Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ir. Ciputra: Otobiografi Pengusaha Sukses

Ir. Ciputra

Tulisan ini merupakan otobiografi pengusaha sukses, Ir. Ciputra yang telah malang melintang di dunia konstruksi Indonesia. Ciputra mengawali kegiatan usahanya dengan membuka konsultan arsitektur bangunan sesuai dengan bidang yang digelutinya di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ir. Ciputra memulai bisnisnya ketika ia masih berusia sangat muda dan masih menempuh semester VI. Bersama seorang rekan membuka kantor di sebuah garasi. Namun apa yang terjadi sekarang? Sekitar 20 anak perusahaannya telah berdiri dan mempunyai sekitar 14.000 karyawan.

Kesuksesan Ciputra memang bukan tanpa perjuangan. Ia memang layak membagi cerita dalam otobiografi pengusaha suksesnya dimana ia jatuh bangun dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya tersebut.

Adalah PT. Ciputra Development yang awalnya hanya dikelola oleh lima orang menjelma menjadi perusahaan raksasa bidang konstruksi yang diakui bukan hanya di dalam negeri namun juga luar negeri. Sayap bisnisnya sudah melebar kemana-mana.

Masa Kecil

Benar orang bilang bahwa kesuksesan tak mungkin diraih tanpa kerja keras, keprihatinan, dan kerja cerdas yang mengiringinya. Hidup dari sebuah keluarga yang sederhana—dengan tidak menyebut miskin—Ciputra kecil sudah merasakan pahit dan getirnya hidup.

Nama kecilnya Tjie Tjin Hoan. Lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 75 tahun silam. Ciputra merupakan anak terakhir (bungsu) dari tiga bersaudara. Ciputra kecil, di usianya yang masih sangat belia, yakni 6 tahun harus hidup bersama tante-tantenya yang terkenal bengis dan tanpa ras-rasan.

Ciputra kecil selalu mendapatkan jatah pekerjaan yang kotor dan menjijikkan yang entah disengaja atau kebetulan, seperti misalnya membersihkan kotoran ludah. 

Namun sebaliknya, disaat ada jatah yang enak-enak misalnya makan es krim, dan sebagainya. Ciputra selalu kebagian jatah belakangan dan ironisnya hanya dikasih sisanya saja.

Namun ternyata hal-hal demikian ia jadikan sebagai ujian hidup yang karenanya seseorang akan bisa dilihat berhasil atau tidak di kehidupannya kelak. Dan ternyata benar, Ciputra telah bisa membuktikan bahwa kesuksesan yang diraih saat ini secara langsung atau tidak langsung buah dari keprihatinannya dulu.

Meraih Sukses

Berawal dari sebuah kantor kecil di garasi ketika masih di Bandung, Ciputra remaja mengukir karirnya di bidang konstruksi. 

Setelah dirasa ada kemajuan, ia yang kala itu telah menikah dengan gadis asal Manado, Dian Sumeler memutuskan untuk hijrah ke Jakarta, di Kebayoran. Karena belum mempunyai tempat tinggal yang tetap, ia pun harus rela berpindah dari losmen ke losmen.

Berkat kerja kerasnya perusahaannya di bawah bendera PT. Ciputra Development semakin berkibar dan makin banyak disegani oleh perusahaan lain yang sejenis. Ia pun mulai banyak mendirikan anak-anak perusahaan yang baru, hingga kurang lebih berjumlah sampai 20 anak perusahaan.

Namun krisis yang terjadi tahun 1997 banyak menghambat langkah bisnisnya. Tiga grup perusahaannya yakni Metropolitan Group, Ciputra Group, dan Jaya Group terkena imbas krisis sampai hampir collapse. Namun berkat kegigihannya ia berhasil bertahan dan malah semakin berkembang.

Selain Ciputra ada banyak otobiografi pengusaha sukses yang wajib Anda baca dan kemudian jadikan sebagai inspirasi dalam meretas jalan bisnis Anda.

Posting Komentar untuk " Ir. Ciputra: Otobiografi Pengusaha Sukses"