Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan Tangan, Hobi yang Menghasilkan Uang

Kerajinan Tangan, Hobi yang Menghasilkan Uang

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dijadikan sebagai hobi, menekuni hobi yang bisa menghasilkan uang pasti akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang itu adalah membuat berbagai benda kerajinan tangan. Meskipun sekarang barang-barang buatan pabrik sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang bervariasi, benda-benda kerajinan tangan tetap mendapat tempat istimewa.

Keunggulan Benda Kerajinan Tangan

Ada beberapa keunggulan benda-benda kerajinan tangan yang tak dimiliki oleh benda-benda sejenis yang merupakan buatan pabrik, yaitu:

Seni

Benda-benda kerajinan tangan dianggap memiliki sentuhan seni yang lebih tinggi daripada benda sejenis yang diproduksi oleh berbagai pabrik secara besar-besaran

Unik

Benda-benda kerajinan tangan dibuat dalam  jumlah terbatas dan kadang-kadang dengan bahan yang tak sama persis (misalnya kerajinan tangan dari limbah plastik kemasan). Jumlah yang terbatas ini menjadikannya unik karena tak banyak atau bahkan tak ada yang menyamai.

Personal

Oleh karena dibuat secara pribadi, desain benda-benda kerajinan tangan ini pun bisa dipesan secara khusus sesuai dengan keinginan konsumen.

Ramah lingkungan

Benda-benda kerajinan tangan banyak yang dibuat dari barang-barang sisa, limbah, atau materi yang dianggap tak berguna di sekitar kita. Benda-benda seperti inilah yang sering menjadi incaran para turis mancanegara karena dianggap sebagai cinderamata yang ramah lingkungan dan menerapkan proses 3R (Recycle, Reuse, Reduce).

Sebagai hobi yang bisa menghasilkan uang, tentu sayang jika hobi kerajinan tangan ini tidak ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Kita tinggal memilih bahan yang hendak digunakan, bahan yang masih baru atau bahan yang termasuk dalam kategori limbah. Bahan baku yang dimasukkan dalam kelompok limbah ini melimpah di sekitar kita dan dapat diperoleh dengan harga murah, bahkan gratis.

Bahan Kerajinan Tangan

kerajinan-eceng-gondok
credit:[email protected]_gallery

Beberapa bahan baku untuk kerajinan tangan yang berasal dari limbah, antara lain:

Eceng gondok

Eceng gondok ini adalah tumbuhan air yang dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Pertumbuhannya pun cepat sekali. Biasanya eceng gondok ini hanya dibasmi agar tidak mengganggu ekosistem dan keindahan kawasan air.

Sebagai bahan kerajinan tangan, eceng gondok yang sudah dikeringkan dapat dibuat menjadi tikar, tas, keranjang, dan lain-lain.

Kulit telur

Kulit telur yang biasanya hanya dibuang ke tempat sampah bisa dijadikan aksesori yang dilekatkan pada berbagai benda, misalnya pigura foto, vas bunga, kap lampu, dan sebagainya.

Meskipun terlihat ringkih, kulit telur ternyata tahan lama, tahan api, tahan terhadap perubahan cuaca, dan tak disukai rayap.

Plastik

Plastik merupakan limbah yang paling banyak dan paling susah diurai oleh alam. Menggunakan limbah plastik sebagai bahan baku kerajinan tangan, berarti membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

Ragam warna dan corak limbah plastik yang sangat bervariasi merupakan nilai plus tersendiri dalam menciptakan benda-benda kerajinan tangan seperti payung, tas, dompet, lampion, sandal, dan tudung saji.

Masih banyak bahun laku lain yang bisa digunakan jika kita benar-benar ingin menekuni kerajinan tangan sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Sebut saja misalnya: batok kelapa, kaleng, botol plastik, kertas koran, kardus, stik es krim, kain perca, serta pelepah dan daun kering. Semua tergantung pada ketelitian dan kejelian kita dalam menangkap peluang.

Jadi, mari kembangkan hobi kita untuk menghasilkan uang dan membuka lapangan kerja.

Posting Komentar untuk "Kerajinan Tangan, Hobi yang Menghasilkan Uang"