Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marketing Dan Sales : Apakah Perbedaannya?

Marketing Dan Sales : Apakah Perbedaannya?

Marketing dan Sales adalah dua komponen terpenting dari kelangsungan hidup sebuah bisnis. Meskipun keduanya saling bergantung satu sama lain, banyak orang yang mengacaukan arti marketing (pemasaran) dengan Sales (penjualan) dan sebaliknya, ini merupakan sebuah kesalahan besar.

Pemasaran melibatkan perancangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar dan pelanggan, mempromosikan produk melalui iklan, dan sebagainya. Marketing juga perlu menetapkan harga yang kompetitif untuk produk tersebut. 

Pemasaran adalah platform yang mendorong penjualan. Sedangkan di sisi lain proses penjualan adalah apa yang Anda lakukan untuk berhasil menjual suatu produk dan mendapatkan kontrak. Penjualan dan pemasaran bersama adalah bagian dari penjualan dan salah satu dari kedua hal tersebut tidak dapat dilakukan tanpa melakukan yang lain. Itu juga bisa disebut aktivitas. Keberhasilan bisnis sangat penting untuk keberhasilan dua aktivitas penting ini.

Marketing (Pemasaran) adalah tulang punggung masa depan perusahaan dan landasan peluncuran untuk penjualan. Sementara proses pemasaran mencakup desain produk, periklanan, dan sebagainya. Sedangkan Sales (penjualan) adalah pelaksanaan semua upaya yang melibatkan interaksi langsung dengan klien baik melalui pertemuan langsung atau melalui jaringan (koneksi). 

Tetapi selalu ada persaingan yang berkelanjutan diantara keduanya, yang satu mengklaim dominasi atas yang lain. Orang pemasaran mengatakan bahwa mereka memiliki keunggulan karena mereka pikir merekalah yang merancang produk, menetapkan strategi, dan juga mengembangkan alat yang penting untuk penjualan. 

Mereka mengatakan penjualan adalah hasil pemasaran dan karenanya harus mengikuti arahannya. Staf penjualan mungkin tidak setuju dengan pandangan ini dan mungkin sangat berlawanan dengan pendapat mereka. Mereka berpikir bahwa staf penjualanlah yang benar-benar menjual produk dan menghasilkan uang untuk bisnis tersebut. 

Tetapi banyak ahli percaya bahwa pemasaran harus memainkan peran penting di antara keduanya. Kampanye pemasaran yang sukses membuat penjualan menjadi mudah dan membuat orang percaya bahwa sebenarnya staf penjualanlah yang menjadi pemimpin dominan. Peran terpenting dari departemen pemasaran adalah menciptakan peluang bagi departemen penjualan. 

Pemasaran mendorong penjualan dan penjualan mendorong kesuksesan perusahaan. Pemasaran seperti penopang hidup untuk penjualan, yang secara terus-menerus mendukung departemen penjualan dan memungkinkan mereka untuk berhasil memberikan produk akhir. Seharusnya tidak ada perlombaan untuk mendapatkan supremasi atas departemen lain, tetapi perlombaan untuk memenangkan pasar dan pelanggan dengan cara bekerja sama.

Banyak bisnis yang menggabungkan antara penjualan dan pemasaran tetapi pada kenyataannya mereka memiliki target yang berbeda. Sementara departemen penjualan tertarik untuk memenuhi persyaratan yang diminta pelanggan, departemen pemasaran sebenarnya sibuk mempelajari apa yang diminta pasar.

Tujuan dari departemen pemasaran adalah untuk meramalkan bagaimana pasar akan terbentuk di masa depan. Mereka harus membayangkan produk mereka memenuhi kebutuhan pasar untuk beberapa tahun ke depan dan siap untuk membuat perubahan desain pada produk mereka yang sesuai. 

Sangat penting bagi perusahaan untuk mengintegrasikan departemen penjualan dan pemasaran mereka dengan cara yang baik. Integrasi yang benar dari dua entitas penting inilah yang mendorong pertumbuhan perusahaan. Sales seharusnya tidak hanya diperlakukan sebagai pemungut uang. Setiap departemen memiliki perannya masing-masing dan harus berjalan seiring dalam menjual produk perusahaan dan harus menjadi kriteria terpenting.

Apa yang Dapat Dilakukan Pemasaran Untuk Anda

Marketing
image via freepik

Saya pikir saya akan menjelaskan beberapa kesalahpahaman tentang pemasaran dalam seri dua bagian ini: 

  • Apa yang Dapat Dilakukan Pemasaran Untuk Anda.
  • Apa yang Tidak Dapat Dilakukan Pemasaran Untuk Anda. 

Selama bertahun-tahun, saya telah berurusan dengan beberapa pemilik bisnis yang memiliki persepsi tentang pemasaran yang agak kurang pas. Mereka pikir Anda membuang beberapa iklan di luar sana, mencetak beberapa siaran pers dan voila! Anda sukses besar.

Oh, ternyata tidak semudah itu. Tetapi tidak ada cara untuk menyiasatinya agar memiliki bisnis yang sukses, Anda memerlukan rencana pemasaran yang solid. 

Jadi, apa yang dapat dilakukan pemasaran untuk Anda? Tingkatkan bisnis Anda, tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda harus menjadi dan menerapkan pemasaran jika ingin mengembangkan bisnis Anda.

Namun (dan ini benar-benar besar) pemasaran tidak akan menghasilkan kesuksesan dalam semalam. Pemasaran adalah tentang pertumbuhan yang lambat, membangun kesuksesan minggu lalu dan melupakan kegagalan bulan lalu. (Atau apa yang Anda PIKIRKAN adalah kegagalan. Tidak jarang kampanye yang Anda anggap mengecewakan yang mungkin menyebabkan kampanye berikutnya justru berhasil dan sukses.)

Pemasaran adalah tentang frekuensi, yaitu tentang target pasar Anda melihat penawaran Anda berulang kali sampai mereka akhirnya siap untuk membeli. Tanpa frekuensi yang sangat penting itu, bisnis Anda akan mulai mandek dan akhirnya mati.

Sekarang itu tidak berarti Anda tidak akan sukses besar dengan kampanye. Bahkan sukses besar, luar biasa, dan luar biasa. Anda akan menjalankan satu iklan atau ditampilkan dalam sebuah artikel dan wham! Anda berakhir dengan lebih banyak pesanan daripada yang Anda tahu harus dilakukan. Meskipun itu tembakan yang bagus di lengan, itu mungkin tidak akan bertahan kecuali Anda terus membangunnya. Akhirnya pesanan akan habis dan Anda akan kembali ke tempat Anda sebelumnya.

Pemasaran juga tentang bagaimana cara menjadi konsisten. Ini kembali untuk membangun kesuksesan. Pelanggan Anda perlu melihat pesan Anda berulang kali. Ini membangun kepercayaan dan kredibilitas. Selain itu, pelanggan Anda saat ini juga akan merespons frekuensi tersebut. Mereka tidak hanya tidak akan "melupakan" Anda dan pergi ke pesaing Anda, tetapi juga akan membantu membangun kepercayaan mereka pada Anda.

Terakhir, pemasaran adalah tentang bekerja keras. Tidak ada jalan keluarnya. Menjadi sukses berarti meluangkan waktu dan tenaga untuk terus memasarkan diri Anda. (Anda juga dapat membayar seseorang untuk membantu Anda, tetapi pada dasarnya itu tergantung pada seseorang di suatu tempat harus meluangkan waktu untuk terus memasarkan Anda.) 

Jika Anda tidak ingat apa-apa lagi, ingatlah hal ini: "Jika Anda tidak menerapkan strategi pemasaran Anda , maka tidak akan terjadi apa-apa." 

Kalimat terakhir itu tampak jelas, tetapi sekali lagi, saya kagum pada berapa banyak orang yang saya temui yang tidak mau melakukan pekerjaan itu. Mereka membicarakannya, tetapi ketika itu benar-benar harus dilakukan untuk melakukan sesuatu, mereka entah bagaimana sepertinya tidak pernah menyiasatinya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merencanakan melakukan satu tugas atau sedikit pemasaran setiap hari. Maka itu tidak tampak terlalu berlebihan. Saya, saya membuat komitmen untuk melakukan sejumlah X tugas pemasaran dalam seminggu, terlepas dari berapa banyak waktu yang dibutuhkan.

Pemasaran adalah komitmen. Tidak ada jalan keluarnya. Jika Anda memiliki bisnis, maka Anda tidak punya pilihan selain membuat komitmen pemasaran secara konsisten hingga tiba saatnya Anda memutuskan untuk tidak menginginkan bisnis lagi.   

Latihan Kreativitas - Buatlah Komitmen

Karena saya tertarik untuk membuat Anda semua sukses, saya ingin ANDA membuat komitmen sekarang juga untuk memasarkan bisnis Anda secara teratur.

Tuliskan pernyataan ini di selembar kertas, isi nama Anda di tempat yang tepat.

SAYA, NAMA ANDA, membuat komitmen untuk memasarkan bisnis saya secara teratur dari sekarang sampai saya memutuskan untuk tidak lagi berbisnis.

Kemudian Tanda tangani dan beri tanggal.

Saya sarankan untuk mempostingnya di tempat di mana Anda dapat melihatnya saat Anda sedang bekerja. Atau, jika Anda benar-benar ingin menambahkan pertanggungjawaban pada komitmen Anda, beri tahu seseorang tentang hal itu. 

Apa Yang Dapat Dilakukan Sales Untuk Anda

Sales
image via freepik

Jual ke Pelanggan Anda apa yang mereka butuhkan. Dalam hal menjual produk Anda, penting untuk menanyakan pertanyaan menyelidik dan pertanyaan terbuka kepada pelanggan potensial Anda.

Jenis pertanyaan ini diarahkan untuk mengumpulkan informasi. Mereka mengikat pelanggan Anda untuk memberi Anda apa pun kecuali jawaban ya atau tidak.

Misalnya, pertanyaan terbuka akan muncul seperti ini:

Apa yang sangat Anda sukai dari bank Anda saat ini?

Sekarang, jika Anda adalah seorang bankir yang mencoba mendapatkan pelanggan ke bank bersama Anda, Anda sekarang akan dapat membandingkan produk dan manfaat Anda dengan apa yang baru saja dikatakan pelanggan Anda tentang bank mereka saat ini.

Selain itu, dengan mengetahui apa yang mereka sukai, Anda juga akan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Nama lain untuk menjual apa yang dibutuhkan pelanggan adalah "penjualan berbasis kebutuhan".

Semua staf penjualan memiliki tujuan dan kami memiliki kecenderungan untuk menjual barang kepada orang-orang meskipun mereka tidak membutuhkan produk hanya agar kami dapat meningkatkan jumlah sehingga kami dapat membicarakannya selama rapat penjualan mingguan.

Sisi negatif dari menjual sesuatu kepada seseorang yang tidak mereka butuhkan adalah pelanggan Anda akan segera mengetahui bahwa mereka tidak membutuhkannya dan tidak akan pernah mempertimbangkan Anda di masa depan untuk layanan Anda.

Inilah alasan mengapa sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan Anda sebelum Anda menjual sesuatu kepada mereka. Ketika Anda menjual sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan pelanggan, mereka akan benar-benar senang dengan produk dan layanan serta menghargai bantuan Anda.

Seperti yang kita semua tahu, pelanggan yang bahagia adalah pelanggan yang baik dan akan selalu kembali kepada Anda untuk layanan Anda dan juga merujuk teman dan keluarga kepada Anda.

Demikianlah uraian artikel tentang Marketing Dan Sales : Apakah Perbedaannya? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda.

Post a Comment for "Marketing Dan Sales : Apakah Perbedaannya?"