Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Elemen Perencanaan Pemasaran

 

10 Elemen Perencanaan Pemasaran

Perencanaan Pemasaran - Pemasaran adalah proses improvisasi rencana pemasaran yang menggabungkan tujuan dan sasaran pemasaran secara keseluruhan dan merancang strategi serta program tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan pemasaran termasuk menetapkan tujuan (target) dan mengalokasikan target tersebut kepada orang-orang yang bertanggung jawab untuk mencapainya. Ini juga mencakup pemeriksaan yang cermat terhadap semua masalah strategis, termasuk lingkungan bisnis, pasar itu sendiri, pernyataan misi perusahaan, pesaing, dan kemampuan organisasi.

Perencanaan pemasaran adalah urutan tahapan yang biasanya diikuti dalam suatu format. Perusahaan dapat mengadopsi rencana pemasaran untuk disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan mereka masing - masing. Proses perencanaan pemasaran mencakup pengembangan tujuan dan spesifikasi bagaimana mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini adalah 10 elemen rencana pemasaran, antara lain:

1. Misi

Sebuah misi adalah alasan mengapa sebuah perusahaan ada. Pernyataan misi adalah pernyataan langsung yang menunjukkan mengapa sebuah perusahaan berbisnis, memberikan pedoman dasar untuk perencanaan lebih lanjut, dan mengatur parameter yang luas untuk masa depan.

Sebagian besar pernyataan misi yang berguna mendorong para staf dan pelanggan.

2. Tujuan Perusahaan 

Adalah sekumpulan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan perusahaan adalah tujuan penting yang ingin dicapai perusahaan secara keseluruhan dalam jangka waktu tertentu seperti satu atau lima tahun.

3. Audit Pemasaran

Pemasaran membantu dalam memeriksa dan mengevaluasi strategi pemasaran, aktivitas, masalah, sasaran, dan hasil.

Ini dilakukan untuk memeriksa semua aspek bisnis yang terkait langsung dengan departemen pemasaran. Ini dilakukan tidak hanya pada tahap awal proses perencanaan pemasaran tetapi juga pada serangkaian titik selama pelaksanaan rencana.

4. Analisis SWOT

Informasi yang dikumpulkan melalui proses audit pemasaran digunakan untuk pengembangan Analisis SWOT. Ini adalah analisis upaya pemasaran perusahaan dan kekuatan, kelemahan, opsi, dan peringatannya yang terkait dengan fungsi pemasaran.

5. Asumsi Pemasaran

Sebuah rencana pemasaran yang baik bergantung pada pemahaman dan pengetahuan pelanggan yang mendalam. Namun, tidak mungkin untuk mengetahui segalanya tentang pelanggan, dan banyak hal berbeda yang diasumsikan tentang pelanggan. Contohnya adalah asumsi tentang siapa calon pembeli produk Anda.

6. Sasaran Dan Strategi Pemasaran

Setelah mengidentifikasi opsi dan tantangan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan tujuan pemasaran yang menandai akhir yang ingin dicapai.

Strategi pemasaran dibentuk untuk mencapai tujuan dan sasaran pemasaran. Strategi pemasaran dibentuk untuk menentukan bagaimana mencapai titik-titik sasaran tersebut.

7. Perkirakan Hasil Yang Diharapkan

Manajer pemasaran harus memprediksi hasil yang diharapkan. Mereka harus memproyeksikan angka, fitur, dan tren masa depan di pasar sasaran.

Tanpa peramalan yang tepat, rencana pemasaran dapat memiliki tujuan yang tidak praktis atau gagal memenuhi apa yang dijanjikan untuk dicapai.

8. Buat Rencana Alternatif 

Pemasaran alternatif atau pengganti dibuat dan disimpan siap untuk dilaksanakan menggantikan rencana pemasaran utama jika keseluruhan atau sebagian rencana pemasaran utama dibatalkan.

9. Anggaran Pemasaran 

Pemasaran adalah proses pendokumentasian biaya yang diinginkan dari rencana pemasaran yang diusulkan.

Salah satu metode umum adalah mengalokasikan anggaran pemasaran tergantung pada persentase pendapatan. Metode lain adalah metode komparatif, semua yang Anda mampu, dan metode tugas.

10. Implementasi dan Evaluasi

Pada tahap ini, tim pemasaran siap untuk rencana mereka. Ini mungkin termasuk mengeluarkan uang untuk iklan, meluncurkan produk baru, berinteraksi dengan calon pelanggan baru, membuka gerai ritel baru, dan sebagainya.

Proses perencanaan pemasaran diperlukan untuk diverifikasi dan diperbarui secara teratur.

Demikianlah artikel tentang  10 Elemen Perencanaan Pemasaran. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bisnis Anda.

Post a Comment for " 10 Elemen Perencanaan Pemasaran "