sebuah artikel review yang baik, maka Anda akan di bayar mahal oleh mereka. 

Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis menjadi penulis artikel profesional, karena keuntungannya sangat menjanjikan.

Demikianlah uraian artikel mengenai 11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan. Semoga bisa mnejadi inspirasi untuk Anda.

Jangan takut untuk menjadi wirausahawan karena itu akan menjadikan diri Anda sebagai bos untuk diri Anda sendiri. Selamat berjuang

Post a Comment for "11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Dan Terbukti Menguntungkan"