Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Keterampilan Komunikasi Bisnis - Pelajari Dan Pahami

10 Keterampilan Komunikasi Bisnis - Pelajari Dan Pahami
image via freepik

10 Keterampilan Komunikasi Bisnis - Komunikasi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu "Communis dan Communicare". "Communis" adalah kata benda yang artinya bersama, komunialitas atau berbagi.

Sedangkan kata "Communicare" adalah sebuah kata kerja, yang berarti "Membuat sesuatu menjadi umum". Beberapa pakar menghubungkan istilah komunikasi dengan komunitas kata dalam bahasa Inggris.

Anggota komunitas memiliki kesamaan satu sama lain. Sebuah komunitas {seharusnya} dibentuk dengan ikatan komunikasi. Itu adalah fondasi komunitas. Sehingga, di mana tidak ada komunikasi, maka tidak mungkin akan ada komunitas.

Oleh karena itu, komunikasi dapat juga diartikan sebagai metode penyampaian informasi, ide, emosi, dll. Dari satu entitas ke entitas lainnya dengan bantuan bahasa, tanda, simbol, atau aturan semiotik.

Keterampilan komunikasi adalah hal pentingpertama dalam daftar permintaan pemberi kerja, dan sangat penting untuk memiliki keterampilan komunikasi yang efektif, terutama untuk sukses di dunia bisnis.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari tentang 10 keterampilan komunikasi bisnis yang harus dimiliki oleh setiap wirausahawan untuk membangun karier yang stabil dalam bisnis.
Kesepuluk ketrampilan komunikasi bisnis tersebut, antara lain:
  • Mendengarkan
  • Bahasa Tubuh
  • Keterampilan Presentasi
  • Keterampilan Tertulis
  • Komunikasi Yang Ringkas Dan Jelas
  • Kecerdasa Emosional
  • Keyakinan
  • Kemampuan Public Speaking
  • Optimisme
  • Keterampilan Negosiasi Dan Menjual
Berikut ini, kita akan breakdown kesepuluh ketreampilan tersebut secara lebih detail dana mendalam uraian berikut ini.

1. MENDENGARKAN

Dalam melatih keterampilan komunikasi, setiap orang harus selalu fokus pada keterampilan khusus seperti keterampilan berbicara dan keterampilan dalam menyampaikan informasi. Tetapi mereka lupa bahwa komunikasi tidak lengkap tanpa adanya keterampilan mendengarkan dengan benar.

Mendengarkan sama pentingnya dengan berbicara agar komunikasi menjadi efektif. Karena setiap orang ingin mengatakan sesuatu, tetapi hanya sedikit saja orang yang mau mendengarkan. Oleh karena itu, orang-orang dengan keterampilan mendengarkan yang sangat baik selalu disambut dan menjadi pengusaha yang baik saat ia mendengarkan dan menyimpan sebuah informasi penting.

Keterampilan mendengarkan sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Karena itu, sangat penting untuk mendengarkan pelanggan Anda dengan sabar dan mempelajari kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk mempersiapkan rencana penjualan kedepan. 

Orang merasa nyaman berbicara dengan orang lain yang menunjukkan sikap antusiasme sambil mendengarkan dan berpartisipasi aktif dalam setiap percakapan. Percakapan aktif hanya mungkin terjadi, jika Anda mendengarkan dan merespons sesuai dengan yang diinginkan oleh lawan bicara Anda.

Pendengar yang baik juga tidak akan memihak dan menghakimi apa yang dikatakan oleh orang lain. Dia mendengarkan orang-orang tanpa mperlu enghakimi mereka dan fokus pada informasi penting dan mengingatnya untuk digunakan nanti.

2. BAHASA TUBUH 

Bahasa tubuh juga merupakan bagian penting dari keterampilan komunikasi. Orang tidak hanya akan mendengarkan apa yang Anda katakan, tetapi mereka juga akan menganalisis bahasa tubuh Anda. Bahasa tubuh Anda menunjukkan banyak hal tentang Anda, bahkan sebelum Anda mengucapkan sepatah kata pun. 

Bahasa tubuh terdiri dari:
  • Cara Anda berdiri
  • Ekspresi wajah
  • Kepercayaan diri Anda
Sebanyak apapun pengetahuan yang Anda miliki, perkataan Anda tidak akan berarti apa-apa jika Anda terlihat tidak percaya diri dan memiliki postur tubuh yang benar. Bahasa tubuh yang tepat adalah yang paling penting untuk menguasai keterampilan bisnis dan penjualan.

Karena orang biasanya tidak mempercayai bisnis atau produk, tetapi mereka membeli sesuatu karena mereka menganggap wiraniaga atau pengusaha tersebut dapat dipercaya (Terutama jika menyangkut bisnis baru). Tetapi jika Anda terlihat tidak percaya diri saat berinteraksi, maka orang akan sulit untuk mempercayai Anda.

Kemampuan bahasa tubuh Anda dapat ditingkatkan dengan latihan secara teratur. Bahasa tubuh Anda secara otomatis akan meningkat saat Anda menyadari gerakan tubuh Anda. Membuat perubahan kecil seperti berdiri tegak, membuka kaki sepanjang bahu, dan menatap lurus ke mata orang tersebut. Tampak percaya diri dan berjabat tangan dengan kuat. Anda juga bisa meningkatkan bahasa tubuh dengan cara berlatih berbicara di depan cermin.

Pastikan Anda tidak mencondongkan bahu ke depan karena ini menunjukkan ketidakseriusan Anda. Berbicara sambil menyilangkan tangan menunjukkan seseorang terlihat defensif, dan Anda tentunya tidak ingin terlihat defensif ketika ingin membujuk seseorang untuk membeli produk Anda.

3. KETERAMPILAN PRESENTASI

Presentasi merupakan bagian integral dari setiap proses bisnis, dan seorang Wirausahawan dituntut untuk sering melakukan presentasi dalam mempresentasikan ide dan produk Anda kepada prospek bisnis Anda. Oleh karena itu, seorang Wirausahawa perlu memiliki keterampilan presentasi yang efektif, karena keterampilan presentasi dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan dalam bisnis Anda.

Keterampilan presentasi juga dapat ditingkatkan dengan latihan secara teratur dan dengan mengerjakan pengetahuan faktual Anda. Seorang presenter yang baik merepresentasikan ide-ide kepada audiens secara efektif dan menarik. Selain itu, gunakan contoh, cerita, dan data kepada audiens untuk mempengaruhi mereka. Orang yang memiliki keterampilan presentasi bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang dia inginkan.

4. KETERAMPILAN MENULIS

Dalam berbisnis, selain komunikasi verbal, komunikasi tertulis juga sangat penting. Banyak percakapan terjadi dalam bentuk tertulis antara pengirim dan pembeli. Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis perlu memiliki kemampuan menulis yang efektif. Seseorang harus menguasai tata bahasa dan kosakata bahasa secara baik dan benar.

Pastikan Anda menggunakan bahasa profesional saat berkomunikasi dengan orang lain. Gunakan informasi faktual dan contoh untuk menetapkan kasus Anda daripada menggunakan informasi emosional dan nonfaktual. Komunikasi tertulis harus singkat, tetapi harus mencakup semua informasi yang diperlukan.

Jangan pernah meninggalkan lubang loop dalam komunikasi tertulis Anda yang membuat pembaca Anda merasa bingung. Keterampilan menulis yang efektif juga termasuk mengambil tindak lanjut tepat waktu, yang menunjukkan partisipasi aktif Anda dalam percakapan.

5. KOMUNIKASI YANG RINGKAS DAN JELAS

10 Keterampilan Komunikasi Bisnis
image via freepik

Keterampilan komunikasi penting lainnya adalah kejelasan dan singkatnya komunikasi. Seorang Wirausahwan atau pelaku bisnis perlu menyampaikan pesan yang tepat dengan menggunakan beberapa kata yang memungkinkan. Anda mendapatkan satu kesempatan dan sedikit waktu untuk meyakinkan seseorang untuk membeli apa yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, kejelasan dan singkatnya informasi merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis yang sukses. Pastikan bahwa Anda tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi bisnis tatap muka, akan tetapi juga meningkatkan keterampilan percakapan melalui email dan telepon.

6. KECERDASAN EMOSIONAL

Kecerdasan emosional adalah seperti indra keenam bagi seorang pebisnis atau Wirausahawan. Jika Anda cerdas secara emosional, maka Anda dapat menafsirkan, memahami, dan merespons emosi orang lain dengan lebih baik, dan ini akan membuat Anda menjadi seorang pebisnis yang lebih baik.

Kecerdasan emosional dapat membantu Anda dalam memahami apa yang pembicara belum katakan secara verbal, dan membuat komunikasi verbal menjadi lebih efektif. Seperti Anda dapat mengubah komunikasi Anda dengan mengamati reaksi pelanggan atau mitra bisnis Anda.

Anda belajar tentang apa yang dipikirkan seseorang dengan melihat ekspresi wajahnya, bahasa tubuhnya, dan suasana hatinya. Orang yang cerdas secara emosional akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang waktu untuk membuka sebuah percakapan.

Sebagai contoh misalnya, orang yang cerdas secara emosional tidak akan pernah menawarkan kesepakatan bisnis baru kepada orang yang sedang mengalami krisis pribadi (baik krisi finansial atau kepercayaan diri).

7. KEYAKINAN

Keyakinan tidak hanya merupakan keterampilan yang penting untuk bisnis tetapi juga merupakan keterampilan penting untuk mendapatkan kesuksesan di bidang apapun. Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan siapa pun jika Anda tidak percaya diri. Sebuah keyakinan datang dari latihan dan pengetahuan.

Anda otomatis akan merasa percaya diri jika mengetahui apa yang Anda bicarakan. Keyakinan Anda akan membuat pelanggan mempercayai Anda dan yakin bahwa Anda dapat memberikan apa yang mereka butuhkan. Seorang pebisnis yang percaya diri akan menjaga nada ramah dan menatap mata pelanggan saat berinteraksi dengan mereka.

Memiliki kepercayaan pada kemampuan Anda merupakan hal yang sangat penting sehingga semua perusahaan lebih suka mempekerjakan kandidat yang percaya diri dengan nilai rata-rata daripada kandidat dengan skor sangat baik tetapi memiliki kepercayaan diri yang rendah. Oleh karena itu, kepercayaan diri merupakan keterampilan bisnis utama yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis agar bisa sukses di dunia bisnis.

8. KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING

Public Speaking juga merupakan keterampilan penting bagi seorang pebisnis. Public speaking adalah keterampilan berbicara di depan umum. Akan ada banyak waktu ketika Anda diminta untuk berbicara kepada sekelompok orang. Misalnya, saat memberikan demonstrasi produk atau saat mempresentasikan ide bisnis kepada investor, dan sebagainya.

Berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan komunikasi bisnis yang penting. Seseorang dapat mengambil kursus profesional untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum atau dapat meningkatkan keterampilan mereka dengan berlatih di depan teman dan keluarga atau di depan cermin.

9. OPTIMISME

Optimisme berarti menjaga pola pikir positif dalam berbisnis. Orang akan mengatakan optimisme bukanlah sebuah keterampilan, dan itu adalah sikap. Saya tidak akan mengatakan bahwa orang salah. Tapi menurut saya, seperti semua keterampilan lainnya, menjaga pola pikir positif juga bisa dipelajari dengan berlatih secara teratur.

Sikap optimis penting bagi seseorang untuk sukses dalam bisnis karena dalam bisnis seseorang mendapat lebih banyak penolakan daripada penerimaan. Selain itu, sikap positif Anda terhadap bisnis Anda tercermin dalam komunikasi Anda yang membantu memberikan kesan positif pada pelanggan Anda. Anda dapat membuat pelanggan mempercayai Anda dengan getaran positif Anda.

10. KETERAMPILAN NEGOSIASI DAN MENJUAL 

Pada poin terakhir ini, saya ingin berbicara tentang dua keterampilan negosiasi dan keterampilan menjual untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis. Tidak ada yang bisa unggul dalam keterampilan ini tanpa keterampilan - keterampilan yang telah disebutkan di atas. 

Negosiasi adalah ketika dua pihak atau lebih berusaha mencapai penyelesaian yang saling menguntungkan untuk menyelesaikan suatu konflik. Keterampilan negosiasi sangat penting bagi seorang pebisnis atau Wirausahawan. 

Karena dalam bisnis, seorang Wirausahawan akan menghadapi berbagai situasi di mana keterampilan negosiasi digunakan. Anda bisa menjadi negosiator yang baik, ketika Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan meyakinkan pihak lain bahwa mereka juga mendapatkan keuntungan dari kesepakatan tersebut.

Menjual adalah bagian dari kehidupan sehari-hari bagi seorang pebisnis. Seseorang harus memiliki keterampilan menjual yang sangat baik untuk meyakinkan orang lain agar membeli produk dan bahkan keterampilan yang lebih baik untuk membujuk orang agar membeli sebuah ide. 

Keterampilan menjual membutuhkan berbagai jenis keterampilan penjualan yang penting seperti mencari calon pelanggan, memelihara pelanggan, mempresentasikan produk, kemampuan bernegosiasi, dan sebagainya.

Demikianlah uraian artikel tentang 10 Keterampilan Komunikasi Bisnis. Semoga artikel ini akan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " 10 Keterampilan Komunikasi Bisnis - Pelajari Dan Pahami"